7 Siaran TV yang Sesuai dengan Usia Anak

Televisi tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai sarana untuk memperoleh informasi. Banyak orang yang senang menonton televisi, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Menonton TV juga dapat dijadikan sebagai sarana sosialisasi bagi anak. Namun, saat ini banyak acara TV yang tidak cocok dengan usia anak. Hal ini justru membahayakan perkembangan anak, bahkan merusak pikiran anak. Oleh karena itu, penting untuk memilih acara televisi yang sesuai dengan usia anak. Selain itu, penting juga untuk mendampingi anak saat menonton acara televisi.

Tips Memilih Acara TV yang Sesuai Untuk Anak

Saat ini banyak acara TV yang tidak sesuai untuk anak. Jika anak menonton acara TV yang tidak sesuai usianya justru membahayakan, bahkan dapat merusak pemikiran anak. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih acar TV yang sesuai untuk anak, antara lain:

  • Ikut menonton TV bersama anak

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan apakah tayangan televisi aman bagi anak atau tidak adalah dengan ikut menonton bersama anak. Anda akan dapat menentukan apakah tayangan tersebut aman atau tidak. Jika tidak aman, Anda bisa langsung mengganti channel atau menghentikan menonton TV.

pxhere.com
  • Menetapkan tayangan dan jam menonton

Setelah menentukan tayangan televisi yang cocok dan aman bagi anak, Anda harus menentukan jadwal menonton. Buatlah peraturan tegas agar anak hanya menonton televisi pada jam tertentu saja.

  • Jangan menonton terlalu sering

Menonton televisi terlalu sering tidak baik untuk perkembangan anak. Ada banyak sarana hiburan lain yang dapat dilakukan anak, seperti membaca dan bermain bersama teman-teman. Sebaiknya batasi jam menonton TV, agar anak tetap dapat bersosialisasi langsung dengan teman-temannya.

  • Hindari menonton TV sebelum tidur

Menonton TV sebelum tidur akan membuat anak malas untuk tidur, sehingga tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebaiknya jangan membiasakan anak menonton TV terlalu malam, agar tidak mengganggu waktu tidur.

Acara TV yang Cocok untuk Anak

Semakin banyak acara TV yang tidak sesuai dengan usia anak, membuat Anda harus lebih teliti memilih acara TV yang sesuai untuk usia anak. Anak merupakan peniru yang handal, sehingga ketika menonton sesuatu yang tidak baik, maka dapat mengganggu perkembangan otaknya. Berikut beberapa acara TV yang cocok untuk ditonton anak, seperti:

  1. Dunia Binatang (TRANS7)

Dunia binatang tayang setiap hari senin sampai jumat di trans7. Dunia binatang menceritakan kehidupan berbagai hewan, mulai dari bagaimana gaya hidup, cara reproduksi, hingga nama latin hewan. Acara ini semakin seru dengan adanya Si Otan yang bercerita dengan gaya lucu.

pxhere.com
  1. Pada suatu hari (MNCTV)

Pada suatu hari merupakan serial TV asal Malaysia yang menceritakan kisah dua orang cucu yang menginap di rumah kakek dan neneknya. Sang kakek sering berkisah tentang hewan. Selain itu, sang kakek juga sering menceritakan kisah-kisah teladan yang penuh pembelajaran bagi penontonnya.

  1. Laptop Si Unyil (Trans7)

Unyil merupakan boneka ikonik yang diciptakan oleh Pak Raden. Laptop si Unyil merupakan program TV yang menceritakan perkembangan pengetahuan dan teknologi. Unyil akan berkeliling ke pabrik-pabrik dalam negeri maupun luar negeri, serta menceritakan proses produksi barang yang sering digunakan oleh banyak orang.

  1. Upin dan Ipin (MNCTV)

Upin dan Ipin merupakan animasi asal malaysia yang menceritakan kehidupan di kampung Durian Runtuh. Upin dan Ipin memiliki banyak teman dengan berbagai perbedaan. Perbedaan tersebut membuat mereka saling bertoleransi, sehingga dapat mempererat persahabatan. Acara ini sangat baik ditonton oleh anak-anak karena memberikan pesan mendidik yang cocok untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Curious George (ANTV)

Curius George menceritakan seekor monyet bernama George yang tidnggal bersama pria bertopi kuning. Curious George sangat cocok ditonton oleh anak karena mengajarkan pengetahuan dasar, seperti pengenalan angka, warna, dan bentuk suatu bisang.

pxhere.com
  1. Bocah petualang (Trans7)

Si Bolang atau bocah petualang menceritakan petualangan anak-anak menyusuri berbagai tempat di Indonesia. Acara ini berusaha mengajarkan kepada anak-anak agar lebih dekat dengan alam. Selain mengajarkan cara berinteraksi dengan alam, acara ini juga mengenalkan berbagai permainan tradisional, pengobatan tradisional, bahasa daerah, hingga adat istiadat di berbagai daerah.

  1. Kiko (RCTI)

Kiko merupakan animasi asli buatan Indonesia. Kiko menceritakan seekor anak emas koki yang mandiri dan periang. Kiko memiliki empat sahabat yaitu, Lola si ikan diskus, Ting Ting si kepiting, Patini si ikan patin, dan Poli si ikan Cupang. Serial Kiko sangat pas ditonton oleh anak, karena menceritakan kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan perkembangan anak. Selain itu, Kiko juga mengajarkan anak untuk menjadi pemberani, suka menolong, dan baik hati.

Saat ini banyak tayangan televisi yang tidak sesuai dengan anak. Banyak acara TV yang menayangkan kekerasan maupun seksualitas. Hal ini tentunya tidak baik untuk perkembangan anak, bahkan dapat merusak otak. Oleh karena itu, Anda perlu mengawasi setiap tontonan, agar anak tidak menonton tayangan yang tidak sesuai. Agar mendapatkan kualitas gambar terbaik saat menonton, tidak ada salahnya memilih menggunakan TV LED. Harga TV LED juga bermacam-macam, sehingga dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *