Buah Pisang, Buah Kuning Dengan Beragam Manfaat

Siapa yang tidak tahu dengan buah panjang yang berwarna kuning? Rasanya tidak ada yang tidak mengenali buah pisang, bahkan anak-anak saja tahu. Pisang menjadi salah satu buah yang mengenyangkan, menyehatkan dan pastinya murah. Tidak heran apabila pisang menjadi buah favorit masyarakat Indonesia. Banyak yang mengkonsumsi pisang sebagai pengganti nasi karena sedang melakukan diet, padahal ada banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh pisang seperti untuk penambah darah maka tidak heran apabila anda terkadang mendengar buah pisang sebagai buah penambah darah. Jika anda ingin tahu apa saja manfaatnya maka anda harus membaca artikel ini hingga selesai.

Banyaknya manfaat buah pisang untuk kesehatan

Langsung saja, agar anda tidak penasaran lagi berikut adalah berbagai manfaat dari pisang yang perlu anda ketahui:

  1. Bagus untuk pencernaan

Pernahkah anda mendengar yang namanya flu perut? Atau anda pernah mengalami keracunan akibat makanan? Apabila anda pernah mengalami atau mendengar keduanya, maka pisang menjadi buah yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mengkonsumsi pisang dapat menenangkan permasalahan dalam perut karena tekstur pisang yang lembut sehingga ia pun menjadi lebih mudah untuk melewati saluran pencernaan dan mengeluarkan racun. Tidak hanya itu saja, kandungan kalium di dalam pisang dapat menggantikan elektrolit yang hilang. Bila anda mengalami diare, pisang dapat membantu meredakan diare karena mampu memadatkan feses agar tidak keluar terus-menerus. Satu hal lagi manfaat pisang bagi pencernaan adalah buah pisang dapat membantu mengatasi morning sickness yang sering terjadi pada ibu hamil. Kandungan vitamin B6 di dalamnya sangat cocok untuk ibu hamil karena mampu mengurangi mual dan juga muntah.

pexels.com
  1. Menurunkan kemungkinan terjadinya stroke

Tahukah anda bisa ternyata pisang juga mampu menurunkan resiko terjadinya stroke terutama untuk wanita yang telah melewati menopause? Dari sebuah penelitian disebutkan bahwa wanita pasca menopause yang sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalium tinggi memiliki resiko yang lebih rendah mengalami stroke. Dan pisang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Bisa dapat anda simpulkan sendiri bukan hubungan dari penelitian tersebut dengan pisang?

  1. Meningkatkan stamina

Mengkonsumsi minuman sangatlah penting terutama untuk menggantikan elektrolit yang telah hilang selama berolahraga. Sayangnya minuman-minuman olahraga biasanya mengandung banyak bahan tambahan lainnya seperti gula dan pewarna. Untuk mengurangi mengkonsumsi bahan-bahan tambahan yang kurang penting dan kurang sehat untuk tubuh, anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi pisang sebelum melakukan olahraga.

  1. Kaya magnesium

Perlu anda ketahui bahwa tubuh sangat membutuhkan magnesium agar dapat berfungsi dengan normal. Hal ini dikarenakan magnesium dibutuhkan dalam pembentukan protein dan untuk mempertahankan fungsi otot-otot yang ada di tubuh dan juga saraf. Bahkan magnesium dapat membantu mengendalikan gula darah dan juga tekanan darah. Oleh sebab itulah buah pisang sangat bermanfaat.

  1. Sumber Mg (mangan)

Mungkin anda jarang mendengar kata-kata mangan (Mn), walaupun mirip dengan bahasa jawa “mangan” yang berarti makan, mangan merupakan salah satu mineral yang sangat penting karena dapat membantu metabolisme karbohidrat, asam amino dan juga kolesterol di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, mangan bahkan berperan penting untuk pertumbuhan tulang serta penyembuhan luka. Apabila anda sering mengalami migrain, dengan mengkonsumsi pisang secara rutin dapat mencegah timbulnya migrain karena kandungan mangan di pisang.

pexels.com

Manfaat kulit pisang untuk kecantikan wajah

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, kulit dari pisang juga memiliki manfaat yang sangat besar terutama untuk kecantikan wajah. Jadi bila anda habis memakan buah pisang, tidak ada salahnya menyimpan kulit pisang untuk dimanfaatkan kembali. Seperti apakah manfaat dari kulit pisang? Berikut ulasannya!

  1. Menyembuhkan jerawat

Yang namanya wanita biasanya tidak lepas dengan jerawat, terutama ketika sedang PMS atau stres, jumlah jerawat di wajah dapat bertambah banyak hanya dalam hitungan hari saja. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena anda bisa menggunakan kulit pisang untuk meredakan jerawat yang meradang. Caranya sangat mudah, yang perlu anda lakukan hanyalah menempelkan kulit pisang bagian dalam di kulit yang sedang berjerawat selama 5 menit setiap harinya.

pexels.com
  1. Mengurangi kerutan di wajah

Semakin bertambahnya umur, pastinya akan muncul garis-garis halus dan juga kerutan di wajah yang dapat membuat siapapun menjadi kurang percaya diri. Tapi tidak perlu khawatir, dengan harga yang murah dan cara aplikasi yang gampang menggunakan kulit buah pisang, anda bisa mengatasi segala kekhawatiran anda. Yang perlu anda lakukan adalah mengambil bagian dalam kulit pisang, tambahkan 1 sendok teh madu, campurkan dan oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin 3x seminggu untuk mendapatkan hasil yang bagus.

  1. Wajah berseri

Wajah yang glowing atau berseri sekarang menjadi idola setiap orang. Bila anda mengetahui manfaat dari kulit pisang, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkan wajah glowing. Pertama gosokkan kulit bagian dalam ke seluruh wajah setiap sebelum anda tidur. Diamkan selama semalam dan basuh dengan air hangat di pagi hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *