Ketahuilah Ini Cara Membuat Makalah Dengan Santai Dan Mudah

Makalah adalah tugas yang sering diberikan dosen pada mahasiswa hampir selama masa kuliah berlangsung. Anda tidak akan lepas dari tugas makalah sebelum anda menyelesaikan mata kuliah anda dan mengerjakan skripsi. Tapi beberapa dosen bahkan tidak memberikan penjelasan mengenai apa itu makalah sebenarnya. Kebanyakan mereka hanya memberikan tema tugas yang harus dikerjakan dalam mengerjakan makalah. Biasanya makalah dikerjakan secara kelompok ataupun induvidu. Kebanyakan salah satu penilaian mahasiswa tergantung dengan tugas makalah yang telah dia kerjakan. Bahkan beberapa dosen juga mengganti nilai ujian akhir semester dengan tugas tugas makalah dan itupun dianggap wajar. Sehingga kenyataannya banyak sekali mahasiswa yang tidak mengerti dan memahami mengenai makalah dan cara membuat makalah.

www.pexels.com

Kesalahan Dan Cara Membuat Makalah Yang Benar

Pada dasarnya cara membuat makalah dengan mudah dapat anda lakukan dengan santai bila mengetahui urutan dalam pembuatannya. Dengan mengetahui urutan dari pembuatannya anda tidak perlu repot repot mencari contekan bahan untuk anda copas alias copy paste. Hal hal yang perlu anda lakukan sebelum melakukan langkah langkah dan memahami setiap bagian dari makalah adalah sebagai berikut. Yang pertama bila anda bekerja sebagai kelompok, lakukanlah diskusi mengenai makalah yang akan kalian kerjakan. Diskusi ini bertujuan untuk bertukar pikiran dan pembagian tugas agar tidak salah kaprah nanatinya. Selanjutnya adalah dengan melakukan pemahaman bersama mengenai tugas yang diberikan dosen kepada anda ataupun kelompok anda. Ketika anda mengetahui inti dari permasalahan yang akan dibahas tentu akan memudahkan anda dalam mengerjakan tugas dan cara membuat makalah. Yang terakhir adalah persiapkan tamplate dan strategi anda dalam melakukan presentasi. Tentunya ketika presentasi lakukanlah hal hal yang akan membuat audience anda mendengarkan serta memperhatikan anda. Dan untuk itu seorang presentasi yang handal biasanya melakukan ide ide yang berbeda ketika menyampaikan tugas yang diberikan.

www.pexels.com

Bimbingan Membuat Tugas Makalah Dari Urutan Dan Pentingnya Setiap Bagian

Setelah anda mengetahui pokok dari permasalah tugas yang anda terima, anda perlu mengerti ururtan isi dari sebuah makalah itu sendiri. Beberapa diantaranya hampir bisa dianggap mirip digunakan sebagai salah satu cara membuat makalah dengan urutan ini :

  1. Yaitu berisikan mengenai Judul, Logo Kampus, Nama atau Anggota, Nama Fakultas dan Universitas, dan Tahun Ajaran.
  2. Daftar Isi. Cara membuat daftar isi otomatis itu sendiri berada pada Microsoft Word yang setiap saat anda gunakan untuk mengerjakan makalah, yaitu pada Tools Bar atas bagian paragraph kanan dari tools pembuatan angka otomatis.
  3. Berisikan mengenai bahasan secara umum mengenai permasalah yang sedang anda kerjakan. Pahamilah cara penulisan sesuai dari arahan dari dosen ketika diberikan.
  4. Berisikan tentang bahasan yang telah anda kerjakan, lakukanlah pemisahan konten mengenai temuan penelitian atau teori dengan hasil dari pembahasan anda.
  5. Berisikan dua hal yaitu kesimpulan dan saran. Anda dan kelompok anda dapat menyimpulkan hasil dari tugas yang kalian kerjakan. Serta dapat memberikan saran yang membangun bagi pihak pihak yang terkait dalam pembuatan makalah tugas anda.
  6. Daftar Pustaka. Penting sekali memberikan daftar pustaka pada setiap makalah anda, setiap kutipan haruslah anda masukan dalam daftar pustaka dan ditulis dengan baik. Hal ini perlu anda lakukan agar nantinya mindset anda tertata dengan baik ketika menghadapi dosen yang lebih killer atau sedang mengerjakan skripsi di kemudian hari.

Itu dia beberapa urutan dan pengertian dalam bagian bagian pembuatan makalah bagi mahasiswa. Keenam poin diatas dapat dikatakan sangat tepat bila dilihat dari bagian bagian yang dibutuhkan secara mendetail. Tentunya setiap universitas dan dosen memiliki panduannya masing masing dalam membuat makalah, tetapi urutan diatas dinilai paling umum dan detail yang ada dalam perkembangan penyajian makalah.

www.pexels.com

Membuat Makalah Dimulai Dengan Sudut Pandang Pembahasan Yang Dilakukan

Selain mengetahui mengenai urutan dalam mengerjakan makalah, penting sekali mengetahui bagaimana atau macam macam bentuk pembahasan dalam pengerjaan makalah. Terdapat tiga tipe yang dinilai secara umum dan dapat disebar luaskan secara bijak bertanggung jawab. cara membuat makalah dari sudut pandang penyajiannya ini dipengaruhi dengan tugas jenis seperti apa yang sedang dikerjakan oleh anda maupun kelompok. Tugas tersebut tentunya mempengaruhi bagaimana anda maupun kelompok anda dalam menyajikan makalah dan presentasi yang dipersiapkan.

Yang pertama adalah makalah dengan tipe deduktif. Yaitu makalah yang bertujuang menyelesaikan atau menjawab sebuah pertanyaan yang diberikan melalui sudut pandang pakar ahli yang relevan. Dengan menyajikan teori teori dan referensi buku yang digunakan. Serta melakukan analisa dari sudut pandang teori yang digunakan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Dengan begitu tentunya anda perlu menggaris bawahi mengenai pentingnya cara penulisan dalam pengutipan serta mempersiapkan sumber sumber yang relevan sehingga dapat mencari sudut pandang baru dari kelompok anda.

Yang kedua adalah makalah dengan tipe induktif. Merupakan makalah yang berlandaskan dari hasil kerja lapangan yang telah dilakukan jauh jauh hari. Anda perlu melakukan analisa dilapangan tempat anda akan menemukan jawaban yang sesuai untuk tugas makalah anda. keunggulan yang dapat anda manfaatkan adalah sisi dokumentasi yang bisa menjadi tambahan pada slide presentasi anda. Memberikan dokumentasi akan membuat anda semakin dipercaya mengenai hasil temuan dilapangan yang nantinya akan di presentasikan. Dengan berlandaskan sumber lapangan yang objektif anda dituntut untuk memberikan hasil laporan yang sesuai dengan temuan dilapangan. Hasil temuan dilapangan ini harus bersifat murni dan tidak dihiperbolakan.

Yang ketiga adalah gabungan dari deduktif dan induktif. Dimana berarti makalah tipe ini biasanya anda dituntut untuk melakukan analisa dilapangan lalu setelah itu anda harus menganalisis temuan dilapangan berdasarkan teori yang paling relevan. Teori ini sebaiknya telah anda persiapkan terlebih dahulu sehingga anda memiliki gambaran yang lebih luas mengenai apa saja yang akan anda lakukan dilapangan nantinya. Jangan lupa untuk mengambil sisi dokumentasi berupa foto atau video yang dapat anda sematkan didalam slide presentasi anda. Tipe ketiga ini dirasa lebih susah dibandingkan beberapa tipe yang lain mengenai cara membuat makalah. Tentunya anda dan kelompok perlu melakukan pertimbangan saat memilih teori maupu kondisi lapangan yang akan anda kerjakan.

Bila anda merasa sedikit susah dalam mengerjakan makalah, cobalah sedikit berkomromi dengan ilmu dan pengetahuan anda. Sehingga anda tidak perlu memaksakan hasil yang tidak mampu anda sampaikan didalam presentasi. Karena penilaian makalah biasanya dilandaskan pada dua hal yaitu pembuatan makalah dan presentasi yang dilakukan. Usahakan menyajikan presentasi yang dapat mengundang audience turut berkecimpung didalam pembahasan saat melakukan presentasi. Hal ini akan menambah nilai lebih bagi kelompok anda apabila cara penyampaian anda menarik audience dan membuat mereka mengajukan pertanyaan. Beberapa tips yang bisa diberikan sebelum melakukan presentasi adalah jangan meletakan semua isi makalah dalam presentasi anda, cukup gunakan poin poin penting saja yang bisa membantu anda menyampaikannya dengan mudah didepan audience anda. Dengan menggunakan poin poin tersebut tentunya akan mengarahkan pertanyaan audience tentang suatu hal yang jawabannya telah ada didalam presentasi anda. Serta tetaplah berada pada pembahasan topic yang sesuai, sehingga diskusi yang dilakukan dapat berfokus pada tema tuga makalah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *