Memilih Penulis untuk Startup

Apa Itu Bisnis Startup?

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, bisnis startup mulai bermunculan meramaikan cakupan bisnis di kalangan generasi milenial. Bisnis startup ini pun cakupannya sangat luas mulai dari bidang pendidikan, pemasaran, penulisan, dan masih banyak lagi. Dunia kreatif seakan bisa tercurahkan melalui bisnis startup ini. Tak terbilang banyaknya anak-anak muda yang berhasil sukses melalui bisnis startup yang dibangunnya. Generasi milenial dan para pengguna internet pun semakin dimanjakan dengan adanya startup-startup yang mulai bermunculan ini. Mau belanja apa saja tinggal klik, mau dapat info materi belajar apa aja tinggal klik, mau menulis dan menerbitkan buku tinggal klik. Semua bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus dibatasi waktu kerja kantoran pada umumnya.

Startup sendiri berasal dari serapan Bahasa Inggris yang memiliki arti tindakan atau proses memulai bisnis atau organisasi baru. Startup lebih merujuk pada perusahaan-perusahaan yang belum lama beroperasi yang mana sebagian besar dari perusahaan tersebut masih berada di dalam fase pengembangan dan penelitian sampai benar-benar menemukan pasar yang tepat. Startup selalu identic dengan hal-hal yang berbau teknologi, internet, dan web. Pertama kali startup diperkenalkan oleh buble dot-com secara internasional pada periode 1998 – 2000. Pada masa itu mulai banyak perusahaan-perusahaan yang secara gencar-gencaran membuka website pribadi untuk mengembangkan bisnisnya.

www.pexels.com

Bagi yang belum mengenal dan mengetahui apa itu startup, berikut ini beberapa karakteristik dari perusahaan Startup tersebut:

  • Pada umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Beroperasi melalui website
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital

Indonesia sendiri bisa dibilang memiliki perkembangan bisnis startup yang cukup pesat dan menggembirakan. Bahkan setiap tahun banyak mulai bermunculan founder atau pendiri startup baru dan setidaknya untuk saat ini terdapat lebih dari 1500 startup lokal yang mulai berkembang di Indonesia. Para pebisnis startup seperti melihat peluang dari peningkatan pengguna internet yang semakin naik dari tahun ke tahun sehingga tertarik untuk merambah bisnis tersebut.

Meningkatnya pengguna internet di Indonesia turut mempengaruhi peningkatan daya beli masyarakat seiring dengan meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat yang saat ini turut dipengaruhi oleh perkembangan industri digital. Startup sendiri khususnya di Indonesia dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu Startup pencipta game, Startup aplikasi edukasi, dan Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi. Ketiga kelompok Startup ini dinilai memiliki pasar yang sangat potensial dan terbuka di Indonesia selain pembuatan game dan aplikasi tersebut yang relatif mudah. Bahkan para founder pun memiliki komunitas tersendiri untuk saling sharing atau berbagi informasi, membimbing, hingga menjaring para investor. Beberapa perusahaan besar seperti Telkom pun sering mengadakan kompetisi dan tentu saja ini menjadi peluang yang cukup besar bagi perusahaan Startup yang baru berdiri untuk menambah investor.

Mendirikan dan memulai bisnis Startup bisa dikatakan mudah-mudah sulit. Mudah karena fasilitas yang ada hanya cukup memiliki laptop atau PC computer dan jaringan internet. Sulit karena untuk membuat website Startup tentu membutuhkan ilmu yang tidak bisa dipelajari dalam waktu singkat. Selain itu, usaha atau bisnis Startup ini menuntuk tingkat kreatifitas dan inovatif yang tinggi agar mampu bersaing di dunia Startup yang semakin hari semakin banyak pesaing bermunculan. Namun, akan sangat mudah untuk dijalani dan dikembangkan ketika bisnis Startup yang dibangun tersebut dieksekusi dengan ide dan cara yang tepat. Founder pun tidak akan kesulitan untuk menarik minat masyarakat untuk nantinya menjadi investor di perusahaannya.

www.pexels.com

Bagaimana Membangun Startup?

Untuk tahap awal membangun Startup tentu dibutuhkan modal yang kuat. Modal di sini tidak hanya berupa finansial saja. Berikut ini beberapa tips jitu untuk membangun Startup dari nol:

  1. Kuatkan tekad dan semangat

Memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk membangun Startup merupakan modal awal bagi seseorang yang berkeinginan untuk membangun bisnis di bidang tersebut. Semangat dan tekad untuk mendirikan Startup tersebut bukan hanya sekedar keinginan untuk mengikuti tren saja. Berawal dari kesenangan dan passion diri sendiri tentu sangat berpengaruh terhadap kesuksesan di masa depan. Cari kesukaan dan hobi yang kalian senangi. Misalnya suka menulis atau membaca maka mulailah membuka Startup yang berhubungan dengan hobi tersebut seperti jualan buku atau self-publishing.

  1. Jadikan dirimu ahli di bidangnya

Ketika sudah menemukan jenis Startup apa yang akan digeluti, maka langkah selanjutnya adalah memulainya. Mulailah dengan sungguh-sungguh dan focus agar Startup yang sedang kalian rintis bisa sukses. Kembangkan diri dan galilah ilmu sebanyak-banyaknya di bidang tersebut hingga menjadi seorang ahli. Ketika keahlian tersebut sudah dimiliki maka sangat mudah bagi seseorang untuk mengembangkan bisnis Startup-nya menjadi lebih maju dan sukses. Jangan sungkan dan malu untuk bertanya kepada orang lain tentang cara-cara membangun Startup. Meskipun kalian bukan seorang programmer dan tidak pernah belajar tentang itu sebelumnya, kalian masih tetap punya kesempatan yang sama untuk sukses di bisnis Startup.

  1. Buat rencana bisnis atau business plan

Ide dan tekad saja tentu tidak cukup untuk memulai bisnis Startup. Langkah selanjutnya adalah buatlah rencana bisnis atau business plan yang menjabarkan tujuan serta tahap-tahap yang akan dikerjakan hingga beberapa waktu ke depan. Buat visi misi perusahaan beserta timeline dan daftar rencana yang akan dikerjakan dan berusahalah untuk melakukan rencana tersebut sesuai dengan waktu yang ditentukan. Dalam hal ini kedisiplinan sangat penting untuk diterapkan agar semua yang direncanakan bisa terlaksana dengan baik. Buat strategi-strategi berikut target market yang akan dicapai agar hasilnya jauh lebih terarah dan terstruktur. Dengan tujuan dan perencanaan yang jelas maka hal tersebut akan sangat membantu untuk membuat bisnis kalian berjalan dengan baik dan sukses.

  1. Bangunlah tim yang solid

Membangun suatu usaha Startup memang sangat sulit untuk dikerjakan sendiri. Untuk itu diperlukanlah yang namanya sebuah tim yang solid untuk dapat terus menggali ide kreatif dan membuat strategi baru dalam pengembangan bisnis tersebut. Carilah partner yang sevisi bisa dari teman, keluarga, maupun sahabat yang kalian kenal. Yakinkan mereka untuk menjadi partner yang siap bekerjasama dengan baik dan rela untuk tidak dibayar pada tahap awal perkembangan. Karena dalam setiap fase merintis usaha tentu belum tahu berapa keuntungan yang nantinya akan diperoleh. Bisa jadi beresiko rugi jika tidak dikelola dengan baik.

  1. Lakukan tes market

Agar bisnis Startup kalian sukses, hal awal yang perlu dilakukan adalah tes pasar dan itu sangat penting sekali untuk mengetahui sejauh mana produk dan jasa yang akan dijual diperlukan oleh konsumen. Tes pasar bisa dilakukan dengan menggunakan riset data di internet maupun survei langsung di lapangan dengan mengambil beberapa koresponden.

www.pexels.com

Memilih Penulis yang Tepat untuk Startup

Dunia Startup meskipun identic dengan hal-hal yang berbau teknologi, ternyata dunia kepenulisan juga tidak bisa dilepaskan dalam proses pengembangan dan pengerjaan bisnis ini. Menjadi seorang penulis content marketing untuk suatu bisnis Startup menjadi salah satu pekerjaan yang cukup banyak dicari bagi para pelaku bisnis ini. Seorang content marketing diperlukan untuk menyebarkan pesan konspirasi berupa iklan yang dikehendaki perusahaan Startup tersebut. Bahkan konten-konten yang dibuat oleh seorang penulis konten tersebut bisa sangat berpengaruh terhadap peningkatan traffic yang nantinya akan berpengaruh terhadap penjualan. Berikut ini beberapa tips dalam memilih penulis yang tepat untuk bisnis Startup-mu:

  1. Cari perusahaan dan situs terpercaya

Sekarang ini banyak sekali situs-situs yang membuka peluang secara terbuka dan besar-besaran bagi siapa saja untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang kepenulisan. Tentu hal ini akan memudahkan bagi para pelaku bisnis Startup yang sedang mencari penulis untuk konten marketingnya. Carilah situs yang terpercaya yang kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi dengan melihat berapa banyak klien yang telah menggunakan jasa melalui perusahaan atau situs tersebut. Semakin banyak klien dan testimoni atau review dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya maka hal itu bisa lebih meyakinkan bahwa situs atau perusahaan penyedia jasa tersebut benar-benar kredibel.

  1. Pilih penulis yang kreatif

Kreatifitas calon penulis konten marketing untuk Startup yang akan kalian pilih bisa dicek dengan melakukan tes terlebih dahulu. Misalnya kalian telah membuka pengumuman lowongan untuk posisi tersebut lalu ada yang mendaftar, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah cek CV-nya. Setelah itu, tes bagaimana kemampuan menulisnya dengan tema atau topik yang berkaitan dengan perusahaan Startup yang sedang dibangun. Jika hasil tulisannya menarik dan layak untuk menjadi pengisi konten marketing di perusahaan Startup-mu tidak ada salahnya mencoba bekerjasama dengannya. Selain kreatifitas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana penulis tersebut mengusung ide marketing apa yang ditulis dalam konten tersebut. Oiya, Kunjungi jasa penulis artikel untuk order tulisan-tulisan terbaik.

  1. Pilih penulis yang disiplin

Ketekunan dan kegigihan juga penting untuk dimiliki seorang penulis. Karena tanpa ketekunan dan kegigihan serta kedisiplinan maka bakat kreatifitas menuangkan ide-ide tersebut seolah tidak ada artinya. Dengan memilih penulis yang disiplin maka akan sangat membantu sekali untuk bisa mendukung timeline atau rencana bisnis yang sudah dibuat oleh tim sebelumnya. Sehingga dengan adanya dukungan seperti itu diharapkan bisnis Startup yang sedang dijalani pun akan semakin berkembang dan sukses. Karena perlu diingat bahwa peran penulis Startup untuk menulis konten-konten di website dan situs yang disediakan sangatlah penting sehingga memilih penulis yang tepat harus benar-benar dipertimbangkan.

www.pexels.com

Setelah amunisi dan modal yang diperlukan untuk membangun bisnis Startup sudah dimiliki semuanya, maka segeralah untuk memulai. Apapun nanti hasilnya yakinkan pada diri kalian bahwa bisnis yang sedang kalian rintis dapat berkembang dengan baik dan sukses. Karena jika tidak segera memulainya, semangat yang awalnya sudah susah payah dibangun akan memudar begitu saja dan alhasil bisnis Startup yang direncanakan pun tidak berjalan sesuai dengan rencana. Selain itu, jangan tanggung-tanggung dalam memulai bisnis. Persiapkan modal dan niat terbaik yang dimiliki agar hasilnya pun jadi yang terbaik untuk ke depannya. Termasuk dalam memilih penulis untuk Startup pilihlah yang terbaik dan sesuai dengan kriteria yang kalian inginkan.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *