Berkenalan Dengan Sosok Stasiun Surabaya Gubeng

Surabaya memiliki akses perjalanan menggunakan kereta api. Sebab surabaya memiliki stasiun kereta api yang siap untuk membantu dan melayani para wisatawan yang ingin berkunjung ke surabaya maupun ketika ingin meninggalkan kota surabaya untuk pergi ke kota lainnya yang ada di jawa timur maupun kota lainnya di pulau jawa dan sekitarnya. Ada stasiun surabaya gubeng dan stasiun pasar turi. Keduanya bisa digunakan untuk akses transportasi yang nyaman mengunakan kereta api. Berada tidak jauh dari pusat kota membuat kedua stasiun ini mudah dijangkau menggunakan transportasi publik. Sehingga memudahkan bagi para pelancong yang ingin bepergian menggunakan kereta api.

Profil Stasiun Surabaya Gubeng

Stasiun surabaya gubeng sudah dianggap sebagai salah satu stasiun kebanggan warga surabaya. Stasiun gubeng memiliki profil lengkap seperti berikut:

pxhere.com
  • Statiun gubeng ternyata merupakan salah satu stasiun yang cukup besar di kota surabaya. Sebagai stasiun besar, stasiun gubeng dilalui oleh banyak rute perjalanan kereta api. Sebutan gubeng sendiri sebenarnya mewakili letak atau posisi stasiun di kota surabaya.  Sesuai namanya berada di dekat kecamatan Gubeng kota Surabaya. Meskipun secara administratif terletak di kecamatan gubeng, akan tetapi stasiun ini tidak persisi berada di kecamatan gubeng. Tepatnya berada di sebelah utara kecamatan gubeng. Sehingga namanya adalah stasiun gubeng.
  • Stasiun gubeng sendiri memiliki rute perjalanan baik dari utara maupun dari arah selatan jawa. Sehingga stasiun ini dirancang dengan sangat baik untuk melayani perjalanan dari segala arah. Berukuran cukup besar sehingga memungkinkan kereta datang dan kereta akan berangkat dari surabaya tidak terganggu. Jalur lalu lintas kereta api yang cukup padat membuat stasiun ini cukup sibuk. Akan tetapi meskipun rute kereta api yang dilayani oleh stasiun ini cukup banyak, namun secara umum stasiun ini cukup nyaman untuk digunakan sebagai salah satu moda transportasi menggunakan kereta api. Berdiri di atas ketinggian 5 meter di atas permukaan laut membuat stasiun ini cukup nyaman dan tidak terlalu sesak.
  • Berdiri pada tanggal 16 mei 1878 stasiun ini termasuk stasiun yang cukup tua. Meskipun sudah berumur cukup tua akan tetapi stasiun ini masih sangat layak dan beroperasi dengan cukup baik sebagai stasiun yang nyaman untuk berkendara menggunakan moda trasnpportasi kereta api. Tentunya stasiun gubeng menjadi salah saru saksi sejarah yang tidak telrupakan ketika masa penjajahan belanda. Berdiri di sisi barat rel kereta api membuat ketika ingin berkendara menggunakan kereta api tidak akan kesulitan. Padatnya perjalanan yang dilalui di stasiun ini tentu saja membuat para penumpang tidak akan kesulitan jika ingin bepergian menggunakan kereta api.
  • Meskipun menjadi saksi sejarah, akan tetapi stasiun gubeng sudah berbenah diri. Awalnya berdiri pada sisi barat rel kereta api kemudian dengan pembangunan bergeser ke sisi sebelah timur rel kereta api. Itulah yang membuat stasiun ini menjadi lebih sibuk. Pada era tahun 1996, stasiun gubeng dibangun dengan luas lebih dari 1 hektar. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyaman kepada calon penumpang kereta api yang ingin melakukan perjalanan melalui stasiun gubeng. Dibuat dengan konsep yang sangat modern tentu saja membuat stasiun gubeng menjadi stasiun yang cukup nyaman. Sistem persinyalan yang pada jaman didirikan menggunakan sistem mekanik, kini sudah berubah menjadi sistem elektrik yang lebih praktis. Sehingga membuat perjalanan kereta api tidak akan terjadi penumpukan kereta yang membahayakan penumpang.
pxhere.com

Design Arsitektur Stasiun

Stasiun surabaya gubeng memiliki design arsitektur yang sangat khas. Meskipun merupakan bangunan peninggalan jaman penjajalan belanda, akan tetapi setelah dilakukan sejumlah perbaikan, gedung stasiun ini kini sudah bertransformasi menjadi sebuah bangunan modern yang nyaman. Design modern sama sekali tidak meninggalkan kesan maupun design lama khas bangunan kuno yang didirikan pada masa penjajahan belanda. Berawal dari design khas hindia belanda, kemudian pada era modern design khas belanda tidak dihilangkan namun mengalami sedikit perbaikan. Perbaikan dan juga perluasan dilakukan untuk menampung calon penumb=pang yang ingin berkendara menggunakan kereta api.

Stasiun gubeng setidaknya memiliki 6 jalur kereta api yang membuatnya dapat melayani jalur penumpang untuk sejumlah rute perjalanan baik itu keberangkatan maupun kedatangan. Mulai rute jalur utara jawa maupun jalur selatan jawa. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi penumpang yang ingin melakukan perjalanan yang cukup jauh. Sehingga kepadatan calon penumpang tidak akan terjadi. Warga surabaya maupun yang bukan warga surabaya tidak akan kesulitan jika ingin berkendara menggunakan kereta api dan juga ingin melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan moda transportasi kereta api. Sistem modern diberikan untuk menyesuaikan perkembangan jaman. Apabila dahulu calon penumpang selalu menumpuk di peron, namun kini penumpang tidak akan menumpuk karena dibuat dengan sistem yang cukup baik. Hanya ada penumpang yang akan bepergian dengan jadwal keberangkatan terdekat saja yang ada di dalam stasiun gubeng. Jika ingin menggunakan trasnportasi lainnya untuk menuju ke kota malang bisa menggunakan  travel malang surabaya dengan armada yang nyaman untuk berkendara dengan jarak yang lumayan jauh dengan keluarga.

pxhere.com

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *