Mengenal Css dan Html di Dunia Pemrograman

Di dunia pemrograman, keberadan html dan css sangat sulit untuk diabaikan. Htmal dan css bahkan menjadi hal wajib ada untuk pembuatan halaman website atau blog. Hal tersebut menjadi hal yang wajar mengingat html dan css dapat menghasilkan hasil yang menarik dan membuat blog dan web yang mudah ditemukan oleh search engine. Karena penting di dalam dunia pemrograman, alangkah baiknya jika kita dapat mengenal css dan html dengan baik. Anda yang punya jasa backlink sekalipun, namun jika tidak begitu mengusai hal dasar ini, hasilnya tidak akan semaksimal bagi mereka yang paham. Pengenalan akan css dan html akan memudahkan kita untuk menciptakan website atau blog yang berkualitas. Untuk mengenal lebih lanjut akan css dan html, simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Css dan Html dengan Seksama

Ketika memahami dan mengenal css dan html, kita akan mengetahui akan perbeadaan yang melekat diantara css dan html. Html atau Hyper Text Markup Language sendiri merupakan kumpulan tag atau simbol yang ditulis pada sebuah file. Simbol dan tag tersebut bertujuan untuk menampilkan halaman wesite lengkap kepada para penggunanya. Tag html sendiri selalu dialami dengan menggunakan <x> dan menggunakan </x> untuk mangakhiri tag html. Meskipun begitu, kita juga akan menemukan tanda <br> atau <input> pada penggunaan awal dan akhir html. Sesuai dengan pengertian html yang berkaitan dengan keberadaan tag, berikut beberapa tag utama pada html dan penjelasan mengenai fungsinya:

pexels.com
  • Tag <html>, </html> berfungsi untuk menjelaskan akan baris teratas dari file html
  • Tag <head>, </head> berfungsi untuk mendapatkan informasi umum akan halaman website
  • Tag <title>, </title> berfungsi untuk menunjukan judul halaman dan dan berada pada head
  • Tag <body>, </body> merupakan settingan untuk seluruh bagian dokumen

Jika membandingkannya dengan css, kita tentunya akan mendapatkan perbedaan yang cukup signifikan. Css atau Cascading  Style Sheet adalah bahasa yang ada pada pemrograman website dan digunakan untuk mengendalikan komponen pada sebuah website sehingga website tersebut akan terstruktur dengan baik. Sama halnya dengan aplikasi mengolah kata yang ada pada Microsoft Word yang dapat digunakan untuk mengatur style, image, heading, subbab dan body text, css digunakan untuk mengubah tampilan halaman website dengan menggunakan bahasa html dan bahasa xhtml. Css dapat digunakan untuk mengubah ukuran gambar, warna tabel, warba tubuh teks, spasi setiap paragraf, margin dan warna mouse border. Jika kita mengenal css dan html dengan baik, kita akan mengetahui akan metode yang dapat digunakan untuk penulisan atribut css. Berikut ini merupakan penulisan atribut css yang perlu untuk diketahui:

  1. Inline style sheet

Ketika kita menggunakan penulisan inline style sheet, css nantinya akan didefinisikan atau digambarkan secara langsung melalui tag html. Style css hanya dapat berlaku pada html yang berkaitan dan tidak akan memberikan pengaruh sedikit pun pada html lainnya.

pexels.com
  1. Embedded style sheet

Metode penulisan atribut css lain yang dapat digunakan adalah embedded style sheet. Ketika menggunakan metode penulisan ini, css akan didefisinikan oleh tag <style> dan tag <body>. Setelah didefisinikan, css akan dimanfaatkan oleh html yang berkaitan.

  1. Linked style sheet

Linkked style sheet memiliki persamaan dengan embedded style sheet. Yang membedakan kedua format tersebut adalah pendefisinian antara tag <style> dengan tag </style> dibuat terpisah.

pexels.com

Perbedaan Antara Html dengan Css

Dilihat dari penjelasan mengenai pengertian akan html dan css di atas, kita akan lebih mengenal css dan html dengan lebih baik. Dari pengenalan akan html dan css tersebut, kita nantinya dapat mengetahui beberapa perbedaan yang ada diantara kedua bahasa pemrograman tersebut. Tidak hanya mengetahui akan perbedaan antara html dengan css, kita dapat pula mengetahui dengan pasti akan cara buka situs yang di blokir. Untuk mengetahui antara html dengan css, simak ulasannya di bawah ini:

  1. Html

Html atau Hyper Text Markup Language merupakan bahasa yang menggambarkan akan struktur halaman website. Html dapat dimanfaatkan oleh penguna untuk:

  • Menyebarkan klip video, lembaran dan klip suara secara langsung ke dalam dokumen pemilik.
  • Membuat desain formulir yang digunakan untuk transaksi jarak jauh, membuat pesanan produk, reservasi dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
  • Mengambil beberapa informasi online dengan memanfaatkan hypertext link.
  • Mempublikasikan dokumen secara online dengan teks, foto, tabel, daftar dan judul.
  1. Css

Css sendiri merupakan bahasa pemrograman yang dapat menjelaskan presentasi suatu halaman website. Di dalam penjelasan mengenai bahasa pemrograman tersebut, tata letak, warna, front informasi dan cara mengubah presentasi menjadi hal-hal yang dapat dijelaskan oleh css. Di dalam pemisahan antara css dan html sendiri dapat memberikan kemudahan dalam menjaga kode dan style sheet pada halaman website.

pexels.com

Di dalam pembuatan website sendiri, css memiliki manfaat dan fungsi yang cukup penting. Ketika kita mengenal css dan html, kita juga akan mengetahui akan fungsi dari css. Untuk mengetahui lebih lanjut akan manfaat dari css, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Dengan css, kode html terasa lebih sederhana sehingga dapat dengan mudah untuk diatur oleh pengguna.
  2. Ukuran file berubah menjadi lebih kecil dan membuat loading file dapat dilakukan dalam waktu cepat.
  3. Kemudahan dalam mengubah tampilan website. Kita hanya perlu mengubah file css jika ingin mengubah tampilan website.
  4. Dapat disatukan dengan JavaScript yang merupakan pasangan abadi html.
  5. Css mampu dimanfaatkan oleh semua web browser.

Untuk mempelajari html dan css, kita tentunya harus mengenal dengan baik akan html dan css tersebut. Informasi akan bahasa pemrograman html dan css dapat kita ketahui melalui dunia maya. Seperti yang kita ketahui, ada banyak situs di dunia maya yang menjelaskan dan membahas mengenai html dan css. Dari pembahasan yang tertera di dalam situs online, kita akan mendapatkan informasi akan html dan css yang diinginkan. Selain dapat mengenal akan hal-hal yang berbau dengan bahasa pemrograman, kita juga akan dikenalkan dengan bahasa pemrograman lain yang berkaitan dengan html dan css. Karena informasi yang kita butuhkan sangat penting untuk diketahui, kita sebaiknya dapat memilih situs-situs online terbaik yang dapat memberikan informasi mengenai html dan css.

Guna mendapatkan informasi lengkap akan html dan css, membandingkan situs online yang membahas mengenai html dan css menjadi cara tepat yang dapat kita lakukan. Dengan membandingkan situs-situs online tersebut, kita nantinya akan mendapatkan informasi valid mengenai html dan css. Selain situs online, sumber informasi yang dapat kita andalkan untuk mendapatkan informasi mengenai html dan css adalah buku bahasa pemrograman. Sebagai buku bahasa pemrograman, pembahasan mengenai html dan css tentunya dapat kita temukan dengan mudah di dalam buku tersebut. Karena bahasa pemrogaraman html dan css sukar untuk dipahami dalam waktu singkat, ada baiknya bagi kita untuk mempelajari beragam jenis sumber yang membahas mengenai css dan html.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *