Pentingnya Perawatan Agar Karpet Masjid Tahan Lama

Sebuah bangunan masjid memiliki beberapa bagian penting termasuk salah satunya adalah bagian interiornya. Bila membicarakan tentang interior masjid maka tak bisa terlepas dari peran karpet masjid. Dimana karpet masjid menjadi barang yang penting dan harus ada dalam sebuah masjid. Tetapi perlu diketahui bahwa jenis karpet yang dipasang pada masjid juga memiliki jenis tersendiri karena nantinya fungsi karpet tersebut untuk beribadah. Saat ini sudah banyak jual karpet masjid yang menawarkan berbagai desain karpet untuk masjid yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tentunya selain memilih karpet masjid yang terbaik juga jangan sampai lupa untuk melakukan perawatan yang tepat agar karpet masjid tahan lama.

Mengenal Manfaat Karpet Masjid

Sebelum anda membeli karpet masjid maka sebaiknya ketahi terlebih dahulu manfaat dari karpet masjid sehingga memudahkan anda untuk memilih karpet masjid yang tepat. Selama ini karpet masjid memang dikenal sebagai karpet yang digunakan sebagai alas untuk solat. Namun tahukah anda bahwa dibalik itu ternyata masih banyak manfaat karpet masjid yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang. Berikut ini akan dijelaskan manfaat karpet masjid yang perlu diketahui..

www.pexels.com
  1. Memperindah Masjid
    manfaat karpet masjid yang pertama yaitu untuk memperindah masjid. Jika lantai masjid diberikan karpet maka akan memberikan nuansa yang lebih indah dan rapi pada karpet tersebut. Banyaknya pilihan motif dan warna dari karpet masjid tentu akan membuat desain interior masjid semakin menawan. Dengan memilih motif dan warna karpet masjid yang tepat maka akan memberikan kesan yang semakin indah di dalam masjid dan tentunya membuat para jamaah semakin betah saat menunaikan ibadah sholat di dalam masjid.
  2. Memudahkan Meluruskan Barisan
    Dengan memasang karpet masjid maka akan memudahkan meluruskan barisan atau shaff solat. Sebab pada karpet masjid terdapat garis atau sekat tersendiri yang masing-masing terbagi untuk setiap jamaah. Bentuk karpet masjid yang menyerupai sajadah tentu bisa menjadi alternatif bagi para jamaah. Untuk itulah barisan jamaah menjadi lurus dan rapi.
  3. Menjamin Kenyamanan Jamaah Saat Beribadah
    Manfaat karpet masjid yang berikutnya yaitu dapat membuat jamaah yang menunaikan sholat menjadi lebih nyaman. Terlebih jika karpet masjid tersebut menggunakan bahan yang halus dan lembut tentu akan membuat suasana di dalam masjid semakin terasa tenang. Bila suasana di dalam masjid tenang dan nyaman maka bisa dipastikan akan membuat ibadah semakin khusyuk. Selain itu dengan adanya karpet masjid maka para jamaah tak perlu repot membawa sajadah saat ke masjid.
www.pexels.com

Perbedaan Karpet Masjid dan Karpet Biasa

Setelah memahami manfaat karpet masjid selanjutnya anda tentu juga ingin tahu apa perbedaan antara karpet masjid dengan karpet biasa. Karpet masjid memiliki perbedaan yang sangat mendasar dengan karpet biasa sehingga bila anda ingin membeli karpet masjid sebaiknya silakan membelinya pada penjual khusus karpet masjid. Perbedaan karpet masjid dan karpet biasa yang pertama bisa dilihat dari motifnya. Dimana untuk karpet masjid memiliki motif yang sederhana dengan gambar masjid dan ada juga yang polos. Sedangkan untuk karpet biasa kebanyakan polos dengan berbagai pilihan warna namun adapula yang motifnya cerah dan ramai.

Selain dari motifnya, perbedaan karpet masjid dan karpet biasa terletak dari ukuran dan desainnya. Ukuran dan desain karpet masjid memang menyerupai sajadah tetapi bisa dipindahkan. Hal tersebut disesuaikan dengan kegunaan karpet masjid untuk beribadah, Sedangkan karpet biasa memiliki ukuran yang lebar dan luas. Selain itu, karpet masjid memiliki bahan yang tebal biasanya terbuat dari nilon dan lain-lain yang memang sengaja dipilih agar karpet tidak mudah terlipat atau bergeser. Bahan karpet masjid juga lebih halus dan lembut agar jamaah masjid merasa nyaman ketika menggunakannya. Untuk karpet biasa dibuat dari bahan yang tipis dan cenderung kaku namun adapula yang lebih tebal sesuai selera konsumen.

Tips Agar Karpet Masjid Tahan Lama

Dari penjelasan sebelumnya diketahui bahwa karpet masjid dan karpet biasa memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Dimana perbedaan tersebut juga sangat berpengaruh pada perawatan karpet tersebut agar awet dan tahan lama. Karpet masjid sudah selayaknya dibersihkan secara rutin agar terjaga kebersihannya dan tidak mudah rusak. Tetapi mungkin sebagian dari anda selama ini masih banyak yang belum merawat karpet masjid secara tepat sehingga menjadikan warna pada karpet cepat pudar dan kualitasnya menurun. Supaya karpet masjid tahan lama dan awet maka berikut ini akan dijelaskan tips-tips perawatannya yang perlu anda ketahui.

www.pexels.com
  1. Rutin Membersihkan Menggunakan Vacuum Cleaner
    Tips perawatan karpet masjid yang pertama yaitu dengan rutin membersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner setidaknya 2 kali seminggu. Namun pastikan vacuum cleaner yang anda gunakan tersebut hanya dipakai untuk membersihkan area karpet masjid saja. Hindari menggunakan vacuum cleaner tersebut untuk membersihkan permukaan yang keras sebab bagian roda vacuum cleaner yang bergesekan dengan bagian yang kasar akan cepat aus. Bila hal tersebut membekas pada karpet maka akan sulit untuk dibersihkan.
  2. Hindarkanlah Dari Suhu yang Lembab
    Supaya karpet masjid lebih tahan lama maka upayakan untuk menghindarkannya dari suhu lembab karena suhu yang lembab akan menimbulkan jamur dan bau tak sedap pada karpet masjid. Biasanya hal tersebut sering terjadi karena kaki yang basah sesudah wudhu lalu belum kering dan menginjakkan kaki di karpet masjid. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya mulai dari tempat wudhu hingga ke masjid sebaiknya dipasangi karpet bihun atau rubber lalu atasnya dilapisi handuk. Hal ini bertujuan agar kaki jamaah benar-benar kering ketika memasuki masjid.
  3. Hindari Gesekan dengan Benda Kerasa
    Supaya karpet masjid tahan lama sebaiknya hindari gesekan karpet dengan benda keras. Bila di atas karpet terdapat kursi atau mimbar maka untuk memindahkannya silakan diangkat saja. Bila memindahkan mimbar dengan diseret maka bisa menimbulkan bekas di karpet tersebut.
  4. Jangan Membawa Makanan dan Minuman ke Dalam Masjid
    Hindari membawa makanan dan minuman basah ke area dalam masjid. Karena bila makanan atau minuman tersebut tumpah di karpet masjid maka langkah membersihkannya cukup rumit. Misalnya saja jika karpet masjid terkena tumpahan kopi maka segera bersihkan tumpahan tersebut memakai handuk basah lalu peras dan usapkan sambil ditekan sampai kopi meresap pada handuk. Pastikan bekas gula, bau dan noda pada karpet tersebut hilang dan biarkan sampai kering. Setelah kering silakan bersihkan karpet tersebut menggunakan vacuum cleaner agar ampas kopi bisa terangkat tanpa tersisa.

Demikianlah penjelasan mengenai agar karpet masjid tahan lama yang bisa menambah wawasan anda. Melalui informasi yang sudah disampaikan di atas kini anda bisa lebih memahami mengenai karpet masjid dan cara perawatan yang tepat agar lebih tahan lama. Tentu karpet masjid yang terawat dengan baik akan membuat para jamaah merasa nyaman dan khusyuk saat beribadah. Untuk itulah mulai dari sekarang pastikan untuk merawat karpet masjid secara tepat dan benar.

www.pexels.com

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *