Panduan Cara Membuat Website Beserta Tipsnya untuk Pemula

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini keberadaan dari website sangatlah penting terutama dalam dunia promosi bagi perusahaan-perusahaan besar sehingga wajar bila kode promosi niagahoster AdWords banyak diincar oleh orang.  Dengan adanya website ini pula, Anda bisa mengaktualisasikan diri dengan maksimal, memberikan ide dan ilmu yang dipunyai hingga membantu dalam keinginan nantinya bekerja dalam bidang dunia digital pun bisa dilakukan. Maka dari itulah tidak heran apabila saat ini banyak orang membuat website sesuai dengan keperluan dan keinginannya masing-masing.  Apabila Anda ingim membuat juga tetapi tidak tau cara membuat website yang benar maka tidak perlu khawatir. Pasalnya caranya begitu mudah terlebih untuk Anda seorang pemula dalam pembuatan tersebut.

Agar Anda tidak ragu lagi dan lebih bersemangat untuk membuat website, ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dari website yang akan dibuat ini. Pertama, dengan Anda membuat website sendiri, bisa melakukan personal branding yang maksimal. Bagaimana bisa? Pasalnya dengan website tersebut, Anda bisa menaruh berbagai portofolio yang sudah pernah dilakukan. Dengan begitu ketika Anda ingin mendaftarkan diri pada perusahaan dengan status mempunyai nilai tambah lebih. Hal ini dikarenakan perusahaan saat ini mengambil hingga 40% lebih pernilaian dari sosial media yang dipunyai calon karyawannya.  Untuk itulah jangan lewatkan panduan cara membuat website untuk pemula ini sekaligus tips ampuhnya agar Anda semakin mudah dan terbantu dalam pembuatannya tersebut.

pexels.com

Panduan Cara Membuat Website

Sebenarnya langkah-langkah dalam cara membuat website ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Ketika Anda sudah mengetahui panduan caranya yang benar, pastinya akan sukses membuat website yang diinginkan. Belum lagi nantinya dibantu pula dengan tips pembuatan website tersebut. Tidak perlu khawatir kesulitan dalam melakukan semua langkah pada cara pembuatan website ini karena semua langkahnya sangatlah mudah untuk dilakukan:

  1. Tentukan Dulu Tipe Website-nya

Sebelum Anda hendak membuat website, maka tentukan terlebih dahulu tipe dari website yang hendak dibuat tersebut. Hal ini merupakan langkah pertama dan wajib untuk dipikirakan dengan matang. Silahkan browsing pada internet agar bisa menemukan berbagai tipe website yang ada beserta dengan fungsi utamanya. Pilihan ini haruslah tepat dan sesuai dengan keinginan, kemampuan dan kebutuhan Anda. Hal ini dikarenakan tipe website akan berpengaruhan kepada bagaimana Anda menjalankannya. Nah, berikut ini adalah beberapa tipe dari website yang paling sering dipilih oleh masyarakat luas:

  1. E-Commerce Website

Tipe website yang paling sering dibuat oleh masyarakat luas pertama adalah e-commerece website alias toko online. Saat ini Anda bisa menemukan banyak sekali toko online di Internet. Semua orang mempunyai kesempatan yang seimbang apabila ingin membuat toko online sendiri yang mana pertama-tama haruslah mempunyai website resmi terlebih dahulu. Untuk itulah tidak heran apabila tipe e-commerce website ini banyak dipilih oleh dalam pembuatan website yang diinginkan.

  1. Blog

Saat ini blog telah menjadi tempat untuk berbagai kegiatan terutama yang berhubungan dengan bisnis. Tak hanya bisnis saja kegiatan lainnya seperti review akan suatu hal, niche blog dan masih banyak lagi juga banyak ditemukan. Bisanya blog ini juga digunakan oleh blogger untuk mengulas berbagai hal misalnya mengenai akitivitas  sehari-hari, makanan, hobi, music, dan music. Melalui blog ini, Anda bisa lebih berekspresi dan mengeluarkan semua ide serta pikiran yang dipunyai. Banyak sekali blogger sukses yang saat ini menjadi  orang terkenal di dunia.

  1. Website Edukasi

Website edukasi cocok untuk Anda yang mempunyai kemampuan dalam bidang tertentu yang berkaitan dengan pendidikan misalkan saja  keahlian dalam menyanyi. Disini Anda bisa membuat fitur khusus yakni fitur keanggotaan yang akan menambah keuntungan. Lewat website ini, Anda bisa membagikan berbagai informasi dan pengetahuan yang dipunyai dalam bidang tertentu yang dikuasai tersebut kepada anggota website ini. Dengan begitu Anda memberikan hal yang berguna bagi orang lain sekaligus juga semakin mendalami keahlian dalam bidang yang ditekuni.

pexels.com
  1. Website Berita

Dengan kemajuan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat membuat banyak hal semakin canggih. Misalkan saja saat ini orang sudah tidak banyak yang tertarik membaca koran untuk mendapatkan informasi atau berita tetapi lebih banyak yang tertarik untuk membaca melalui internet. Nah, hal ini bisa dimanfaatkan untuk Anda menyediakan platform berita tersebut kepada orang lain. Anda yang mempunyai hobi menceritakan pengalaman yang dipunyai sangatlah cocok untuk memilih tipe website ini.

  1. Komunitas Online

Anda saat ini bisa menemukan dengan mudah dan banyak pula komunitas online yang berpacu pada sebuah kesukaan atau tujuan tertentu. DIsini Anda bisa mengambil kesempatan dengan membuat sendiri komunitas online yang ada. Walaupun untuk membuat komunitas online di Internet dengan banyak orang ini lama tetapi nantinya keuntungan yang didapatkan akan sangat banyak.

  1. Portofolio

Berbagai kelebihan dan juga kemampuan yang Anda miliki bisa ditunjukan dengan membuat werbsite portofolio. Melalui website tersebut Anda bisa membuat diri semakin menonjol lewat internet secara mudah. Ketika nantinya ingin mendaftarkan diri pada sebuah perusahaan akan mempunyai nilai lebih karena keberadaan dari website portofolio tersebut.

  1. Meregister Nama Domain

Anda harus memikirkan dengan matang nama dari website yang ingin dibuat. Pasalnya nama website ini berpengaruh kepada ketertarikan orang lain mengunjungi website tersebut. Maka dari itulah buat nama website dengan kata-kata yang unik dan menarik. Nah untuk cara membuat dan menentukan nama domain pada website yang hendak dibuat ini Anda bisa melakukan brainstorming melalui website dengan nama-nama yang dinilai mempunyai potensi lebih. Setelah itu manfaatkanlah keberadaan fitur bernama cek domain. SIlahkan segera ketik nama domain  yang Anda inginkan pada fitur tersebut. Nantinya Akan muncul beberapa saran nama domain yang terbaik dan Anda tinggal pilih salah satu. Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah selesaikan perintah (order) lalu registrasikan domain tersebut.  Agar Anda bisa memilih domain yang pas maka buat yang esktensinya .com karena memang orang akan mudah mengingat domain tersebut. Jangan lupa untuk Anda juga membuat nama domain yang sifatnya alternative. Tujuannya adalah untuk mengatisipasi visitor website Anda ini salah ketik nama domain yang dipunyai. Perlu diingat bahwa dalam pembuatan nama domain ini jangan terlalu panjang dan sebisa mungkin buat yang paling singkat.  Pasalnya orang akan lebih mudah mengingat namanya. Hindari pengunaan angka ataupun tanda penghubung agar mencegah orang salah mengtik nama domain milik Anda.

  1. Memilih Web Hosting

Dalam cara pembuatan website ini, pastikan bahwa Anda telah memilih web hosting yang memang terpercaya dan berkualitas tinggi. Sesuaikan pilihan web hosting inik dengan kebutuhan serta tujuan dari pembuatan website tersebut.  Dari beberapa pilihan web hosting yang ada, terdapat tiga rekomendasi layanan yang paling sering dipilih oleh masyarakat luas, ketiga layanan hosting tersebut adalah shared hosting, cloud hosting dan VPS hosting. Untuk shared hosting ini cocok untuk website yang ukurannya medium hingga kecil. Sementara untuk cloud hosting ini akan memberikan Anda kemudahan dalam shared hosting. Dalam hal tersebut akan dicampurkan dengan tingkat kecanggihan yang tinggi dari virtual server. Terakhir, ada VPS hosting yang cocok untuk Anda yang ingin kebebasan secara penuh dari pengelolaan website maupun platform.

  1. Memilih Platform dan Membuat Website

Langkah cara pembuatan website pembuatan website berikutnya adalah dengan memilih platform yang ada lalu langsung melakukan pembuatan website tersebut.  Tool yang sering digunakan untuk dalam pembuataan website ini antara lain ada sebagai berikut:

  1. Sistem Manajemen Konten

Tool atau alat yang satu ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin membuat website dengan isi berbagai artikel ataupun konten tertentu. Selain itu bagi Anda yang ingin membuat blog juga cocok.

  1. Script E-Commerce

Tool kedua dalam pembuatan website ini seperti namanya digunakan untuk toko online. Apabila Anda ingin membuat website tersebut bisa gunakan WooCommerce, Magento dan PrestaShop yang terkenal paling mudah untuk pembuatan website e-commerce ini.

  1. Website Builder

Bagi Anda yang tidak mengetahui apa saja bahasa pemograman, sangatlah cook untuk menggunakan tool website builder. Tanpa mengetahui bahasa pemograman sedikipun Anda tetap bisa membuat website keinginan Anda dengan tool yang satu ini. Didalam tool ini, silahkan manfaatkan berbagai fitur yang terdapat dalam interface drag-and-drop.

  1. Self-Coded Website

Tool keempat ini adalah self-coded Website yang ditujukan untuk Anda yang paham mengenai pengembangan web.  Disini Anda bisa megembangkan berbagai fitur penting pembuatan website walaupun untuk pembuatannya tersebut akan perlu waktu yang lumayan lama dengan usaha yang sedikit keras. Namun bila dibandingkan dengan apa yang akan didapatkan tentunya sebanding.

Untuk rekomendasi tool pembuatan website terbaik yang bisa dipilih ini ada empat yakni WordPress, Joomla, website builder dan drupal. Keempat rekomendasi tool pembuatan website ini sangatlah mudah caranya dengan instruki yang jelas pula. Maka dari itulah tidak perlu ketakutan ataupun ragu untuk memilih salah satunya.

pexels.com

Tips dalam Cara Pembuatan Website

Cara membuat website tidak akan sempurna tanpa Anda menggunakan tips paling ampuhnya. Kedua hal ini merupakan satu paket apabila Anda memang menginginkan kemudahan dan keuntungan besar.  Dengan melakukan semua tips cara pembuatan website ini pula, website terbaik yang berkembang dengan maksimal yang akan didapatkan. Tidak perlu khawatir pula karena semua tips ini lebih mudah dilakukan apabila dibandingkan dengan panduan cara pembuatannya. Berikut adalah tips ampuh cara pembuatan website yang harus Anda ketahui:

  1. Kenali Potensi atau Passion yang Dipunyai

Dalam pembuatan website ini, pertama-tama Anda harus  mengenali apa sebenarnya potensi atau passion yang dipunyai. Dengan begitu apa yang Anda kerjakan pada website ini akan menggunakan hati sehingga hasilnya maksimal.  Kemudahan dan semangat untuk membuat ataupun mengembangkan website juga akan terwujud apabila sudah sesuai dengan passion yang selama ini dipunyai. Nah, untuk mengetahui apa passion yang dipunyai ini, Anda bisa melihat ketertarikan hingga hobi. Dari situs Anda bisa mengenali potensi atau passion apa yang dikuasai. Misalkan Anda merupakan orang yang suka dengan kegiatan membaca, maka pembuatan blog yang berhubungan dengan  buku adalah pilihan yang terbaik. Anda bisa mengisi blog tersebut dengan ulasan mengenai sebuah buku  hingga rekomendasi buku yang akan menjadi awal postif akan kesuksesan.

  1. Melihat Trend dan Market yang Sedang Berkembang

Tentunya ketika Anda membuat sebuah website akan membutuhkan orang lain agar mengunjungi website tersebut. Agar orang tertarik untuk mengenjungi website yang sudah Anda buat tentunya konten yang ada haruslah menarik. Untuk mendapatkan hal tersebut Anda harus melihat trend dan market yang sedang berkembang di masyarakat luas.  Buatlah riset kecil-kecilan mengenai hal tersebut dan cari apa yang menjadi tujuan pencarian orang-orang terutama di internet. Dengan begitu Anda akan mengetahui apa sih yang sebenarnya harus Anda kembangkan. Tool yang bisa dimanfaatkan untuk melihat trend dan market yang sedang berkembang di masyarakat ini ada banyak, tetapi yang paling ampuh dan mudah untuk digunakan ada KWFinder, Google Trends dan Answer The Public. Lewat ketiga tools tersebut Anda bisa mengetahui apa saja hal yang sering dicari serta berbagai pertanyaan yang berkalitan langsung dengan niche.

  1. Mengulik Info Mengenai Lawan di Niche

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa lawan atau saingan ini merupakan sumber inspirasi yang begitu menguntungkan. Terlebih bila lawan Anda tersebut telah terkenal dalam bidang yang digeluti. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan lewat keberadaaan competitor ini, ide-ide cemerlang akan didapatkan misalnya seperti ide bagaimana dikelolanya website yang dipunyai hingga pengembangannya secara maksimal.  Tak hanya itu saja sebenarnya keuntungan mengulik info mengenai lawan dalam niche ini. Salah satunya adalah Anda bisa mendapatkan program afiliansi yang ditawarkan oleh competitor atau lawan tersebut. Ilmu penting mengenai cara ampuh dalam mendapatkan user-user baru juga akan didapatkan karena adanya program afiliansi tersebut.

pexels.com
  1. Brainstorming akan Berbagai Ide Terbaru dan Unik

Melakukan brainstorming merupakan hal yang penting dalam cara pembuatan website ini terutama terhadap ide-ide terbaru dan unik. Hal ini dikarenakan Anda bisa memperoleh ide untuk pembuatan dan pengembangan website yang hendak dibuat. Dengan begitu website yang telah dibuat akan banyak dikunjungi orang karena isinya yang begitu fresh dan tidak membosankan. Nah, cara untuk melakukan brainstorming yang ampuh akan ide terbaru dan unik ini sangatlah mudah. Pertama-tama silahkan buka terlebih dahulu  aplikasi MS.Word ataupun aplikasi hingg alat yang bisa untuk mencatat sesuatu. Silahkan lalu tuliskan apa saja inspirasi atau ide yang dipunyai dalam fikiran Anda. Tidak perlu menyortirnya dan tinggal tuliskan semuannya saja  yang terlintas saja baik itu ide normal atau aneh sekalipun.  Mencari inspirasi dari berbagi sumber juga bisa Anda lakukan agar tidak menyusahkan.

  1. Melakukan Penempatan Konten yang Tepat

Setelah nantinya website yang ingin dibuat ini selesai, maka silahkan isi dengan berbagai konten yang telah dipersiapkan. Dalam peletakkan konten-konten tersebut, harus tepat. Hal ini tujuannya adalah untuk membuat nyaman pengunjung dan menarik minatnya pula. Misalkan saja penempatan foto eyectching, penempatan headline yang menarik, kontak yang jelas, navigasi-navigasi yang rapi tersusunnya, informasi penting yang letaknya berada di area paling atas dan masih banyak lagi.

 

Demikianlah itu tadi merupakan panduan cara membuat website beserta dengan tips ampuh yang mampu membantu Anda secara maksimal. Silahkan pahami satu persatu semua informasi ini lalu setelah itu silahkan segera lakukan. Dijamin keberhasilan dan kemudahan yang Anda didapatkan sehingga kesuksesan besar akan website yang telah dibuat ini akan dirasakan segera.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *