Woww Ternyata Oh Ternyata Begini Pengertian, Fungsi, Jenis Drivers dan Cara Mendownload Printer Drivers Sekaligus Cara Ngeprintnya

Apakah anda akan mulai membuka bisnis percetakan? Jika iya, perlu anda ketahui bekerja dalam dunia percetakan tentu tidak dapat terlepas dari yang namanya mesin cetak atau lebih dikenal dengan nama printer. Memilih printer untuk digunakan berbisnis tentu tidak boleh asal pilih, salah-salah bukan keuntungan yang didapat bisa jadi rugi yang diterima. Oleh karena itu, anda harus menyesuaikan tipe bisnis anda dengan jenis printer yang sesuai untuk digunakan.

Dalam memilih printer anda tidak perlu repot, karena sekarang ini banyak sekali produk-produk printer berkualitas bagus tetapi tetap memiliki harga yang terjangkau sehingga sangat cocok digunakan berbisnis. Saat anda akan membeli printer usahakan untuk membeli di outlet resmi. Hal tersebut akan memudahkan anda dalam mengklaim asuransi serta gratis service jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada printer. Selain itu, yang terpenting adalah saat anda membeli printer di outlet resmi anda juga akan mendapatkan printer drivers yang pastinya asli. Apabila anda tidak diberi driver dari priter, anda juga dapat mendownload driver printer di situs web resmi dari merek printer yang anda beli.

Menggunakan printer drivers asli tentu akan memberikan banyak keuntungan untuk anda. Keuntungan tersebut, salah satunya yaitu anda dapat menikmati segala fitur yang ada pada printer dengan optimal salah satunya adalah ngeprint. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir akan muncul masalah-masalah saat menggunakan printer yang telah dibeli. Sedangkan jika anda menggunakan printer drivers tidak resmi atau bajakan tentu anda tidak dapat menikmati semua fitur yang ada pada printer.

Akan tetapi, apakah anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan printer drivers? Jika belum, anda tidak perlu khawatir berlebihan, kenapa? Karena artikel ini akan mengulas secara lengkap mengenai apa pengertian dari printer drivers, apa saja fungsi dan jenis-jenis dari printer drivers dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara mendownload printer drivers jika anda tidak memiliki CD Drive dari printer serta cara ngeprintnya dengan menggunakan printer canon.

www.pexels.com

Printer Drivers: Pengertian, Fungsi dan Aneka Jenisnya yang Wajib Diketahui

Ada banyak orang yang menggunakan printer, tetapi dari sekian banyak orang tersebut hanya segelintir orang saja yang mengetahui mengenai printer drivers. Anda termasuk yang mana, Apakah yang termasuk kedalam kelompok pengguna printer tanpa tau apa itu printer drivers atau kelompok yang menggunakan printer dan tahu apa itu printer drivers? Jika anda termasuk kedalam kelompok yang pertama, anda sangat tepat untuk membaca artikel ini. Mengapa demikian? Karena berikut ini merupakan ulasan lengkap untuk anda mengenai pengertian, fungsi, dan aneka jenis printer drivers yang wajib untuk anda ketahui. Simaklah sampai akhir.

  1. Pengertian Printer Drivers

Sebagai pengguna atau bahkan pemilik mesin cetak, anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah printer drivers. Walaupun demikian, tidak semua orang dapat menjelaskan ketika ditanya apa pengertian dari printer drivers. Lalu apakah anda tahu apa itu printer drivers? Printer drivers merupakan suatu software aplikasi program yang dipasang pada computer dengan maksud agar computer mampu berkomunikasi dengan printer. Dengan kata lain printer drivers merupakan penghubung computer dengan printer.

Perlu anda ketahui pada saat anda melakukan proses pencetakan dokumen dari computer terdapat proses panjang hingga dokumen yang anda maksud dapat dicetak. Saat muncul perintah cetak dari computer, printer drivers mulai bekerja untuk menerjemahkan perintah ke dalam Bahasa yang bisa dimengerti printer sehingga proses pencetakan dokumen dapat berjalan. Dengan adanya printer dirvers tersebut proses pencetakan dapat berjalan lancar dan bebas kendala.

Yang perlu anda ketahui dan ingat setiap jenis printer memiliki printer drivers yang berbeda pula. Hal tersebut karena format Bahasa yang digunakan pada setiap printer berbeda-beda sehingga membutuhkan printer drivers yang berbeda pula. Bahkan dalam satu merek printer juga dibutuhkan driver yang berbeda karena pada umumnya satu merek printer mengeluarkan banyak tipe printer. Oleh karena itu, anda harus perhatikan apakah printer drivers yang anda miliki sudah sesuai dengan printer yang anda miliki, agar tidak terjadi kendala saat melakukan proses pencetakan.

  1. Fungsi Printer Drivers

Printer memiliki banyak fungsi yang harus dilakukan, apalagi jika printer tersebut diklaim multifungsi tentu tidak hanya untuk mencetak dokumen tetapi bisa juga untuk scan, copy hingga menerima dan mengirim fax. Untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut anda tentu harus memasang printer drivers pada perangkat computer anda. Mengapa demikian? Karena tanpa memasang perangkat driver computer tidak bisa terhubung dengan printer dan perintah yang diberikan oleh computer tidak dapat dimengerti oleh printer.

Penjelasan diatas tentu bisa menjadi petunjuk sebenarnya apa fungsi dari printer drivers, bukan begitu? Fungsi dari printer drivers yang utama yakni menjadi penerjemah. Yang dimaksud penerjemah disini  yaitu mengartikan Bahasa perintah dari computer menjadi Bahasa yang bisa dimengerti oleh perangkat keras atau printer yang terhubung dengan computer tersebut. Perlu anda ketahui setiap perangkat keras yang terpasang pada computer memiliki driver masing-masing karena mereka bekerja dengan cara serta Bahasa yang berbeda.

www.pexels.com

Selain berfungsi sebagai penerjemah, printer drivers juga memiliki fungsi lain yakni melakukan aneka kontrol pada printer. Fungsi printer drivers berupa kontrol pada printer ini sangat penting karena dapat memudahkan dan melancarkan proses pencetakan. Melakukan kontrol pada printer juga membuat hasil cetak sesuai dengan apa yang diinginkan. Kesesuaian hasil tersebut akan membuat anda merasa puas.

Akan tetapi, apakah anda tahu apa saja kontrol printer yang dimaksudkan diatas? Yang dimaksud dengan kontrol printer diantaranya yaitu mengatur sumber kertas, mengatur ukuran kertas, mengatur kualitas printer baik tinggi atau standard, mengatur intensitas warna, mengatur penggunaan margin halaman, mengatur efek cetakan, mengontrol pencetakan halaman serta pengaturan dan pengontrolan tugas lainnya. Pengaturan dan pengontrolan tersebut untuk memastikan proses pencetakan berjalan dengan lancar dan hasil yang diperoleh sesuai dengan yang dikehendaki.

Tugas yang tidak kalah penting dan bermanfaat dari printer drivers yakni mengirimkan sinyal-sinyal peringatan dari printer pada computer. Sinyal peringatan yang biasa dikirimkan diantaranya peringatan tinta habis, peringatan jumlah kertas, peringatan proses cetak yang error, dan peringatan-peringatan lainnya. Adanya peringatan tersebut akan sangat membantu anda sehingga dapat menentukan langkah penyelesaian masalah yang tepat pada printer.

  1. Jenis-Jenis Drivers

Jenis-jenis driver yang terpasang pada computer sebenarnya cukup banyak. Namun, khusus untuk perangkat keras yang sudah umum digunakan seperti keyboard, mouse, USB dan flashdisk tidak harus diinstall manual. Hal tersebut dikarenakan sistem operasi pada komputer telah menyediakan driver secara default. Berbeda dengan perangkat keras seperti printer, scanner, fingerprint, dan webcame yang harus install driver secara manual pada computer.

Bagaimana semakin penasaran dengan jenis-jenis drivers? Drivers computer terdiri dari beberapa jenis diantaranya driver audio, driver bios, driver chipset, driver graphics, driver keyboard, driver mouse, driver storage, deiver webcam, driver network, driver printer dan lain sebagainya. Fungsi driver-driver tersebut sesuai dengan namanya, contohnya driver audio maka driver ini berhubungan dengan suara begitu pula seterusnya.

Ulasan mengenai pengertian dari printer drivers, fungsi-fungsinya serta jenis-jenis driver yang terpasang pada computer tentu semakin menambah wawasan anda mengenai pentingnya driver suatu perangkat pada computer. Oleh karena itu, anda perlu memastikan setiap driver yang terpasang pada sistem operasi computer berjalan dengan baik. Anda juga jangan lupa, saat membeli perangkat keras baik itu printer, scanner, webcame, fingerprint dan lain sebagainya pastikan anda mendapat CD/DVD Drive aslinya agar memudahkan dalam pengoperasian perangkat. Bagaimana jika tidak ada drivenya? Jangan panic tetap selow dan simaklah cara mendownload printer drivers berikut ini.

www.pexels.com

Cara Mendownload Printer Drivers Resmi di Internet

Seperti kita ketahui dari penjelasan sebelumnya, printer drivers merupakan hal penting yang harus anda miliki agar perangkat keras berupa printer dapat anda gunakan dan koneksikan pada computer. Namun, bagaimana jika saat membeli printer anda tidak diberi CD/DVD Drive atau CD/DVD Drive yang anda miliki ternyata hilang tak berbekas? Jangan khawatir, karena ternyata anda bisa mendownload drivers yang dibutuhkan pada situs web resmi produk printer yang anda miliki.

Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah anda tahu bagaimana cara mendownload printer drivers pada situs web resmi di internet? Jika anda belum mengetahuinya, jangan panic tetap tenang dan simak artikel ini hingga akhir. Mengapa demikian? Karena artikel ini akan membahas secara mendetail mengenai bagaimana cara mendownload printer drivers pada situs web resmi di internet yang pastinya mudah untuk anda ikuti. Tidak perlu menunggu lama lama lagi, simaklah ulasan berikut ini secara seksama.

  1. Cara Mendownload Printer Drivers Canon pada Situs Web Resmi di Internet

Yang pertama anda akan diberi tahu mengenai cara mendownload printer drivers untuk merek printer Canon melalui situs resmi Canon di Indonesia. Canon sendiri merupakan salah satu dari vendor printer yang sangat terkenal di Indonesia. Jadi anda tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk-produk printer Canon dan bisa jadi anda adalah pengguna setia dari produk printer Canon.

Untuk memulai proses mendownload printer drivers Canon yang harus anda cari tahu adalah apa situs web resmi dari Canon. Apakah anda sudah mengetahuinya? Jika belum, jangan panic dan jangan bingung karena artikel ini akan membocorkan informasi penting tersebut. Situs web resmi Canon di Indonesia atau bahkan di Asia adalah canon-asia.com.

Setelah mengetahui situs web resmi Canon tersebut, pastikan jika anda memiliki koneksi internet yang kencang dan lancar agar proses mendownload printer drivers dapat berjalan dengan cepat dan tanpa kendala. Langkah selanjutnya bukalah web browser dan bukalah halaman web resmi Canon. Tuliskan dilaman pencarian support-asia.canon-asia.com.

Tidak akan lama setelah menuliskan tersebut anda akan langsung dibawa pada situs web resmi Canon. Halaman yang anda jumpai pada web resmi tersebut adalah tampilan dari Support and Download. Pada halaman ini anda akan diminta untuk mengisi beberapa kolom. Isian tersebut diantaranya Product Category, Product Series, Model dan Dovument Type. Saat mengisi isian tersebut anda harus berhati-hati dan pastikan data yang anda masukkan sesuai dengan jenis printer yang dimiliki. Setelah selesai mengisi, anda klik pilihan Support and Drivers.

Ternyata proses mendownload printer drivers Canon belum selesai sampai disitu. Berikutnya anda harus mengisi atau menentukan versi sistem operasi yang digunakan pada computer milik anda. Pada proses yang sedang berlangsung ini, anda akan dihadapkan pada banyak pilihan drivers. Pilihan printer drivers yang tersedia dapat berupa satuan fungsi seperti cetak, copy, scan atau fax  dan dapat berupa satu paket fungsi sekaligus. Anda bebas menentukan mana yang anda suka, pastikan hanya pilih salah satunya saja.

Apabila anda telah mantap memilih jenis printer drivers yang sesuai dengan sistem operasi pada computer, maka anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Tahap ini merupakan tahapan terakhir dimana anda akan dibawa pada menu pilihan Download. Anda bisa langsung klik pilihan Download yang tersedia dan tunggulah hingga proses download selesai. Setelah proses download selesai, kini anda telah memiliki printer drivers Canon dan telah berhasil mendownload printer drivers pada situs web resminya.

www.pexels.com

Cara Ngeprint dengan Menggunakan Printer Canon

Tujuan anda mendownload printer drivers adalah agar printer yang anda miliki dapat digunakan. Seperti penjelasan sebelumnya suatu printer tidak akan bisa digunakan tanpa adanya printer drivers. Hal tersebut karena printer driverslah yang menerjemahkan perintah cetak, scan, copy ataupun fax dari computer menjadi Bahasa yang dapat dimengerti oleh printer.

Salah satu perintah yang paling sering digunakan adalah perintah cetak. Hal tersebut karena hampir setiap dokumen walaupun telah memiliki soft file untuk disimpan, akan tetapi sering kali dibutuhkan hard file sebagai barang bukti. Apalagi jika dokumen tersebut merupakan hal penting, tentu sangat dibutuhkan Salinan dalam bentuk hard filenya. Untuk memperoleh hard file tersebut anda harus mencetaknya. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah anda mengetahui cara mencetak dokumen khususnya dengan menggunakan printer Canon? Jika belum anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan dibahas cara ngeprint yang mudah.

Untuk memulai cara ngeprint dengan menggunakan printer canon, anda harus membuka file dokumen yang akan diprint terlebih dahulu. Setelah file terbuka, anda bisa langsung pergi ke pilihan menu File kemudian klik pilihan Print atau untuk mempercepat anda bisa langsung mengklik secara bersamaan tombol Ctrl dan P. Setelah itu, maka anda akan dihadapkan pada kotak dialog print.

Proses print selanjutnya yaitu menentukan merek printer yang akan digunakan. Setelah merek printer sesuai, anda bisa melanjutkan ke pengaturan selanjutnya. Pengaturan tersebut seperti pengaturan page range yang akan dicetak, anda bisa memilih Print All Pages, Print Selection, Print Current Page, atau Print Costume Range. Jangan lupa isikan ­pada bagian Copies berapa banyak file dokumen tersebut akan digandakan. Sebelum memulai print dokumen, ceklah dahulu ukuran kertas, orientasi, margin dan lain sebagainya. Apabila semua telah sesuai yang dikehendaki langkah selanjutnya adalah klik pilihan Print. Tunggulah hingga proses cetak selesai untuk dapat melihat hasil dokumen yang anda cetak.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, fungsi, jenis drivers dan cara mendownload printer drivers beserta cara ngeprint dengan menggunakan printer canon. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa kunjungi situs web resmi printer untuk mendownload printer drivers yang asli. Selamat menikmati proses cetak dan berbagai fungsi lain yang ditawarkan printer kesayangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *