Mengenal Lebih dalam Tentang Habib Ahmad bin Novel bin Salim

Dakwah bagi orang Indonesia adalah bagian penting dan telah menjadi budaya. Dalam acara-acara tertentu, akan diundang seorang ulama untuk memberikan kajian dan penonton berseragam kaos dakwah. Biasanya ulama yang diundang yang dianggap memiliki pengalaman dan siap membagikan banyak pengetahuan untuk jamaah. Salah satu ulama yang terkenal dan sering mengisi acara adalah Habib Ahmad bin Novel bin Salim. Namun, siapakah Habib ini? Sudahkah anda mengenalnya?

 

Habib Ahmad adalah anak dari seorang Habib yang bernama Novel bin Salim bin Jidan. Selama hidupnya Habib Ahmad membaktikan diri untuk berkarya dalam bidang keagamaan. Waktu-waktunya dihabiskan untuk mengisi pengajian, kajian dan menjadi penasihat di beberapa majelis. Tidak heran, jika akhirnya Habib Ahmad memiliki banyak jamaah yang setia dan selalu mengikuti dakwahnya. Apakah anda salah satu jamaah dari beliau?

 

pxhere.com

Jadwal Majelis Habib Ahmad bin Novel bin Salim

Untuk anda yang penasaran dengan jadwal kajian dari Habib Ahmad, dapat melihat jadwal ini sebagai penjelasan. Berikut ulasan jelasnya,

  1. Pengajian Ciledug

Acara yang paling sering dihadiri oleh Habib Ahmad adalah pengajian disetiap selasa malam rabu. Acara ini selalu diadakan pukul 20.00- 21.30 dengan pembacaan kitab Risalah Al Muawanah. Acara ini terbuka untuk perempuan dan laki-laki, jika tidak sempat hadir anda dapat mendengarkan dakwah beliau melalui live audio streaming di website tertentu.

 

  1. Yayasan al Fachtiyah Ciledug

Selain mengadakan pembacaan kitab, pada senin pagi pukul 09.00-12.30, Habib Ahmad mengadakan acara Madras Al Imamul Haddad. Pembacaan macam-macam kitab salaf ini diadakan besama habaib, ustad, kiai di yayasan Ciledug. Namun acara ini hanya diadakan untuk asatidz. Jadi, disarankan untuk mengikuti acara pada hari selasa malam rabu.

 

  1. Majelis Pengajian

Untuk yang satu ini, pengajian dilakukan setiap bulan di hari Sabtu. Acara ini diadakan pada pukul 19.00-20.30. Acara ini akan dimulai dengan pembacaan kitab Sirah Nabawiyah. Acara diadakan di Qubbah Maqom Kramat Al Habib Abdurahman Cikini. Tidak perlu khawatir, karena acara ini diadakan untuk laki-laki dan perempuan serta menyediakan audio streaming live.

pxhere.com
  1. Majlis Taklim di Kwitang

Untuk anda yang berada disekitar Kwitang dapat mendatangi acara pada setiap hari minggu pagi. Acara ini diadakan pukul 08.30-10.30. Selama waktu-waktu tersebut akan dibacakan berberapa ayat dari Al-quran serta khutbah dari habaib. Acara ini dapat didatangi oleh setiap orang, serta dapat didengarkan melalui audio streaming secara live.

 

  1. Majelis Silaturahmi

Majelis ini bernama majelis silaturahmi para ulama dan habaib. Acara ini diadakan pada pukul 13.30-15.00. Dibuka dengan pembacaan kitab Tanbihul Mughtarrin bersama dengan kyai, habaib dan para ustad. Acara tidak tetap diadakan di satu tempat, melainkan diadakan dibeberapa masjid sekitar Ciledug. Namun, acara ini dikhususkan untuk kaum pria.

 

  1. Pengajian Bulanan di Masjid As-Sairiyah

Untuk masyarakat di sekitar Pondok Aren dan ingin mendengarkan dakwah Habib Ahmad, datanglah ke Masjid As-sairiyah. Di Masjid inilah pada hari Rabu diakhir bulan, akan diadakan pengajian bulanan. Biasanya akan dimulai dengan pembacaan Risalaha Jamiah pada pukul 19.00-20.30. Acara ini dapat didatangi oleh setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan.

 

  1. Jalsatul Itsnain

Untuk anda yang ingin mendatangi acara pengajian rutin dari Majelis Rasulullah SAW bersama HabibĀ  Ahmad datangilah masjid di Pancoran. Masjid yang dimaksud adalah Masjid Al-Munawar Pancoran pada pukul 20.00-22.15. Di masjid ini akan dibacakan kitab risalah Al Jamiah, acara ini dapat didatangi oleh perempuan dan laki-laki, serta terdapat audio streaming.

Masih terdapat banyak kajian maupun pengajian yang didatangi oleh Habib Ahmad. Anda dapat mencari tahunya melalui website ataupun mendatangi langsung pengajian beliau. Sehingga tidak ada kesalahan saat akan mendatangi acara.

pxhere.com

Media Sosial yang Dimilikki Habib Ahmad bin Novel bin Salim

Walaupun menghabiskan waktunya untuk mengisi kajian, Habib Ahmad juga memiliki beberapa media sosial. Melalui media sosial, Habib Ahmad akan mengabari beberapa update penting, berikut ulasannya

  1. Twitter

Sama seperti orang kebanyakan, Habib Ahmad memiliki twitter sebagai media sosialnya. Melalui twitter, Habib Ahmad menyampaikan pesan-pesan untuk jamaahnya. Selain itu, digunakan pula untuk mengupdate kegiatan rutin yang diadakan Habib. Jadi, dapat dijadikan cara pula untuk mengetahui dimana kajian terbaru sedang diadakan.

 

  1. Facebook

Selain twitter, Habib Ahmad juga memiliki Facebook. Facebook beliau memiliki nama Ahmad Novel Jindan. Habib menggunakan facebook untuk menyampaikan informasi tentang acara-acara terbaru. Sekaligus, turut mengundang anda yang memiliki waktu senggang dan menghadiri kajian yang diadakan.

 

  1. Youtube

Satu lagi media sosial yang aktif digunakan adalah youtube. Melalui youtube anda dapat melihat beberapa rekaman dakwah dari beliau. Jika tidak sempat mendatangi kajian secara langsung, bukalah media sosial ini dan dapatkan dakwah terbaru dari Habib Ahmad. Melalui video di media sosial, jamaah tidak akan ketinggalan tentang pesan yang disampaikan Habib Ahmad.

 

Cukup sesuaikan media sosial mana yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi tentang Habib Ahmad bin Novel bin Salim. Namun,hati-hatilah dalam menggunakan media sosial tersebut, jangan sampai ada orang yang menyalagunakan dengan menawarkan kaos dakwah. Padahal hal ini bukanlah akun asli dari Habib.

 

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *