Khasiat Durian yang Baik Untuk Kesehatan

Apakah Anda tahu buah durian yang sangat digandrungi itu? Ya, buah berduri dengan bau yang sangat khas itu ternyata selain enak, memiliki banyak manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Khasiat durian memang sudah terbukti oleh para ahli. Menurut para ahli, durian memiliki banyak kandungan seperti serat, protein, lemak, karbohidrat dan berbagai vitamin lainnya yang dibutukan oleh tubuh. Untuk itulah banyak yang menggandrunginya. Akan tetapi, perlu Anda ketahui jika durian akan bisa sangat bermanfaat untuk tubuh jika Anda memakannya sesuai dengan takaran. Akan sangat berbahaya jika Anda memakannya secara berlebihan karena dampak terlalu banyak makan durian juga berbahaya.

Menurut para ahli, khasiat durian yang belum banyak orang ketahui dihitung dengan 100 gram buah durian bisa terdiri dari 27 gram karbohidrat, 1,5 gram serat, 4 gram protein, 5 gram lemak, serta ada vitamin A, C yang masing-masing cukup tinggi kadarnya, belum lagi terdapat magnesium dan fosfor yang bagus untuk tulang dan gigi Anda agar kuat. Meski banyak juga yang tidak terlalu suka dengan buah durian, sebenarnya karena bau yang menyengat itu. Mereka sebenarnya ingin mencoba, tapi karena bau itulah yang membuat mereka tidak suka untuk mengkonsumsinya. Ingat, untuk mengkonsumsi hanya secukupnya saja, karena terlalu banyak juga bisa membuat Anda mabuk.

Jika Anda memang tidak suka dengan buah durian, ada banyak makananĀ  yang berasal dari olharan durian. Bisa dengan ekstraknya atau mungkin buahnya langsung. Yang terpenting khasiat durian masih terkandung di dalam makanan tersebut. Biasanya makakan yang menggunakan durian ada es krim. Sekarang sudah banyak es krim yang memiliki rasa durian, ada juga permen, jus, kemudian sekarang ada mochi, makanan khas Bandung yang kenyal juga ada yang rasa durian dan cukup lezat. Roti dan kue kering juga banyak yang sudah dibuat dengan durian. Jadi, bagi Anda yang tidak bisa makan buah duriannya langsung, bisa makan makanan yang dari olahan durian itu. Yang terpenting khasiat durian masih ada di dalamnya.

www.pexels.com

Manfaat Durian

Jika Anda bertanya apa saja khasiat durian itu sebenarnya, berikut penjelasan mengenai khasiat durian yang harus Anda ketahui agar lebih menyukai lagi buah durian dan mau memakannya :

  1. Durian memang mengandung fosfor seperti yang sudah tertera di atas, fosfor yang dimiliki oleh durian cukup banyak sehingga dengan mengkonsumsi itu, Anda bisa menjaga tulang dan gigi. Meskipun ada kalsium di dalamnya, tapi kalsium memang tidak bisa untuk menjaga kesehatan gigi, sementara fosfor bisa melakukan keduanya sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.
  2. Pernahkah Anda mendengar perihal Polycystic ovarian syndrome atau yang dikenal dengan PCOS? Penyakit ini adalah kurang produktifnya seorang wanita pada masa subur. Hal itu bisa ditandai dengan munculnya titik-titik kista yang menyerang ovarium wanita. Dengan memakan durian ternyata bisa memperbaiki glukosa dan lemak sehingga mampu menumbuhkan kesuburan itu kembali.
  3. Ternyata durian juga mampu mengurangi kadar lemak sehingga Anda terhindar dari kolesterol dan lemak jahat. Peneliti menemukan hal itu dan mereka mengklaim bawa durian memang bisa bertindak demikian. Tapi perlu diingat lagi jika konsumsinya harus sesuai dengan aturan agar khasiat durian bisa Anda dapatkan.
  4. Pernahkah Anda merasa depresi? Mungkin depresi yang Anda rasakan karena kurangnya vitamin B6 yang ada di dalam tubuh Anda. Buah durian ternyata memiliki khasiat B6 yang akan membantu Anda untuk meminimalkan depresi yang Anda rasakan. Hati-hati, jika depresi yang berkepanjangan bisa membuat kesehatan jiwa Anda terganggu dan itu sangat berbahaya.
  5. Mungkin bagi Anda yang sedang kurang nafsu makan, bisa mengkonsumsi durian sehari 1 biji saja untuk meningkatkan napsu makan Anda yang kurang. Nantinya vitamin B yang ada di dalam buah durian akan meningkatkan asam klorida yang membantu pencernaan pada perut.
  6. Seperti yang sudah tertulis di atas, durian memang sangat berkhasiat dan mengandung serat yang cukup tinggi. Jika Anda sembelit, bisa mengkonsumsi durian untuk mengobati sembelit yang Anda derita itu. Akan sangat tidak baik jika kotoran mengendap di dalam perut Anda karena bisa menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya.
www.pexels.com

Gak Doyan Durian? Coba Tips Ini Agar Mulai Suka!

Itulah khasiat durian untuk kesehatan tubuh Anda. Jika buah durian bisa bermanfaat begitu bai tubuh, kenapa harus membencinya? Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa menyukai buah durian, lho! Jika Anda melakukannya, dijamin Anda bisa menyukai buah unik ini. Berikut tips agar Anda bisa menyukai buah durian :

  1. Yang pertama, Anda harus memilih buah yang warnanya kuning. Kenapa harus kining? Karena buah durian yang berwarna kuning disinyalir matang, manis dan juga rasanya enak. Jadi, Anda harus memilih durian dengan warna demikian.
  2. Hindarilah memilih durian yang sudah terbuka atau sudah dalam kemasan. Hal itu akan memicu jika durian akan menjadi hambar karena gas yang ada di dalam durian sudah menyebar dan tidak lagi enak untuk dimakan. Inilah yang menjadi penyebab banyaknya orang yang tak suka dengan durian.
  3. Jika Anda memang merasa mual setela mencicipi durian, cobalah untuk meminum air putih dari kulit durian. Jadi, air putih di tuang ke kulit durian yang cekung tersebut dan Anda harus meminumnya. Belum ada penelitian mengenai hal ini, tapi memang dengan cara ini bisa membuat Anda hilang mualnya.
  4. Jika cara di atas tidak bisa, Anda bisa memakan buah manggis karena rasa asam pada buah manggis dapat mengurangi rasa mual yang ada di dalam tubuh. Jadi, Anda harus sediakan manggis pula jika tidak ingin terus mual dan bisa merasakan khasiat manggis.
  5. Dan yang terakhir, Anda harus selalu mencobanya terus menerus hingga sudah merasa biasa dengan bau dan rasa dari buah durian. Dengan demikian Anda tidak lagi mual jika mencium atau mencicipi buah durian.

Buah durian memang unik dan hanya bisa ditemui saja di Asia Tenggara. Bahkan kini ada minuman unik yang terbuat dari durian. Minuman itu adalah kopi durian. Mungkin terdengar asing, tapi memang sudah banyak yang mencicipi minuman ini. Minuman ini pada awalnya hanya meminum kopi biasa sambil makan durian, sehingga orang-orang menyebutnya sebagai kopi durian.

www.pexels.com

Tapi tahukah Anda? sekarang bahkan sudah ada kemasan kopi durian yang dibungkus sachet untuk dinikmati lebih mudah. Ternyata kopi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan libido pria. Jadi, bagi Anda yang sudah menikah sering diprotes oleh sang istri karena kurang bergairah ketika sedang bermain di ranjang, Anda bisa mengkonsumsi kopi ini. Konsumsilah sehari 1 kali atau dua kali. Tapi jika Anda yang memiliki penyakit lambung, sebaiknya jangan terlalu sering dan imbangi dengan air putih agar kondisi Anda tetap sehat dan bugar.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *