Populasi Dan Kepadatan Penduduk Indonesi

Indonesia menduduki peringkat nomor 4 sebagai penduduk terpadat di dunia. Jumlah populasi penduduk yang ada di Indonesia saat ini sudah mencapai 260 juta penduduk. Namun persebaran kepadatan penduduk tersebut tidak merata di 34 provinsi yang berada di Indonesia. Tidak semua provinsi mendapati kepadatan penduduk di wilayahnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa penduduk Indonesia didominasi oleh dua suku terbesar. Suku yang dimaksud adalah suku Jawa dan juga suku Sunda. Persentase dari besaran suku Jawa mencapai 41% dari total populasi yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk suku Sunda mencapai 15% dari total populasi masyarakat atau penduduk yang ada di Indonesia. Tentu saja kedua suku tersebut berasal dari Pulau Jawa. Pulau Jawa memang merupakan pulau dengan kepadatan penduduk terbesar di Indonesia. Populasi penduduk yang tinggal di pulau Jawa mencapai 60% dari total keseluruhan penduduk yang ada di Indonesia. Dapat dikatakan 60% populasi di Pulau Jawa jika digabungkan dengan pulau Sumatera yang memiliki indikasi potensi mencapai 20% totalnya akan menjadi 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa populasi penduduk yang tinggal di negara Indonesia lebih banyak ke wilayah bagian barat. Setelah 80% tentu saja populasi penduduk yang tersebar Selain pulau Jawa dan Sumatera hanya 20%

Penduduk Indonesia paling padat berada di Jawa Barat. Hal ini dikarenakan lebih dari 43 juta penduduk tinggal di provinsi tersebut. Berbeda halnya dengan Provinsi Papua Barat di bagian wilayah Indonesia Timur yang merupakan wilayah Indonesia dengan jumlah penduduk yang paling sedikit yaitu sekitar 761.000 jiwa saja. Seperti semboyan nasional dari negara Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda namun tetap satu jua meskipun adanya keberagaman dari jumlah penduduk yang ada di Indonesia, Negara Indonesia tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Adanya beragam perbedaan yang ada di Indonesia seperti suku, ras, agama, kebudayaan, dan yang lainnya membuat Indonesia menjadi kaya akan budaya. Meski lebih banyak perbedaan dibandingkan dengan kesamaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya namun itu merupakan ciri khas negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

pixabay.com

Agama Penduduk Indonesia

Dari sekian banyaknya penduduk yang ada di negara Indonesia mayoritas mereka beragama Islam. Ada sekitar 87,2% dari total jumlah penduduk yang ada di Indonesia mereka menganut agama Islam. 87,2% tersebut yaitu sekitar 207,2 juta jiwa. Namun dengan angka yang sangat besar tersebut Negara Indonesia bukanlah sebuah negara Islam. Hukum Islam hanya diterapkan di wilayah tertentu seperti di Aceh yang menerapkan hukum syariah Islam. Indonesia menerapkan adanya sebuah negara demokrasi. Namun terlepas dari hal itu prinsip-prinsip yang dikembangkan di negara Indonesia tersebut berdasarkan doktrin Islam. Sehingga Islam memiliki peran penting dalam berbagai bidang. Seperti bidang politik, ekonomi, dan juga di bidang masyarakat.

Selain beragama Islam di Indonesia juga menganut kepercayaan agama Protestan. Ada sekitar 16,5 juta jiwa penduduk Indonesia yang menganut agama Protestan ini. Atau bisa dikatakan sekitar 6,9% dari jumlah keseluruhan penduduk di Indonesia. Selain itu agama selanjutnya yang dianut oleh masyarakat Indonesia adalah Katolik. Ada sekitar 2,9% atau sekitar 6,9 juta jiwa umat Katolik yang berada di Indonesia. Kemudian ada juga umat Hindu yang memiliki penganut sekitar 1,7% atau 4 juta jiwa penduduk yang berada di Indonesia. Setelah itu ada juga penduduk Indonesia yang menganut kepercayaan Budha. Minoritas tersebut merupakan sebagian besar masyarakat etnis Tionghoa. Berbeda dengan negara-negara yang ada di bagian barat, bagi negara Indonesia agama merupakan sebuah identitas yang penting. Meski adanya beragam agama yang ada di Indonesia namun toleransi tetap diutamakan. Sehingga tidak ada tekanan bagi para minoritas.

pixabay.com

Kasus Yang Ada di Indonesia

Ada kasus yang terjadi di negara Indonesia. Posisi negara Indonesia saat ini berada pada bagian tengah gelombang yang pertama. Hal ini berlaku pada angka kelahiran dan juga tingkat kesuburan. Pada angka tersebut sama-sama menurun secara cepat. Namun berbeda halnya dengan penduduk usia kerja yang meningkat secara cepat. Dibalik itu total populasi Indonesia tumbuh dengan lamban. Dari hal itu dapat disimpulkan bahwa kelompok usia dibawah 30 tahun cukup besar di Indonesia. Yaitu jika diasumsikan menjadi setengah dari total populasi penduduk Indonesia atau sekitar 125 juta jiwa penduduk Indonesia. Usia tersebut merupakan usia produktif sehingga dapat meningkatkan mesin perekonomian nasional di negara Indonesia. Hal ini mungkin menjadi sebhah keberhasilan bagi program KB atau keluarga berencana untuk masyarakat Indonesia. Hal ini untuk mengurangi kepadatan penduduk selain itu juga dapat lebih memberikan jaminan kepada keluarga. Karena lebih terencana dan juga dapat disesuaikan dengan perekonomian mereka. Sehingga tidak banyak anak yang terlantar dan lebih terjamin.

Namun kasus yang masih sulit dan saat ini masih ditangani pemerintah adalah penduduk Indonesia yang tidak merata. Yang dimaksud adalah persebaran penduduk di satu tempat dengan tempat lainnya tidak merata. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa penduduk Indonesia sebagian besar tinggal di wilayah Indonesia Barat. Dengan adanya hal tersebut pemerintah Indonesia membuat sebuah program imigrasi. Yaitu dengan cara memindahkan penduduk dari satu tempat yang padat penduduknya ke tempat lain yang masih jarang penduduknya. Dengan mengunjungi Snapstatistics.com Anda akan lebih banyak informasi yang Anda dapatkan.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *