Ini Dia Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Tepat, Aman, dan Tanpa Harus Operasi

Mata minus atau rabun jauh merupakan suatu kondisi dimana mata tidak dapat melihat kejauhan dengan jelas. Dalam dunia medis, penyakit mata ini sering disebut dengan nama myopia. Umumnya, permasalahan mata yang satu ini disebabkan karena terlalu sering melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Sesuatu yang dimaksud disini, antara lain adalah gadget, laptop, televisi, dan sebagainya. Pada kondisi ini, mata akan mengatur fokus pengelihatan pada benda-benda yang berjarak dekat. Jika dibiarkan terus menerus, mata pun akan semakin terbiasa dan nyaman dalam keadaan yang seperti ini. Pada akhirnya, mata kita pun akan mengalami rabun jauh, alias tidak bisa melihat sesuatu yang berada dalam kejahuaan. Maka dari itu, mulai sekarang Anda harus menghindari hal-hal tersebut.

Sebagian besar orang yang mengalami rabun jauh berasal dari golongan akademisi seperti siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Hal ini dikarenakan pekerjaan mereka memang berhubungan dengan benda-benda yang dimaksud. Namun, bukan berarti seseorang yang tidak berprofesi sebagai seorang akademisi tidak bisa tertimpa mata minus. Oleh karena itu, siapapun harus berhati-hati dengan hal-hal yang dapat menyebabkan mata minus. Dan jika memang Anda menderita mata minus, maka sebaiknya Anda segera mengatasinya. Lantas bagaimana cara menyembuhkan mata minus itu sendiri?? Umumnya, seseorang yang menderita mata minus akan direkomendasikan oleh dokter untuk menggunakan alat pembantu berupa kacamata. Tetapi, sering kali seseorang merasa tidak percaya diri ketika menggunakan kaca mata. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, perlu diketahui bahwa mata minus dapat disembuhkan dengan beberapa cara alami tanpa harus melakukan operasi. Namun hal ini berlaku jika mata minus belum terlalu parah. Untuk mengetahui cara alami apa bisa dilakukan, maka bacalah informasi ini hingga tuntas.

www.pexels.com

Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Bahan Alami

  1. Mengonsumsi Jus Wortel Secara Rutin

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan mata minus dengan bahan alami ialah dengan minum jus wortel secara rutin, minimal dua gelas per hari. Tentu semuanya sudah tau bahwa sayur yang satu ini memang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dan seperti yang telah diketahui bahwa vitamin A merupakan zat yang sangat berperan dalam mewujudkan mata yang sehat, selengkapnya bisa dibaca tentang deep set eyes di web ini.

  1. Minum Jus Aloe Vera (Lidah Buaya)

Cara menyembuhkan mata minus yang kedua ialah dengan mengonsumsi tanaman lidah buaya. Namun jika disuruh untuk langsung memakannya, tentu saja kita akan merasa risih dan tidak nyaman. Maka dari itu, membuat jus lidah buaya merupakan solusi tepat yang bisa Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda bisa mencampurkannya dengan beberapa bahan lain yang bernutrisi seperti madu, lemon, dan sebagainya. mungkin selama ini Anda hanya tau jika manfaat lidah buaya hanyalah sebatas untuk menyuburkan rambut dan mesalah kecantikan. Tetapi sebenarnya lidah buaya memiliki kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasi yang sangat dalam membantu mengurangi minus pada mata.

  1. Menggunakan Daun Sirih

Manfaat dari daun yang satu ini memang sangatlah banyak dan sudah tidak perlu diragukan lagi. Ternyata, daun yang satu ini bisa menyembuhkan mata minus lohh!! Daun sirih mengandung berbagai minyak esensial alami seperti sineol, karvakol, eugenol, kavikol, dan kadinen. Di sampin itu, daun sirih juga mengandung minyak atsiri yang dapat menghambat pertumbuhan jamur, bakteri, dan virus. Adapun cara menyembuhkan mata minus menggunakan daun siri yakni dengan merendam mata pada air yang memiliki kandungan daun sirih. Cucilah daun siri terlebih dahulu hingga bersih, kemudian remas-remaslah pada baskon yang berisi air. Pada saat mata direndam, cobalah membuka tutup mata untuk merasakan khasiatnya. Selain cara ini, pengobatan mata menggunakan daun sirih juga bisa dilakukan dengan cara menempelkan daun sirih yang telah dicuci pada kedua mata sebelum tidur.

www.pexels.com
  1. Terapi Lilin

Sebagian besar orang berpendapat bahwa terapi lilin merupakan cara yang paling ampuh untuk menyembuhkan mata minus. Anda cukup menyalakan lilin dengan korek api, kemudian memandanginya dengan tatapan yang focus selama kurang lebih dua menit. Dalam hal ini, Anda harus mengusahakan untuk tidak berkedip hingga air mata keluar. Jika Air mata telah keluar, maka sudahi proses tersebut. Namun, sebaiknya jangan melakukan terapi lilin terlalu sering lantaran  justru akan berdampak negatif. Maka dari itu, lakukan seperlunya saja.

  1. Melakukan Senam Mata Setiap Hari

Senam mata merupakan kegiatan merefleksikan mata dengan cara menggerak-gerakkan mata ke samping kanan kiri, atas bawah, dan berputar selama beberapa kali. Anda harus melakukan senam mata secara rutin jika ingin segera sembuh dari mata minus.

  1. Melatih Mata untuk Memandang Sesuatu yang Berada dalam Kejahuan

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa mata minus merupakan suatu keadaan dimana mata tidak bisa melihat seseautu yang berada dalam kejahuan secara jelas. Maka dari itu, cobalah sesekali melatih mata untuk melihat benda-benda yang berada dalam kejahuan. Namun, jika mata sudah terasa lelah dan sakit, maka sebaiknya jangan lakukan hal itu dan lakukan beberapa jam kemudian.

  1. Rutin Menjemur Mata di Hari

Sinar matahari ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menyembuhkan mata minus. Namun, sinar matahari yang paling tepat digunakan sebagai media penyembuhan mata minus ialah sinar matahari pagi. Lakukan penjemuran mata pada pagi hari secara rutin hingga minus hilang. Pejamkan mata kemudia diamkan beberapa menit hingga bola mata terasa hangat.

Apabila mata mengalami minus yang begitu parah, maka sudah sepatutnya Anda mengunjungi dokter mata untuk berkonsultasi. Jika dokter menyarankan untuk memakai kaca mata, mau tidak mau Anda harus tetap mengikuti saran dokter tersebut. Maka dari itu, sebelum mata bertambah parah, maka sebaiknya Anda segera mengatasinya menggunakan cara-cara yang telah disebut di atas. Dalam kasus mata minus, beberapa orang justru tidak mengetahui jika matanya tengah mengalami rabun jauh. Hal ini dikarenakan meraka tidak memiliki pengetahuan seputar ciri-ciri mata minus. Adapun ciri-ciri mata minus adalah sebagai berikut.

www.pexels.com

Ciri-Ciri Mata Minus yang Harus Anda Tau

  • Mata terasa perih dan berair pada saat memandangi sesuatu dalam jangka waktu yang lama.
  • Sering mengalami sakit mata tanpa sebab yang jelas. Contoh dari penyebab yang jelas ialah terkena debu, kurang tidur, dan terinfeksi firus.
  • Sering mengalami sakit kepala pada bagian belakang mata ketika mata terasa lelah.
  • Sulit untuk melihat sesuatu yang terletak di kejahuan, terutama pada malam hari.
  • Terdapat bayangan pada benda-benda di sekeliling (ngeblur).
  • Terasa seperti ada bitnik-bintik kecil yang melayang pada saat melihat sebuah benda.
  • Sulit untuk melihat tulisan kecil dari kejahuan.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *