Persiapan Pernikahan yang Wajib untuk Diperhatikan

Pernikahan merupakan suatu momen paling besar dalam hidup seseorang. Saat dua sejoli memutuskan untuk menikah dan menghabiskan hidup mereka bersama, tentunya ini menjadi salah satu momen besar yang wajib dirayakan. Pasalnya mereka telah mengambil satu langkah besar dalam anak tangga kehidupan ini. Tidak heran jika persiapan pernikahan juga cukup panjang. Banyak hal yang harus disiapkan oleh pasangan yang akan menikah. Tentunya bukan hanya berupa hal-hal teknis yang akan dihadirkan pada hari-h pernikahan. Tetapi juga hal-hal yang berkaitan dengan kesiapan mental dan rohani seseorang untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

Tentunya setiap orang akan berusaha sebaik mungkin agar hari pernikahannya dapat berjalan dengan lancar. Setiap orang pastinya menginginkan hari pernikahan yang tidak akan terlupakan. Selain itu, keluarga dan orang-orang terdekat juga akan hadir di hari pernikahan. Maka dari itu pasangan pengantin juga pastinya ingin menyediakan jamuan terbaik untuk para tamu undangan yang telah datang sekaligus membawa kado pernikahan yang menjadi salah satu persiapan pernikahan. Berikut ini adalah langkah-langkah bagi anda untuk menyiapkan pernikahan.

pxhere.com

Langkah-langkah dalam Persiapan Pernikahan

Setiap orang mungkin memiliki waktu yang berbeda-beda ketika harus menyiapkan sebauh pernikahan. Supaya persiapan anda tidak terasa mendadak dan akhirnya melewatkan beberapa detail yang penting, maka persiapan pernikahan sebaiknya dimulai dari langkah-langkah kecil terlebih dahulu.

Hal paling dasar yang harus diingat ketika akan menyiapkan sebuah pernikahan adalah mengenai budget. Tentukan dahulu berapa budget yang ingin anda keluarkan untuk membiayai pernikahan. Kita semua tahu bahwa pernikahan bisa menghabiskan uang yang tidak sedikit. Untuk menghindari pemborosan, sebaiknya tentukan dahulu berapa budget yang ingin anda keluarkan. Setiap orang juga tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam hal budget. Jika sudah memiliki budget, maka akan lebih mudah bagi anda dalam menyesuaikan dan menyeimbangkan hal-hal yang diperlukan dalam pernikahan. Mulai dari lokasi, makanan, pakaian pengantin, taa rias, dokumentasi, hingga jasa dekorasi. Dengan menentukan budget terlebih dahulu, anda juga bisa mengetahui dengan lebih pasti mengenai batasan sejauh mana anda ingin membuat sebuah pesta pernikahan.

Budget ini juga lebih membantu anda agar tidak berlebihan dalam mengeluarkan biaya. Selama ini banyak orang yang merasa gengsi jika pernikahannya tidak diadakan secara besar-besaran. Makanya biasanya mereka mengeluarkan biaya yang terlalu besar bahkan hingga melebihi kemampuan finansial yang sesungguhnya.

pxhere.com

Kalau sudah mengetahui soal budget yang akan dikeluarkan, maka anda harus mulai memikirkan konsep dari pernikahan. Konsep untuk pesta pernikahan ini sangat penting untuk dipersiapkan di awal. Diskusikan dahulu dengan pasangan, apa yang ingin ditampilkan pada hari pernikahan nantinya. Konsep ini juga akan mempengaruhi persiapan pernikahan pada tahapan selanjutnya. Seperti pemilihan catering, lokasi, dekorasi, dokumentasi, dan lain sebagainya. Maka dari itu menentukan konsep pernikahan di awal sangatlah penting.

Jika sudah menentukan budget serta konsep yang anda inginkan, maka pekerjaan selanjutnya adalah menentukan hal-hal teknis. Mulai dari lokasi pernikahan, dimanakah anda ingin menikah? Di gedung atau tempat lainnya? Selain itu pertimbangkan juga hal-hal untuk mengantisipasi masalah, misalnya jika sampai anda memilih pernikahan di lokasi outdoor, jangan lupa pikirkan adanya kemungkinan hujan dan cuaca buruk lainnya. Kemudian soal catering, anda juga harus mulai mempertimbangkan berapa kira-kira tamu yang akan diundang. Lalu pilihan menu yang akan dimakan dan lain sebagainya. Saat memilih catering anda juga tidak bisa sembarangan karena tamu nantinya akan mencicipi makanan ini. Jangan sampai mengecewakan.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dekorasi lokasi. Karena sudah menentukan konsep maka akan lebih mudah bagi anda dalam menentukan dekorasi yang akan digunakan. Biasanya kalau anda menggunakan jasa wedding organizer, anda tidak perlu memusingkan lagi mengenai dekorasi yang akan digunakan. Tetapi jangan lupa untuk tetap melakukan follow up akan dekorasi yang akan dipasang pada hari pernikahan.

pxhere.com

 

Mempersiapkan Pakaian Pernikahan

Terakhir tentunya jangan lupakan juga soal hal yang satu ini. Kalau anda tidak ingin pusing memikirkan pakaian yang digunakan untuk menikah, maka sebaiknya anda menyewa saja. Hal ini menjadi solusi terbaik dalam memilih pakaian pernikahan. Karena pakaian pernikahan ini hanya akan dikenakan sekali seumur hidup saja. Jadi dengan menyewa pakaian pernikahan, anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Pastikan bahwa pakaian yang disewa memang sudah cocok dengan tubuh anda.

Tetapi kalau memang anda menginginkan pakaian pengantin yang berbeda dan juga sesuai dengan keinginan, maka tidak ada salahnya juga untuk memesan. Selama ada budget khusus yang bisa dikeluarkan ketika memesan gaun pernikahan, maka tentu tidak ada salahnya. Karena membutuhkan waktu yang lama, sebaiknya pesan pakaian pernikahan jauh-jauh hari.

Persiapan Pernikahan yang Tidak Boleh Dilupakan

Itulah beberapa persiapan pernikahan yang tidak boleh anda lupakan. Jangan lupa, bahwa yang akan mengarungi pernikahan adalah anda dengan pasangan. Jangan hanya asal mengadakan pesta pernikahan yang megah demi memenuhi ekspektasi para tamu undangan. Dengan demikian anda bisa memberikan pernikahan yang benar benar berkesan bukan hanya untuk anda dan pasangan anda semata namun juga untuk para tamu yang datang ke dalam pesta anda tersebut.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *