5 Rukun Islam Urutan Pertama

Ada lima gagasan dan teknik inti dalam Islam, yang secara kolektif disebut ‘Rukun Islam’ (Arkan al-Islam) atau ‘Kolom Keyakinan Agama‘ (Arkan ad-din), yang dianggap wajib bagi semua orang beriman. Alquran menawarkannya sebagai kerangka untuk beribadah dan juga sebagai tanda pengabdian pada iman: 3 pilar diperlukan bagi semua Muslim, sementara Zakat dan Haji wajib hanya bagi Muslim yang mampu. Baik sekte Sunni dan Syiah sepakat dengan informasi penting untuk pelaksanaan tindakan ini. Selain itu, umat Islam juga melakukan berbagai tindakan spiritual lainnya. Yang signifikan di antara mereka adalah amal sukarela (shadaqah) dan alamat Alquran.

Shahadat

Syahadat, yang merupakan akidah dasar Islam, perlu diucapkan di bawah sumpah dengan rincian pernyataan: “ʾašhadu ʾal-lā ʾilāha ʾillā-llāhu wa ʾašhadu ʾanna muħammadan rasūlu-llāh” (أشهد أن لا إله إلا الهلم ), atau, “Saya bersaksi bahwa belum ada tuhan selain Allah sebagaimana saya bersaksi bahwa Muhammad adalah pembawa Allah.” Kesaksian ini adalah dasar dari semua ide dan metode lain dalam Islam. Muslim harus menduplikasi syahadat dalam petisi, dan juga non-Muslim yang ingin masuk Islam diminta untuk menyatakan akidah.
Permohonan

Shalat

Orang-orang Muslim bersujud dalam salat, di Masjid Umayyah, Damaskus.
Shalat lima waktu sehari-hari disebut ṣalāh atau ṣalāt (bahasa Arab: صلاة). Shalat dimaksudkan untuk memusatkan pikiran pada Tuhan, dan juga dilihat sebagai komunikasi individu dengannya yang mengungkapkan rasa syukur dan juga pujian. Melakukan petisi lima kali sehari adalah wajib, namun fleksibilitas dalam waktu yang spesifik dimungkinkan tergantung pada keadaan. Petisi tersebut dinyatakan dalam bahasa Arab, dan terdiri dari ayat-ayat Alquran. Shalat dilakukan dengan tubuh bagian atas atas instruksi Ka ‘bah. Tindakan memohon disebut sebagai doa.

Masjid adalah tempat beribadah bagi umat Islam, yang biasa menyebutnya dengan nama Arab masjid. Masjid besar untuk mengumpulkan shalat Jumat atau petisi Idul Fitri disebut masjid jāmi (مَسْجِد جَامِع, ‘masjid berjamaah’). Meski tujuan utama masjid adalah berfungsi sebagai tempat shalat, namun juga penting bagi komunitas Muslim sebagai tempat berkumpul dan belajar. Masjid an-Nabawi (‘Masjid Nabawi’) di Madinah, Arab Saudi, juga merupakan tempat perlindungan bagi yang jahat. Masjid modern telah berkembang pesat dari desain awal abad ke-7, dan terdiri dari berbagai komponen arsitektur seperti menara masjid. Sarana yang digunakan untuk menandai waktu permohonan adalah panggilan telepon bernyanyi yang disebut azan.

pixabay.com

Zakat

Zakāt (Arabic: زكاة, zakāh, ‘sedekah’) adalah cara hidup sejahtera dalam masyarakat Muslim, yang didefinisikan dengan memberikan seperangkat bagian (2,5% tahunan) dari kekayaan yang dibangun oleh mereka yang dapat mengelolanya untuk membantu mereka yang tidak mampu atau tidak mampu, seperti budak gratis, mereka yang berhutang, atau bagi wisatawan (terlantar), dan juga bagi mereka yang dipekerjakan untuk mengumpulkan zakat. Ini dianggap sebagai tanggung jawab agama (berbeda dengan amal supererogatoris, yang dikenal sebagai Shadaqah) bahwa orang kaya berhutang kepada yang membutuhkan karena jangkauan luas mereka dilihat sebagai “kepercayaan dari karunia Tuhan.” Kutipan harga konservatif zakat tahunan diperkirakan 15 kali lipat kontribusi bantuan kemanusiaan di seluruh dunia. [95] Khalifah awal, Abu Bakar, menyebarkan zakat sebagai salah satu contoh awal dari pendapatan minimum yang terjamin, dengan setiap laki-laki, perempuan maupun anak-anak memperoleh 10 sampai 20 dirham setiap tahun.

Shadaqah menunjukkan amal opsional yang dilakukan sebagai tanggung jawab agama dan karena kemurahan hati. Baik Quran dan juga hadits telah memberikan banyak penekanan pada pengeluaran uang untuk kesejahteraan orang-orang yang melekat, dan juga telah mendesak umat Islam untuk menawarkan lebih banyak sebagai tindakan amal opsional.:90 Quran mengklaim: “Investasikan sesuatu (dalam amal) dari materi yang telah Kami sajikan pada Anda, sebelum Kematian harus melibatkan salah satu dari Anda “. [xvi] Di antara pembimbing paling awal Muhammad adalah bahwa Allah mengharapkan orang-orang untuk menjadi dermawan dengan jangkauan luas mereka dan juga tidak pelit. Mengumpulkan kekayaan tanpa menghabiskannya untuk memenuhi kebutuhan orang miskin biasanya dibatasi dan juga dinasihati. Jenis amal tambahan dalam Islam adalah wakaf, yang berarti anugerah religius yang berkelanjutan.

unsplash.com

Puasa

Pesta buka puasa, yang disebut Iftar, biasanya diadakan dengan kurma

Puasa (Arab: صوم, ṣawm) dari makanan dan juga minuman, untuk beberapa poin, harus dilakukan dari fajar hingga matahari terbenam sepanjang bulan Ramadhan. Puasa adalah untuk memotivasi sensasi kedekatan dengan Tuhan, dan sepanjang itu umat Islam harus mengungkapkan rasa syukur dan mengandalkannya, mengimbangi kesalahan masa lalu mereka, menciptakan pengendalian diri dan juga pembatasan dan juga memikirkan kemelekatan. Sawm tidak diwajibkan untuk sejumlah tim yang akan menjadi perhatian yang tidak semestinya. Bagi yang lain, kemampuan beradaptasi diaktifkan dengan mengandalkan situasi

Haji

untuk penjelasan selengkapnya mengenal haji mari kita simak ulasan lengkapnya di hasana.id

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *