Jenis Ikan Ikanan Populer di Indonesia

 

Setiap jenis ikan-ikanan memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi. Apalagi, kini tersedia beragam jenis makanan dengan bahan dasar ikan mulai dari ikan bakar, ikan asap, dan masih banyak lagi. Nah, dari sekian jenis ikan-ikanan tersebut, ada beberapa yang populer dan disukai oleh sebagian besar orang, seperti berikut ini.

Kakap

Ikan kakap merupakan salah satu ikan laut khas Kepulauan Riau dan sangat populer bagi pecinta seafood. Kakap itu sendiri masih memiliki jenis yang berbeda seperti kakap merah dan kakap putih. Soal harga, tergantung kondisi cuaca dan musim. Namun, umumnya dijual dengan harga Rp60.000 hingga Rp80.000 per kg. Ikan kakap diolah dengan beragam cara, misalnya menjadi kakap asam manis, kakap bumbu kuning, dan masih banyak lagi sesuai selera Anda. Kandungan ikan kakap tinggi akan selenium yang berperan penting sebagai antioksidan.

Tenggiri

Tenggiri termasuk jenis ikan-ikanan yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, ikan tersebut sering dijadikan kombinasi untuk makanan khas seperti batagor, siomay, pempek, dan masih banyak lagi. Jenis ikan ini hidup diperairan dangkal dan termasuk karnivora karena memakan kumpulan ikan kecil. Tenggiri ini rupanya masih satu kerabat dengan ikan tuna dan tongkol yang ditunjukkan oleh bentuknya yang memanjang dan daging kulitnya yang licin.

Salmon

Jika Anda menyukai jenis ikan yang bisa langsung dimakan, maka salmonlah jawabannya. Memang, dengan harga yang terbilang mahal, jenis ikan ini memiliki cita rasa daging yang lembut, kenyal, dan manis. Hebatnya lagi, daging ikan salmon memiliki banyak manfaat berupa sumber lemak sehat, sumber vitamin, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

Lele

Selain jenis ikan laut, ikan air tawar pun tak kalah nikmatnya. Misalnya ikan lele dengan ciri khas tubuhnya yang licin dan berkumis. Daging ikan lele juga lembut dan gurih, apalagi ketika disajikan bersama sambal pedas. Kandungan ikan lele ini kaya akan sumber vitamin B 12, rendah merkuri, dan yang terpenting rendah kalori dan lemak.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *