Konsep Rumah Minimalis Sederhana

Kalau memiliki sebidang tanah, tentu ingin membangun sebuah rumah minimalis sederhana. Dengan konsep minimalis anda bisa membangun rumah di tanah dengan luas berapa saja karena memang fokus rumah dengan konsep minimalis adalah mengefisienkan lahan atau ruang yang ada. Jadi tidak perlu khawatir berapa pun luas tanah yang anda miliki, anda bisa membangun rumah dengan konsep minimalis seperti yang anda inginkan selama ini. Yang namanya kenyamanan, kesederhanaan dan juga modern tidak membutuhkan tanah dengan ukuran yang besar. Tak heran apabila rumah dengan konsep minimalis cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia terutama bagi generasi milenial. Salah satu karakteristik dari rumah yang mengusung konsep minimalis adalah rumah yang memiliki gaya arsitektur modern. Walaupun elegan, namun yang ditampilkan hanyalah elemen yang penting saja, seperlunya saja alias sesederhana mungkin. Dengan begitu penggunaan bahan material untuk membangun rumah pun bisa seminimal mungkin.

Rumah Dengan Konsep Minimalis

Kalau anda berencana membangun rumah minimalis sederhana, ada beberapa poin yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan rasa nyaman dalam kesederhanaan. Berikut adalah poin-poin tersebut:

pxhere.com
  • Tema

Tema berbeda dengan konsep, tema rumah adalah jenis rumah seperti apa yang anda inginkan dan nantinya hal ini tidak hanya berkaitan dengan rancangan rumah saja, namun juga termasuk pemilihan perabotan, desain interior di dalamnya. Ketika memilih tema, anda harus memikirnya dengan matang agar rumah secara keseluruhan terlihat serasi dan juga rapi. Kenalilah tema yang akan anda gunakan sebaik mungkin karena nantinya akan mempermudah anda untuk mendesain/ merancang rumah impian anda.

  • Gaya hidup

Rumah minimalis tidak hanya berkaitan dengan efisiensi ruang saja, tidak hanya sekedar menggabungkan 3 area yang berbeda menjadi satu seperti menggabungkan dapur, ruang makan dan juga pantry, akan tetapi rumah minimalis lebih dari itu. Rumah minimalis berfokus pada kesederhanaan termasuk dalam pemilihan perabotan rumah. Dengan jumlah perabotan seadanya, hanya yang penting saja yang digunakan. Oleh karena itulah konsep minimalis tidak bisa lepas dari gaya hidup yang akan anda terapkan dalam rumah tersebut. Gaya hidup yang minimalis akan sangat cocok dengan rumah yang minimalis juga.

  • Pilihan warna

Rumah yang menggunakan konsep minimalis adalah rumah yang terlihat bersih alias tidak menggunakan warna-warna yang terlalu terang, gelap atau mencolok. Kalau anda adalah tipe orang yang senang menggunakan beberapa jenis warna, dalam konsep minimalis maksimal warna yang bisa anda gunakan adalah 3 jenis karena bila lebih dari itu akan membuat rumah terlihat berlebihan dan berat.

pxhere.com

Memilih Desain Interior Minimalis

Ketika anda sudah membangun rumah minimalis sederhana, maka isi dari rumah tersebut alias desain interiornya juga harus mendukung konsep yang anda gunakan. Karena itulah jangan sembarangan ketika menata interior rumah. Berikut adalah beberapa elemen yang harus anda perhatikan ketika mendesain rumah anda seperti yang dikutip dalam Casanesia:

  • Kebanyakan rumah minimalis memiliki ruangan yang terbatas, karena itulah harus pintar-pintar dalam mendesain interior rumah. Dalam memilih perabotan rumah, anda tidak hanya memperhatikan desain ataupun warnanya saja, namun juga harus memikirkan fungsinya. Akan sangat bagus bila anda bisa menemukan sebuah perabotan yang memiliki banyak fungsi. Dengan begitu rumah anda tidak akan memiliki banyak perabotan dan rumah akan tetap terasa lapang dan bersih.
  • Walaupun sudah membeli perabotan rumah yang tepat, akan tetapi ketika penempatan perabotan tersebut tidak sesuai maka bisa membuat rumah terasa lebih sempit. Cara lain untuk mendapatkan rumah yang terasa lapang adalah dengan meletakkan cermin besar. Cermin bisa memberikan kesan luas pada sebuah rumah yang kecil.
  • Saat ini sudah banyak dekorasi yang bisa mempercantik rumah minimalis, misalnya saja wallpaper dinding. Tapi ingat, dekorasi dalam rumah minimalis bisa menjadi pedang bermata dua. Yang pertama dekorasi dapat mempercantik rumah dan membuat rumah terasa lapang dan juga nyaman. Yang kedua adalah dekorasi bisa membuat rumah terasa ramai karena penggunaan dekorasi yang berlebihan atau pemilihan dekorasi yang kurang tepat.
  • Warna juga menjadi bagian krusial yang harus dipikirkan ketika membangun rumah dengan konsep minimalis. Berbeda dengan konsep rumah lainnya yang bisa menggunakan berbagai macam warna, dalam rumah minimalis penggunaan warnanya terbatas seperti yang telah disebutkan di atas. Biasanya warna yang paling sering digunakan untuk rumah minimalis adalah warna putih, entah putih bersih atau putih gading. Tapi ingat, sesuaikan warna yang anda pilih dengan tema rumah yang anda pilih agar terjadi keserasian.
pxhere.com

Merancang rumah dengan konsep minimalis tidak seminimalis kelihatannya, ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan. Apabila tidak merancang rumah minimalis dengan tepat karena alasan apapun, yang akan menjadi korbannya adalah anda sendiri sebagai pemilik rumah karena konsep rumah yang anda bayangkan tidak sesuai dengan realita. Oleh sebab itulah anda harus berhati-hati dan memikirkan segala sesuatunya dengan baik. Akan lebih baik lagi bila anda menggunakan jasa arsitek dan juga jasa desain interior untuk membantu anda mendapatkan rumah impian anda. Daripada gambling mendapatkan harga rumah yang murah namun tidak bisa dijamin hasil rumahnya seperti apa.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *