Resep Cumi yang Gampang Diolah dan Dijamin Enak

Cumi merupakan salah satu produk laut yang cukup banyak penggemarnya, cumi ini akan teraza lezat ketika diolah dengan baik dan dengan bumbu resep cumi yang pas. Tekstur dari cumi cukup kenyal namun lembut, rasanya juga khas dan tentunya membuat yang menyukainya ketagihan. Selain nikmat dimakan, cumi ini juga bermanfaat bagi kesehatan yang mengkonsumsinya.

Beberapa manfaatnya bagi kesehatan adalah kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti mineral, protein, dan tentunya rendah kalori. Cumi hanya memiliki sekitar 75 sampai 85 kkal setiap 100 gramnya, namun tentunya hal ini berlaku jika anda memasaknya dengan benar. Kemudian protein yang terkandung di setiap 100 gramnya sekitar 15,5 sampai 16,1 gram, jumlahnya cukup tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Cumi juga cocok digunakan sebagai salah satu menu diet, hal ini dikarenakan tidak ada kandungan karbohidrat di dalamnya. Selain itu, cumi juga mengandung vitamin B6 yang dapat memelihara kesehatan jantung dan kandungan B12 yang berguna untuk mendukung kesehatan saraf serta darah. Selain vitamin B6 dan B12, cumi juga kaya akan selenium dan vitamin E. kedua kandungan ini berguna dalam mendukung pertumbuhan tubuh, meningkatkan kesuburan, dan memerangi kanker.

Bahkan dengan mengkonsumsi cumi, bisa juga membantu anda untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Hal ini sudah cukup teruji di beberapa penelitian mengenai cumi, dimana mengkonsumsi kerang termasuk cumi tidak berpengaruh terhadap kenaikan kadar kolesterol. Namun semua manfaat tersebut tentunya dapat anda rasakan ketika cara mengolahnya sudah benar, sehingga anda bisa mencoba beberapa resep cumi yang gampang diolah dan dijamin enak serta sehat di dalam http://ngopimasi.com.

pexels.com

Resep Cumi yang Gampang Diolah dan Dijamin Enak

Mengolah cumi tidak bisa sembarangan misalnya terlalu lama dalam memasak, hal ini dikarenakan kandungan protein di dalam cumi dapat berkurang ketika anda memasaknya lebih dari 2 menit. Sehingga maksimal memasak cumi yang disarankan adalah 30 menit, hal ini tentu akan membuat cita rasa cumi menjadi lebih gurih. Berikut ini beberapa resep cumi yang gampang diolah dan dijamin enak yang bisa anda coba.

  1. Cumi Basah Balado

Salah satu resep cumi basah balado yang bisa anda buat adalah resep dari Nanda Fadillah, dimana anda bisa mengikuti resepnya dengan mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan seperti 500 gr cumi basah, 1 buah lemon, air mineral 150 ml, bawang merah 4 siung, bawang putih 2 siung, cabe merah 100 gr, kemiri 1 sdm, tomat 1 buah, jahe secukupnya, daun salam 4 lembar, penyedap rasa, gula, dan garam.

 

Setelah semua bahan telah siap, anda bisa memasak semua bahan tersebut. Tentunya langkah awal anda harus mencuci terlebih dahulu cumi-cumi menggunakan air dan perasan lemon sampai bersih, pastikan semua tintanya hilang dan tunggulah sampai beberapa menit.

 

Anda bisa menyiapkan bumbu sambil menunggu cumi-cumi yang sedang direndam, dimana anda perlu menghaluskan semua bahan dari bumbu kecuali daun salam dan jahe. Setelah bumbu dirasa halus, masukkan jahe yang telah digeprek ke dalamnya. Lalu anda bisa panaskan wajan dan jangan lupa tambahkan minyak goreng secukupnya. Lalu tumislah bumbu sampai wangi.

 

Kemudian tambahkan juga daun salam. Apabila anda telah mencium bau harum masakan, tuanglah air sekitar 150 ml dan tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih anda bisa memasukkan cumi basah dan tunggu sampai air sedikit berkurang, lalu tambahkan pula gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Selanjutnya anda bisa angkat dan hidnagkan setelah dirasa bumbu telah pas.

pexels.com
  1. Cumi Bumbu Hitam

Masakan hitam bukan berarti tidak menarik, namun anda bisa memanfaatkan tinta hitam pada cumi untuk menambah selera dan baik juga bagi kesehatan. Untuk membuat makanan menarik ini, anda perlu menyiapkan beberapa bahannya yaitu cumi-cumi 500 gram, irisan bawang merah 7 siung, irisan bawang putih 4 siung, cabai rawit hijau 10 buah, irisan2 buah cabai hijau besar, tomat hijau 3 buah dipotong, daun salam 4 lembar, daun jeruk 4 lembar, jahe keprek 1 ½ ruas jari, lengkuas 2 ruas jari, garam 1 ½ sdt, gula pasir 1 ½ sdt, air asam jawa 2 sdt, kunyit parut ½ sdt, merica bubuk ¼ sdt, dan minyak 2 sdm.

 

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuatnya dengan mencuci terlebih dahulu cumi-cumi sampai bersih. Untuk mendapatkan tintanya anda dapat menarik di bagian kepala sampai isi perut cumi-cumi keluar semua, buang juga insangyang bentuknya seperti plastik dan pastikan untuk menjaga kantung tinta tetap utuh serta biarkan bentuk tubuh cumi tetap utuh. Kemudian rendam cumi-cumi menggunakan air perasan jeruk nipis/lemon dan garam selama kurang lebih 10 menit, lalu anda bisa mencucinya sampai bersih menggunakan air setelah selesai direndam.

 

Panaskan wajan dan tuang minyak goreng kedalamnya, lalu tumis bawang putih, bawang merah sampai harum dilanjut dengan memasukkan jahe, lengkuas, kunyit, cabai, tomat hijau, daun salam, dan daun jeruk sampai layu. Kemudian besarkan api dan anda bisa mulai memasukkan cumi kedalamnya, masukkan juga gula, garam, dan air asam jawa saat cumi telah berubah warnanya. Pastikan bahwa api selalu besar, tujuannya agar cumi-cumi cepat matang dan tidak menjadi alot. Terakhir anda bisa menghidangkan cumi-cumi bumi hitam ini ke piring dengan hiasan sesuai selera.

 

  1. Cumi Tumis Saus Tiram

Masakan dengan bahan cumi lainnya yang sehat dan lezat adalah cumi saus tiram, dimana anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Untuk membuat masakan ini anda perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti cumi-cumi segar ¼ kg, 2 buah wortel, 7 batang buncis, daun kubis 2 lembar yang dipotong halus, bumbu giling (3 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 butir kemiri, ½ cm jahe, gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya), dan bumbu iris (1 butir bawang bombai, daun prei, dan daun seledri).

 

Setelah semua bahan telah siap, selanjutnya anda mulai menumis bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium bau harum. Kemudian masukkan cumi-cumi yang sebelumnya telah dicuci bersih, lalu tunggu sampai daging cumi matang. Tambahkan juga bumbu yang sebelumnya telah diiris dan saus tiram 1 bungkus serta sedikit kecap, kemudian aduk sampai merata. Terakhir masukkan wortel, buncis, dan daun kubis sampai setengah matang dan setelah dirasa cukup, anda bisa langsung menghidangkannya ke dalam piring.

pexels.com
  1. Cumi Bakar Pedas

Selain ditumis, anda juga bisa menghidangkan masakan cumi yang sehat lainnya dengan cara dibakar. Untuk membuat cumi bakar pedas diperlukan bahan-bahan seperti cumi segar utuh 3 buah, jeruk nipis 5 buah, mentega 2 sdm, kecap manis 5 sdm, cabai rawit 3 buah, dan cabai keriting 3 buah. Setelah semua bahan telah siap, anda bisa mulai memasak dengan cara mencuci terlebih dahulu cumi sampai bersih dan anda bisa memotong tubuhnya namun tidak terpotong bagiannya. Peraslah jeruk nipis untuk disiram ke cumi dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit, tujuannya untuk menghilangkan aroma amis.

 

Sambil menunggu cumi selesai direndam, anda bisa mulai memotong cabai keriting dan cabai rawit serta menguleknya sampai halus. Masukkan juga kecap manis kedalamnya, lalu aduk sampai merata. Kemudian oleskan tubuh cumi menggunakankecap manis, lalu bakar cumi yang telah diolesi sampai matang atau sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan. Setelah matang, angkat cumi dan lumuri lagi menggunakan kecap manis yang pedas. Kemudian anda bisa memotong-motong cumi yang telah matang, selanjutnya cumi bakar pedas siap dihidangkan sesuai dengan selera.

 

  1. Cumi Basah Mercon

Apabila anda pecinta makanan pedas, anda bisa coba membuat salah satu masakan cumi ala Mega Krisdayanti yaitu cumi basah mercon. Untuk membuatnya anda perlu menyiapkan beberapa bahan-bahannya seperti cumi basah 250 gram, cengek domba 40 buah, cabai merah besar 3 buah, daun jeruk 15 lembar, bawang merah 5 siung, bawang putih 4 siung, jeruk nipis 2 buah, lengkuas 2 cm, jahe 2 cm, kemiri 2 buah, tomat 1 buah dipotong, daun salam 3 lembar, dan penyedap rasa secukupnya.

 

Setelah semua bahan telah disiapkan, selanjutnya anda bisa mulai memasaknya. Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah membersihkan cumi dan melumurinya menggunakan air jeruk dan garam, kemudian haluskan kemiri, jahe, lengkuas, bawang putih, bawang merah, cabai, dan cengek domba. Lalu panaskan minyak dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan serta tambahkan juga tomat, tunggulah sampai bumbu tersebut matang dan anda bisa memasukkan cumi dengan daun jeruk serta daun salam. Tambahkan gula dan penyedap rasa secukupnya, cicipilah sampai rasanya pas menurut anda. Tunggulah sampai bumbu mengental, kemudian anda bisa angkat dan menyajika cumi basah mercon masakan anda sendiri.

 

  1. Cumi Basah Bumbu Saus Padang

Resep cumi yang sehat dan lezat lain yang bisa anda coba adalah cumi basah bumbu saus padang ala-ala Cardina, tentunya rasanya akan cukup unik karena memakai saus khusus yaitu saus padang. Untuk membuatnya anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti cumi basah 250 gram, bawang bombay ½ siung, bawang merah 2 siung, bawang putih 2 siung, cabe rawit setan 2 buah, saus sambal 3 sdm, saus tomat 2 sdm, saus tiram 2 sdm, jahe 1 ruas, jeruk nipis 1 buah, serai 1 batang, daun jeruk 2 lembar, tepung maizena 1 sdm, daun bawang 1 batang kecil, garam, gula, air, dan minyak secukupnya.

 

Apabila semua bahan telah disiapkan, selanjutnya anda bisa mulai mencuci cumi sampai bersih. Potonglah cumi-cumi menjadi kecil dan lumuri juga menggunakan jeruk nipis, diamkan cumi kurang lebih 5 menit dan bilas menggunakan air. Irislah bawang bombay dan haluskan cabe rawit, bawang merah, dan bawang putih. Panaskan minyak dan tumis irisan bawang bombay dan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan serai geprek, daun jeruk, dan jahe geprek sampai tercium bau harum.

 

Kemudian tambahkan juga saus tiram, saus tomat, dan saus sambal. Lalu anda bisa masukkan cumi beserta air, gula, dan garam dan secukupnya. Aduklah sampai cumi matang, kemudian tambahkan juga tepung maizena yang sebelumnya telah dilarutkan. Apabila rasanya sudah pas bagi anda, segera angkat dan sajikan sesuai dengan selera.

 

Keenam resep cumi tersebut cukup mudah untuk dicoba di rumah, bahkan cara memasaknya pun sudah disesuaikan dengan cara memasak cumi yang sehat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *