Kisah di Balik Berdirinya Masjid Suciati Saliman

Indonesia mempunyai banyak masjid yang bersejarah yang hingga saat ini masih berdiri kokoh. Masjid – masjid bersejarah ini tersebar di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Beberapa masjid bersejarah tersebut tentu sebagian telah mengalami beberapa kali renovasi mengingat sudah berumur cukup tua. Namun ada salah satu masjid yang mana sejarahnya membuat siapa saja menjadi kagum. Tidak semua orang mempunyai mimpi untuk membangun sebuah masjid, namun jika ada orang yang mempunyai mimpi membangun masjid semoga hal tersebut bisa sebagai ladang mencari pahala. Seperti masjid yang satu ini, masjid yang diberi nama masjid suciati ini merupakan sebuah masjid yang dibikin oleh seseorang dengan modal yang mengagetkan. Membangun masjid tentu tidak hanya membutuhkan dana yang sedikit apalagi untuk membangun masjid yang megah. Nah, ulasan kali ini akan menceritakan asal muasal masjid yang digadang – gadang sebagai salah satu masjid besar di wilayah tersebut. Sebelum membahas asal muasal berdirinya masjid ini, anda juga bisa memperhatikan mengenai karpet yang biasanya digunakan di masjid. Harga karpet masjid terbilang relative terjangkau dan ada banyak pilihan yang mampu membuat penampilan masjid menjadi lebih menarik.

Lokasi Berdirinya Masjid Suciati

Mungkin tidak semua orang tahu sejarah berdirinya masjid suciati saliman ini. Masjid ini berdiri di Pandowoharjo Sleman yang lebih tepatnya berada di wilayah DIY. Ketika anda berada di sekitar wilayah tersebut maka anda akan menemukan sebuah bangunan yang terlihat lebih mencolok jika dibandingkan dengan beberapa bangunan yang ada di sekitar wilayah tersebut. Bangunan ini memang menjadi bangunan yang megah karena berdiri di lingkungan yang mana bangunan lain di wilayah tersebut biasa saja. Masjid ini diberi nama sesuai dengan orang yang membangunnya, masjid ini juga berdiri di jalur alternatif kota DIY dan beberapa wisata yang ada di sana, hal ini membuat banyak orang yang mampir untuk menunaikan ibadah ketika melewati masjid tersebut.

pixabay.com

Modal Lima Ekor Ayam Untuk Membangun Masjid

Jika melihat beberapa sejarah berdirinya masjid yang ada di beberapa wilayah di Indonesia, anda akan menemukan kisah – kisah menarik dibalik berdirinya bangunan masjid yang megah. Tentu saja untuk bisa mendirikan sebuah masjid seseorang membutuhkan banyak dukungan baik dukungan berupa dana maupun dukungan lainnya. Sama halnya ketika akan membangun masjid di Sleman ini, ada sebuah perjuangan yang tidak terduga yang dilakukan oleh suciati untuk bisa mendirikan masjid dengan ukuran yang tidak kecil. Ada beberapa hal yang menarik ketika anda menyimak sejarah berdirinya masjid ini, berikut ini adalah keunikan dibalik berdirinya masjid megah tersebut :

 

  1. Suciati saliman menangis mendengar adzan

Seperti yang diketahui bahwa orang yang membangun masjid ini adalah suciati saliman. Dengan usahanya yang luar biasa bisa meraih mimpinya untuk membangun masjid yang megah tersebut. Kabar – kabar menyebutkan bahwa saat dilangsungkan adzan pertama kalinya di masjid tersebut, suciati menangis karena terharu. Dirinya tidak menyangka bahwa mimpinya untuk membangun sebuah masjid akan tercapai. Mimpi membangun masjid ini memang sudah dimiliki suciati ketika SMP dan dirinya mulai memikirkan bagaimana bisa dirinya membangun sebuah masjid di wilayah tersebu, jika dipikir sudah banyak masjid yang berdiri di tempat tersebut.

  1. Membangun tempat tinggal di masjid

Karena sudah menjadi impiannya untuk membangun sebuah masjid membuat suciati tertarik untuk membangun rungan di sekitar masjid sebagai tempat tinggalnya. Tentu saja masjid ini akan terus direnovasi untuk bisa berdiri lebih megah.

  1. Modal lima ekor ayam

Sejarah ini memang tidak semua orang mengetahuinya, hanya berawal dari lima ekor ayam dirinya bisa mencapai mimpinya untuk membangun masjid megah ini. Siapa sangka bahwa hanya dengan modal lima ayam bisa membangun masjid, hal inilah yang membuat suciati sangat terharu dengan perjuangannya mengumpulkan dana untuk membangun masjid.

pixabay.com
  1. Mempunyai bangunan yang luas

Sebagai salah satu masjid dengan ukuran yang cukup luas membuat masjid ini mampu menampung jemaah hingga ribuan orang, selain itu tempat parkir yang disediaka mampu menampung banyak kendaraan.

  1. Motif bangunan cantik

Masjid ini mempunyai tampilan yang sangat cantik, selain itu motif di dalam masjid dihadirkan dengan pilihan yang sangat bagus. Jemaah yang hadir untuk menunaikan solat di masjid tersebut pasti akan terpesona dengan bangunan megah tersebut.

  1. Masjid perpaduan Timur Tengah dan Jawa

Sebagai salah satu masjid yang berada di Jawa tentu saja ada nuansa Jawa yang dihadirkan oleh masjid ini. Namun tidak sepunuhnya bernuansa Jawa namun dicampur dengan nuansa Timur Tengah, itulah yang membuat masjid ini semakin menarik untuk dipandang.

pixabay.com
  1. Tiga tahun masjid ini dibangun

Untuk dapat membangun masjid suciati saliman ini ternyata membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebuah kabar menyebutkan bahwa masjid ini dibangun dengan membutuhkan waktu sekitar 3 tahun hingga bisa dilakukan peresmian masjid. Namun tidak hanya akan berhenti di pembangunan ini saja, melainkan akan ada banyak rencana – rencana selanjutnya untuk membangun masjid ini lebih megah lagi.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *