7 Media Sosial Terpopuler di Masyarakat Indonesia

Media sosial merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masa kini. Media sosial ada beraneka ragam, mulai dari yang fokus pada konten visual ataupun narasi. Tentunya setiap media sosial memiliki kegunaan serta fitur yang berbeda-beda, meski beberapa ada yang memiliki kesamaan. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai media sosial, simak terus ulasan berikut ya.

Media Sosial Terpopuler di Masyarakat Indonesia

Media sosial memiliki peran yang penting dalam berbagai bidang. Peran utamanya tentu saja untuk menyebarkan informasi dan berkomunikasi. Pemanfaatan media sosial pun beragam, mulai dari mencari kesenangan semata hingga keperluan professional. Ada banyak sekali media sosial yang digunakan di Indonesia. Masing-masing media sosial memiliki fungsi tersendiri. Namun, semuanya memiliki peran dalam membangun relasi.

Ada beberapa media sosial yang populer digunakan di Indonesia. Kepopuleran tersebut juga dipengaruhi oleh kenyamanan pengguna dalam bertukar informasi melalui media sosial. Media tersebut populer di berbagai kalangan, misalnya anak muda hingga dewasa. Dari pelajar hingga kalangan pembisnis. Tentu saja setiap kalangan memiliki tujuan dalam menggunakan media sosial tertentu. Berikut adalah media sosial terpoluler di kalangan masyarakat Indonesia.

pxhere.com
  1. Instagram

Media sosial satu ini merupakan salah satu yang memiliki peningkatan pengguna yang drastis dari tahun ke tahun. Instagram tak hanya digunakan untuk keperluan pribadi saja, namun sudah merambah di keperluan bisnis. Instagram memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan video singkat. Ada berbagai konten menarik yang dibagikan di instagram, terutama dengan daya visual yang kuat.

Ada beragam fitur menarik yang membuat pengguna semakin betah menggunakannya. Fitur yang dimaksud antara lain instatory dengan berbagai keunikannya serta aneka filter untuk membuat konten semakin menarik. Adanya komentar dan like instagram gratis pun mampu menciptakan interaksi tersendiri. Bahkan, instagram bisa menjadi sarana untuk mengenal orang lain melalui konten yang diunggahnya.

  1. Youtube

Semakin tahun, Youtube semakin populer. Hal ini tak lepas dari konten yang semakin variatif. Youtube mampu menawarkan tayangan yang tak mampu diberikan di televisi. Kini banyak orang Indonesia yang membuat konten, mulai dari yang bersifat edukatif hingga kontroversional. Youtube memungkinkan pengguna untuk membagikan video. Selain itu, adanya fitur like, dislike dan komentar juga dapat memunculkan interaksi tersendiri.

Ada yang menggunakan youtube untuk mencari informasi melalui tayangan yang menarik. Namun ada juga yang berkarya dengan membuat konten hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tentunya setiap konten yang tercipta tak lepas dari konsistensi yang kreativitas dari sang pemilik akun. Semakin tahun, youtube semakin dikenal di berbagai kalangan, baik anak kecil maupun usia dewasa.

  1. Twitter

Twitter merupakan salah satu media sosial yang tak tergilas oleh zaman. Fungsi awal twitter adalah sebagai mikroblog, dimana pengguna hanya bisa menulis sebanyak 140 karakter. Seiring berjalannya waktu, pihak pengembang menambahkan jumlah karakter hingga 280 karakter. Pengguna juga bisa menggunggah foto, video dan gif untuk mengekspresikan dirinya.

Sejak awal masuk di Indonesia hingga saat ini, penggunanya semakin bertambah. Hal ini juga disebabkan adanya pembaharuan yang membuat pengguna semakin nyaman. Hanya saja, perubahan yang ada tak membuat twitter mirip dengan media sosial lainnya. Kelebihan dari twitter adalah mampu menyebarkan informasi dengan cepat dengan berbagai fitur yang disediakannya.

pxhere.com
  1. Line

Media satu ini awalnya digunakan untuk berkomunikasi melalui pesan dan telepon. Namun, seiring berjalannya waktu dapat digunakan untuk mengirimkan suara, melakukan panggilan video serta bertukar informasi melalui timeline. Pihak pengembang juga menghadirkan berbagai inovasi yang membuat pengguna semakin nyaman. Ada pula fitur LINE Today yang menghadirkan berbagai kabar terbaru dari Indonesia maupun luar negeri.

  1. Facebook

Facebok merupakan salah satu media sosial yang digemari oleh msyarakat dari berbagai usia. Pengguna facebook di Indonesia mencapai 140 juta orang. Kebanyakan orang saling berkenalan dengan orang baru lainnya melalui facebook. Tak heran jika penyebarluasan informasi di facebook dapat menjangkau ke berbagai wilayah.

  1. Linkedin

Salah satu media sosial yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah Linkedin. Linkedin menawarkan hal yang berbeda dengan media sosial lainnya. Jejaring yang ada di Linkedin bersifat professional. Pengguna dapat menemukan berbagai lowongan pekerjaan, bisnis, ide serta informasi lainnya yang tentunya bermanfaat bagi dunia karir. Pengguna Linkedin mencapai lebih dari 8 juta. Tentunya akan semakin bertambah karena kenyamanan dalam penggunaannya.

pxhere.com
  1. Tumblr

Bagi Anda yang menyukai dunia menulis serta hal kreatif, tentunya tak asing dengan Tumblr. Media sosial satu ini merupakan sumber berbagai tulisan serta gambar menarik. Banyak gambar kreatif yang ditemukan di pencarian Google bersumber dari Tumblr. Akun yang ada di Tumblr biasanya ditemukan dengan nama samaran yang unik. Ada banyak sekali quotes yang bersumber dari Tumblr. Banyak pula penulis yang melahirkan karyanya dengan berawal dari tulisan yang ia unggah di laman biru ini.

Itulah beberapa media sosial yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan jumlah pengguna yang semakin meningkat, tentunya kepopulerannya akan tetap bertahan. Jadi, media sosial mana yang paling sering Anda gunakan? Apapun itu, gunakanlah dengan bijak dan sesuai dengan porsinya ya.

 

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *