Biografi Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid

Mungkin anda sudah banyak kenal dengan para habib yang menyebarkan agama islam di berbagai belahan dunia, dimana mereka membeberkan hal baik untuk bisa membuat pendengarnya jelas akan perintah yang diajarkan dalam agama Islam. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan biografi Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid. Dirinya merupakan orang yang berasal dari Indoneisa, lebih tepatnya dari Bondowoso, Jawa Timur. Agar anda lebih jelas akan profil Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamidm, berikut ini penjelasan lengkap yang bisa dirangkum Bagi-in.com.

Profil Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid

Beliau memiliki nama lengkap dan nasab “Ali Zaenal Abidin, bin Abu Bakar, bin Salim”

www.pexels.com

Perjalanan Hidup Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana perjalanan hidup Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid ini, berikut ini detail lengkap perlanan pencarian ilmu beliau.

  1. Tahun 1974 hingga 1992

Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid dilahirkan pada hari jumat, tepatnya pada 12 April 1974 bertepatan setelah sholat jumat di Bondowoso. Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid merupakan anak ke dua dari 8 orang bersaudara, beliau merupakan kakak dari 6 orang adik-adiknya.

Beliau tinggal di dalam keluarga yang sederhana, dimana dalam sebuah perkampungan yang merupakan lingkup para ulama. Di lingkungan Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid, juga terdapat sebuah pondok pesantren. Sehingga memberikan pengaruh baik pada dirinya, dan seiring berjalannya waktu beliau pernah menuntut ilmu kepada beberapa guru besar. Diantaranya :

  • Ustadz Hasan Baharom
  • Ustadz Abdul Hamid
  • Ustadz Soleh Bal As’ad
  • Ustadz Ahmad Barakwan
  • Ustadz Husin Bin Abu Bakar

Masih ada banyak sekali para guru yang digunakan Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid untuk menuntut ilmu agama, dimana keseluruhan guru memberikan pelajaran melalui kitab-kitab di bidang agama. Dari sinilah niat mulai Habib Ali Zaenal bermula, dimana pendidikan yang diberikan memotivasi dirinya untuk terus mencari ilmu ke berbagai sumber dan guru dibelahan dunia.

www.pexels.com
  1. Tahun 1993 hingga 1995

Pada tahun ini, Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid sudah berusia 21 tahun. Disini dirinya meminta restu kepada ayahnya dan juga ibunya untuk pergi ke Hadhramaut, Yemen untuk mencari ilmu yang lebih dalam. Berngkatlah beliau atas restu kedua orang tua, di Hadhramaut ini dirinya berguru kepada beberapa habib. Inilah beberapa diantaranya:

  • Al Habib Umar bin Hafidz yang merupakan pemimpin Dar al-Mustafa
  • Al Habib Ali Masyhur
  • Al Habib Salim As-Syatiri
  • Al Habib Hasan As-Syatiri
  • Al Habib Abdullah Bin Syihad
  • Al Habib Abdul Qadir Jailani al-Masyhur
  • Al Habib Abdullah bin Syeikh al-Idrus
  • Syeikh Fadal ba Fadal
  • Al Habib Musa al-Kazim As-Saqqaf
  • Syeikh Umar Husain Al Khatib
  • Syeikh Umar Abu Bakar al-Khatib
  • Al-Habib Ali Abdul Rahman al-Jufri

Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid ini juga merupakan anak dari murid al-Habib Umar bin Hafidz, yang merupakan orang pertama di Dar al-Mustafa. Bakat awalnya sebagai pendakwah diasah oleh al-Habib Umar bin Hafidz, dan seiring berjalannya waktu beliau terus mengembangkan bakat dakwahnya agar semakin mudah diterima pendengarnya. Tak berhenti di sini saja usaha Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid, dirinya kemudian melanjutkan untuk mencari ilmu lagi di tempat lain.

  1. Tahun 1996 hingga 2001

Setelah beliau mempelajari berbagai pengkajian di Hadhramaut, Yemen, kemudian Habib Ali melanjutkan pengkajian ilmu di Mesir. Beliau berada di sana selama 5 tahun, tepatya di Universitas Al Azhar. Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid terus mempelajari ilmu agama dan mendalaminya pada guru-guru seperti:

  • Abdul Badi’ Abu Hashim
  • Saad Jawish
  • Ali Jum’ah
  • Muhammad Jibril
www.pexels.com

Seiring dengan mempelajari ilmu agama, beliau disini juga mengasah kemahirannya dalam berdakwah. Tak hanya mempelajari, melainkan Habib Ali juga mengajarkan berbagai pelajaran agama yang didapatnya kepada pelajar-pelajar dari berbagai bangsa di dunia.

Dari sini beliau mengetahui bagaimana pentingnya agama untuk bisa disebarluaskan, dengan terus mengembangkan cara berdakwahnya. Banyak pelajar yang menyegani beliu, bukan hanya karena pandainya beliau dalam membagikan ilmu agama. Melainkan karena akhlaknya yang mulai, sehingga pelajar bisa menjadikan beliau pedoman hidup.

  1. 2002 hingga saat ini

Setelah menerima ijazah dan mendapatkan gelar dari jurusan Islamic Legislation and Law di Universitas Al Azhar, Habib Ali kemudian melanjutkan untuk menambah ilmunya di Universitas Islam Antarbangsa atau UIA, Malaysia, dengan mengambil jurusan Al Quran dan Sunnah.

Di tahun 2004, Habib Ali menikah dan dianugerahi 3 orang puteri. Setelah beliau menyelesaikan kuliahnya di tahap Sarjana, beliau sampai saat ini giat dalam penyempurnaan gelar Doktor Falsafah (PhD) di jurusan Al Quran dan Sunnah.

DI tahun 2004 juga, Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid menggantikan posisi Al Habib Abdul Qadir al-Jufri. Beliau merupakan penggagas Darul Murtadza, dirinya meminta Habib Ali Zaenal untuk menggantikannya karena Al Habib Abdul Qadir al-Jufri berpindah ke Kota Tinggi, Johor.

Sejak saat dipegang oleh Habib Ali Zaenal, Darul Murtadza berkembang dari awalnya hanya berjumlah 10 jamaah sekarang terus bertambah.

www.pexels.com

Dengan perjuangan Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid yang amat panjang, beliau memiliki kemampuan dalam berdakwah dan pendalaman agama. Selain kepemilikan ilmu pengetahuan yang dalam akan agama, beliau juga memiliki akhlak yang mulia serta adab yang baik.

Dari sini tentunya kita bisa mengambil pelajaran, bahwa untuk mendapatkan ilmu yang tinggi haruslah ada usaha yang keras dan niat yang kuat. Perlu digaris bawahi, bahwa perjalanan hidup Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid tak semudah kelihatannya. Beliau harus berjuang keras untuk bisa mencapai semua yang didapatkannya saat ini.

Saat ini beliau sangat banyak menyuguhkan dakwahnya dalam bentuk video, dimana anda bisa dengan mudah mendapatkannya melalui youtube. Hal ini dilakukan agar cakupan dakwahnya bisa semakin luas, tak hanya pada segelintir jamaah saja. Seperti yang kita tahu, saat ini semakin banyak orang yang sibuk urusan dunianya ketimbang akhirat. Sehingga dengan memanfaatkan kemajuan teknologi pula, beliau bisa memberikan manfaat pada orang lain.

Demikian artikel mengenai biografi Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid, semoga dengan adanya artikel diatas anda semakin tahu bagaimana perjalanan Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid. Selain itu dengan membaca artikel ini hingga selesai, menandakan bahwa anda merupakan orang yang mengidolakan beliau. Sehingga anda bisa termotivasi dan mengikuti jalan yang dilakukan beliau, semoga bacaan diatas bisa menjadi berkah untuk anda dan menjadikan ilmu yang bermanfaat. Sekian dan terimakasih karena sudah membaca artikel Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid hingga selesai.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *