Mitos atau Fakta Daun Handeuleum Sebagai Obat Wasir?

 

Masyarakat di Indonesia memang mengenal daun handeuleum sebagai salah satu obat untuk masalah wasir. Kandungan yang dimiliki daun ini memang terbilang sangat banyak, bahkan beberapa dari kandungan yang dimiliki oleh daun ini bisa bermanfaat bagi kesehatan lainnya selain wasir. Jika anda tidak kenal dengan duan handeuleum ini mungkin anda akan lebih mengenalnya dengan sebutan nama daun wungu atau ungu. Diberi nama wungu atau ungu dikarenakan daun dan batang pohon ini berwarna ungu sehingga lebih banyak masyarakat yang menyebutnya dengan sebutan ungu atau wungu. Tanaman ini memang terbilang sangat kecil, ketinggian maksimal dari pohon ini hanya 3 meter. Selain dikenal mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, tanaman ini juga banyak dijadikan tanaman hias, hal ini dikarenakan daun wungu mempunyai tampilan yang cantik. Tanaman wungu ini sebenarnya merupakan tanaman asli yang tumbuh di Papua, namun bisa dibudidayakan di beberapa wilayah yang mempunyai komposisi tanah yang sama sehingga bisa membuat tanaman ini hidup.

Daun Wungu Solusi Masalah Wasir

Ternyata memang benar adanya bahwa daun wungu ini bisa dijadikan salah satu obat wasir. Sehingga bukan mitos melainkan fakta, jika pada umumnya wasir harus disembuhkan dengan cara operasi maka anda bisa mengatasi wasir tersebut hanya dengan mengkonsumsi daun wungu tersebut. Cara pengolahannya sangat gampang, anda hanya perlu menyiapkan daun wungu beberapa lembar lalu cucilah hingga bersih. Setelah itu rebuslah daun wungu tersebut dengan tambahan gula aren dan kunyit, pastikan hingga mendidih. Anda bisa menyeduh minuman tersebut dengan rutin sehingga nantinya masalah wasir akan sembuh dengan sendirinya.

Selain sebagai obat wasir, ternyata daun ini sangat bermanfaat bagi kesehatan lainnya. Beberapa masalah kesehatan yang bisa disembuhkan menggunakan daun wungu adalah penyakit batu empedu, masalah konstipasi, bisul, membantu melancarkan buah air kecil, rematik, demam, pendarahan, dan diabetes. Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi obat wungu sebagai salah satu jalan alternatife yang paling manjur.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *