Daftar Harga Freezer Terbaru 2019 Berdasarkan Jenisnya

Freezer merupakan lemari pembeku yang memiliki suhu sangat dingin, dimana pada suhu ini apapun yang dimasukkan kedalamna bisa menjadi beku. Seperti contoh disaat anda memasukkan benda cair seperti air, maka air tersebut dalam waktu tertentu akan menjadi beku. Selain itu freezer sendiri memiliki kegunaan untuk mengawetkan makanan, seperti daging dan sayur-sayuran agar tetap segar dan fresh. Harga freezer ini sendiri beragam, dimana harga ini dipengaruhi dari merek dan juga kapasitasnya.

Untuk anda yang penasaran akan jenis-jenis freezer, bekut ini akan kami bagikan khusus untuk anda jenis-jenisnya. Sehingga anda sakan tahu berbagai jenisnya, dan pembagiannya.

www.pexels.com

Kategori Freezer

Secara umum freezer atau lemari pendingin ini dibagi menjadi 2 jenis, yakni refrigerasi mekanik dan freezer kriogenik.

  • Refrigerasi Mekanik

Untuk freezer jenis ini, freezer akan mengevaporasi dan mengkompresi refrigeran dengan siklus yang berkesinambungan.

  • Freezer Krogenik

Sistem kerja freezer kategori ini adalah dengan memanfaatkan karbon dioksida cair, padat, ataupun nitrogen cair yang langsung dikontakkan pada bahan makanan yang tersimpan didalamnya.

Pembagian lain dari freezer ini juga dibedakan pada laju kecepatan pembekuannya, berikut ini beberapa kategorinya.

  1. Slow Freezer dan Sharp Freezer dengan kecepatan 0,2 cm / jam, untuk jenis ini contohnya adalah still air freezer dan juga cold stores.
  2. Quick Freezer dengan kecepatan 0,5 – 3 cm / jam, untuk jenis freezer ini diantaranya blast freezer dan juga plate freezer.
  3. Rapid Freezer dengan kecepatan 5 – 10 cm / jam, untuk jenis freezer ini adalah fluidised bed freezer.
  4. Ultra rapid freezer dengankecepatan 10 – 100 cm / jam, untuk jenis freezer ini seperti cryogenic freezer.
www.pexels.com

Jenis-jenis Freezer

Setelah anda mengetahui kategori dari Freezer, maka anda juga perlu mengetahui jenis dari Freezer ini. berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Chest Freezer

Untuk jenis freezer ini, kemampuan pembekuannya berada pada sirkulasi normal di angka 20 sampai dengan 30 derajat celcius. Freezer ini tidak banyak digunakan untuk membekukan benda cair, karena dinilai proses pembekuannya yang tergolong lamban. Secara perhitungan chest ini hampir sama dengan wadah, dimana wadah itu hanya menyetabilkan suhu sehingga tidak naik terlalu tinggi.

Kisaran harga dari freezer ini berada di angka Rp 2 hingga Rp 6 jutaan.

  1. Cold storage

Untuk jenis freezer ini, kebanyakan orang menggunakannya untuk membekukan daging-dagingan, atau mungkin untuk menyimpan makanan dan juga memperkeras es krim. Refrigeran yang digunakan para cold stores ini adalah udara, namun ada kendala dimana akan muncul timbunan es di bagian dinding freezer. Sehingga pemilik harus sering-sering membersihkannya, sehingga timbunan tidak merusak kemampuan freezer.

Anda bisa mengatasi ini dengan mengurangi kelembapan udara yang masuk, sehingga es yang terbentuk di dinding menjadi berkurang. Bila terus dibiarkan, maka kemungkinan kerusakan akan besar terjadi. Anda perlu membawanya ke tempat service, di service cold storage ini nanti freezer anda akan diperbaiki.

Kisaran harga cold storage ini berada di angka Rp 12 hingga Rp 100 juta, hal ini tetao tergantung dengan ukuran dan jenisnya.

  1. Blast freezer

Sama dengan cold stores, dimana refrigeran yang digunakan adalah udara. Udara tersebut akan disirkulasi pada makanan di suhu – 30 derajat celcius sampai dengan 40 derajat celcius, dengan kecepatan berkisar antara 1,5 sampai dengan 6 m/ detik. Aliran udara ini akan menipiskan lapisan film, sehingga koefisien perpindahan panas permukaan akan meningkat. Operasi pembekuan ini dapat dilakukand engan dua cara, yakni partaian dan kontinu. Untuk metode partaian makanan disimpan pada sebuah rak yang berada pada lemari es, sedangkan kontinu mekanan bergerak di conveyor belt melewati ruang yang telah diinsulasi.

www.pexels.com

Hembusan udara yang dikeluarkan juga dapat berbentuk parallel maupun tegak lurus, tergantung dengan makanan yang berada dalam lemari es tersebut. Untuk jenis freezer ini tergolong murah, sehingga banyak sekali masyarakat yang memilih jenis freezer ini. Selain itu freezer ini juga sangat fleksibel, sehingga mudah untuk dipindah-pindah menyesuaikan tempatnya.

Anda juga perlu waspada bila menggunakan freezer ini, karena pada kumparannya juga bisa membeku karena kelembapan udara. Anda bisa menghilangkan es tersebut dengan cara defrosting. Anda juga perlu hati-hati karena udara yang di recycle, bila volume anda besarkan dapat menyebabkan dehidrasi dan terbakarnya freezer.

Untuk jenis freezer ini, harga yang dipatok berkisar dari Rp 45 jt hingga Rp 300 jt.

  1. Belt Freezer

Untuk jenis belt freezer ini memiliki sebuah belt yang fleksibel, dimana kedua benda ini saling bertautan dan berderet berbentuk spiral. Dimana makanan akan dibawa melewati ruang pendingin, dimana udara dingin dari nitrogen cair diarahkan langsung ke arah belt secara countercurrent.

Spiral freezer ini sangat memerlukan ruang yang ralative kecil, dan kapasitasnya sangat besar. Keuntungan lain dalam menggunakan freezer ini adalah pemuatan dan bongkar muat secara otomatis, sehingga perawatan tergolong murah dan kemampuan dalam membekukan berbagai jenis makanan.

Untuk freezer ini harganya belum terlalu stabil, karena jumlah penjualnya masih terlalu sedikit. Namun anda bisa mendapatkannya melalui penyedia di situs online, atau datang langsung ke toko yang menyediakan.

  1. Tunnel Freezer

Tunnel Freezer ini merupakan Fluidized bed Freezer, dimana belt freezer ini telah mengalami modifikasi. Udara yang dialirkan tersebut memiliki temperatur berkisar 25 hingga 35 derajat celcius, dengan kecepatan berkisar antara 2 sampai 6 m/s. Agar pembekuan lebih effisien, biasanya bahan makanan yang dibekukan bisa ditumpuk dengan ketebalan 2 hingga 13 cm. Pada beberapa desain freezer, ada dua tahap untuk jenis pembekuannya. Untuk tahap pertama pembekuan cepat untuk menghasilkan lapisan es yang bagus di permukaan bahan, dimana pada lapisan ini makanan ditumpuk tipis. Untuk tahap kedua ketebalan tumpukan bisa lebih dari 10 cm.

Makanan yang dibekukan menggunakan Tunnel Freezer ini akan berkontak lebih baik dengan pendingin, karena semua permukaannya rata beku. Sehingga akan mengakibatkan koefisien perpindahan panas yang lebih tinggi, dan dehidrasi pada makanan yak dikemas menjadi lebih kecil. Peralatan ini sangat cocok untuk digunakan pada produksi makanan IQF.

Hampir sama dengan sebelumnya, dimana harga untuk setiap freezer ini belum bisa diketahui. Anda perlu menelefon penyedia untuk bisa tahu kisaran harganya.

  1. Immersion freeze

Didalam Immersion Freeze ini, makanan yang dikemas akan dilewatkan pada propilen glikol, air asin, gliserol atau klorida yang telah direfrigersi menggunakan conveyor. Perbedaan cryogenic freezing adalah, dimana cairan tidak mengalami perubahan frasa. Metode ini biasa digunakan untuk pembekuan unggas bungkus, yang setelahnya akan mengalami blast freezing.

Harga ini juga serupa dengan harga-harga sebelumnya, dimana anda harus menghubungi penyedia terlebih dahulu untuk mengetahui harganya.

  1. Plate freezing

Pembekuan ini terjadi dengan beberapa plat yang berlubang dengan bentuk vertical maupun horizontal, dimana akan dipompakan suhu sebesar -40 derajat celcius. Umumnya makanan yang dibekukan pada metode ini adalah makanan tipis, dimana makanan akan diletakkan pada plat yang telah disusun. Kemudian plat tersebut akan digerakkan agar terjadi tekanan, sehingga dehidrasi yang terjadi sangatlah rendah.

Setelah anda mengetahui beberapa jenis frrezer diatas, tentu anda tahu freezer jenis apa yang anda gunakan saat ini. Namun tetap saja freezer tak luput dari kerusakan bila tidak dirawat dengan teliti, dimana anda perlu membersihkannya bila sudah terlalu banyak es yang berada di sekitar freezer.

Untuk anda yang sudah memiliki freezer, kami akan membagikan tips yang bisa anda ikuti untuk menjaga selalu freezer anda dalam keadaan baik. Berikut ini cara yang bisa anda ikuti.

www.pexels.com

Tips Merawat Freezer

  1. Membersihkan bunga es

Setiap freezer pastinya akan muncul bunga es di dinding-dindingnya, dimana bunga es ini akan menurunkan efektifitas freezer. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi freezer adalah dengan membersihkan bunga es tersebut, karena keberadaan bunga es tersebut sangatlah mengganggu kerja freezer. Makanan ataupun minuman yang berada di dalam lemari es akan sulit untuk beku, dan pastinya umur freezer akan menjadi turun.

Perlu diperhatikan, saat membersihkan bunga es untuk tidak menggunakan benda tajam. Pastikan untuk membersihkan bunga es ketika ketebalannya belum terlalu tebal, sehingga anda bisa dengan mudah membersihkannya tanpa perlu mematikannya dan menunggunya mencair.

  1. Hindari memberikan volume terlalu penuh

Hindari untuk memberikan barang yang banyak di dalam freezer, karena ruang sirkulasi udara didalam freezer akan menurun dan semakin sedikit. Pasalnya saat ruangan didalam freezer penuh, maka suhu dingin dan kecepatan pembekuan akan berkurang. Karena proses pembekuan ini akan berjalan lancar, apabila terdapat ruang yang cukup untuk udara tersebar.

Dengan begitu maka makanan ataupun cairan akan sukar untuk membeku, dan satu hal lagi bahwa kompresor freezer akan bekerja keras untuk melakukan tugasnya. Dengan begini bisa jadi freezer yang anda miliki berumur pendek, karena pemaksaan anda dalam menggunakannya.

  1. Jangan menyimpan barang panas

Ketika barang yang akan anda masukkan kedalam freezer masih panas, cobalah untuk mendinginkannya terlebih dahulu di luar ruangan. Karena suhu panas yang diberikan makanan ataupun minuman tersebut, akan memancing bunga es cepat keluar dan memenuhi dinding freezer anda.

  1. Jangan pepetkan freezer dengan tembok

Ini merupakan tindakan yang sering dilupakan masyarakat, dimana mereka menempatkan freezer mepet atau bahkan menempel dengan tembok. Karena setiap freezer memiliki grill yang berguna untuk aliran udara panas dari kondensor, apabila sampai udara panas yang harusnya keluar tersebut terhalang tembok maka udara akan kembali masuk. Hal ini akan menjadikan kerja freezer terganggu, dan jelas freezer akan menjadi mudah rusak dan anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaikinya.

Seperti yang kita tahu, harga freezer ini tergolong mahal. Akan lebih baik bila anda mau menjaganya dengan telaten, karena teknologi pasti sudah ada masa pakainya. Semakin maksimal anda dalam merawatnya sudah pasti anda akan mendapatkan masa pakai yang lebih lama, sehingga anda bisa merasakan manfaatnya dalam waktu yang lama. Demikian artikel kali ini, semoga dengan adanya artikel ini anda bisa semakin tahu mengenai freezer ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *