Mempersiapkan Biaya Pernikahan Supaya Lancar Sampai Hari H

Apakah saat ini kamu sedang mempersiapkan pernikahan impian? Jika iya, tentu hal pertama yang pasti kamu pikirkan adalah soal biaya. Bukan rahasia lagi jika biaya pernikahan merupakan salah satu persiapan yang harus dirancang sejak jauh-jauh hari. IniĀ  dikarenakan banyak hal yang mengiringi pernikahan itu sendiri. Misalnya, resepsi, undangan, souvenir, pengajian, dokumentasi, dan lain sebagainya.

Pastinya, kamu maupun pasangan tidak ingin momen sakral dan penting ini dilalui dengan biasa-biasa saja kan? Nah, untuk itu, kamu dan pasangan harus segera memikirkan danbersepakatuntukmerancangnya. Sebaiknya, kamu jangan terlalu lama menunda untuk mempersiapkan biaya pernikahan. Pasalnya, jika terus ditunda, maka biaya pernikahan akan naik setiap tahun dan tentu saja hal ini menjadi semakin membuat takut untuk segera menikah karena biaya belum mencukupi.

Untuk itu, kamu dan pasangan dapat mempersiapkan pernikahan impian kalian dengan beberapa cara jitu di bawah ini. Dijamin, kamu dan pasangan akan jadi lebih siap saat hari bahagia itu tiba.

www.pexels.com

Sisihkan Gaji

Pernikahan memang harus dipersiapkan. Sebelum berbicara jauh soal pernikahan, kamu juga harus telah mempersiapkan hari pernikahan itu sendiri. Dalam hal ini, jika kamu telah memiliki pasangan atau calon, ada baiknya kalian membangun komitmen bersama. Kamu dan pasangan telah mantap dan satu tujuan bersama. Dalam hal ini, kalian harus berkomitmen untuk menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulan.

 

Besarnya gaji yang disisihkan umumnya berkisar antara 20-40 persen dari masing-masing gaji kalian. Di sini, kita ambil ilustrasi bahwa gaji kamu 5 juta rupiah, sedangkangajipasanganmusebesar 3 juta rupiah setiap bulan. Nah, berikut ini contoh perhitungannya:

 

Gaji kamu: 30% x 5 juta rupiah = 1,5 juta rupiah

Gajipasanganmu: 30% x 3 juta rupiah = 900 ribu rupiah

Total tabungan per bulan = 2,4 juta rupiah

Tabungan pernikahan selama satu tahun : 12 x 2,4 juta rupiah = 28,8 juta rupiah

Tabungan pernikahan selama dua tahun : 2 x 28,8 juta rupiah = 57,6 juta rupiah

 

Coba lihat nominal yang dihasilkan jika kamu dan pasangan komitmen untuk tetap menyisihkan 30% dari gaji setiap bulan. Bukankah itu nominal yang terbilang cukup banyak?

 

Pastikan kamu dan pasangan tidak menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain selain untuk biaya pernikahan. Jika kira-kira jumlah yang dibutuhkan lebih besar, kalian tinggal menambah persentase gaji yang ditabung. Atau, jika nominal gaji kalian lebih besar, tentu saja hasilnya juga akan lebih besar pula.

www.pexels.com

Investasi

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika biaya pernikahan yang telah direncanakan ternyata membengkak? Nah, untuk mengantisipasi hal itu, kamu dan pasangan dapat memilih jalan investasi. Salah satu caranya yaitu dengan membeli emas. Kenapa emas? Karena harga emas cenderung stabil dan mudah dicairkan jika memerlukan dana cepat.

 

Investasi dalam bentuk emas tidak perlu dilakukan secara tergesa-gesa. Kamu bisa mulai dengan membeli emas batangan 3 gram, 5 gram, 10 gram hingga sesuai dengan ketersediaan uang yang dimiliki. Emas-emas tersebut biasanya akan mengalami kenaikan harga setelah 2-3 tahun. Dengan demikian, kamu dan pasangan akan memperoleh keuntungan yang dapat digunakan sebagai biaya tambahan untuk pernikahan.

 

Tidak Pakai Wedding Organizer

Cara selanjutnya yang dapat ditempuh untuk menekan biaya pernikahan adalah dengan merancang sendiri pesta pernikahan kalian. Menggunakan jasa Wedding Organizer (WO) tentu saja akan membutuhkan lebih banyak biaya. Nah, kalian dapat meminta bantuan keluarga, sahabat dan orang terdekat untuk membantu merancang pernikahan kalian.

 

Persiapkan secara rinci seluruh agenda menjelang pernikahan, prosesi pernikahan, hingga bulan madu. Pilihlah semua aspek yang sekiranya dapat kalian jangkau dan jangan terlalu mementingkan gengsi semata. Jika ini dilakukan dengan baik, maka biayapernikahandapatdiminimalisir.

www.pexels.com

Buat Checklist dan Anggarkan Pernikahan

Sambil menabung untuk menikah, kamu dan pasangan juga harus sesegera mungkin merencanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pernikahan kalian. Beberapa hal yang wajib diperhatikan saat membuat anggaran dan checklist antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Catering

Hampir semua orang setuju jika biaya pernikahan sebagian besar terfokus pada hidangan. Hitung dengan benar jumlah orang yang akan kalian undang. Selain itu, putuskan dengan bijak jenis pesta dan menu yang akan disajikan. Jika konsepnya standing party, tentu menu yang disuguhkan lebih banyak jika dibandingkan konsep piring terbang. Satu lagi, pastikan paling tidak kalian menyediakan porsi dua kali lipat dari jumlah orang yang diundang. Seperti yang telah diketahui, budaya kita selalu mengajak pasangan, anak, atau teman saat menghadiri kondangan. Biasanya, anggaran yang diperlukan untuk catering sekitar 40-50% dari total anggaran biaya pernikahan.

  1. Gedung dan Dekorasi

Gedung dan dekorasi biasanya memerlukan sekitar 20-25% dari total biaya pernikahan yang dibutuhkan. Jika ingin menghemat anggaran untuk gedung, kalian bisa menggelar pesta pernikahan di rumah jika memungkinkan. Jika tidak, kalian bisa lebih bijak untuk memilih gedung yang tidak terlalu mahal namun mampu menampung seluruh tamu yang diundang. Sedangkan untuk dekorasi, kalian harus menyesuaikannya dengan tema pesta pernikahan yang diusung. Biasanya, dekorasi sangat berkesan bagi tamu yang hadir. Untuk itu, pastikan untuk tidak asal pilih karena murah. Boleh saja memilih yang murah, namun jangan lupakan kualitas dan hasil.

  1. Bridal Attire dan Dokumentasi

Bagian bridal attire meliputi make up, baju pengantin, perhiasan, danpernakpernik lain yang berhubungan dengan apa yang dipakai oleh mempelai dan keluarga. Sedangkan untuk dokumentasi dapat meliputi foto dan video. Biasanya, kedua kebutuhan ini akan menghabiskan sekitar 15% dari total biaya pernikahan.

  1. Undangan dan Souvenir

Sebelum membuat undangan dan souvenir, pastikan kalian telah mengetahui jumlah orang yang akan diundang. Hal ini untuk menghindari mencetak undangan atau membeli souvenir terlalu banyak dibanding orang yang diundang. Material undangan sangat mempengaruhi harga, sehingga pilihlah material yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan dana. Sedangkan untuk souvenir pernikahan, pilihlah souvenir yang bermanfaat untuk tamu undangan. Setelah memutuskan jenis souvenir yang diinginkan, pastikan kalian membanding-bandingkan harga dari beberapa penyedia souvenir yang banyak dijual secara online. Dengan begitu, jika beruntung, kalian akan menemukan jenis souvenir yang sama, namun harganya lebih murah. Biasanya, untuk dua kebutuhan ini akan memerlukan biaya sekitar 5%.

Secara keseluruhan, biaya pernikahan yang kalian sediakan masih tersisa sekitar 5%. Nah, biaya ini dapat kalian gunakan untuk berbagai keperluan lain yang mungkin ada dan tidak terpikirkan sebelumnya. Biaya lain-lain yang sering diperlukan antara lain adalah biaya keamanan, perizinan, dan juga transportasi. Semua kebutuhan untuk pernikahan tersebut harus dipikirkan dan dipersiapkan sejak lama. Pastikan kalian teguh pada prinsip yang awalnya telah disepakati. Pasalnya, dalam pernikahan biasanya akan ada campur tangan dan kehendak dari orang tua mempelai yang bisajadidiluardarianggaran yang telah direncanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *