Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan AC Bagi Kesehatan

Pendingin ruangan ataupun AC bisa berguna untuk membantu agar suhu pada ruangan menjadi sejuk bahkan juga untuk bisa meningkatkan kualitas udara yang ada di dalam ruangan dan bisa juga untuk mengurangi penyakit seseorang yang menderita gejala asma dan alergi. Sehingga pada saat ini banyak sekali orang yang menggunakan AC untuk di dalam ruangan rumah mereka. Apalagi dengan menggunakan AC bisa mengalahkan hawa panas yang sangat kering pada saat di musim panas. Sehingga ruangan akan menghasilkan udara yang sangat sejuk walaupun di luar ruangan cuaca yang sangat panas. Namun harus perlu anda ketahui kelebihan dan kekurangan menggunakan AC apalagi jika anda tidak bisa merawat dan membersihkan AC secara benar bisa beresiko untuk kesehatan anda dan keluarga anda. Jadi anda harus bisa merawat dengan baik agar AC bisa berfungsi dengan baik dan manfaat bagi kesehatan.

www.pexels.com

Manfaat jika menggunakan AC untuk kesehatan

Anda bisa perhatikan manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda menggunakan AC pada ruangan rumah anda. Berikut manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan AC untuk kesehatan sebagai berikut :

  • Bisa melindungi dari hawa panas dan dehidrasi : jika seseorang tidak bisa mengatur suhu dengan baik maka akan menghasilkan hawa panas yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan stroke panas. Dan jika mengalami stroke panas tidak ada tindakan dalam pengobatannya maka bisa merusak otak dan organ vital lainnya. Sehingga jika kita menggunakan AC bisa membantu untuk mencegah terjadinya penyakit stroke panas di mana AC dapat mengatur suhu udara dengan baik. Dan kalau panas juga bisa menyebabkan dehidrasi yang di mana seseorang akan mengeluarkan keringat yang berlebihan sehingga cairan dalam tubuh akan menghilang jika tidak diisi ulang secara baik. Sehingga dengan kita menggunakan AC bisa menghindari resiko akan terjadinya dehidrasi yang di mana akan mengurangi keringat dan kehilangan banyak cairan.
  • Bisa untuk meningkatkan produktivitas : dengan anda menggunakan AC bisa membantu untuk mengurangi kelelahan yang berhubungan dengan hawa panas dan stres sehingga ruangan tersebut akan menghasilkan udara yang sangat sejuk dan bisa meningkatkan produktivitas kerja anda. Karena jika anda menjalankan aktivitas dengan suasana panas yang ekstrim akan menimbulkan efek yang negatif bagi aktivitas fisik dan kecerdasan berpikir anda. Sehingga anda tidak akan bisa berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas. Jika di dalam suatu ruangan terdapat AC maka bisa meningkatkan kinerja yang membuat lingkungan kerja menghasilkan udara yang sejuk dan nyaman. Dan dengan menggunakan AC pada ruangan kamar anda juga bisa membuat tidur anda dengan nyenyak dan nyaman setelah anda melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Bisa meningkatkan kualitas udara yang ada di dalam ruangan : AC juga bisa berfungsi untuk membantu meningkatkan kualitas pada udara yang ada di dalam ruangan secara signifikan. Di mana AC akan menyaring debu serbuk sari dan alergen yang ada di lingkungan. Sehingga juga bisa bermanfaat untuk bisa mengontrol pertumbuhan jamur dan lumut dengan cara mengurangi tingkat pada kelembaban. Jika lingkungan sekitar anda memiliki kualitas udara yang sangat buruk dengan menggunakan AC bisa menciptakan suasana yang bersih dan sehat sehingga sangat bagus untuk kesehatan.
  • Bisa untuk membantu mengurangi penyakit asma dan alergi : dengan adanya AC bisa menyaring dan mensterilkan udara yang sering kita hirup sehingga dapat mengurangi penyakit asma dan alergi. Di mana AC akan berfungsi untuk menghilangkan debu dan serbuk sari bahkan bisa menghambat pertumbuhan jamur dan lumut. Ada salah satu faktor yang bisa meningkatkan resiko terjadinya alergi asma dan pernafasan yang terganggunya yaitu paparan spora jamur. Jika anda menggunakan AC anda harus menutup jendela agar debu, bakteri dan alergen yang ada di lingkungan tidak masuk ke dalam ruangan yang menggunakan AC. Sehingga penggunaan AC sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit alergi dan asma.
www.pexels.com

Resiko yang bisa terjadi jika menggunakan AC

Selain dalam penggunaan AC memiliki manfaat bagi kesehatan namun yang perlu anda ketahui dalam penggunaan AC juga terdapat Resiko yang bisa terjadi. Jadi Berikut ini akan dijelaskan resiko yang bisa terjadi bagi kesehatan jika menggunakan AC sebagai berikut :

  • Akan menimbulkan efek kekeringan pada kulit : jika anda menggunakan AC selama berjam-jam akan menimbulkan kekeringan dan iritasi pada selaput lendir. Karena kulit juga bisa mengalami kehilangan kelembaban alaminya bahkan bisa sampai menjadi kering dan sensitif. Anda juga bisa menggunakan tips untuk menjaga kelembaban di saat anda sedang berlama-lama di dalam ruangan yang menggunakan AC yaitu anda bisa menyediakan mangkok yang berisi air yang ditaruh di atas meja anda dan anda juga harus bisa menggunakan pelembab kulit agar kulit anda bisa terus dalam keadaan lembab.
  • Bisa menyebabkan penyakit pada pernafasan : jika di dalam ruangan terdapat perubahan yang mendadak pada suhu dan kelembaban akan mengakibatkan buruknya gejala yang timbul dari beberapa penyakit pernafasan. Permasalahan ini bisa diatasi dan dihindari dengan anda menetapkan thermostat ke suhu yang lebih tinggi dan jika sudah mendapatkan suhu yang sejuk anda bisa secara bertahap mengurangi ke tingkat yang pebih nyaman.
  • Bisa terjadinya alergi dan infeksi saluran pada pernafasan : jika anda terlalu sering berpaparan yang terlalu berlebihan dengan udara dingin dari AC bisa menyebabkan permasalahan penyakit seperti sinus, sakit tenggorokan pilek dan gejala flu lainnya. Yang perlu anda ketahui bahwa beberapa AC ada yang tidak bisa untuk melembabkan udara yang di mana hanya bisa untuk bisa menyebabkan udara menjadi sangat kering. Dengan udara yang kering tersebut bisa mengakibatkan terjadinya iritasi pada lapisan mulut dan hidung. Jika anda menggunakan AC anda harus rajin untuk membersihkan filter udara agar tidak kotor. Karena jika tidak dibersihkan secara teratur filter udara tersebut akan menjadi tempat berkumpulnya debu, bakteri dan serbuk sari yang akan disirkulasikan kembali ke dalam ruangan. Dengan hal tersebut bisa meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran pada pernafasan dan akan menimbulkan masalah untuk seseorang yang memiliki penyakit alergi dan asma.
  • Bisa mengakibatkan penyakit sick building syndrome : penyakit ini bisa terjadi jika anda menggunakan AC yang tidak terdapat ventilasi yang tepat. Sehingga bangunan tersebut akan membuat seseorang mengalami penyakit dengan gejala seperti iritasi pada kulit dan selaput lendir sakit kepala kesulitan dalam bernafas dan bisa juga menjadi kelelahan yang berlebihan. Penyakit ini memang disebabkan oleh jamur dan mikroorganisme yang sudah menumpuk di dalam sistem pendingin udara tersebut sehingga bisa beredar pada udara yang sering kita hirup.
  • Bisa mengakibatkan penyakit legionnaire : ini adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri legionella pneumophila. permasalahan yang sering terjadi pada kesehatan yang berhubungan dengan AC biasanya akan ditemukan air hangat dalam sistem AC central terutama pada rumah sakit dan hotel yang sering menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Penyakit ini biasanya menimbulkan gejala seperti nyeri pada tubuh, demam tinggi, batuk, menggigil, sakit kepala dan kelelahan. Jika anda menderita Penyakit ini sebaiknya anda harus cepat untuk mengobatinya jika tidak akan terjadi komplikasi yang bisa membahayakan jiwa anda.
  • Bisa mengakibatkan berat badan menjadi bertambah : ada penelitian yang mengatakan bahwa penggunaan AC bisa menyebabkan terjadinya peningkatan pada berat badan. Karena dengan menggunakan AC memang bisa untuk menjaga suhu ruangan namun tubuh menjadi tidak mengeluarkan energi dan membakar kalori untuk bisa menyesuaikan diri dengan perubahan suhu pada tersebut yang bisa menyebabkan peningkatan berat badan.
  • Tidak ramah lingkungan : pada umumnya pendingin ruangan biasanya menggunakan freon AC yang sudah diketahui bahwa bisa adanya penipisan lapisan ozon. Namun pada saat ini AC dengan generasi baru sudah bisa meminimalkan resiko akan terjadinya pada lapisan ozon sehingga tidak terlalu berpengaruh pada iklim.
www.pexels.com

Mengetahui Kelebihan dan kekurangan menggunakan AC untuk penanganan

Jika kita ingin menggunakan AC sangat lebih baik untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan AC terlebih dahulu agar bisa melakukan penanganan yang bisa menimbulkan efek samping yang bisa terjadi terhadap kesehatan. Salah satu cara untuk bisa menghindari efek samping ataupun risiko dengan menggunakan AC anda harus bisa merawat dan membersihkan AC secara berkala. Karena jika AC tidak dirawat dan dibersihkan akan menimbulkan filter yang bisa menyebarkan debu dan mikroorganisme yang berada dari udara. Panci tetes dan kumparan pendingin juga bisa membuat kuman dan polutan menjadi bersarang.

Jadi anda harus bisa pastikan untuk selalu menjaga bagian-bagian AC agar tetap bersih. AC portable sebenarnya sangat lebih mudah untuk perawatannya dibandingkan dengan sistem pendingin udara yang harganya lebih mahal. Jadi untuk anda menghindari resiko yang terjadi bagi kesehatan anda dan keluarga anda sebaiknya anda harus melakukan perawatan dan membersihkan AC kepada orang yang profesional secara berkala karena AC adalah sistem pendingin udara yang salurannya tersembunyi dan berada pada tempat yang tidak mudah untuk dijangkau.

Sangat berguna sekali jika anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan menggunakan AC agar anda bisa menghindari berbagai resiko yang bisa saja terjadi pada nantinya. Sehingga Anda juga bisa mencegah terjadinya efek sampingyyang tak bisa terjadi pada kesehatan keluarga anda.

Memang untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan AC bisa anda cari tahu melalui internet yang di mana banyak situs yang menginformasikan hal tersebut dan pastinya situs tersebut akan merekomendasikan AC yang terbaik bagi keluarga anda. Sehingga Anda bisa memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan anda.

www.pexels.com

Harga dari AC sangat bervariasi sehingga anda bisa sesuaikan juga dengan budget yang anda miliki. Saat anda memilih AC perlu diingat kembali kelebihan dan kekurangan menggunakan AC agar anda bisa tetap terjaga kesehatannya dan tidak akan mengalami efek samping. Jangan sampai dengan anda menggunakan AC akan berakibat penyakit datang ke dalam tubuh kita. Jangan terlalu menyepelekan penyakit kecil karena penyakit kecil juga bisa berakibat komplikasi yang malah membuat menjadi buruk. Jadi anda harus bisa menjaga kesehatan anda agar anda bisa terus beraktivitas dengan baik. Kalau kita sakit untuk bisa menjalankan aktivitas pastinya akan sulit di mana anda akan kehilangan konsentrasi untuk berpikir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *