Cara Menghilangkan Jerawat Batu untuk Dapat Wajah Mulus dan Sehat

Jerawat adalah salah satu momok masalah kulit yang banyak ditakuti remaja baik laki-laki maupun perempuan. Jerawat ini bisa muncul di wajah karena banyak faktor mulai dari kelalaian dalam merawat kulit wajah hingga faktor hormonal yang terjadi dari dalam tubuh. Pada wanita misalnya, jerawat seringkali muncul mendekati ataupun semasa menstruasi. Jerawat yang diakibatkan oleh perubahan hormon ini terkadang sulit dihindari sehingga penanganannya pun tidak mudah.

Masalah jerawat selain bisa membuat Anda menjadi kurang nyaman juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Wajah yang dihiasi jerawat tentu akan terlihat kurang menarik sehingga banyak yang justru menutupi jerawat di wajah dengan berbagai kosmetik. Cara tersebut sebenarnya salah karena jerawat sebaiknya dihilangkan bukan ditutupi. Diantara macam-macam jerawat yang ada, jerawat batu merupakan salah satu yang kemunculannya cukup mengganggu karena ukurannya yang besar dan cukup mencolok.

Jerawat batu ini adalah nama yang diberikan kepada jerawat yang membandel seperti batu. Jerawat batu biasanya berukuran besar yang butuh waktu lebih lama untuh memudar dan hilang. Jerawat batu ini dapat sangat mengganggu penampilan karena bentuknya yang besar akan sangat mudah terlihat. Sebagian orang ada yang memiliki jerawat batu yang sakit ketika tersentuh dan ada pula yang memiliki jenis jerawat batu yang tidak terasa sakit sama sekali.

Jerawat batu ini sebenarnya merupakan jerawat yang terbentuk di permukaan kulit yang cukup dalam dan disebabkan oleh adanya sumbatan akibat sel kulit mati. Tidak hanya sumbatan karena sel kulit mati, jerawat batu juga bisa disebakan tumpukan bakteri di dalam pori-pori kulit. Tumpukan bakeri atau sel kulit mati tadi dapat menimbulkan peradangan pada kulit yang membuat jerawat batu terlihat memerah dan menonjol. Penyebab dari jerawat batu ini bisa berasal dari perubahan hormon di dalam tubuh, faktor keturunan, kurangnya higienitas kulit wajah, penggunaan kosmetika berbahan kimia tertentu hingga tingginya aktivitas fisik yang menyebabkan kulit wajah mudah berkeringat.

Ketika jerawat batu sudah muncul di wajah maka Anda perlu mengambil langkah tepat untuk menghilangkannya. Mengatasi dan menghilangkan jerawat batu bisa dilakukan dengan terapi dari luar dan dari dalam tubuh. Dari dalam tubuh perlu dilakukan perbaikan asupan makanan yang dapat mengurangi timbulnya jerawat serta mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat. Sementara itu dari luar bisa diberikan bahan-baham tertentu yang bisa dengan mudah diserap kulit untuk mengurangi jerawat batu tersebut.

www.pexels.com

Tindakan Dokter Kulit untuk Mengatasi Jerawat Batu

Menangani jerawat batu memang perlu perhatian khusus. Pada kasus jerawat batu yang berukuran besar dan cukup mengganggu sebaiknya Anda meminta bantuan profesional seperti dokter kulit (dermatologist). Hal ini perlu dilakukan karena jerawat ini berkaitan dengan bakteri sehingga harus ditangani hingga ke akar-akarnya agar bisa sembuh sempurna. Dokter kulit dapat mengambil beberapa tindakan untuk mengatasi masalah jerawat ini, diantaranya:

  • Pemberian antibiotik

Jerawat yang disebabkan oleh penumpukan bakteri bisa diatasi dengan pemberian antibiotik minum. Antibiotik ini bisa membantu membunuh bakteri dari dalam sehingga bakteri penyebab jerawat dapat hilang dari sumbernya. Tapi perlu diingat bahwa pemberian antibiotik ini wajib dilakukan dengan pengawasan dokter yang kompeten. Antibiotik tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena bisa menimbulkan efek resisten yang berbahaya.

  • Pemberian obat luar berupa salep oles ataupun lotion

Selain pengobatan dari dalam, dokter juga akan memberikan obat luar yang bisa diaplikasikan langsung ke bagian yang berjerawat. Obat luar ini bisa berbentuk salep ataupun lotion. Aplikasi obat luar ini juga harus dilakukan sesuai dengan arahan dokter yang menangani Anda.

www.pexels.com

Tips Menghilangkan Jerawat Batu

Selain mendatangi dokter kulit, Anda pun bisa melakukan beberapa tindakan dengan cara-cara alami untuk mengatasi permasalahan kulit dengan jerawat batu. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat batu yang dilakukan dari dalam tubuh:

  1. Mengatur pola makan

Pola makan bisa sangat berpengaruh terhadap kondisi wajah seseorang. Apa yang masuk ke dalam tubu akan tercermin dari kondisi luar tubuh terutama wajah. Orang yang berjerawat salah satunya bisa disebabkan karena konsumsi makanan berlemak dan berminyak yang berlebihan. Selain itu konsumsi produk susu dan turunannya juga bisa jadi salah satu penyebab munculnya jerawat batu di wajah. Oleh karena itu Anda yang berjerawat sebaiknya membatasi konsumsi makanan berlemak dan berminyak dan memperbanyak konsumsi buah, sayuran dan air putih.

  1. Istirahat cukup

Istirahat punya hubungan yang sangat erat dengan kondisi hormon dalam tubuh. Tubuh manusia memerlukan istirahat yang cukup setidaknya 5 jam dalam sehari. Jika tubuh kekurangan istirahat maka produksi hormon menjadi kacau dan bisa memicu munculnya jerawat batu. Selain itu istirahat malam juga berperan dalam proses detoksifikasi yang berfungsi menetralkan racun di dalam tubuh. Jika proses ini terganggu maka racun yang ada di tubuh bisa muncul sebagai jerawat yang mengganggu di wajah.

www.pexels.com
  1. Olahraga teratur

Rutin berolahraga sangat baik untuk kondisi tubuh dan kulit wajah. Olahraga akan membuat tubuh berkeringat dan mengeluarkan racun-racun yang ada.. Racun yang dikeluarkan secara rutin melalui olahraga ini akan membuat wajah lebih bersih dan bebas dari jerawat batu.

  1. Hindari stress

Faktor psikologis juga bisa mempengaruhi munculnya jerawat di wajah. Sebaiknya hindari stress atau hal-hal yang bisa memicu pikiran-pikiran negatif. Biasakan untuk berpikiran positif dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan suasana hati yang baik supaya jerawat juga enggan muncul di wajah Anda.

  1. Makan dan minum bahan-bahan alami yang baik untuk kulit

Anda bisa mengatasi jerawat batu dengan mengkonsumsi makanan-makanan ataupun minuman yang mengandung antioksidan tinggi, vitamin C dan vitamin lainnya. Bila perlu Anda juga bisa mengkonsumsi minuman yang dapat menetralisir racun penyebab jerawat batu di wajah seperti air kelapa muda. Konsumsilah air kelapa muda secara rutin dalam jumlah yang wajah maka lama kelamaan wajah akan terlihat lebih bersih dan bening karena racun penyebab jerawat yang ada akan dikikis sedikit demi sedikit.

Dari luar Anda bisa menggunakan produk perawatan kuilt khusus jenis kulit berjerawat ataupun mencoba cara menghilangkan jerawat batu dengan perawatan sendiri di rumah menggunakan ekstrak aneka bahan alam seperti berikut jeruk nipis, lemon, madu, lidah buaya dan masih banyak lagi. Jangan sampai jerawat batu di wajah meninggalkan bekas berupa bopeng yang tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Kalau sudah terlanjur ada bopeng, atasi dengan obat penghilang bopeng supaya kulit bisa beregenerasi dan kembali mulus. Obat penghilang bopeng ini bisa didapatkan di berbagai tempat mulai dari klinik kecantikan hingga obat-obat yang dijual secara komersil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *