Solusi Pemasteran Burung Pleci

 

Burung pleci termasuk ke dalam kelompok burung cerdas yang memiliki kemampuan untuk menirukan suara burung lain. Burung ini memiliki keunggulan tersendiri sebagai burung kicau peliharaan karena mereka dapat dimaster dengan mudah. Sayangnya burung ini memiliki sikap yang kurang kreatif sehingga kicauannya cenderung merupakan kicauan yang umum. Permasalahan ini sebenarnya muncul karena kurangnya kesadaran mengenai karakter burung dan kicauan favorit mereka. Ketika pemilik burung telah menyadari hal ini akan sangat mudah untuk melakukan pemasteran menggunakan suara burung yang serupa dengan karakter kicauan pleci.

 

Langkah Pemasteran Jitu Untuk Pleci

Pemasteran untuk burung pleci harus dilakukan secara rutin dengan aturan khusus. Masteran untuk pleci memiliki variasi beberapa jenis suara burung dengan karakter yang sama. Burung akan diarahkan untuk menirukan suara ini dan pemutaran harus dilakukan secara rutin sepanjang hari. Pemutaran dilakukan dengan volume yang tidak terlalu keras. Pemilik burung tidak perlu bisa mendengarkan suara masteran dengan baik karena burung memiliki pendengaran yang lebih unggul daripada manusia. Untuk setiap track master harus diberi jeda sebanyak 60 detik.

 

Kicauan burung pleci merupakan sebuah tindakan bersahabat yang dilakukan bersama-sama. Pleci yang kesepian cenderung diam dan mengeluarkan kicauan sederhana. Menggantungkan sangkar pleci dengan burung sejenisnya akan menghasilkan variasi baru dari kicauannya sendiri. Hal ini terjadi karena kecenderungan pleci untuk menirukan suara burung yang didengarnya serta ikatan yang dihasilkan pada saat melihat burung lain berkicau.

 

Pleci bisa diatur agar berlatih bersama di kandang umbaran. Penggunaan kandang jenis ini biasanya untuk meningkatkan kondisi fisik burung untuk berkicau sehingga bisa menghasilkan suara yang lebih panjang dan keras. Penjemuran dengan kandang ini bisa dilakukan pada saat penjemuran atau pada waktu-waktu istirahat sebagai jeda pemasteran.

 

Rutinitas pengembunan dan pakan akan membuat burung berada dalam kondisi yang baik untuk berkicau. Pengembunan akan menghasilkan kesegaran sehingga burung akan terpancing untuk berkicau karena mood yang membaik. Pakan juga menjadi faktor penting untuk mendorong mood pleci yang cenderung pasif pada saat merasa tidak nyaman.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *