Mengenal Buah Gandaria dan Manfaatnya

 

 

Buah Gandaria termasuk ke dalam jenis tumbuhan tropik. Asalnya diketahui berasal dari Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini juga dikenal sebagai obat-obatan. Di Indonesia persebaran dari tanaman ini cukup luas, mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga Ambon. Gandaria atau Boues macrophylla memiliki bentuk buah bundar. Saat masih muda warnanya hijau namun saat sudah masak akan berubah menjadi oranye. Kulit dari buahnya dapat dimakan. Rasa dari buah gandaria ada yang manis ada yang asam. Teksturnya agak berair dan memiliki satu biji pada setiap buahnya.

 

Manfaat Buah Gandaria

Gandaria dapat dimakan secara langsung atau dibuat lalapan. Buah ini banyak memiliki khasiat untuk kesehatan karena kandungan gizinya yang tinggi. Kandungan yang dapat ditemukan di dalam gandaria meliputi asam amino esensial, vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, protein, serat dan masih banyak lainnya. Buah ini selain lengkap dari nilai gizi juga memiliki kandungan senyawa antioksidan alami yang tinggi.

 

Buah pada umumnya merupakan sumber dari vitaman dari gizi dalam tubuh. Jika rajin mengkonsumsi buah maka kebutuhan nutrisi akan terpenuhi. Termasuk jika mengkonsumsi buah gandaria. Keuntungan yang akan diperoleh yaitu tubuh akan terjaga kondisinya agar tetap fit. Gizi yang lengkap akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Sistem imun juga akan terjaga sehingga tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

 

Khasiat Buah Gandaria untuk Kesehatan

Buah gandaria selain baik untuk mempertahankan sistem imun ternyata juga mampu mencegah beberapa gangguan kesehatan lain. Misalnya menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena gandarian kaya akan vitamin C yang mana berperan baik terhadap perlindungan kulit. Gandaria juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko terkena kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi akan melawan radikal bebas salah satu penyebab terjadinya kanker.

 

Buah yang satu ini ternyata sangat baik dikonsumsi untuk mengobati gusi yang bengkak atau mengalami radang. Berbagai jenis kandungan vitamin yang ada dapat menetralkan segala jenis zat toksik yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan zat besi yang tersedia di dalam gandaria juga baik untuk memperlancar sistem peredaran darah.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *