Mengatasi Rambut Rontok

Bagi pria maupun wanita, rambut yang terus menipis karena kerontokan pastilah sangat menjengkelkan. Bahkan, di beberapa kasus, kerontokan rambut bisa jadi mengkhawatirkan. Rambut yang terus menipis akan mengacu pada kerontokan tingkat rendah sampai sedang. Tidak seperti kerontokan yang umum terjadi, rambut yang menipis umumnya takkan menimbulkan kebotakan. Akan tetapi, rambut akan tampak jarang dan kulit kepala lebih jelas terlihat. Penipisan rambut akan terjadi bertahap, sehingga kita akan punya kesempatan untuk mengatasinya selagi rambut masih belum terkikis habis. Banyak faktor yang menyebabkan penipisan rambut, seperti gaya hidup, faktor genetik maupun kombinasi keduanya.

Faktor Penipisan Rambut

Berikut adalah beberapa hal yang jadi penyebab penipisan rambut:

  1. Penataan rambut berlebihan seperti pencatokan, pewarnaan serta pengeritingan
  2. Penggunaan produk perawatan rambut dengan sifat keras seperti gel rambut serta hair spray
  3. Terlalu kencang saat mengikat rambut
  4. Kurang mengonsumsi  asam folat, zat besi serta mineral lain yang bisa membantu dalam memproduksi rambut dengan natural
  5. Stres tak terkontrol yang memicu terlepasnya hormon kortisol. Terlalu banyak hormon ini akan membunuh rambut-rambut baru dari folikel rambut yang tumbuh
  6. Berhenti mengonsumsi pil KB
  7. Fase perubahan hormon terutama ibu pasca melahirkan
  8. Infeksi atau kelainan kulit tertentu
  9. Tengah dalam masa pengobatan penyakit khusus auto imun
  10. Demam tinggi
  11. Kebiasaan menarik rambut
  12. Gangguan makan yang menyebabkan kehilangan berat badan sampai dengan 9kg secara singkat
www.pexels.com

Tips Mengatasi Rambut Tipis

Mengatasi rambut yang menipis tidaklah mudah. Akan tetapi, biasanya hal ini masih dapat dilakukan tanpa harus mengunjungi dokter. Namun jika penipisan rambut terjadi kian parah dan mulai mengganggu, maka konsultasikan kepada dokter agar kita bisa segera mendapat penanganan terbaik. Berikut adalah beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa dicoba:

 

  1. Konsumsi makanan yang bisa memicu pertumbuhan rambut baru. Perhatikan asupan makanan sehari-hari dan konsumsilah lebih banyak sumber protein, zinc, zat besi serta vitamin B12. Beberapa di antaranya adalah sayuran hijau, daging tanpa lemak, kacang-kacangan serta ikan.
  2. Pijat kulit kepala merupakan cara paling mudah dan murah dalam mendapat rambut tebal serta menghentikan penipisan rambut. Saat keramas, berikan pijatan sedikti saja agar kepala terasa lebih nyaman. Selain dapat membantu penyerapan sampo, pijatan perlahan ini akan melancarkan aliran darah yang ada di kepala. Pertumbuhan rambut baru akan semakin terdorong. Pijatan ini sekaligus dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala serta memicu terjadinya penipisan rambut.
  3. Gunakan minyak esensial terutama yang terbuat dari bahan alami seperti tanaman tertentu. Minyak rosemary terutama akan banyak membantu mengembalikan kekuatan rambut sehingga membuatnya tidak mudah rontok. Minyak ini banyak dipercaya dapat meningkatkan metabolisme sel sehingga pertumbuhan rambut semakin terstimulasi untuk menjadi makin tebal. Uji reaksi alergi terlebih dahulu di lengan atau belakang telinga sebelum digunakan. Jika selama 24 jam tidak ada reaksi alergi seperti kulit merah dan gatal-gatal, maka minyak tersebut akan dapat digunakan di kulit kepala tanpa adanya efek samping.
  4. Hindarilah penataan rambut yang terlalu berlebihan. Kurangi pemakaian catokan, pengering rambut, pewarna rambut serta penataan rambut lain yang berlebihan. Semua ini akan dapat menyebabkan kerusakan rambut termasuk penipisan.
  5. Gunakan produk sampo yang tepat. Sampo khusus rambut tipis seperti Caboki umumnya akan bekerja dalam dua cara, yaitu menambah volume rambut serta membuat kulit kepala lebih sehat agar ada lebih banyak rambut yang tumbuh dari waktu ke waktu.
  6. Akupunktur juga dapat membantu masalah penipisan rambut. Konon, kesehatan rambut terkait energi ginjal serta darah. Akupunktur akan membantu mengurangi penipisan pada rambut wanita maupun pria secara berangsur-angsur selama beberapa minggu hingga bulan.
  7. Kelola stres karena stres juga termasuk dalam pemicu penipisan rambut di samping aneka penyakit lainnya. Banyak cara untuk mengelola stres, mulai dari jalan-jalan, meditasi hingga olahraga. Usahakan tubuh serta pikiran senantiasa rileks walau tengah dalam masalah, supaya kesehatan selalu terjaga, termasuk kesehatan kulit kepala.
www.pexels.com

25 Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Ada beberapa metode alami yang bisa kita gunakan dalam mengatasi kerontokan. Kita bisa mulai dengan membiasakan tidak menggunakan perawatan yang berlebihan pada rambut agar rambut tidak rusak. Selain itu, kita juga bisa menggunakan perawatan rambut rontok seperti Caboki. Namun, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Semua bahan ini akan dapat dimanfaatkan guna meminimalisir penipisan rambut serta membuat mahkota kita ini semakin lebat dan tebal. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Jus Bawang

Gosok kulit kepala menggunakan saripati dari bawang putih maupun bawang merah. Blender bawang sampai lembut tanpa air, lalu oleskan di kepala. Diamkan kira-kira 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

  1. Jus Jahe

Gosok kulit kepala menggunakan sari jahe alami. Blender jahe terlebih dahulu hingga lembut tanpa tambahan air. Oleskan di kepala, diamkan 30 menit kemudian biarkan semalaman. Paginya, bilas hingga bersih.

  1. Kayu Manis

Dalam kayu manis terkandung protein, vitamin A, karbohidrat serta senyawa antioksidan. Semua zat tersebut memiliki manfaat dalam mengobati kerontokan secara alami. Kayu manis terutama akan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cepat. Campurkan bubuk kayu manis dan minyak zaitun, kemudian tambahkan madu. Oleskan di kepala, biarkan 15 menit lalu bilas sampai bersih.

  1. Santan Kelapa

Banyak alasan mengapa kondisioner rambut di pasaran kebanyakan dibuat dari santan kelapa. Kelapa memang dikenal bisa jadi pelembab yang bagus. Kerontokan rambut terutama dikarenakan rusaknya kulit kepala karena terlalu kering. Oleskan santan ke akar rambut kemudian diamkan 10 menit sebelum dibilas sampai bersih.

  1. Bubuk Cabai

Mengembalikan rambut rontok bisa dilakukan dengan turut merangsang sirkulias darah pada kulit kepala. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bubuk cabai pedas. Cabai rawit terutama mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan aliran darah serta mengatasi kerontokan. Campurkan bubuk cabai dengan minyak zaitun lalu usapkan di kepala. Diamkan 30 menit lalu bilas sampai bersih.

  1. Bunga Safflower

Tanaman hias ini tak sekedar cantik namun juga bermanfaat mengatasi kerontokan rambut. Minyak dari bunga safflower terutama akan dapat memperkuat folikel rambut serta melawan ketombe. Manfaat lain ialah menyehatkan kulit kepala serta memperkuat sel dari dalam. Penggunaannya pun mudah karena cukup dengan dipijatkan saja di kulit kepala. Perlahan, rambut akan meningkat pertumbuhannya.

www.pexels.com
  1. Masker Telur

Metode ini memang kelihatannya tidak menarik, namun telah terbukti sebagai salah satu solusi alami kerontokan rambut. Dalam telur terdapat protein yang dapat membuat rambut tumbuh alami dan sehat. Campurkan telur dan minyak zaitun dalam mangkuk, oleskan masker ini ke rambut basah setelah keramas. Tutup menggunakan topi mandi selama 10 menit lalu bilas dan gunakan kondisioner pelembab setelahnya.

  1. Daun Bunga Rosemary

Sifat antiseptik dalam daun bunga rosemary sangat kuat sehingga akan membantu mengatasi ketombe serta infeksi yang beresiko pada kerontokan rambut. Oleskan minyak rosemary pada rambut. Kandungan antioksidan serta antibakterinya yang unggul akan membuat rambut cepat tumbuh lagi. Seduh bunga rosemary menjadi minuman yang akan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. Hal ini terutama akan dapat membantu dalam mengatasi kerontokan rambut akibat tidak lancarnya sirkulasi darah di kepala.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya tentunya sudah terkenal akan khasiatnya dalam mengatasi rambut rontok. Bersihkan rambut terlebih dulu kemudian kupas lidah buaya. Oleskan gel atau lendirnya di kepala secara merata, diamkan lalu bilas hingga bersih. Lidah buaya juga bermanfaat dalam menjaga kilau alami rambut dan membuatnya senantiasa lembab.

  1. Minyak Jojoba

Kulit kepala dengan kekeringan parah serta terjadi dalam waktu lama seringkali akan turut mengakibatkan ketombe, kehilangan kilaunya hingga peningkatan kerontokan. Salah satu cara pencegahannya ialah dengan minyak jojoba. Minyak ini terutama akan melembabkan folikel rambut pada kulit kepala sehingga rambut kian kuat dan sehat. Minyak jojoba juga akan membantu rambut dalam bereproduksi lebih cepat serta tidak beresiko meninggalkan minyak di rambut setelah keramas. Hangatkan beberapa tetes minyak jojoba di tangan dan pijatkan ke akar rambut, kemudian cuci setelah 15 menit.

  1. Daun Sage

Daun sage terutama dipercaya merupakan tanaman herbal dengan banyak manfaat. Cara penggunaannya pun mudah. Cukup rendam air sebanyak 1 liter hingga mendidih lalu masukkan daun sage. Dinginkan 30 menit dan aduk perlahan. Gunakan air rebusan ini untuk membilas rambut.

  1. Jus Akar Bit

Bit, umbi manis ungu ini kaya akan vitamin B, vitamin C, karbohidrat, protein, fosfor, kalsium serta kalium. Akar bit akan turut mengatasi kerontokan rambut dengan alami. Kita bisa memanfaatkannya dengan cara mengonsumsinya agar rambut selalu sehat dan terawat.

  1. Daun Neem

Neem terutama memiliki sifat anti bakteri. Daun ini akan meningkatkan aliran darah dalam kulit sehingga berperan dalam mengurangi kerontokan. Rebus beberapa helai daun neem sampai warnanya berubah, dinginkan lalu cuci rambut menggunakannya. Cara ini bisa dilakukan sekali saja dalam seminggu guna mengurangi kerontokan serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

  1. Jus Lemon

Cara alami untuk mengatasi rambut yang terus rontok ialah dengan menggunakan buah lemon. Lemon terutama rendah pH sehingga efektif dalam membersihkan sel-sel kulit mati serta mengurangi minyak yang membuat rambut menjadi tidak sehat. Lemon juga bisa menguatkan rambut karena nutrisi di dalamnya akan turut menyehatkan folikel rambut. Peras lemon hingga saripatinya keluar, pijatkan lembut ke kepala secara merata. Perawatan ini bisa dilakukan sekali saja dalam seminggu. Perawatan menggunakan lemon ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi ketombe di kepala.

www.pexels.com
  1. Jus Kentang

Perawatan dan pencegahan alami pada kerontokan rambut bisa dilakukan menggunakan jus kentang. Kentang terutama kaya akan manfaat bagi rambut. Apalagi, kerontokan kerap terjadi karena kurangnya nutrisi di kulit kepala sehingga rambut menjadi kering, tipis serta bercabang. Jus kentang akan memenuhi nutrisi pada kulit kepala berkat adanya vitamin A, vitamin B6 serta vitamin C. Blender kentang lalu pijatkan di kulit kepala dan biarkan beberapa menit, lalu bilas.

  1. Daun Gingko Biloba

Daun ini berbentuk seperti kipas serta bermanfaat dalam melancarkan sirkulasi darah serta oksigen, terutama yang menuju sistem saraf serta otak. Gingko biloba juga bisa membantu meringankan saraf yang tegang akibat stres sehingga menyebabkan kerontokan pada rambut.

  1. Daun Jelatang

Daun jelatang biasa digunakan sebagai obat diuretik yang akan membantu tubuh dalam menghilangkan racun yang menyumbat penyerapan mineral di dalam tubuh. Kerontokan rambut biasanya turut disebabkan kekurangan mineral. Seduh jaun jealatang dan pisahkan daun dengan batangnya. Tambahkan madu asli sebagai pemanis lalu konsumsi. Kita juga bisa membuat masker untuk kulit kepala dengan cara merendamnya dalam air hangat kemudian bilaskan di kepala.

  1. Bunga Kamomil

Air rendaman bunga kamomil akan dapat digunakan dalam membilas rambut tanpa perlu dibilas ulang lagi menggunakan air. Gunakan 6 hingga 7 bunga yang berwarna kuning lalu rendam selama 20 menit. Manfaatnya antara lain ialah mengurangi kerontokan, meredakan iritasi serta peradangan di kulit kepala.

  1. Cuka Apel

Rambut rontok umumnya disebabkan folikel rambut tersumbat serta rambut yang kering. Saat folikel rambut tersumbat, bakteri akan menumpuk dan minyak sehat menjadi langka. Kerontokan akan terjadi hingga berpotensi pada kebotakan. Bilas kulit kepala setelah selesai keramas menggunakan cuka apel. Pemulihan rambut rontok secara alami akan bekerja dengan membuka pori-pori serta meningkatkan kembali pertumbuhan rambut.

  1. Teh Bunga Linden

Bunga linden dipercaya mengatasi masalah terkait rambut serta menjaga kesehatannya. Manfaat lain dari bunga ini ialah melembabkan kulit kepala agar tidak kering. Gunakan rebusan bunga linden setelah keramas untuk membilas rambut. Peredaran darah juga akan semakin lancar jika menggunakannya.

  1. Minyak Zaitun

Dalam minyak zaitun terutama terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K serta zat besi. Kalsium dalam minyak zaitun juga akan mengurangi kerontokan rambut dengan alami. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Oleskan minyak ini pada kulit kepala hingga merata lalu pijat kira-kira 30 menit lamanya.

  1. Alpukat

Buah alpukat tak hanya lezat dikonsumsi namun juga bermanfaat untuk kulit, termasuk kesehatan rambut. Protein dalam buah alpukat akan dapat mengatasi kerontokan rambut secara alami. Hancurkan satu buah alpukat sampai halus lalu oleskan di kepala serta seluruh rambut. Diamkan kira-kira 15 menit dan bilas sampai bersih.

www.pexels.com
  1. Daun Ketumbar

Ketumbar tak sekedar dapat digunakan sebagai bumbu masak. Daunnya terutama akan memiliki manfaat terkait kesehatan serta pertumbuhan rambut. Blender daun ketumbar bersama air secukupnya. Bilas jus di kepala serta rambut secara merata sambil dipijat lalu bilas setelah didiamkan 30 menit.

  1. Kemiri

Minyak kemiri telah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa memperkuat akar rambut serta merangsang pertumbuhan rambut baru. Tumbuk kemiri hingga kasar lalu disangrai. Setelahnya, tumbuk lagi sampai halus dan keluar minyaknya. Oleskan minyak ini pada kepala serta rambut secara merata. Diamkan sebentar dan bilas sampai bersih.

  1. Teh Hijau

Teh hijau atau green tea bisa jadi adalah salah satu minuman favorit banyak orang. Tak hanya dapat diminum, green tea dapat pula digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat utamanya adalah mengurangi kerontokan serta merangsang tumbuhnya rambut baru dengan alami. Rebus tiga kantong green tea dalam tiga cangkir air, dinginkan dan gunakan untuk membilas rambut sehabis keramas.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *