Hotel Murah di Sekitar Bromo – Indahnya Pesona Alam Di Bromo

Bromo menjadi salah satu primadona pariwisata di daerah Jawa Timur yang digandrungi banyak wisatawan baik di dalam maupun luar negeri untuk melihat keelokannya dari dekat. Panorama alam yang disuguhkan memang tak bisa dipungkiri keindahannya. Lokasi Gunung Bromo sendiri tepat berada di kawasan Karst Tengger, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk berkunjung ke Bromo pun bisa melewati empat kabupaten yang melingkarinya yaitu Pasuruan, Malang, Lumajang, dan Probolinggo. Bahkan keelokan alam di sekitar Gunung Bromo berupa air terjun, bukit teletubbies menambah kekaguman akan keelokan panorama pemandangan alam di kawasan wisata ini.

Terdapat beberapa destinasi wisata di sisi Gunung Bromo yang bisa kalian kunjungi dan hal-hal apa saja yang bisa kalian lakukan seperti disebutkan di bawah ini:

  1. Melihat matahari terbit di sisi Gunung Bromo

Jika kalian berencana berkunjung ke Gunung Bromo melalui paket wisata Bromo yang sering dipromosikan melalui akun-akun media sosial maupun tour and travel tertentu, maka kalian harus bersiap-siap bangun dini hari untuk mengejar pemandangan matahari terbit di sisi Gunung Bromo. Kalian akan dibawa dengan menggunakan jeep dari penginapan menuju Penanjakan baik Penanjakan 1, Penanjakan 2, maupun Penanjakan 3, serta Bukit Dingklik, Bukit Cinta, dan Bukit Kongkog. Melihat matahari terbit dari ketinggian di spot-spot yang disediakan menjadi salah satu atraksi favorit para wisatawan. Perlahan kabut akan tersingkap ketika matahari terpancar menampakkan semburatnya.

  1. Mengunjungi Pasir Berbisik

Tempat wisata yang satu ini cukup unik karena kalian akan disuguhkan dengan pemandangan padang pasir yang luas yang seolah berbisik karena diterpa angin. Pasir Berbisik ini disebut juga dengan Laut Pasir dan disebut berbisik karena dahulunya merupakan padang pasir yang saking sepinya sampai terdengar suara angin yang menghempas pasir sehingga seperti ada bunya bisikan. Jangan lupa untuk membawa kacamat dan syal agar terlindung dari angina kencang yang meniup pasir-pasir tadi. Sangat direkomendasikan untuk datang ke tempat wisata ini ketika musim panas tiba.

www.pexels.com
  1. Berfoto di indahnya Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies ini menjadi salah satu ciri khas unik yang terdapat di kawasan wisata Gunung Bromo karena bentuk bukitnya yang menyerupai bukit yang terdapat dalam serial anak-anak berjudul Teletubbies. Latar karst yang istimewa menjadi salah satu spot paling favorit untuk berfoto di sini. Bahkan kalian pun bisa menikmati pemandangan Bukit Teletubbies sembari sarapan di resor Plataran Bromo di tengah alam Tengger yang begitu menakjubkan.

  1. Melihat indahnya Kawah Bromo

Puncak dari agenda wisata kawasan Gunung Bromo yang paling ditunggu adalah melihat kawah Bromo di mana untuk menuju tempat tersebut harus mendaki Gunung Bromo terlebih dahulu. Kabar baiknya, Gunung Bromo ini tidak seperti gunung-gunung lainnya yang cukup sulit untuk didaki karena tersedia tangga yang dilengkapi dengan pegangan besi agar lebih mudah untuk menaikinya. Tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk bisa sampai ke kawah Bromo ini yaitu sekitar satu jam saja dan bahkan bisa lebih cepat. Jika lelah berjalan kalian pun bisa menyewa dan menaiki kuda yang biasanya disediakan oleh penduduk sekitar.

  1. Berfoto di Padang Rumput Savana

Lokasi padang rumput ini berada di bagian tenggara Gunung Bromo dan kalian pun akan menyaksikan savana yang seperti terdapat di Afrika dengan padang rumputnya yang luas terbentang. Tempat ini sangat cocok untuk berfoto-foto karena terdapat banyak spot-spot menarik dengan latar belakang suasana padang rumput yang indah. Padang Rumput Savana ini dikelilingi oleh tebing-tebing kokoh yang menjulang tinggi ditambah dengan pegunungan kecil di sekitarnya. Selain itu, terdapat pula beberapa tumbuhan warna-warni baik berupa bunga maupun rumput liar yang membuat pemandangan di sekitar padang rumput ini semakin indah.

Selain kelima tempat wisata tersebut yang berada di sisi Gunung Bromo, kalian pun bisa mengunjungi beberapa tempat yang biasanya ditawarkan dalam bentuk paket wisata. Berikut ini beberapa tempat yang berada di sekitar kawasan Gunung Bromo yang tak kalah indahnya:

  1. Air Terjun Madakaripura

Air terjun ini lokasinya berada di lereng kawasan wisata Gunung Bromo tepatnya di Kecamatan Lumbang dengan kekhasannya yang membuat air terjun di sini berbeda dibandingkan dengan air terjun lainnya. Terdapat beberapa air terjun yang berada pada satu area tebing yang terselubung di balik dinding-dinding raksasa yang secara alami terbentuk. Sehingga air terjun ini tampak seperti terisolasi dari dunia luar dan hanya sinar matahari yang menembusnya ketika siang hari. Jika berkesempatan untuk berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk berendam karena airnya dingin dan menyejukkan. Akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan ketika bisa berenang di dalam genangan air yang berada di dekat pinggiran atau daratan.

  1. Air Terjun Coban Pelangi

Disebut Coban Pelangi karena jika kalian beruntung kalian akan menyaksikan keindahan pelangi di sekitar jatuhnya air terjun ini. Selain Air Terjun Coban Pelangi, terdapat pula beberapa lokasi yang tidak kalah menarik seperti Air Terjun Coban Jahe dan Air Terjun Coban Trisula. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini kalian harus menuruni tangga yang disediakan yang dikelilingi berbagai macam pohon dan batu-batu tinggi seperti dinding raksasa yang menarik. Kalian akan menemukan jembatan dari kayu dan sungai kecil di tengah perjalanan. Tak perlu khawatir jika lupa membawa bekal makanan atau minuman karena terdapat beberapa gubuk kecil dan beberapa penjual makanan dan minuman yang menjajakan dagangannya.

  1. B 29 Argosari

Tempat wisata yang satu ini memang terdengar masih asing tetap tempat ini cukup direkomendasikan sebagai tempat berlibur karena merupakan salah satu titik yang nyaman sebagai tempat camping atau berkemah. Tempat ini disebut sebagai puncak tertinggi di antara puncak-puncak lain Gunung Bromo dan ketika sampai di ketinggian ini kita pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu indah. Selain sebagai tempat berkemah, di sini kalian juga bisa melakukan aktivitas menarik dan menantan seperti motor cross.

www.pexels.com

Tips Berlibur ke Bromo

Berlibur ke kawasaan wisata Gunung Bromo tentu berbeda dengan berlibur ke daerah-daerah kota karena hawa di sini sangat dingin sehingga perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar tidak salah kostum. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk kalian yang sedang berencana berlibur ke kawasan wisata Gunung Bromo:

  1. Hindari liburan panjang atau long weekend

Sebisa mungkin hindari waktu-waktu liburan panjang seperti liburan nasional dan liburan akhir pecan karena kalian akan merasakan ke-crowded-an di sekitar kawasan wisata ini. Karena kawasan wisata di Bromo ini hampir tak pernah sepi pengunjung terutama ketika liburan panjang tiba. Jika suasana terlalu crowded maka akan cukup sulit untuk bisa leluasa menikmati suasana dan pemandangan yang ada.

  1. Rencanakan acara berlibur jauh-jauh hari

Karena kawasan wisata ini hampir tak pernah sepi pengunjung, maka akan lebih baik jika bisa merencanakan acara berlibur ke tempat wisata ini jauh-jauh hari untuk menghindari penuhnya paket wisata bromo yang ditawarkan untuk open trip. Hal lain sebagai antisipasi adalah untuk menghindari penuhnya penginapan dan kendaraan jeep yang disewakan di tempat wisata ini. Sehingga sangat penting untuk merencankan dan mempersiapkannya jauh-jauh hari. Jangan lupa untuk buat jadwal berkunjung ke tempat-tempat wisata lainnya baik yang berada di sekitar Gunung Bromo maupun di sekitar kawasan tersebut.

  1. Bawa perlengkapan yang lengkap

Suhu dan kondisi alam di Bromo ini tentu berbeda dengan suhu dan kondisi yang ada di perkotaan dan tempat-tempat lainnya. Sehingga sangat penting untuk menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan. Termasuk baju hangat, jaket, syal, topi hangat, maupun obat-obatan pribadi lainnya yang diperlukan. Jangan sampai liburanmu terganggu hanya karena kamu lupa membawa kebutuhan pribadi yang diperlukan di tempat yang dingin seperti di kawasan wisata Gunung Bromo ini.

  1. Siapkan kamera terbaik

Karena tidak mungkin datang setiap hari ke tempat wisata Bromo ini maka jangan lupa untuk siapkan kameramu agar bisa mengabadikan momen-momen terbaik selama di sana. Apalagi jika kalian yang punya hobi eksis di sosial media seperti instagram maupun untuk kepentingan membuat vlog di youtube.

  1. Cek status gunung

Yang tidak kalah penting sebelum memutuskan untuk berlibur ke kawasan wisata Gunung Bromo ini adalah jangan lupa untuk mengecek status gunung tersebut karena Gunung Bromo merupakan salah satu gunung api yang masih aktif. Jangan datang ketika status gunung sedang meningkat atau dalam kondisi berbahaya karena akan membahayakan wisatawan yang datang. Kondisi gunung ini biasanya bisa diakses informasinya melalui informasi seputar TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

  1. Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup

Meskipun kalian berlibur menggunakan jasa tour melalui paket wisata Bromo, jangan lupa untuk tetap menyiapkan bekal makanan dan minuman. Karena meskipun mendapat jatah makan karena sudah termasuk include dalam paket tersebut, tentu kita juga membutuhkan makanan ketika berada di tempat-tempat wisata. Apalagi penjual-penjual yang terdapat di kawasan wisata tersebut tergolong sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah wisatawan yang datang berkunjung.

  1. Jangan lupa memakai sunblock

Perubahan suhu yang sangat berbeda ketika sebelum berada di kawasan wisata Bromo hingga berada di Gunung Bromo tentu akan berpengaruh terhadap kulit kita. Apalagi ketika berada di ketinggian paparan sinar matahari akan mengenai kulit secara langsung. Sehingga sangat penting untuk memakai sunblock agar berguna untuka melindungi kulit tertuama bagian wajah. Karena jika tidak menggunakan sunblock dan apabila kulit tergolong sensitive maka bisa mengakibatkan iritasi.

www.pexels.com

Hotel Murah di Bromo

Setelah mengetahui tempat-tempat wisata di sekitar kawasan Gunung Bromo dan tips-tips untuk mempersiapkan liburan ke sana, yang tidak kalah penting dilakukan adalah melakukan pemesanan atau booking hotel maupun penginapan. Berikut ini beberapa rekomendasi penginapan sebagai referensi jika kalian berencana untuk berlibur ke Bromo:

  1. Yoschi’s Hotel

Lokasi hotel ini cukup dekat dengan Gunung Bromo yaitu sekitar 5 km tepatnya berada di Jalan Raya Bromo km 02, Ponjol, Wonokerto, Squkapura, Probolinggo, Jawa Timur. Hotel ini terlihat nyaman dan klasik dengan dindingnya yang terbuat dari bamboo yang juga diaplikasikan pada kamar mandi. Terdapat fasilitas seperti TV kabel, the dan kopi, restoran, bar, gratis Wi-Fi, dan pelayanan laundry. Jenis kamar yang tersedia di antaranya adalah Economy Twin Room, Economy Double Room, Standard Double Room, Standard Twin Room, dan Standard Triple Room. Harga yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp 200.000,00 hingga Rp 520.000,00.

  1. Hotel Huni Raya Bromo

Hotel ini lokasinya berada di Tosari dan menyediakan fasilitas seperti Wi-Fi gratis dengan pemandangan Gunung Bromo yang bisa dilihat dari balkon hotel ini. Setiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi pribadi dan TV kabel layar datar. Hotel ini hanya menyediakan kamar tipe Deluxe Room dengan harga yang cukup murah yaitu berkisar Rp 350.000,00.

  1. Sion Vie Hotel

Lokasi hotel ini berada di Jalan Raya Bromo, Wonokerto tepatnya sekitar 11 km dari Gunung Bromo. Hotel ini dilengkapi dengan taman dan teras yang membuat para penghuni akan merasa nyaman selama tinggal di hotel tersebut. Selain itu, hotel ini juga menyediakan jasa penjemputan ke bandara. Setiap kamar dilengkapi dengan TV, sarapan, dan akses bebas Wi-Fi. Terdapat beberapa jenis kamar yaitu Twin Room with Shared Bathroom, Standard Twin Room, Deluxe Double Room, King Room, Superior Triple Room, dan Family Room dengan kisaran harga Rp 250.000,00 hingga Rp 950.000,00.

  1. Nadia Hotel

Nadia Hotel merupakan hotel bintang 2 yang lokasinya berada di Jalan Raya Bromo km 31, Sapikerep, Sukapura, Probolinggo, Bromo. Setiap kamar di hotel ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar mandi pribadi dengan shower dan bathub, televisi dengan saluran internasional, AC, teh dan kopi, serta masih banyak lagi. Jenis kamar yang ditawarkan hotel ini di antaranya adalah Standard 2 Pax, Standard Room 2 Pax, Standard 2 Pax, dan Standard 4 Pax dengan kisaran harga Rp 320.264,00 hingga Rp 486.635,00.

www.pexels.com
  1. Uciek Tengger Hotel

Hotel ini lokasinya berada di Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap mulai dari kamar yang dilengkapi dengan kamar pribadi, taman, ruang makan, restoran, layanan kamar 24 jam, akses bebas Wi-Fi, porter, dan area parkir yang cukup luas. Untuk kamar yang tersedia di hotel ini berupa Standard Room yang cukup untuk 2 orang dengan fasilitas AC dan TV kabel. Harga yang ditawarkan pun sangat bersahabat yaitu Rp 387.500,00.

Sebelum memutuskan untuk menginap di hotel mana, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu testimoni atau review yang biasanya disampaikan melalui situs-situs pemesanan hotel maupun situs resmi hotel-hotel tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan untuk melihat dan mengetahui apakah hotel tersebut memiliki fasilitas sesuai seperti yang diinginkan dan direkomendasikan oleh penghuni hotel tersebut sebelumnya. Sehingga kalian lebih mantap dalam memilih dan menentukan hotel mana yang akan dijadikan tempat menginap. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari karena dikhawatirkan penuh apalagi ketika liburan panjang atau akhir pekan tiba. Jika tidak ingin ribet mengatur jadwal atau itinerary dan melakukan pemesanan hotel atau penginapan sendiri, maka akan lebih baik jika ikut open trip yang menyediakan paket lengkap untuk paket wisata Bromo. Hal ini sangat membantu agar waktu yang digunakan ketika berlibur ke Bromo lebih efektif dan efisien lantaran sudah ada tour guide yang menemani perjalanan.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *