Sistem Akuntansi Pemerintahan yang Ada di Indonesia

Akuntasi pemerintahan berperan penting dalam jalannya  pemerintahan. Akuntansi ini berkaitan dengan sitam keunangan yang dijalankan oleh suatu Negara. Akuntansi ii juga memiliki peranan ynag sangat pentng dalam keoutusan kebijakan keuangan dari suatu Negara. Dengan dilakukannya akuntansi ini akan digunaakan untuk menentukan sutau kebijakan yang sesuai dnegan kebutuhan dari suatu Negara. Dalam proses pengambilan keputusan tentang kebijakan keuangan yang ada pada suatu Negara harus dilaksanakan sesuai dengai perhitungan akuntansi yang telah dilakukan. Hal ini agar kebijakan yang akan diberlakukan tedak melenceng dari tujuan suatu Negara itu sendiri. Nilai dari akuntansi ini juga dapat dijadikan sebagai pengontrol kebijakan suatu Negara. Hal ini dapat dilakukan untuk menekan angaka kerugian yang dialami suatu Negara. Dengan dilakukannnya perhitungan akuntansi ini akan dapat diketahui dengan pasti angka atau nilai dari kerugian yang akan terjadi. Hal ini tentu saja bermanfaat agar tidak terjadi kerugian keuangan dalam suatu Negara.

Di Indonesia reformasi 1998 memiliki peranan penting dalam perubahan akuntasi pada pemerintahan Indonesia. Reformasi yang digulirkan berperan penting ada diciptakannya kebijakan-kebijakan baru yang berlaku di Indonesia. Pada era sebelum reformasi segala bentuk kebujakan keuangan yang ada di Indonesia dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal ini yang mengakibatkan besarnya angka inflasi yang terjadi pada era itu. Namun, setelah dilakukanya reformasi pada saat itu mencptakan beberapa kebijakan keuangan yang baru serta memperbaiki system akuntansi keuangan yanga da di Indonesia. Masa reformasi juga melahirkan system birokrasi baru yang ada di Indonesia. Perubahan yang signifikan terjadi pada system otonomi daerah dimana sekarang setiap daerah berhak untuk mengatur dan mengelola system keuangannnya sendiri. Jadi system keuangan tidak lagi diatur oleh pemerintah pusat melainkan telah menjadi beban dri pemerintah daerah itu sendiri.. hal ini akan semakin membuat pemerintah daerah bisa memajukan daerahnya masing-masing.

pxhere.com

Standar akuntansi pemerintahan yang ada di Indonesia

Lembaga Negara buakan suatu lebaga yang akan menghasilkan profit atau keuntungan. Jadi bisa dikatakan lemabag ini merupakan suatu lembaga nonprofit yang dijalankan untuk kepentngan masyarakat. Pemberlakuan standar akuntansi pemerintahan ini sangat oenting dilakukan untuk menjaga kualitan dari sisten keuangan yang adapada pemerintahan sesuai dengan SOP yang ada. Standar akuntansi ini telah direncanakan sejak lama namun baru pada tahun 2005 baru disah kan undang0undang yang mengatur tentang standar akuntansi pada pemerintahan Indonesia. Standar ini yang akan menjadi acuan dalam menjalankan berbagai kebijakan keuangan yang ada di Indonesia. Dengan diberlakukannya undang-undang ini akan dapat mengontrol setiap kebijakan keuangan yang terjadi pada setiep daerah yang ada di Indonesia. Standarisasi akuntansi ini juga berperan penting adalam upaya pemerataan pembangunan yang dilakukan di Indonesia. Hal ini juga akan mendukung dari tujuan pemerintahan dan tujuan Negara Indonesia ini.

Penyusunan dari standarisasi ini dipicu karena seinring berkembangnya akuntansi komersial yang ada. Ditambah lagi dari reformasi yang telah tejadi semakin menbuat dorongan untuk diberlakukannnya standarisasi keuangan pada pemerintahan semakin kuat. Dorongan ini yang menjadikan standarisasi ini akan menjadi lebih penting untuk diberlakukan. Penyusunan laporan keuangan juga telah diatur oleh undang-undang yang berlaku. Jadi tidak akan ada penyelewengan dana pemerintahan yang terjadi. Masalah keunangan juga menjadi masalah yang penting bagi setiap pemerintahan yang ada.

Standarisati keuangan ini menjadi pediman dalam penentuan kebijakan keuangan pada setiap daerah yang ada di Indonesia. Dengan diberlakukannnya standarisasi keuangan ini diharapkan dapat menembah pembangunan dari setiap daerah agar tercipptanya pembangunan yang merta pada setiap daerah yang ada di Indonesia. Hal ini juga yang akan membuat kesejahteraan masyaraat semakin terjamin dan tidak akan ada lagi kesenjangan social yang terjadi pada setiap daerah.

pxhere.com

Peranan akuntansi pemerintahan di Indonesia

Akuntansi pemerintahan menjadii dasar dari pembuatan dan penentuan kebijakan keuangan pada setiap Negara. System akuntansi ini juga memiliki peranan penting dalam berjalannya instansi pemerintahan. Berikut adalah beberapa peranan pentng dar akuntansi ini.

  • Akuntabilitas pemerintahan. Hal ini berkaitan dengan pertanggungjawaban pengelolaan sumberdaya yang dimiliki oleh Negara Indonesia. Akuntabilitas ini sangat penting karena akan menjadikan pemerintahan semakin baik dan mencapau tujuan dari Negara ondinesia ini.
  • Manajemen keuangan. Hal ini bertujuan untuk membantu mengevaluasi pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki suatu Negara. Dalam konteks pengelolaan keuangan sumber daya yang ada hal ini akan sangat penting karena akan menbatu proses dari pengelooan tersebut.
  • Transparansi keuangan. Dengan diberlakukannya system akuntansi ini keuangan Negara dapat dijabarkan dengan jelas. Aliran-aliran dana yang keluar ataupun masuk dapat diketahui dengan pasti. Hal ini akan menjadikan tidak adanya penyelewangan yang akan terjadi.
  • Keseimbangan keuangan. Keseimbangan keuangan sangat penting untuk dilakukan karena agar tidak terjadi deficit dalam keuangan suatu Negara. Hal ini juga akan berperan penting dalam pengelolaan dan perancangan anggaran keuangan Negara Indonesia Dengan dilakukannya keseimbangan ini tidak akan terjadi kekurangan keuangan dan tidak akan ada lagi nilai inflasi yang besar dalam Negara Indonesia ini.
pxhere.com

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *