Serba – Serbi Mahasiswa Baru

Mahasiswa merupakan nama yang disandang oleh seseorang saat telah memasuki bangku perkuliahan. Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang sekolah menengah atas, sebagian siswa memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau yang setingkat dengannya dan menyandang gelar mahasiswa. Pengertian mahasiswa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sangatlah singkat, yaitu “Orang yang belajar di perguruan tinggi”.

Dalam dunia perkuliahan sering dikenal pula istilah mahasiswa baru, mahasiswa abadi, atau sejenisnya. Mahasiswa baru atau yang sering disingkat “Maba” merupakan panggilan atau sebutan yang ditujukan bagi para mahasiswa yang baru mulai memasuki bangku perkuliahan. Biasanya julukan ini diberikan pada mahasiswa yang masih menjalani tahun pertama masa kuliah. Lain dengan maba, istilah mahasiswa abadi biasanya disematkan kepada mahasiswa senior yang masa studinya sudah cukup panjang tetapi belum mendapatkan kesempatan wisuda karena beberapa alasan.

Biasanya maba merupakan mahasiswa dengan semangat yang paling tinggi. Mahasiswa tahun pertama cenderung masih merasa sangat senang dengan euforia dunia perkuliahan yang tidak didapatkan pada saat menduduki bangku sekolah, baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama, atau sekolah menengah atas. Di tahun pertama, mahasiswa masih girang – girangnya dengan berbagai fakta mengenai dunia perkuliahan seperti tidak diberlakukannya seragam serempak bagi seluruh mahasiswa. Selain itu, jam kuliah yang tidak melulu dimulai di pagi hari juga dapat menjadi hal yang sangat diidam – idamkan para adik mahasiswa baru. Namun, untuk fakta lain seperti tugas yang banyak dan sulit dapat mematahkan harapan – harapan para maba.

stocksnap.io

Jenis – jenis maba

Ada beberapa jenis maba. Jika digolongkan dari tempat tinggal dan asalnya, dapat dikatakan ada dua jenis mahasiswa. Kedua jenis mahasiswa tersebut adalah mahasiswa rantau dan mahasiswa bukan rantau. Berikut beberapa penjelasan singkat mengenainya:

  1. Mahasiswa rantau

Mahasiswa rantau adalah mahasiswa yang berasal dari luar daerah tempatnya berkuliah. Atau bisa dibilang juga bahwa sebelumnya ia bukan tinggal di daerah dimana perguruan tingginya berada sekarang. Kebanyakan mahasiswa jenis ini akan memilih “Kost -Kostan” untuk dijadikan tempat tinggal. Namun, tidak sedikit pula mahasiswa yang tinggal di rumah saudara yang ada di daerah tersebut. Biasanya jika liburan tiba, mahasiswa rantau adalah jenis mahasiswa yang paling semangat untuk pulang kampung. Contohnya adalah saat seorang mahasiswa yang sebelumnya tinggal di Surabaya. Lalu ia mendaftar dan diterima untuk berkuliah di perguruan tinggi yang ada di Lampung.

  1. Mahasiswa bukan rantau

Mahasiswa jenis ini merupakan mahasiswa yang umumnya sudah tinggal atau berasal dari daerah dimana ia berkuliah sekarang. Biasanya jenis mahasiswa bukan rantau tinggal di rumah orang tuanya. Contohnya adalah seorang mahasiswa yang asalnya dari Bandung berkuliah di perguruan tinggi yang ada di Bandung.

stocksnap.io

Mahasiswa baru starter pack

Sebagai mahasiswa yang masih baru merasakan dunia perkuliahan, maba biasanya memiliki persiapan persiapan tertentu. Persiapan ini biasanya tidak ditemukan pada mahasiswa tingkat lainnya. Namun, ada juga starter pack yang sama saja dengan mahasiswa tingkat lainnya. Beberapa starter pack yang sering ditemui pada tas yang dibawa maba adalah:

  1. Alat tulis yang super lengkap

Sebenarnya, lat tulis merupakan kebutuhan belajar setiap orang yang belajar, entah itu pelajar hingga mahasiswa. Biasanya alat tulis yang dimiliki seorang mahasiswa tahun pertama cenderung lebih lengkap daripada mahasiswa yang tingkatnya lebih senior. Beberapa mahasiswa bahkan senang mengoleksi alat tulis beragam yang berwarna – warni dan berbagai bentuknya. Namun, sebenarnya hal itu bergantung pada masing – masing pribadinya.

  1. Pakaian kuliah bebas

Untuk pakaian bebas, tentu berlaku bagi semua tingkat mahasiswa. Namun, kebebasan tersebut bergantung pada kebijakan universitas serta aturan jurusan, fakultas, atau mungkin dosen tertentu. Misalnya pada fakultas keguruan mahasiswa tidak diizinkan menggunakan pakaian berbahan dasar jeans dan kaos.

  1. Buku paket kuliah

Buku paket kuliah super lengkap merupakan salah satu hal yang biasanya maba inginkan. Sebenarnya hal ini pun baik untuk dimiliki mahasiswa tingkat lainnya. Di zaman ini, untuk mengatasi mahalnya harga buku serta beratnya buku saat dibawa, ada alternatif lain yang dapat dipilih. Alternatif tersebut adalah adanya buku elektronik atau yang kerap disebut e-book. Ebook dapat diakses melalui android maupun laptop. Dengan begitu, mahasiswa tidak perlu bersusah payah membawa buku – buku yang berat. Selain itu, dengan adanya e-book ini mahasiswa dapat menghemat pengeluaran yang seharusnya untuk membeli buku. Namun, beberapa e-book ada yang memerlukan sejumlah pembayaran agar dapat diakses. Tidak perlu khawatir, ada banyak sekali e-book resmi yang dapat diakses tanpa perlu membayar alias gratis.

stocksnap.io

Bagi para mahasiswa, terutama mahasiswa baru yang masih bingung untuk mencari berbagai info mengenai info – info penting dunia perkuliahan seperti website jurnal yang bagus dapat menilik ebsite zonamahasiswa.com. Di website tersebut para maba juga dapat mengetahui info yang berhubungan dengan perkuliahan secara lebih mendetail.

Dengan banyaknya info di dunia maya, maba tidak perlu khawatir atau bingung menghadapi dunia perkulihan yang masih terasa sangat baru tersebut.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *