Mengenal Macam Macam Bunga yang Berpenampilan Cantik dan Menarik

Keindahan bentuk dan warna yang disajikan oleh bunga membuat orang ingin mengenal lebih jauh akan macam macam bunga. Bagi para pecinta flora, sudah menjadi kewajiban bagi mereka untuk mengenal beragam jenis bunga yang ada saat ini guna menambah wawasan mengenai dunia bunga. Untuk mengenal lebih jauh akan jenis bunga, masyarakat pada umumnya memutuskan untuk menanam bunga di rumah. Hal ini dilakukan guna memudahkan mereka untuk mengenal lebih jauh akan jenis bunga yang mereka perhatikan. Tanaman hias bunga tidak hanya dapat memperindah lingkungan yang dilengkapinya saja tetapi dapat pula memberikan kepuasan bagi mereka yang menanamnya. Agar lingkungan yang ditumbuhi oleh bunga terlihat lebih menarik, masyarakat akan menanam bunga dengan warna dan bentuk yang berbeda-beda. Keindahan lingkungan akan nampak lebih nyata dengan banyaknya jenis bunga yang ditanam di lingkungan tertentu.

Macam Macam Bunga yang Tepat untuk Memperindah Lingkungan Rumah

Dari banyaknya jenis bunga yang ada, tidak semua jenis bunga dapat dijadikan tanaman hias di rumah. Bunga yang dijadikan tanaman hias harus memiliki penampilan yang cantik dan menarik. Keindahan bunga hias dapat dilihat dari bentuk bunga dan warna bunga yang dimiliki. Salah satu bunga yang dapat dijadikan tanaman hias adalah bunga anggrek. Bunga anggrek merupakan tanaman berbunga dengan spesies anggota paling banyak jika dibandingkan dengan spesies bunga lainnya. Hingga saat ini, ada 28.000 spesies bunga anggrek yang masuk ke dalam 763 genus. Spesies bunga anggrek tersebut tersebar di berbagai negara, terutama di negara dengan iklim tropis. Dari banyaknya spesies bunga anggrek, masyarakat dapat menjadikan bunga tersebut sebagai tanaman hias di rumah. Setiap spesies bunga anggrek memiliki daya tarik yang berbeda. Vanda, anggrek bulan dan Oncidium merupakan beberapa spesies bunga anggrek yang tepat dijadikan tanaman hias di rumah. Selain bunga anggrek, berikut jenis bunga lainnya yang dapat memperindah lingkungan rumah dan dijadikan tanaman hias:

www.pexels.com
  1. Petunia

Bagi masyarakat yang belum lama terjun di dunia tanaman, Petunia menjadi jenis bunga yang asing didengar. Jika masyarakat melihat bunga Petunia secara langsung, masyarakat akan diingatkan dengan bunga kecubung atau bunga terompet. Jika menelisik lebih jauh, bunga Petunia dan bunga kecubung merupakan bunga dari family yang serupa, yakni solanaceae. Jika dibandingkan dengan bunga kecubung, bunga Petunia memiliki bentuk yang jauh lebih kecil. Karena memiliki penampilan yang mungil, bunga Petunia sangat cocok ditanam dengan menggunakan pot. Bunga Petunia dapat pula dijadikan tanaman hias gantung atau tanaman untuk mempercantik meja tamu. Agar penampilan bunga Petunia terlihat lebih cantik, bunga Petunia yang ditanam sebaiknya menggunakan warna bunga yang berbeda.

  1. Dahlia

Bunga lain yang dapat mempercantik lingkungan rumah adalah bunga Dahlia. Dengan keindahan dan kecantikan yang dihadirkan oleh bunga Dahlia, sudah banyak pecinta bunga yang menjadikan Dahlia sebagai tanaman hias di rumah. Tidak hanya memiliki penampilan yang cantik, bunga Dahlia memiliki warna yang beragam. Dengan warna cerah dan mencolok yang dimiliki oleh bunga Dahlia, bunga ini mampu memberikan kesan yang berbeda pada rumah yang ditanami oleh bunga Dahlia.

  1. Gladiol

Gladiol menjadi tanaman hias yang dapat ditanam di lingkungan rumah. Untuk menggunakan bunga Gladiol sebagai tanaman hias, masyarakat dapat memotong bagian tangkai hingga mahkota bunga dan menjadikannya tanaman di dalam vas. Karena merupakan bunga potong, bunga Gladiol mampu bertahan di dalam vas selama 5 hingga 10 hari. Bunga Gladiol dapat tumbuh di beragam jenis tanah sehingga mudah untuk dibudidayakan.

Jika masyarakat ingin mempercantik penampilan pagar rumah, Bugenvil menjadi jenis bunga yang dapat dimanfaatkan. Bunga yang berasal dari Amerika Selatan ini dapat dengan mudah dimodifikasi pertumbuhannya. Karena mudah untuk dimodifikasi perkembangannya, bunga Bugenvil dapat dibentuk sesuai dengan selera. Bunga Bugenvil sendiri memiliki sulur bunga yang merapat sehingga nampak rimbun. Karena memiliki warna mahkota yang berbeda-beda, masyarakat dapat menyesuaikan warna bunga berdasarkan dengan suasana rumah. Selain dapat dijadikan tanaman hias di pagar rumah, bunga Bugenvil juga dapat dijadikan tanaman bongsai. Untuk menekan pertumbuhan bunga Bugenvil, masyarakat harus rajin-rajin memangkas bagian akar dan cabang bunga.

www.pexels.com

Jenis Bunga dengan Penampilan yang Unik dan Jenis Bunga yang Dapat Dikonsumsi

Macam macam bunga dengan tampilan yang unik menjadi pembahasan yang menarik untuk diketahui. Bagaimana tidak? Selain memiliki penampilan yang cantik, bunga dengan tampilan yang unik terlihat berbeda dengan jenis bunga lainnya. Bunga berpenampilan unik mampu memikat perhatian para pecinta bunga dan menjadi bunga yang layak untuk dibudidayakan. Hot lips menjadi bunga berpenampilan unik pertama yang mampu memikat perhatian para pecinta bunga. Sesuai dengan namanya, bunga Hot lips memiliki bentuk yang menyerupai bibir. Jika diperhatikan dengan seksama, Hot lips terlihat seperti bibir seorang wanita dengan lipstik berwarna merah yang tebal. Tanaman yang dapat tumbuh subur di iklim tropis ini merupakan family dari Rubiaceae. Dengan penampilan yang unik, Hot lips dapat menarik perhatian serangga dan burung kolibri. Untuk mengetahui lebih lanjut akan bunga yang memiliki penampilan yang cantik dan unik, simak ulasannya di bawah ini:

  1. Anggrek monyet

Dilihat dari namanya, masyarakat dapat menebak bagaimana penampilan dari bunga anggrek monyet. Anggrek monyet memiliki penampilan yang serupa dengan wajah monyet. Tidak hanya penampilannya yang serupa dengan monyet, nama latin bunga anggrek monyet memiliki kaitan dengan dengan monyet, yakni Dracula simia. Tidak hanya memiliki penampilan yang unik, bunga anggrek monyet memiliki aroma yang berbeda dari jenis bunga lainnya. Bunga dengan aroma jeruk ini akan membuat masyarakat berkeinginan untuk menanamnya di rumah.

  1. Naked-Man Orchid

Naked-Man Orchid atau Orchis italia ini memiliki penampilan yang menyerupai lelaki tanpa mengenakan busana. Di dalam 1 tandan bunga anggrek ini, ada 90 bunga yang tumbuh dalam satu lokasi. Jika diperhatikan dengan seksama, naked-man orchid terlihat seperti kumpulan pria yang tidak mengenakan busana.

  1. Mulut singa

Bunga mulut singa dikenal juga sebagai snapdragon. Snapdragon memiliki penampilan yang berbeda ketika berada dalam keadaan hidup dan mati. Pada keadaan hidup, snapdragon nampak jauh lebih cantik jika dibandingkan dalam keadaan mati. Ketika snapdragon mati, bunga tersebut nampak serupa dengan tengkorak. Meskipun memiliki penampilan yang sedikit menyeramkan ketika dalam keadaan mati, bunga snapdragon memiliki penampilan yang indah ketika hidup.

Jika di atas merupakan jenis bunga cantik dengan penampilan yang unik, bunga Zukini menjadi jenis bunga cantik yang dapat dikonsumsi. Bunga Zukini yang memiliki warna kuning-orang dapat dijadikan santapan yang lezat. Pemanfaatkan bunga Zukini sebagai santapan yang menggoda telah dikembangkan di negara-negara Eropa dan Amerika. Di Italia, bunga Zukini digunakan sebagai bahan campuran salad dan dijadikan gorengan. Berbeda dengan Italia, di Yanani alat reproduksi bunga Zukini digunakan sebagai campuran keju putih, rempah, nasi dan daging yang nantinya dipanggan di dalam oven. Bunga Zukini dapat pula dijadikan bahan pembuat sup yang menyegarkan. Agar masyarakat saat ini lebih mengenal mengenai macam macam bunga yang dapat dikonsumsi, perhatikan bunga jenis lain di bawah ini:

  1. Kecombrang

Siapa yang tidak mengenal kecombrang? Kecombrang telah lama dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan bumbu penyedap oleh nenek moyang sejak jaman dahulu. Masyarakat Jawa sering kali memanfaatkan bunga kecombrang sebagai bahan pembuat urap dan pecel. Tidak hanya orang Jawa, orang Batak juga gemar menggunakan bunga kecombrang untuk menghilangkan bau amis pada masakan yang mereka buat. Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, bunga kecombrang mampu menyehatkan tubuh dengan baik. Antioksidan yang dimiliki oleh bunga kecombrang mampu menangkal radikal yang merugikan.

  1. Turi

Turi merupakan salah satu tanaman asal Asia Tenggara yang dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia biasanya memanfaatkan bunga Turi sebagai bahan pembuat pecel atau lalapan. Meskipun memiliki rasa yang sedikit pahit, nutrisi bunga Turi tidak boleh disepelekan. Kandungan kalsium, zat besi, potasium, fosfor, magnesium, vitamin B komplek dan vitamin C di dalam bunga Turi mampu menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

  1. Bunga sepatu

Bunga sepatu menjadi jenis bunga dengan tampilan yang cantik dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Bunga sepatu dapat digunakan sebagai bahan pembuat minuman yang menyegarkan. Untuk membuat minuman yang menyegarkan, bunga sepatu dapat direndam dengan menggunakan air panas. Jika warna mahkota bunga sepatu luntur, masukkan perasan jeruk limun dan aduk hingga warna air berubah warna merah atau coklat. Masukkan gula atau madu ke dalam campuran jeruk limun dan rendaman bunga sepatu dan tambahkan es jika ingin terasa lebih segar. Jika rendaman bunga sepatu diminum secara rutin, kadar darah tinggi dapat ditekan.

Rosela menjadi nama bunga yang paling sering digunakan sebagai jenis bunga yang dapat dikonsumsi. Tidak hanya digunakan sebagai teh, bunga rosela dapat pula digunakan sebagai campuran kopi. Bunga rosela akan menghasilkan warna merah ketika digunakan. Warna merah yang dimiliki oleh bunga rosela berasal dari kandungan antosianin yang ada pada bunga. Antosianin merupakan senyawa antioksidan yang dapat ditemukan pada blueberry, rasberry dan anggur. Tidak hanya mengandung antosianin yang cukup tinggi, bunga rosela juga mengandung kalsium, vitamin C potasium, magnesium, posfor, vitamin A dan vitamin B komplek.

www.pexels.com

Bunga Romantis untuk Pasangan

Bunga tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan makanan dan memperindah lingkungan saja tetapi dapat pula digunakan sebagai alat untuk menciptakan suasana yang romantis dengan pasangan. Untuk memberikan kesan romantis kepada pasangan, ada macam macam bunga yang dapat dimanfaatkan. Agar kesan romantis dan pesan hati kepada bunga dapat tersampaikan, berikut merupakan beberapa jenis bunga yang cocok diberikan kepada pasangan:

  1. Rosemary

Rosemary menjadi bunga yang memiliki makna dalam. Untuk memberikan rasa kasih sayang yang tak terlupakan, rosemary merupakan bunga yang paling tepat diberikan kepada pasangan. Agar memberikan kesan yang lebih mendalam, seikat bunga rosemary mampu menciptakan suasana romantis ketika berduaan dengan pasangan.

  1. Daisy

Bunga lain yang dapat memberikan kesan romantis adalah bunga Daisy. Bunga Daisy mampu menunjukan kesetiaan kepada pasangan. Jika pasangan merasa cemburu dengan seseorang, Daisy dapat digunakan sebagai alat yang menunjukan bahwa pemberi bunga merupakan sosok yang setia dan selalu menjaga kepercayaan pasangan.

  1. Anyelir

Bunga populer dan banyak digunakan oleh pasangan untuk hadiah kepada pasangan adalah bunga Anyelir. Ketika seseorang merasa kagum dengan lawan jenis, bunga Anyelir dapat menunjukan rasa kagum dan ketertarikan terhadap pasangan.

  1. Mawar

Peran bunga mawar terhadap pasangan yang memadu kasih tidak perlu untuk diragukan lagi. Bunga yang melambangkan rasa cinta kepada pasangan ini kerap kali dimanfaatkan ketika merayakan hari kasih sayang. Semakin banyak tangkai bunga mawar yang diberikan, semakin dalam makna dari keberadaan bunga mawar tersebut.

  1. Tulip

Bunga dengan makna cinta sempurna adalah bunga Tulip. Ketika seorang wanita mendapatkan bunga Tulip dari pasangannya, mereka boleh berbangga diri. Dengan bunga Tulip ini, seorang pria merasa bahwa cintanya kepada pasangan sangat dalam.

www.pexels.com

Suasana romantis dapat ditemukan pada hari-hari khusus, seperti hari kasih sayang atau Valentine. Di hari kasih sayang,  coklat dan bunga menjadi hadiah yang paling banyak digunakan oleh seseorang yang ingin menunjukkan perasaan cintanya kepada pasangan. Berbicara mengenai bunga di hari kasih sayang, ada macam macam bunga yang dapat diberikan kepada pasangan karena mampu menciptakan suasana yang intim dan romantis. Bunga yang berbeda memiliki makna yang berbeda pula. Karena maknanya yang berbeda, pemberi bunga sebaiknya memiliki pengetahuan akan jenis bunga seperti apa yang tepat diberikan kepada pasangan di hari kasih sayang.

Jika diperhatikan bagaimana hari kasih sayang berlangsung, bunga mawar merupakan jenis bunga yang banyak dimanfaatkan di hari yang penuh dengan cinta. Meskipun merupakan bunga yang lazim dan banyak dimanfaatkan di hari kasih sayang, ada beberapa pilihan warna bunga mawar yang mampu memberikan kesan mendalam bagi penerima. Penggunaan mawar merah menjadi cara klasik yang dilakukan oleh pria ketika menunjukkan rasa cintanya kepada pasangan. Sebagai bunga yang bermakna cinta sejati ini, mawar merah merupakan bunga yang paling banyak dipesan oleh pasangan yang ingin merayakan hari kasih sayang. Selain mawar merah, mawar pink menjadi pilihan bunga mawar lain yang mampu menampilkan kesan romantis. Mawar pink memiliki makna kekaguman terhadap pasangan. Tidak hanya bermakna kekaguman, bunga mawar pink juga memiliki makna kecantikan.

Bunga dengan tingkatan makna yang lebih tinggi daripada bunga mawar adalah bunga lili. Bunga lili memiliki arti kesetiaan dan perasaan rela berkorban demi pasangan. Cinta yang mendalam dapat diwakilkan oleh bunga Tulip. Meskipun bukan menjadi bunga dengan makna cinta, bunga Tulip merupakan bunga yang tepat digunakan untuk mendeklarasikan rasa cinta kepada seseorang. Karena maknanya yang dalam, bunga Tulip menjadi pilihan bunga yang tepat untuk diberikan kepada pasangan di hari Valentine. Selain bunga mawar, lili dan bunga Tulip, anggrek menjadi pilihan bunga lainnya yang dapat dimanfaatkan di hari kasih sayang. Bunga anggrek sendiri dapat digunakan untuk menunjukkan kesungguhan hati terhadap pasangan. Tidak hanya dapat digunakan kepada pasangan, bunga anggrek dapat pula diberikan kepada keluarga sebagai bentuk perhatian terhadap keluarga. Agar makna bunga yang diberikan kepada pasangan lebih bermakna, bunga yang diberikan sebaiknya memiliki jumlah yang sesuai dengan maknanya. Semakin banyak jumlah bunga yang diberikan, semakin dalam makna yang tersimpan di dalam bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *