Pengertian Beton Precast dan Jenis-Jenisnya

Perkembangan teknologi di bidang arsitektur melahirkan banyak inpvasi-inovasi baru, salah satunya adalah beton precast atau beton pracetak. Beton pracetak ini kini sudah banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan beton konvensional. Beton pracetak ini juga dapat diperoleh dengan harga yang murah sehingga lebih ekonomis untuk proyek pembangunan besar.

Beton pracetak sendiri adalah material beton yang sudah dicetak lebih dahulu dan bisa langsung dipasang di lokasi pembangunan. Beton ini terbuat dari campuran berbagai material mulai dari semen, pasir dan besi. Beton ini dicetak di tempat yang berbeda dari lokasi proyek kemudian seluruh komponennya disambung dan dipasang pada tempat atau lokasi proyek yang sedang dikerjakan.

Munculnya beton pracetak ini dilandasi dengan semakin tingginya permintaan konsumen akan proyek pembangunan yang cepat, hemat dan efisien. Memang beton ini bisa jadi salah satu solusi yang menjawab permintaan konsumen tersebut. Produk ini dipercaya bisa menjadi suatu jalan keluar untuk mendapatkan efisiensi terkait waktu, biaya, tenaga kerja hingga kualitas.

pxhere.com

Keunggulan Beton Precast

Produk konstruksi ini punya beberapa poin penting yang perlu untuk diketahui. Supaya lebih paham tentang beton pracetak yang satu ini simak dulu beberapa kelebihan dari baton pracetak berikut:

  • Kualitas lebih terjamin

Proses pembuatannya yang menggunakan mesin membuat beton ini lebih seragam satu sama lain dan kualitasnya pun sudah terstandar dengan baik. Tiap-tiap produsen beton pracetak tentunya sudah menentukan standar kualitasnya tersendiri.

  • Harga lebih ekonomis

Jika dilakukan hitung-hitungan matematika maka penggunaan beton pracetak ini bisa menghemat biaya yang cukup lumayan jika dibandingkan dengan material lain. Tentunya masalah penghematan biaya ini bisa jadi daya tarik yang cukup besar untuk beralih menggunakan produk konstruksi yang satu ini.

  • Proses lebih mudah dan cepat

Dibandingkan membuat sendiri beton cor untuk pembangunan maka akan jauh lebih praktis dengan membeli beton pracetak. Penggunaan beton pra cetak ini bisa membantu menghemat waktu karena tidak perlu mengalokasikan waktu khusus untuk pembuatan beton. Oleh karenanya proses pembangunan bisa berlangsung lebih cepat karena bisa langsung dilakukan pemasangan setelah beton pracetak tersedia.

pxhere.com
  • Pemesanan mudah

Kini sudah ada banyak yang menyediakan beton pracetak yang dapat dibuat sesuai kebutuhan pembangunan. Tidak perlu proses yang panjang dan rumit untuk bisa memasan beton ini untuk keperluan pembangunan Anda.

  • Tahan lama

Beton ini termasuk cukup kuat dan kokoh sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu tidak diperlukan pula perawatan khusus terhadap beton ini supaya dapat digunakan terus-menerus.

  • Tersedianya bentuk beton yang bervariasi

Panel beton sebagai produk akhir dari beton pra cetak ini tersedia dalam bentuk yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen.

  • Proses pemasangan tidak rumit

Setelah beton pracetak jadi proses yang dilakuakn selanjutnya adalah memasangnya. Beton ini dapat dipasang dengan mudah tanpa perlu alat ataupun tenaga kerja khusus.

  • Pembuatannya tidak bergantung pada kondisi cuaca

Membuat beton cor biasa sangatlah bergantung pada kondisi cuaca. Cuaca yang cerah membawa dampak yang baik untuk proses pembuatan beton secara manual. Akan tetapi pada beton pra cetak cuaca tidak menjadi sebuah kendala karena pembuatannya yang dilakukan di dalam mesin tertutup.

pxhere.com

Kekurangan Beton Pra Cetak

Selain kelebihan ada pula beberapa kekurangan yang menyertai produk beton pra cetak yang satu ini, diantaranya:

  • Harga yang lebih mahal dari beton konvensional

Memang harga yang ditawarkan untuk beton precast ini lebih tinggi dibandingkan beton konvensional, tapi bisa dilihat sendiri kalau kelebihannya pun segudang. Penggunaan beton ini bisa membantu memangkas waktu pengerjaan proyek bahkan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Oleh karena itu jika dihitung secara total bisa jadi harga yang lebih mahal ini juga sebanding dengan penghematan yang bisa dilakukan.

Harga dari beton pracetak ini sendiri biasanya menyesuaikan dengan bentuk serta kerumitannya. Semakin besar ukuran serta semakin rumit bentuknya tentu akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

  • Daya jangkaunya masih terbatas

Produk beton pra cetak ini masih belum bisa digunakan di berbagai tempat dan medan. Apabila beton dibuat dengan ukuran yang besar maka proses pendistribusiannya pun memerlukan kendaraan yang berukuran besar. Kendaraan ini mungkin akan mengalami kesulitan jika harus menjangkau lokasi dengan medan yang sempit.

Pada medan-medan yang sulit tersebut cara yang dapat dilakukan hanyalah membuat beton dengan cara konvensional sehingga bentuknya pun dapat disesuaikan dengen kebutuhan.

Readymix merupakan salah satu produk beton pra cetak yang tersedia di berbagai wilayah di tanah air. Harga Ready Mix ini memang lebih mahal dibandingkan beton biasa, tetapi harga Ready Mix tersebut sangatlah sebanding dengan kemudahan yang bisa Anda peroleh. Anda juga bisa memasan beton pracetak sesuai dengan kebutuhan proyek yang sedang berlangsung.

Beton pracetak memang bisa jadi solusi jitu dalam penyelesaian proyek pembangunan dengan cepat, praktis dan mudah. Tapi perlu diingat untuk memilih produk beton yang berkualitas tinggi untuk menjamin kekokohan hasilnya dan yang pasti keselamatan para pengguna bangunan nantinya dan para pekerja konstruksi yang memasangnya.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *