Daftar Lengkap Menteri Desa dari Presiden Pertama hingga Saat ini

Kementerian desa — setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan di tahun 1945. Presiden Soekarno selaku pemimpin negara paling awal langsung membentuk kabinet. Tidak hanya itu, beliau pun langsung membuat serta menunjuk beberapa orang untuk menjabat di posisi menteri.

Salah satu contoh posisi menteri yang dibuat oleh Presiden Soekarno ialah menteri pendidikan, menteri pertahanan, ekonomi serta menteri perdagangan. Namun di beberapa tahun kemudian, pemerintah pun membentuk posisi lain dalam kabinetnya. Contohnya ialah menteri BUMN, menteri luar negeri dan menteri dalam negeri. Untuk kementerian desa, saat itu masih belum ditunjuk.

Sejarah Pembentukan Kementerian Desa

Pasca Soekarno dan Soeharto menjabat. Barulah di era reformasi, posisi kementerian desa dibentuk. Pasalnya, di masa kedua presiden tersebut menjabat. Indonesia menerapkan sistem pembangunan yang tersentralisasi. Dimana, pembangunan difokuskan pada daerah perkotaan, serta daerah di sekitar tersebut. Seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta hingga Banten.

Pembentukan posisi kementerian desa ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama ialah pasca era reformasi, Pemerintah Indonesia menerapkan sistem otonomi daerah, dimana kabupaten serta provinsi diperbolehkan untuk mengelola daerahnya secara mandiri. Faktor lain yaitu kurang majunya desa di Indonesia, khususnya daerah pinggiran. Ketertinggalan daerah pinggiran mengantisipasi lepasnya wilayah Indonesia karena kecewa berat terhadap pemerintah.

Daftar Kementerian Desa

Semenjak posisi kementerian desa dibentuk di masa Presiden Abdurrahman Wahid serta Megawati Soekarno Putri. Sudah terdapat 4 orang yang pernah mencicipi jabatan tersebut. Mereka itu antara lain sebagai berikut :

  1. Manuel Kaisiepo

Manuel Kaisiepo adalah kementerian desa pertama di Indonesia. Anak dari Frans Kaisiepo ini ditunjuk sebagai menteri desa oleh Abdurrahman Wahid. Tepatnya saat kabinet gotong royong memimpin Indonesia.

  1. Saifullah Yusuf

Kementerian desa yang kedua diisi oleh Saifullah Yusuf. Menteri yang berasal dari partai PKB ini menjabat posisi tersebut dari semenjak Susilo Bambang Yudhoyono memimpin Indonesia di periode pertama. Namun, periode kedua, beliau digantikan oleh yang lain.

  1. Helmi Faisal Zaini

Kementerian desa di periode kedua Susilo Bambang Yudhoyono memimpin ditempati oleh Helmi Faisal Zaini. Menteri yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa ini menjabat semenjak tahun 2009 hingga 2014. Namun di era Joko Widodo, posisi beliau tergantikan oleh Eko Putrosandjojo.

  1. Eko Putrosandjojo

Posisi kementerian desa di masa pemerintahan Joko Widodo ditempati oleh Eko Putrosandjojo. Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa ini ditunjuk untuk mengisi posisi kosong dari kementerian desa.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *