Primadona Laut Ikan Tuna Asal Indonesia

 

 

Salah satu kebanggan tanah air dalam bidang kelautan adalah produksi ikan tuna yang menguasai hampir seluruh mangsa pasar ikan di dunia. Ikan tuna adalah salah satu ikan yang sangat populer di dunia. Banyak produsen ikan tuna yang berada dalam lingkup negara Indonesia. Ikan tuna sendiri banyak ditemukan di perairan Indonesia dan perusahaan – perusahaan besar Indonesia telah banyak menangkap peluang ini dengan melakukan ekspor tuna ke manca negara.  Negara – negara di seluruh dunia berbondong – bondong mencari ikan jenis ini karena selain harga nya yang cukup mahal ikan tuna ini juga memiliki gizi yang sangat besar bagi tubuh manusia.

 

Fakta – Fakta Nelayan Pencari Tuna

 

Mencari ikan tuna tidak dapat disamakan dengan mencari ikan – ikan biasanya. Nelayan yang mencari ikan ini pun bukan nelayan biasa. Para pencari tuna biasanya adalah orang –orang dari perusahaan – perusahaan besar yang melakukan kegiatan ekspor daging tuna, baik kemasan ataupun dalam keadaan segar. Walau sekarang ini telah banyak kapal – kapal besar yang memanfaatkan teknologi modern untuk mencari ikan tuna akan tetapi sebagian besar masyarakat indonesia masih memakai cara konvensional untuk mencari ikan tuna. Para nelayan dengan skala kecil ini mencari tuna dengan menggunakan pancing atau alat – alat sederhana lain. Hasil yang didapat dari para nelayan kecil ini sering kali tidak memadai untuk modal dan kehidupan sehari – hari mereka.

Walau harga jual ikan tuna sangat tinggi akan tetapi keterbatasan media dan alat membuat kurangnya produksi ikan tuna di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara. Melakukan edukasi dan memberikan bantuan – bantuan pada nelayan pencari ikan tuna. Ikan tuna merupakan salah satu primadona laut di seluruh dunia. Di jepang konsumsi ikan tuna sangat banyak jumlahnya hal ini yang membuat banyak produsen tuna Indonesia berbondong – bondong mencari mangsa pasar di jepang. Di jepang ikan tuna telah terbiasa di konsumsi sehari – hari karena menu makanan jepang yang terkenal dengan daging – daging dan ikan mentahnya.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *