Apakah yang Dimaksud dengan Shared Hosting? Apakah Kekurangan dan Kelebihannya?

Satu lagi komponen yang tidak dapat dilepaskan dari internet, yaitu hosting bersama. Hosting bersama dikenal pula dengan nama shared hosting. Layanan ini merupakan pilihan populer bagi situs-situs baru. Pada dasarnya layanan ini akan membantu dalam memberikan sumber daya server yang digunakan untuk beberapa situs dengan layanan sama. Singkatnya, layanan ini akan membantu situs-situs baru dalam satu server yang sama, sehingga kinerja menggunakan servis yang sama.

 

Layanan ini pada dasarnya digunakan untuk situs-situs baru atau pemilik website baru. Hal ini karena situs baru belum memiliki traffic yang besar, seperti website perusahaan atau toko online. Karenanya, layanan hosting shared masih dapat digunakan. Namun sebelum menentukan menggunakan layanan ini, penting untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan dari hosting shared. Lantas, apakah kekurangan dan kelebihan dari hosting berbagi ini?

 

pxhere.com

Kelebihan Penggunaan Shared Hosting

Anda yang berencana menggunakan hosting berbagi, perlu mengetahui beberapa kelebihan penggunaannya. Apakah keunggulan dari layanan ini? Berikut informasi lengkapnya,

  1. Penggunaannya Mudah

Hampir semua orang yang memiliki website menggunakan layanan hosting berbagi. Hal ini karena pengggunaannya mudah dan dapat diatur dengan cepat. Bahkan untuk anda yang merupakan pemula dalam bidang ini juga dapat menggunakan layanan dengan mudah. Karenanya, hosting berbagi sering dijadikan pilihan untuk pemilik website baru.

  1. Biaya Murah

Jika dibandingkan hosting pribadi dengan server tersendiri, layanan ini memiliki harga yang lebih murah. Cukup wajar, karena semua layanan dilakukan bersama-sama dengan pemilik lainnya. Selain itu, biaya yang dikeluarkan jadi terbagi sebesar pengguna server yang ada. Tentunya layanan ini cocok untuk pemula yang sedang mencoba menjalankan usaha dengan website.

  1. Pemeliharaan Server yang Mudah

Pemelihraan server dan administrasi, tidak menjadi masalah untuk pemilik website saat menggunakan layanan hosting berbagi. Karena masalah ini diambil ali oleh penyedia layanan hosting. Sedangkan pemilik website hanya perlu memikirkan pembelajaran dalam blog dan website. Namun saat traffic sudah padat, sebaiknya beralih dan cari hosting lainnya.

  1. Email yang Terintegrasi

Walaupun memiliki rekan lain dalam sebuah server, anda tidak perlu khawatir tentang email yang masuk. Karena setiap email yang masuk akan ditujukan pada pengguna khusus (anda). Jadi setiap email yang muncul akan dipilah sesuai dengan penerima email yang dituju. Karenanya, harus memperhatikan bahwa email aktif dan merupakan email yang tepat saat didaftarkan.

  1. Control Panel yang Mudah

Berikutnya keuntungan yang didapat adalah menggunakan control panel yang mudah. Control panel yang mudah akan membantu anda memanfaatkan fitur yang tersedia. Contohnya saat akan mengunggah data akan lebih mudah dan cepat. Keberadaan control panel juga akan membantu memberikan akses yang luas untuk kemudahan para pengguna.

  1. Ideal Untuk Blog atau Website Skala Kecil

Terakhir, keuntungan dari penggunaan shared hosting adalah ideal digunakan untuk blog dan website yang berskala kecil. Karena anggaran yang diberikan sangat murah, jadi sangat cocok untuk mereka yang ingin megurangi resiko kerugian dalam jumlah kecil. Serta, adanya kemudahan untuk mereka yang baru terjun dan mengelola layanan hosting.

Keuntungan inilah yang akan didapat saat anda menggunakan hosting berbagi. Namun, terdapat beberapa kelemahan saat menggunakannya. Adapun kelemahannya akan dijelaskan pada bagian berikutnya,

pxhere.com

Kelemahan Penggunaan Hosting Berbagi Untuk Website dan Blog

Selain kelebihan, terdapat kekurangan dalam penggunaan layanan hosting berbagi. Kekurangan ini ditemukan dari berbagai jasa pembuatan website yang telah menggunakannya. Berikut informasinya,

  1. Keamanan yang Kurang Terjamin

Pengguna yang telah mencoba menggunakan layanan, merasa bahwa keamanan yang dimilikki tidak cukup mumpuni. Hal ini dapat mengakibatkan penyalahgunaan akes atau fitur lainnya. Jika hal ini terjadi, tentu akan menimbulkan masalah pada server bahkan pada bagian lainnya. Bila hal ini menganggu anda, sebaiknya tidak menggunakan layanan hosting berbagi.

  1. Penggunaan Software Lain Menjadi Terbatas

Kekurangan lainnya adalah penggunaan layanan ini membatasi anda untuk dapat mengakses software lain. Karena penyedia layanan hosting akan menawarkan software-software yang dimilikkinya. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya perhatikan kembali akankah menggunakan layanan hosting berbagi atau memilih hosting private.

pxhere.com
  1. Mungkin Terjadi Crash

Saat website mendapatkan traffic karena banyak dikunjungi, maka masalah akan terjadi. Biasanya masalah ini dikenal dengan nama crash, yang dapat terjadi kapanpun tanpa diduga. Crash tidak hanya terjadi karena traffic pada website anda. Namun juga terjadi pada website lain yang menggunakan server sama dengan website yang dimilikki.

  1. Area Kontrol yang Terbatas

Pada layanan ini, anda hanya memiliki layanan yang terbatas terkait akses ke server. Sehingga area kontrol yang dimilikki sangat terbatas. Hal ini karena semua kontrol dilakukan oleh admin dari penyedia layanan hosting. Jadi, semua pengelolaan akun turut diambil alih oleh ahli sementara pengguna hanya memiliki akses yang minim.

Tetap percaya dan nyaman dengan layanan shared hosting? Segera dapatkan penyedia jasa terbaiknya. Kini anda bisa mendapatkan layanan dengan mencarinya melalui media sosial atau website. Namun pandai-pandailah memilihnya, dengan memperhatikan kualitas dan harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa.

 

 

 

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *