Manfaat dan Efek Samping Ikan Sembilang Bagi Kesehatan

Keyword : ikan sembilang

 

Sampai saat ini masih banyak orang yang tidak tahu tentang ikan sembilang, mengingat ikan ini sangat sulit dicari oleh nelayan. Ikan ini temasuk jenis ikan pemalu sehingga selalu sembunyi ketika ada nelayan datang. Selain itu ikan ini termasuk ikan yang beracun dan berbahaya. Maka dari itu terdapat cara khusus untuk menangkapnya.

Langkah menangkap ikan ini yaitu dengan menyentuh bagian kepala dan siripnya. Mengingat disinilah letak racunnya. Apabila anda terkena racunnya gejala yang muncul yaitu wajah anda akan menjadi pucat dan badan demam serta susah untuk tidur. Bahkan ada orang yang sampai mengalami kejang-kejang. Uniknya racun ini hanya akan bertahan selama 24 jam saja. Setelah melewati 1 hari maka anda akan kembali normal.

Ikan ini sering disebut ikan lele laut yang ternyata memiliki kandungan gizi tinggi. Ikan lele laut ini kaya akan protein, fosfor, dan asam lemak omega 3. Memiliki nutrisi karbohidrat dan lemak yang rendah sehingga cocok untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Namun sangat disarankan untuk tidak mengkonsimsi ikan ini dalam kondisi hamil. Mengapa demikian? Karena ikan ini memiliki kandungan merkuri yang banyak sehingga kandungan merkuri yang banyak dapat mempengaruhi perkembangan si jabang bayi.

Berikut beberapa khasiat ikan Sembilang

  1. Dapat membantu pada proses kehamilan

Apabila anda sudah menikah dan belum memiliki keturunan maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi ikan lele laut. Ikan ini mampu menstimulus hormone sehingga mempercepat kehamilan. Walaupun secara ilmiah belum terbukti, namun tidak salah untuk mencobanya.

  1. Mengurangi nyeri haid

Banyak yang mengatakan kalau anda mengalami kesakitan saat haid maka setelah mengkonsumsi ikan lele laut ini rasa sakitnya akan berkurang. Pendapat ini secara ilmiah belum bisa dibuktikan, karena keberadaan ikan ini merupakan karakteristik fauna di Indonesia.

  1. Menurunkan tekanan darah

Keberadaan asam lemak Omega 3 ini mampu mengontrol lemak. Jadi ketika didalam tubuh anda memiliki kadar lemak yang tinggu maka akan dibuang oleh omega 3. Sehingga kolesterol tinggi akan menjadi normal kembali dan dapat terkontrol dengan baik.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *