Kewajiban Seorang Suami Dalam Kehidupan Rumah Tangga

Pada kesempatan yang berbahagia ini, akan dijelaskan mengenai peran suami dalam rumah tangga. Pastinya pembahasan ini akan memberikan informasi yang bermanfaat untuk membangun rumah tangga anda menjadi sakinah, mawadah, warahmah. Kalau seseorang sudah menikah pastinya akan ada sebuah tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh suami istri tersebut.

Hal ini harus dilaksanakan oleh semua rumah tangga agar kehidupan keluarga mereka dapat menjadi terarah, tertata, dan tujuan mulia mereka dapat tercapai. Untuk menjadi sebuah rumah tangga yang mulia merupakan tugas dari suami dan istri.

Ciri-Ciri Suami yang Baik Untuk Keluarga

Pada kesempatan kali akan dijelaskan beberapa ciri-ciri seorang suami yang baik untuk keluarga.

  1. Tetap tenang walau dalam tekanan

Apabila seorang suami selalu tenang ketika dibawah tekanan, itu artinya kabar baik. Tentunya kita tahu kalau sudah menjadi orang tua itu memiliki tuntutan hidup. Sehingga setiap harinya pasti terdapat tekanan yang kita rasakan. Ketika seorang laki-kaki dalam rumah tangga bisa tenang dalam berbagai masalah, maka pastinya dia juga bisa menenangkan istrinya.

  1. Selalu memperhatikan hal kecil

Ketika seorang suami selalu ingat tentang hal kecil maka dia merupakan tipe orang yang senang memberikan perhatian. Contohnya saja, ketika seorang istri tidak suka dengan daun bawang, jasi ketika pesan bakso atau mie ayam maka dia akan pesan bakso tanpa di kasih daun bawang. Pastinya dia akan peduli ketika dibutuhkan saat memiliki bayi kecil. Pastinya suami seperti ini akan memiliki tingkat kesabaran yang tinggi.

  1. Mau nonton film istri yang disukai

Ketika seorang suami mau menemani nonton film maka dapat dikatakan kalau dia peduli dengan kesukaan istrinya. Maka kebiasaan ini nantinya akan berlangsung ketika sudah punya anak. Pasti dia akan menemani anaknya untun nonton film kesukaan anaknya. Ketika memiliki bayi kecil, seorang suami juga mendampingi istrinya untuk mengurus mulai mengganti popok dan menemani menyusui pada malam.

  1. Mau mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Ketika seorang suami mau mengerjakan pekerjaan istri pastinya itu jempolan. Ada kalanya seorang istri tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah, maka suami akan membantu mengerjakaannya dan membantu mengurus anak-anak.

pexels.com

Mengenal Kewajiban Suami Terhadap Keluarga

Sebagai kepala rumah tangga, pastinya seorang suami memiliki peranan penting dalam memimpin keluarganya. Penasaran apa saja kewajiaban seorang suami ? simak penjelasaanya berikut ini:

  1. Mencari nafkah buat keluarga

Memberi nafkah merupakan kewajiban seorang suami kepada istrinya. Jadi ketika sepasang kekasih memutuskan untuk menikah maka secara otomatis seorang laki-laki memiliki tanggung jawab besar untuk kesejahteraan istrinya. Jadi seorang laki-laki memiliki kewajiban untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga.

  1. Menggauli istrinya dengan baik

Selain memberikan nafkah berupa harta maka seorang istri juga membutuhkan nafkah batiniah. Hal ini dapat diwujudkan dengan hubungan suami istri yang yang penuh dengan kemesraan dan kasih sayang. Jadi perlu kita ketahui bahwa seorang suami wajib menggauli istrinya dengan sebaik-baiknya. Secara agama Islam menggauli yang sopan adalah berhubungan yang tidak ada unsur kekerasannya. Jadi hubungan ini dilakukan rasa sayang dan tidak ada unsur paksaan. Terkadang ada istri yang menolak berhubungan karena kecapekkan atau lainnya, sehingga seorang suami juga harus memahaminya.

  1. Mau menjaga aib seorang istri

Jangan sampai anda sebagai seorang suami menceritakan semua kehidupan istri anda kepada orang lain. Apalagi sesuatu yang sifatnya pribadi. Sehingga sebagai suami anda harus menjaga aib istrinya dengan tidak menceritakan kekurangan atau kejelekannya kepada orang lain. Selain tidak boleh, pastinya perbuatan ini dapat melukai hati istrinya. Hal ini juga berlaku kepada istrinya untuk selalu menjaga aid suaminya.

www.pexels.com
  1. Memperlakukan istrinya dengan baik

Sebagai laki-laki ketika anda sudah memutuskan untuk menikahi seorang perempuan maka itu artinya anda sudah siap untuk bertanggung jawab untuk mengemban tanggung jawab menjaga istrinya. Kita tahu sebelumnya, kalau perempuan itu sebelum menikah menjadi tanggung jawab orang tuanya. Maka dari itu sebagai suami anda harus menjaga istri sebaik-baiknya dan mencintainya penuh kasih sayang. Selain itu juga mencukupi semua kebutuhannya.

Perlu kita ketahui bersama sebagai suami anda jangan sampai melimpahkan semua pekerjaan rumah tangga kepada sang istri. Kegiatan seperti memasak, mencuci, mengurus anak dan lainnya. Jadi anda bisa membantu meringankan pekerjaan rumah tangga dengan bersama-sama. Pasti keluarga anda akan selalu harmonis dan romantis.

  1. Membangung istri

Kita tahu suami merupakan imam bagi istri dan anak-anaknya. Sehingga sepatutnya sebagai suami anda wajib memberikan contoh hal yang baik dan membimbing istri dan anaknya untuk menuju jalan yang benar. Selain memenuhi kebutuhan pendidikan maka sebagai ayah anda juga wajib memberikan ilmu agama pada keluarga.

Demikianlah penjelasan mengenai peran suami dalam rumah tangga yang pastinya bermanfaat untuk keharmonisan keluarga anda. Apabila anda ingin mencari informasi yang lebih lengkap maka anda bisa mengunjungi situs washingtonunitedformarriage.org. di dalam situs tersebut sudah menyediakan berbagai informasi yang anda butuhkan. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang masalah keluarga.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *