Bingung Kerja Sampingan Yang Menguntungkan? Coba Pekerjaan Satu Ini

Pekerjaan merupakan suatu tindakan yang bertujuan untuk mendapatkan hasil, dalam hal ini uang lah target yang diharapkan setiap orang. Memang ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa dilakukan, tapi kebanyakan dari mereka memiliki kerja sampingan untuk mendapatkan tambahan keuangan. Sebelum kita membahas pekerjaan sampingan apa yang akan kamu bagikan kali ini, ada baiknya bila anda tahu apa keuntungan dan kekurangan dari memiliki pekerjaan sampingan.

Pasalnya pekerjaan sampingan ini bisa saja mengganggu pekerjaan utama anda bila anda tidak bisa membagi waktu dengan baik. Agar anda semakin paham, berikut ini keuntungan dan kekurangannya.

Keuntungan dan Kekurangan Memiliki Pekerjaan Sampingan

Keuntungan

Sebenarnya ada banyak sekali keuntungan yang dimiliki pekerjaan sampingan, namun pada kesempatan kali ini kami hanya akan membagikan 5 keuntungan saja agar anda tahu poin-poin pentingnya.

  1. Penghasilan tambahan

Keuntungan pertama yang akan anda dapatkan adalah penghasilan tamabahan, dimana besarnya penghasilan anda akan bergantung dengan jenis pekerjaan sampingan anda.  Apabila anda bisa mengatur pekerjaan sampinfan anda, tentu hasil yang anda dapatkan juga akan besar. Contohnya dengan daftar jadi reseller serbu.id

Dengan memiiki uang dari pekerjaan sampingan ini, tentu anda akan bisa membeli berbagai kebutuhan lain diluar dari uang pekerjaan tetap anda. Anda juga bisa menabung lebih banyak, karena anda memiliki penghasilan tambahan.

www.pexels.com
  1. Memiliki kebebasan

Hampir sudah menjadi kepastian, dimana banyak miliader yang memiliki pekerjaan sampingan. Tak tanggung-tanggung, pekerjaan sampingan yang mereka miliki bisa mencapai 6 sampai 7 jenis.

Banyaknya jenis pekerjaan ini menjadikan para miliader tidak kebingungan, bila satu pekerjaannya bangkrut maka masih ada banyak pekerjaan lain yang bisa memasok uang tambahan padanya.

  1. Tambah pengalaman

Ketika anda hendak melamar ke sebuah pekerjaan, tentu anda akan dimintai CV untuk mengetahui kemampuan anda. Tahukah anda, ternyata tambahan pekerjaan ini akan memperkuat anda, agar perusahaan lebih tertarik dengan anda.

Dengan memiliki pekerjaan tambahan, sudah jelas anda akan lebih menonjol di banding pelamar lainnya yang tidak memiliki pekerjaan sampingan.

  1. Kebahagiaan bertambah

Banyak sekali pelaku bisnis sampingan yang merasa bahagia, dimana mereka memiliki banyak keleluasaan bila dibandingkan dengan pekerja yang tak memiliki sampungan.

Bila diukur menggunakan kebahagiaan, pekerja yang memiliki pekerjaan sampingan lebih bhagia 77 persen ketimbang karyawan kantor. Hal ini mendandakan bahwa orang yang memiliki pekerjaan sampingan lebih nikmat dan nyaman, dalam menjalani hidup mereka.

  1. Bebas pajak

Di Indonesia sendiri, terdapat peraturan yang membebaskan pajak pada orang yang memiliki bisnis dengan omset kurang dari 500 juta pertahunnya. Dimana bila bisnis sampingan anda tidak mencapai angka tersebut, berarti anda tidak perlu membayarkan pajak.

Namun bila pekerjaan anda memiliki omset lebih dari itu, maka wajib untuk anda membayarkan pajak. Seperti yang anda ketahui, pajak itu nantinya akan dimasukkan lagi untuk pembangunan negara.

Kekurangan

Setiap kelebihan pastinya memiliki kekurangan, dimana kekurangan itu akan menjadi hal yang juga harus dipertimbangkan saat memulai untuk membuka usaha sampingan. Berikut ini kekurangan yang dimiliki usaha sampingan.

  1. Terbaginya konsentrasi

Memiliki pekerjaan sampingan tentu akan membuat konsentrasi anda terbagi, disaat anda mengerjakan tugas kantor disaat itu pula anda harus menyelesaika tugas dari pekerjaan sampingan anda.

Tentu sudah menjadi hal biasa ketika anda mengerjakan deadline kantor, anda dihubungi oleh pekerjaan sampingan anda yang perlu anda tangani. Bila anda kurang pandai dalam mengatur waktu dari kedua pekerjaan itu, maka kedua pekerjaan anda malah akan merusak kualitas hidup anda.

  1. Profesional kerja dipertanyakan

Meskipun dari kantor yang anda kerjakan memperbolehkan karyawannya untuk memiliki pekerjaan sampingan, tapi sudah pasti kantor tidak menginginkan performa pegawainya menurun.

Bila hal seperti ini sampai anda alami, tentu anda akan mendapatkan teguran dan posisi anda pun akan terancam. Hal terburuh yang akan anda alami adalah dipecatnya anda dari tempat kerja utama anda, karena fokus anda terbagi menjadi dua.

  1. Kurang istirahat

Pekerjaan anda lebih dari 1? Maka anda harus siap untuk membagi waktu anda, mulai dari waktu berlibur ataupun waktu bersama keluarga. Hal ini sudah menjadi kewajaran, karena memang waktu anda terkuras untuk mengurusi pekerjaan yang banyak.

Sangat disarankan untuk anda bisa mengatur waktu dengan maksimal, dengan begitu waktu istirahat anda tetap bisa anda rasakan dan anda nikmati. Meskipun anda kurang itirahat, namun hasil jerih payah anda akan terbayarkan dengan hasil yang anda dapatkan.

  1. Tidak memiliki waktu longgar

Ketika anda memiliki pekerjaan banyak, sudah pasti waktu anda akan terbagi pula. Sangat jarang anda akan memiliki waktu longgar. Jangankan waktu longgar, waktu untuk berkumpul dengan keluarga pun bisa hilang karena pekerjaan yang terlalu banyak untuk dikerjakan.

Memang di tahap awal anda akan bingung untuk membagi waktu, namun lama kelamaan anda akan tahu mana yang harus anda dahulukan dan tidak. Dengan begitu anda akan memiliki kualitas kerja yang maksimal, karena anda masih bisa menikmati waktu senggang anda untuk meningkatkan kualitas hidup.

  1. Mudah sakit

Karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, hingga melupakan banyak hal penting seperti berolahraga, makan teratur, ataupun tidur teratur. Semua kegiatan tersebut akan teranggu, bahkan bisa saja hilang karena kesibukan anda yang terlalu padat.

Untuk mengatasi hal itu anda bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gizi maupun vitiamin, suplemen juga penting untuk memaksimalkan kualitas anda dengan padatnya pekerjaan yang anda lakukan.

Itulah kelebihan dan kekurangan yang akan anda dapatkan bila memiliki pekerjaan yang lebih dari satu, sangat penting untuk anda membagi waktu agar semua pekerajaan bisa dikerjakan dengan maksimal.

Setelah anda mengetahui keuntungan dan kerugian, mari kita bahas mengenai jenis pekerjaan yang bisa anda jadikan sampingan namun memiliki hasil yang juga besar. Seperti yang kita tahu, saat ini banyak perusahaan baru yang tumbuh di pusat kota. Apabila anda teliti melihat potensi tersebut, anda akan tahu bahwa perusahaan ini akan memberikan banyak keuntungan pada anda bila anda mau mengambilnya.

Pastinya perusahaan baru tersebut akan membutuhkan seragam untuk para pekerjanya, mereka akan menyerahkan pebuatan seragamnya pada konveksi seragam kerja. Bila anda bisa membaca peluang, anda bisa melobi perusahaan tersebut untuk anda ambil job seragam tersebut. Anda tak harus membuat konveksi, karena anda hanya perlu memberikan job tersebut pada konveksi yang bagus dan anda mengambil keuntungan didalamnya.

www.pexels.com

Pengertian Konveksi

Pastinya banyak dari anda yang sudah tahu apa itu konveksi, dimana konveksi ini hampir sama dengan penjahit. Namun tetap saja kedua jenis pekerjaan ini memiliki perbedaan, dan berikut ini pengertian dari konveksi.

Konveksi adalah tempat untuk membuat marcendise ataupun sandang dengan batas minimal tertentu, sehingga konveksi ini akan memiliki ketentuan orderan. Berbeda dari penjahit, yang biasanya menerima orderan dalam bentuk bijian. Konveksi sendiri bisa dikatakan kumpulan dari para penjahit, dimana dalam satu perusahaan konveksi maka anda bisa memiliki lebih dari satu penjahit.

Biasanya konveksi akan menerima orderan dalam bentu satuan, gruo, maupun komunitas. Dari semua itu konveksi juga akan menerima orderan bukan hanya baju saja, melainkan kaos ataupun sablon tertentu.

Sebenarnya ada banyak jenis-jenis pekerjaan yang masih ada sangkut pautnya dengan konveksi, dimana mereka hanya dibedakan dari quantiti penjahitan saja. Berikut ini beberapa jenis penjahit dari yang terkecil hingga konveksi.

Jenis-Jenis

  1. Pejahit rumahan

Quantiti sedikit dimana orderan yang diterima mulai dari 1 hingga 5 pcs dengan alat yang berupa alat jahit biasa, tanpa menggunakan mesin jahit yang lebih modern dan menghasilkan jahitan yang lebih cepat.

  1. Konveksi

Quantiti penerimaan orderan mulai dari 12 sampai dengan 10000 pcs, dengan dukungan alat yang lumayan lengkap, mulai dari mesin jahit, obras, kam, rantai, press kaos, dan masih banyak lagi.

Biasanya kelas inilah, yang digunakan para pebisnis untuk pekerjaan sampingannya. Mereka merekrut pegawai untuk mengerjakan orderan, dan pemilik akan mencari klien sembari mengerjakan pekerjaan utamanya.

  1. Garmen

Quantiti orderan dimulai di atas 10000 pcs, biasanya germen ini dikerjakan oleh karyawan yang bergaji UMR dan jam kerja yang dipatok. Tentu skil pekerjanya bisa diuji, karena sebelum masuk ke tempat kerja ini karyawan akan dilakukan tes dan training dahulu. Alat yang digunakan untuk kelas garmen ini sudah sangat lengkap, sehingga hasil yang didapatkan juga maksimal dan cepat.

Pengiriman barang harus jelas resinya, jadi seperti sudah keharusan untuk cek resi secara rutin.

Apabila anda hendak membuka usaha sampingan, ada baiknya bila anda membaca artikel ini dahulu. Sehingga anda nanti tidak akan mengalami kesalahan setelah anda membukanya, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

www.pexels.com

Tips Memulai Usaha Sampingan

Memang biaya hidup saat ini kian lama kian meningkat, sehingga dari satu pekerjaan saja belum tentu bisa memnuhinya. Mau tidak mau anda perlu menambah pemasukan anda, agar nantinya seluruh kebutuhan bisa terpenuhi. Memang menjadi dilema, ketika anda seorang karyawan dan harus keluar dari kantor untuk membuka bisnis baru. Akan lebih menguntungkan bila anda mau membuka bisnis lain, namun tetap bertahan di perusahaan saat itu.

Agar memudahkan anda saat membuka usaha sampingan, berikut ini tips yang bisa anda lakukan agar pekerjaan utama anda.

  1. Fokus di satu bisnis dulu

Memang peluang kadang muncul bersamaan, sehingga memungkinkan untuk anda membuka semua usaha sekaligus. Namun bila anda baru dalam memulai hal ini, tentu itu sebuah kesalahan yang harusnya tidak anda lakukan. Anda harus menyadari, karena anda masih terikat dengan perusahaan yang anda ikuti saat ini.

Akan lebih baik bila anda fokus pada satu usaha sampingan dulu, anda maksimalkan disitu agar performa anda tetap bagus di perusahaan anda. Dengan begitu posisi anda aman di kedua belah pihak, dan pastinya keuntungan bisa anda dapatkan sepenuhnya.

  1. Membuat plan

Setelah anda menentukan usaha bisnis yang akan anda mulai, segera lah untuk membuat planing berjalannya bisnis anda. Meskipun usaha yang anda kerjakan adalah usaha kecil, namun tetap sangat diperlukan perencanaan yang matang.

Ada banyak hal yang harus anda lakukan dalam membuat rencana kerja, mulai dari survey pasar, modal, hingga strategi apa yang harus anda lakukan nantinya. Tujuannya sudah pasti untuk mendapatkan keuntungan yang besar, karena survey yang anda lakukan sudah benar maka produk yang anda miliki akan mudah masuk di pasaran.

  1. Memanfaatkan marketing online

Perkembangan teknologi saat ini memberikan banyak manfaat di berbagai aspek, salah satunya untuk berbisnis. Dengan memanfaatkan dengan sistem online, tentu konsumen yang anda cakup bisa lebih luas dan menyeluruh. Bukan hanya orang sekitar anda yang tahu akan usaha anda, melainkan seluruh masyarakat yang melihat produk anda di internet.

Tentu anda tahu kekutan internet saat ini, dimana hampir semua orang menggunakan internet untuk komunikasi. Dengan begitu anda akan mengetahui, kemana anda akan menjual produk ataupun jasa yang anda berikan. Konsumen pun akan tahu, kemana harus pergi bila membutuhkan produk ataupun jasa yang anda berikan.

  1. Perluas jaringan

Bila saat ini anda merupakan orang yang jarang bergaul dengan dunia luar, ada baiknya bila anda mengubah perilaku anda. Usahakan untuk memperluas koneksi anda, sehingga ada banyak orang yang tahu akan usaha yang anda kerjakan saat ini. Perlu anda tahu, bila anda tidak memiliki banyak chanel atau kenalan. Maka anda akan kesulitan untuk memasarkan produk yang anda miliki.

Tentu akan sulit bila anda memasarankan produk namun anda tidak memiliki koneksi yang bagus, pastikan pula koneksi yang anda miliki adalah orang-orang yang membutuhkan produk anda dalam jangka waktu yang panjang.

Biasanya orang-orang ini akan menjadi konsumen anda, dan anda pun bisa bertukar pikiran dengan orang-orang tersebut. Karena bisa saja mereka pernah melakukan hal yang serupa seperti anda, sehingga bisa memberikan masukan yang tepat pada anda saat ini untuk kemajuan bisnis yang anda jalankan.

www.pexels.com
  1. Jangan menunda pekerjaan kantor

Karena posisinya anda masih terikat dengan kantor, sangat disarankan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan kantor anda. Memang sangat sulit untuk bisa mengerjakan dua hal sekaligus, tentu harus ada yang didahulukan dari kedua pekerjaan ini. Anda perlu membagi prioritas anda, sehingga kedua pekerjaan bisa dijalankan dalam waktu beriringan tanpa meninggalkan satupun.

Sangat perlu untuk anda bisa membagi waktu dengan bijak, sehingga pekerjaan yang anda lakukan tidak memberikan efek buruk pada kantor yang sedang anda ikuti saat ini. Misalnya anda bekerja pagi hingga sore di kantor, maka maskimalkan waktu itu untuk mengerjakan tugas kantor. Barulah sepulang dari kantor anda memikirkan usaha sampingan anda, meskipun anda harus mengobankan waktu untuk istirahat anda.

Memang salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan dalam memulai kerja sampingan adalah niat, setelah itu barulah pembagian waktu. Bila usaha yang sudah anda jalankan lancar dan hasilnya terlihat, anda jangan buru-buru langsung memutuskan untuk keluar dari pekerjaan anda sebelumnya.

Anda bisa mengakalinya dengan mempercayakan pekerjaan sampingan anda pada orang lain, dengan begitu anda masih bisa merasakan hasilnya. Bisa juga anda membuka cabang baru, namun tentu pemasaran yang tepat harus anda terapkan. Salah satu cara mudah adalah dengan memberikan pegawai anda seragam, dengan begitu orang akan tahu produk anda apa dari seragam yang dikenakan pegawai anda. Selain itu seragam merupakan identitas, yang harus dimiliki dari sebuah perusahaan agar mudah dikenal oleh masnyarakat luas. Salah satu hal penting yang tidak boleh anda lupakan adalah, jangan lupa menyedekahkan sedikit keuntungan anda pada orang yang membutuhkan.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *