Pentingnya Memilih Mainan Anak

Dari zaman baheula sampai zaman digital ini, anak tidak pernah terlepas dari mainan. Wajar saja karena sebagian besar waktu anak – tergantung usia – dihabiskan dengan bermain. Nah, tugas kita sebagai orang tua adalah memastikan bahwa bermain bukanlah kegiatan menghabiskan waktu tanpa manfaat, karena anak dapat belajar dengan bermain. Karena itu penting bagi orang tua memberikan mainan yang tepat bagi anak. Saat ini mainan anak begitu banyak pilihannya. Jika Anda masuk ke toko mainan, baik itu di mal atau toko mainan online, Anda akan dibuat pusing dengan begitu banyaknya pilihan. Tetapi apakah semua mainan cocok untuk anak kita? Tentu tidak.bAda beberapa hal penting yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih mainan untuk anak kita:

  1. Berapa Usia Anak Kita? Mainan tidak dibuat untuk semua usia. Jika usia anak Anda di bawah tiga tahun, pastikan Anda memilih mainan untuk anak batita. Untuk lebih mudahnya, Anda tinggal melihat di packagingnya. Jika Anda menemukan tulisan seperti ini: 3+, artinya mainan ini hanya untuk usia 3 tahun ke atas. Begitu pula jika Anda menemukan tulisan 6+, artinya mainan tersebut diperuntukkan bagi anak yang berusia di atas 6 tahun. Mengapa 3+? Ada beberapa pertimbangan produsen memasukkan mainan ke dalam kategori ini. Anak usia balita cenderung menjilat dan memakan apapun yang dipegangnya. Oleh karena itu jika dalam mainan terdapat bagian yang berukuran lebih kecil dari mulut, bagian itu dapat tertelan oleh anak. Bahkan berdasarkan pengalaman kami, bagian kecil tersebut dapat masuk ke lubang hidung! Sangat berbahaya! Di samping itu, jika material yang digunakan mengandung cat misalnya. Akan berbahaya jika anak menjilat-jilat dan memasukkan mainan itu ke mulutnya. Walaupun demikian, berdasarkan pengalaman kami, hampir seluruh mainan untuk anak balita tertulis 3+. Ini akan menyulitkan kita memilih mainan untuk anak kita yang hampir berusia 3 tahun.  Kalau untuk anak kami, kami akan seleksi sendiri. Jika mainan tersebut tidak terdapat bagian yang kecil dan kita dapat memastikan anak tidak menjilat-jilat mainannya, kita masih dapat memeberikan itu sebagai mainan. Tetapi untuk anak usia 0 – 2 tahun, sebaiknya Anda hanya memberikan mainan yang dikhususkan untuk anak usia tersebut, yang biasanya mengandung material yang aman jika mainan tersebut dijilat dan dimasukan ke mulut anak.
  2. Jenis Mainan Apa yang Ingin Kita berikan?. Mainan anak sangat beragam jenisnya. Kami mencoba membaginya menjadi beberapa jenis:
  • Mainan Edukatif. Mainan jenis ini mendorong anak mengenal angka, huruf, bentuk, warna atau jam. Mainan jenis ini juga dapat melatih konsentrasi dan motorik anak. Contoh: Kotak abjad, meja belajar, berbagai jenis puzzle, dll.
  • Mainan Pretend play. Anak dapat berpura-pura melakukan pekerjaan atau berperan sebagai profesi tertentu. Contoh: Mainan dokter-dokteran, mainan kasir-kasiran, mainan pertukangan, trolley belanja, dll.
  • Mainan Kreativitas. Mainan jenis ini akan mendorong kreativitas anak untuk membuat sesuatu. Contoh: mainan blocks (misal merk LEGO), balok susun, dll.
  • Mainan Musik. Mainan ini akan mengenalkan anak dengan musik. Anak akan mengenal nada, irama atau lagu. Contoh: Mainan piano, mainan xylophone, mainan gitar, dll.
  • Mainan Hobby & Skill. Mainan yang berupa hobi dan membutuhkan skill tertentu. Contoh: Yoyo, gasing, catur, dll.
  • Mainan Figure & Character. Mainan yang berupa action figure dari film atau game tertentu. Umumnya mainan jenis ini juga bagus untuk dijadikan pajangan. Contoh: Figure Minion, Robocar Poli, Super Wings, dll.
  • Mainan Die cast Collection. Mainan yang sebagian besar materialnya adalah metal. Biasanya mainan berupa mobil, motor atau pesawat yang dibuat mirip aslinya dengan perbandingan tertentu. Walaupun dapat dimainkan, tetapi biasanya orang membeli mainan ini untuk dikoleksi. Contoh: die cast merk Kinsmart, Tomica, New Ray, Maisto, dll
  • Mainan Board Games. Mainan anak yang dimainkan di atas papan (board) permainan, dan memiliki peraturan dalam bermain. Contoh: Othello, catur, halma, ludo, ular tangga, dll
  • Mainan Kayu. Mainan anak yang dibuat dengan material kayu. Mainan kayu yang sering kita temui adalah yang berjenis mainan edukatif dan kreativitas. Tetapi mainan kayu bisa berjenis apa saja, seperti mainan alat musik, pretend play, bahkan board games. Contoh: Kotak abjad kayu, buah atau sayur potong kayu, puzzle kayu, dll
  • Mainan Luar Ruangan. Mainan anak yang biasanya dimainkan di luar ruangan. Contoh: Cetakan pasir, tenda, bola, perahu, dll

Dengan mengetahui kedua hal di atas, kita bisa tahu mainan apa yang cocok untuk anak kita.

pexels.com

Beberapa hal yang harus diperhatikan jika menggunakan mainan baterai

Sekarang ini banyak sekali jenis mainan yang ada di pasaran. Dalam artikel terdahulu kita sudah membahas mengenai jenis-jenis mainan. Mainan tanpa baterai umumnya tidak terlalu bermasalah. Tetapi untuk mainan yang menggunakan baterai, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Untuk itu disini akan dibahas tentang beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membeli mainan dengan menggunakan baterai.

  1. Suara yang Terlalu Bising. Beberapa mainan yang mengeluarkan suara dapat diatur volumenya. Tetapi ada beberapa mainan yang tidak dapat diatur volume suaranya. Untuk mainan seperti ini biasanya mengeluarkan suara yang cukup bising. Menurut kami, suara sebising itu tidak nyaman untuk anak bahkan orang tua. Biasa kami menyiasati dengan menutup lubang speaker dengan selotip bening. Menurut kami cara ini cukup efektif karena suara akan jauh berkurang dan selotip bening tidak terlalu mempengaruhi penampilan mainan.
  2. Pemilihan Baterai. Mengingat anak cenderung terus-menerus menghidupkan mainannya, maka biasanya orang tua akan memakai baterai yang awet dan lebih mahal. Memang, itulah yang dahulu kami lakukan. Tetapi ternyata ini kurang tepat untuk mainan yang banyak beredar sekarang. Awalnya kami tidak terlalu percaya masukan dari teknisi mainan yang kami kenal. Tetapi setelah berkali-kali mengalami, kami tidak lagi memakai baterai yang mahal, seperti alkaline. Sekarang kami selalu memakai baterai biasa, seperti ABC biru atau Eveready (bukan promosi looh). Tetapi kami menyarankan jangan memakai baterai yang merknya tidak jelas (gak pernah dengar). Karena baterai “abal-abal” ini dikhawatirkan bocor dan merusak mainan. Baterai mahal yang dipakai biasanya membuat mainan cepat panas dan mati. Bahkan kami pernah menemukan ada mainan yang tidak bisa hidup dengan memakai baterai alkaline, tetapi tidak ada masalah jika diganti dengan baterai biasa.
  3. Tidak Dapat Menyala. Beberapa kali kami mendapati mainan yang kami kirim tidak menyala sampai di tempat tujuan. Padahal kami selalu berusaha mengemas kiriman seaman mungkin (bukan seindah mungkin yaa J), dan pasti dicoba terlebih dahulu sebelum dikirim. Setelah dikembalikan untuk diperbaiki ternyata hampir semuanya memiliki masalah yang sama, yaitu ada solderan kabel yang lepas. Kabel yang ada dalam mainan umumnya berdiameter kecil sekali, dan terkadang ada solderan yang tidak terlalu kencang. Dugaan kami saat proses pengiriman atau bongkar muat ada mainan yang terbentur atau terbanting sehingga lepas solderan kabelnya. Jika Anda bisa menggunakan solder, maka jika menemukan mainan Anda tidak menyala, ada baiknya Anda buka dahulu dengan menggunakan obeng dan melihat apakah Cuma solderan kabel yang lepas atau bukan. Jika ya, tinggal solder sedikit beres deh… Tetapi kalau Anda tidak mengerti cara membuka mainan atau mengunakan solder sebaiknya jangan! Karena jika Anda mengencangkan skrup terlalu keras, maka plastik mainan dapat pecah. Dan kalau Anda salah dalam pemakaian solder dapat menghanguskan bagian yang lain.
pexels.com

Manfaat mainan bongkar pasang untuk anak

Tahukah anda, mainan bongkar pasang yang populer ini mengundang rasa penasaran untuk memainkannya. Ternyata Manfaat Bermain Bongkar Pasang sangat banyak. Permainan ini bisa membuat anak jadi kreatif. Pasalnya memang banyak jenis mainan yang bisa anda berikan untuk anak anda. Namun permainan bongkar pasang seperti lego dinilai lebih efektif untuk membantu perkembangan otak anak anda. Permainan ini menimbulkan kepuasan tersendiri bagi pemainnya. Dengan bermain gembira melalui suasana aman dan bebas. Anak dapat tampil dengan gagasan-gagasannya yang unik dan lain dari pada yang lain. Mereka berani bertanya, berani mencoba, tidak takut salah dan berani mengekspresikan pendapat. Semua ini merupakan awal dari tumbuhnya kreativitas. Untuk itu disini akan membahas tentang manfaat dari permainan bongkar pasang untuk anak anda.

  • Menghargai prestasi sendiri. Permainan Bongkar Pasang turut menyumbang bagi swadaya dan sosialisasi. Karena anak memperoleh kegembiraan dari membuat sesuatu pada saat sendirian. Mereka belajar menghibur diri. Apabila anak sedang tidak ada teman bermainnya, anak akan lebih menghargai rasa bekerja sama dan prestasinya.
  • Media Mengekspresikan diri. Dengan membuat beraneka macam bentuk dan hasil karya tertentu, anak tidak hanya dapat mengekspresikan perasaannya saja. Anak juga dapat membebaskan dirinya dari berbagai tekanan yang mengganggunya. Anak juga dapat mengekspresikan secara nyata apa yang telah dipahaminya.
  • Memberi motivasi untuk berkarya lebih baik. Apabila anak dapat melakukan permainan Bongkar Pasang tersebut dengan baik, maka dapat menimbulkan rasa puas. Mereka dapat merasakan penghargaan sosial (pujian dari orang lain) sehingga meningkatkan keinginan anak untuk bekerja lebih baik lagi.
  • Mengembangkan ketrampilan. Pasalnya ketika anak anda bermain bongkar pasang maka akan membantunya untuk mengasah imajinasi dan membuat sebuah bentuk yang kreatif. Dalam menyusun potongan balok ataupun kubus ketika disusun secara vertikal ataupun horisontal. Konsep dasar bangun ruang mengenai panjang, lebar dan tinggi sebuah bangun dapat dikenalkan semenjak dini. Dalam sebuah studi, anak usia 4 tahun yang bermain Permainan Bongkar Pasang memiliki efek jangka panjang yang baik. Memainkan Bongkar Pasang dengan lebih sulit pada usia pra sekolah akan meningkatkan prestasi matematika. Hal itu akan memudahkan saat anak memasuki tingkatan sekolah yang lebih tinggi.
  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Ketika anak dapat memasangkan blok dengan berbagai macam cara, maka bermain Bongkar Pasang ada sebuah permainan divergen. Bermain dengan tersebut maka akan membantu mengasah pokiran kreatif anak anda dan dapat berusaha untuk mencari berbagai solusi dari permasalahan yang mungkin terjadi.
  • Dengan bermain maka anak anda akan bertemu dengan orang lain. Hal tersebut mengakibatkan anak anda akan lebih ramah dan pandai dalam bersosialiasi. Misalnya anak-anak autis diminta untuk bermain Bongkar Pasang bersama sebuah kelompok bermain. Mereka akan menunjukkan peningkatan kemampuan sosial dibanding dengan anak autis yang diajarkan bersosialisasi dengan bahasa.
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa. Pada sebuah studi yang meneliti anak-anak usia 1,5 hingga 2,5 tahun yang bermain Bongkar Pasang menunjukkan sebuah hasil yang mencengangkan. Pasalnya ketika anak bermain maka akan berinteraksi dengan temanmta ataupun keluarganya. Dengan begitu maka akan terjadi percakapan antara anak dan orang lain. Hal tersebut bisa membsntu meningkatkan kemampuan anak anda dalam berbahasa.
  • Berani mencoba. Karena Permainan Bongkar Pasang memiliki banyak bentuk yang dapat dibuat menjadi berbagai hal. Anak akan terus mencoba membentuk hal-hal baru dari Bongkar Pasang yang dimilikinya. Hal ini akan membuat anak lebih berani untuk mencoba hal baru. Bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa juga banyak yang mulai tertarik dengan permainan ini. Tentu saja dengan level kerumitan yang berbeda. Dengan demikian bermain permainan Bongkar Pasang sangat erat kaitannya dengan kreativitas anak. Bahkan merupakan awal tumbuhnya kreativitas.

Menyimak banyak manfaat dari bermain Bongkar Pasang, tidak ada salahnya anda mencoba permainan ini untuk buah hati. Sekarang produsen Permainan Bongkar Pasang sudah membagi permainan ini dalam kategori umur tertentu. Sehingga bisa Kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anak. Selain membelikan mainan, biasanya orang tua senang sekali membelikan anaknya kaos. Pasalnya kaos yang banyak disukai oleh anak anak adalah yang bergambar lucu dan sesuai karakter yang diinginkannya. Untuk itu anda haruslah mencari grosir kaos karakter anak yang murah agar bisa membeli berbagai kaos yang diinginkan anak anda.

pexels.com

Cara merawat kaos anak

Ketika anda berbelanja grosir kaos karakter anak maka biasanya anda akan cenderung memilih warna putih dibandingkan dengan warna yang lainnya. Karena pasalnya warna putih sangatlah mudah untuk dipadupadankan dengan apa saja. Namun pada kenyataannya kaos putih memiliki beberapa problem dan susah jika terkena noda dan warnanya berubah jadi dekil. Jangan khawatir, anda bisa mencegah hal tersebut dengan melakukan lima cara berikut.

  1. Sortir kaos berwarna putih dan segera tangani jika terkena noda. Sortir kaos berwarna putih dengan warna lain dan segera tangani kalau baju putih terkena noda. Sebelum mencuci kaos putih anda wajib mensortirnya terlebih dahulu dan jangan pernah mencucinya bersama dengan pakaian berwarna lain. Hal ini tentu sangat berguna untuk mencegah timbulnya noda luntur yang kemungkinan besar sulit dibersihkan jika terkena kaos putih. Jika terdapat noda pada kaos putihmu, segeralah dibersihkan tanpa menunda waktu. Semakin lama anda membiarkan noda tersebut melekat di permukaan kaos, maka noda tersebut berpotensi menjadi noda membandel yang membuat kaos putih terlihat dekil. Cara sederhana untuk membasmi noda tersebut yaitu merendam kaos putih di dalam air selama beberapa menit lalu kucek menggunakan sabun pembersih.
  2. Jangan mencuci kaos putih menggunakan air hangat. Dari sekian banyak mitos mencuci baju, this one is confirmed to be true! Sebelumnya banyak yang berpendapat jika ingin mencuci kaos putih dibarengi dengan pakaian berwarna lain maka harus menggunakan air hangat agar kaos tidak kusam atau dekil. Faktanya, mencuci baju dengan air hangat justru bisa melunturkan warna dan tentunya akan mempengaruhi kaos berwarna putih kesayanganmu jika dicuci secara bersamaan. Jadi, mulai sekarang cucilah kaos putih hanya menggunakan air bersuhu normal.
  3. Pilih detergen khusus pakaian berwarna putih. Setelah anda melakukan penyortiran kaos putih dan menyiapkan air bersih bersuhu normal, langkah tepat selanjutnya yaitu memilih bahan pembersih. Bahan pembersih yang sangat cocok anda gunakan tentunya detergen khusus pakaian berwarna putih. Jika kesulitan menemukan pembersih tersebut, anda bisa memilih detergen anti noda yang dapat menghilangkan berbagai jenis noda sehingga kaos putih selalu terlihat bersih dan tidak berubah menjadi dekil.
  4. Jemur kaos putih dari sisi bagian dalam di bawah sinar matahari langsung. Teknik penjemuran yang tidak benar juga sangat mempengaruhi warna kaos putih anda. Hindari penggunaan pengering pada mesin cuci karena panas yang dihasilkan bisa membuat noda semakin meresap ke dalam kain. Jika pakaian berwarna tidak dianjurkan untuk dijemur di bawah sinar matahari langsung, maka hal tersebut tidak berlaku untuk proses penjemuran kaos putih. Sinar matahari dapat berperan sebagai pemutih pakaian yang dapat mengatasi noda kekuningan di kaos putih anda. Perlu diingat, sebelum menjemur kaos, anda wajib membaliknya sehingga bagian sisi dalam kaos putih yang akan terkena panas sinar matahari langsung. Hal ini sangat membantu menjaga kualitas warna kaos putih. anda tidak ingin kaos putihmu menguning atau bahkan menjadi dekil, kan? Jadi, jangan lupa lakukan trik ini ya!
  5. Atur temperatur seterika, jangan terlalu panas. Cara terakhir yang harus anda perhatikan agar kaos putih tidak berubah menjadi dekil adalah suhu seterika. Saat menyeterika kaos putih kesayanganmu, gunakan suhu seterika yang tepat, yaitu bersuhu suam-suam kuku hingga sedang. Jangan menyeterika kaos dengan suhu yang terlalu panas karena dapat menyebabkan perubahan warna menjadi kekuning-kuningan.
pexels.com

Cara menghilangkan noda dikaos putih

Meski memiliki banyak kelebihan, baju putih mudah sekali kotor, terlebih jika sudah terkena noda. Rasanya, sangat sulit ya untuk dibersihkan? Pernah mengalami hal ini? Masih bingung bagaimana cara menghilangkan noda yang benar pada baju putih. Disini akan dibahas beberapa cara menghilangkan noda ada baju putih anda.

  1. Aspirin atau obat sakit kepala ternyata ampuh untuk hilangkan noda di baju putih. Mendengar kata aspirin, rasa-rasanya tidak mungkin bukan kalau obat sakit kepala bisa dimanfaatkan untuk hilangkan noda pada baju putih. Buang jauh-jauh anggapan tersebut, karena ternyata aspirin dikenal ampuh untuk hilangkan noda di baju putih. Caranya, anda cukup menghaluskan enam tablet aspirin. Tumbuk hingga halus merata dan larutkan dengan sebaskom air. Setelah selesai, masukan baju putih ke dalam larutan air aspirin dan rendam selama 30 menit. Langkah terakhir, anda tinggal sedikit menguceknya dengan detergen biasa dan bilas menggunakan air bersih.
  2. Manfaatkan baking soda plus air untuk bersihkan noda membandel di baju putih. Bukan cuma aspirin, lho, yang bisa membuat baju putihmu bebas dari noda membandel, baking soda yang merupakan salah satu bahan untuk membuat kue ternyata juga bisa anda manfaatkan untuk hilangkan noda pada baju putih. Siapkan secangkir baking soda dan satu baskom air, kemudian campur dan larutkan hingga merata. Setelah selesai, masukan baju putih ke dalam larutan baking soda dan rendam selama beberapa menit.
  3. Campur lemon dan cuka agar baju putih bebas dari noda. Kalau campuran yang satu ini juga tidak kalah ampuh untuk hilangkan noda pada baju putih. Yap! Apalagi kalau bukan campuran air perasan lemon dengan cuka. Untuk membuat larutan penghilang noda ini, siapkan perasan air lemon secukupnya kemudian campur dengan cuka. Rendam pakaian di dalam larutan tersebut beberapa saat. Setelah selesai, bilas pakaian dengan air dan cuci bersih menggunakan detergen seperti biasa. Selain bisa membuat baju putihmu bebas dari noda, lemon juga dikenal mampu membuat pakaian jadi berbau segar

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *