Pengertian Globalisasi, Ciri-ciri, Penyebab dan Dampaknya Bagi Masyarakat Dunia

Di zaman modern ini kita sudah tidak asing lagi dengan nama globalisasi. Karena ada banyak hal disekitar kita yang  melakukan globalisasi dan populer di dunia. Sebenarnya apa itu globalisasi? secara etimologi globalisasi berasal dari bahasa Inggris yang artinya universal. Yaitu sebuah proses yang terjadi secara universal atau mengglobal. Pengertian globalisasi menurut Wikipedia Indonesia adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk, dan aspek lainnya.

Globalisasi Menurut Ahlinya

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari globalisasi yang berasal dari pakar dan ahlinya, baik tokoh dalam negeri maupun tokoh luar negeri :

  • Friedman

Menurut beliau globalisasi adalah sebuah dimensi yang mampu menyatukan masyarakat dari dunia. Dimensi ini mampu menimbulkan pasar bebas seperti jual beli secara online.

pxhere.com
  • Nyeman

Sedangkan menurut L.Nyeman globalisasi adalah proses pertumbuhan yang berlangsung secara cepat. Biasanya proses ini terjadi karena hubungan dan ketergantungan Negara-negara yang ada di dunia. Contohnya dalam hal perdagangan.

  • Selo Soemardjan

Globalisasi adalah suatu proses dari terbentuknya komunikasi dari masyarakat satu dengan masyarakat di seluruh dunia.

  • Achmad Suparman

Menurut beliau globalisasi adalah proses menjadikan suatu hal menjadi suatu ciri pada setiap individu di dunia tanpa ada batasan wilayah.

  • Anthony Giddens

Ia mengatakan bahwa globalisasi ialah suatu intensifikasi hubungan social antara Negara atau dunia sehingga akan menghubungkan antara individu satu dengan yang lainnya dan mampu merubah keduanya.

  • Martin Albrow

Pengertian globalisasi menurut Martin Albrow  yaitu keseluruhan suatu proses masyarakat terhubung ke dalam organisasi dunia baik global maupun tunggal

  • Emmanual Ritcher

Globalisasi yaitu jaringan kerja global sebagai pemersatu masyarakat yang tersebar secara terisolasi sehingga membuat ketergantungan semua orang.

  • Malcom Waters

Globalisasi yaitu proses social yang menyebabkan batas geografis tidak lagi dibutuhkan.

pxhere.com

Ciri-ciri dan Faktor Penyebab Globalisasi

Penting untuk mengetahui ciri-ciri globalisasi, di antaranya adalah :

Ada banyak bentuk dari globalisasi, apalagi didukung dengan adanya internet yang membuat globalisasi semakin cepat tersebar diberbagai belahan bumi lainnya dengan cepat. Di tambah kemajuan transportasi dunia seperti pesawat terbang yang membuat jarak dan waktu tidak lagi terpengaruh. Sehingga ciri-ciri dari globalisasi adalah jarak dan waktu tidak lagi dipandang sebagai sekat atau halangan.

  • Ketergantungan dalam bidang ekonomi dan perdagangan

Ciri-ciri globalisasi selanjutnya adalah pertumbuhan perdagangan internasional juga didominasi oleh organisasi seperti WTO, yang menaungai perdagangan dunia.

  • Meningkatnya masalah bersama

Ciri-ciri lainnya adalah masalah yang ada pada suatu Negara bisa menjadi masalah bersama di dunia. Contohnya adalah masalah HAM, masalah lingkungan hidup yang mengancam dunia, dan kejahatan perang yang terjadi dibeberapa Negara.

  • Peningkatan Interkasi Kulturan

Dengan adanya internet dan lainnya yang mendukung info dari luar negeri, maka membuat semua orang mengetahui info terbaru dari luar negeri. Sehingga orang-orang akan tahu keanekaragaman hidup di dunia ini.

Adapun factor penyebab dari globalisasi bermacam-macam. Pertama disebabkan oleh perkembangan teknologi dan informasi. Dengan adanya teknologi seperti internet maka mempermudah info dari luar masuk ke dalam negeri. Juga memudahkan transaksi keuangan dari luar negeri. Penyebab yang kedua adalah banyaknya kerja sama internasional yang dilakukan oleh pihak pemerintah maupun perusahaan. Dengan melalui sector ekonomi ini maka membuat produk dari luar mudah masuk ke dalam negeri, dan produk dalam negeri juga bisa masuk ke luar negeri. Penyebab yang ketiga adalah kemudahan transportasi. Di zaman maju seperti sekarang ini orang tidak perlu pergi ke luar negeri sampai memakan waktu berbulan-bulan. Cukup dengan hitungan jam anda sudah bisa berada di bagian bumi lainnya. Mode transportasi seperti pesawat membuat globalisasi mudah terjadi. Penyebab yang keempat adalah adanya ekonomi terbuka. Negara di dunia ini semakin terbuka dan saling bekerja sama untuk meningkatkan ekonomi mereka.

pxhere.com

Dalam setiap hal pasti ada dampak yang terjadi. Globalisasi memiliki dampak yang baik namun memiliki dampak yang jelek juga. Dampak positif yang ada pada globalisasi di antaranya kemudahan dalam mendapatkan info dan ilmu pengetahuan, kehidupan social akan meningkat, adanya kemajuan dalam bidang teknologi, transportasi dan komunikasi. Dengan adanya globalisasi maka pembangunan akan semakin digalakkan, komunikasi mudah dan cepat, wisatawan yang datang juga bertambah banyak. Setiap orang juga akan memacu untuk meningkatkan kualitas diri sendiri. Taraf hidup masyarakat akan semakin meningkat, dan masih banyak lagi hal positif lainnya yang bisa didapat.

Selain dampak positif, ternyata juga muncul dampak negative. Adapun dampak negative yang bisa saja terjadi adalah sikap saling peduli dan gotong royong pada masyarakat akan mulai hilang. Banyak orang yang lebih memilih menjadi konsumtif, sehingga kreatifitas akan hilang. Akan muncul sikap yang buruk dan negative, melahirkan juga sikap yang individualism. Gaya barat atau gaya dari luar akan menjadi gaya terbaru dan membuat orang lupa akan jati diri. Informasi yang datang dari luar sudah tidak terbatas dan tidak lagi terbendung. Dari pengertian globalisasi, ciri-ciri dan dampak yang bisa saja muncul, maka sebaiknya pemerintah dan individu bisa memilih dan memilah hal-hal apa saja yang sebaiknya diambil di era globalisasi ini.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *