Tidak Hanya Meong Saja, Ada Banyak Suara Kucing yang Perlu Kalian Ketahui

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Setiap makhluk hidup pastinya  juga harus berkomunikasi, pastinya dengan cara mereka sendiri-sendiri. Kalau kucing biasanya melakukan komunikasi dengan suara kucing seperti mengeong, berceloteh, mendengkur dan lainnya. kucing melakukan itu semua untuk melakukan komunikasi dengan sesama kucing atau manusia.

Sebagai pemilik, manusia biasanya akan lebih memahami apa yang sedang kucing minta dengan cara melihat gerak-geriknya. Tentunya ini bisa lebih menguntungkan mengenai hubungan antara kucing dan sang pemilik.

Beberapa Suara Kucing yang Perlu Dipahami Pemiliknya

Tidak hanya burung saja, ternyata kucing juga bisa mengeluarkan suara dnegan celotehan yang aneh seperti berkicau. Mungkin ini cara kucing untuk berburu burung tersebut. Selain dikenal dengan suara meongnya, menggeram dan mendengkur, ternyata kucing juga bisa mengeluarkan suara yang lebih variatif. Semua itu bergantung dari apa yang mereka inginkan. Ada yang menunjukkan rasa nyaman dan senang, ada juga yang mengungkapkan sebuah ketakutan, atau bahkan kemarahan. Namun semua itu mengindikasikan kondisi emosi kucing.

Meong

Suara meong pada kucing ini memiliki arti yang sangat luas, biasanya hanya digunakan untuk menunjukkan ketika sedang lapar dan ucapar selamat datang. Ada hal yang berbeda ketika kucing itu sudah berumur tua, ketika suara meongnya lebih panjang bisa disimpulkan kucing ini sedang merasakan kesedihan, keberatan atau rasa khawatir terhadap sesuatu.

Mendesis

Ketika mendengar suara mendesis maka pasti akan membayangkan ular. Berbeda lagi dengan kucing yang ternyata bisa juga mendesis dan suaranya pun mirip dengan steak saat di panggang. Kucing akan mendesis dan dibarengi dengan kupingnya yang mengarah ke belakang maka itu artinya dirinya sedang merasa terancam oleh lawan dan siap melawan ketika dibutuhkan.

Meracau

Biasanya kucing akan mengeluarkan sura seperti sedang mengtuk-ngetukkan giginya ketika melihat kondisi luar rumah. Biasanya seperti melihat burung atau hewan tupai. Kucing akan mengeluarkan suara merancau ketika nalurinya sebagai pemangsa sedang naik namun dirinya merasa stress karena tidak mampu memburu mangsanya sampai kena.

Auman

Caterwaul atau yang lebih dikenal Auman ini biasanya dilakukan oleh semua kucing ketika sedang musim kawin kucing. Suara kucing yang dihasilkan ini seperti Ahh-roo-ung yang bertujuan untuk memanggil pasangannya untuk melakukan kawin.

unsplash.com

Berteriak

Kucing berteriak dapat diartikan sebagai dua hal seperti kucing betina yang sedang merasa kesakitan ketika dirinya sedang kawin. Ada lagi kucing jantan dan kucing jantan lainnya yang sedang bertengkar demi mempertahankan teritor.

Menggerang

Kucing menggerang ini biasanya satu paket dengan suara desisnya ketika dirinya merasa sedang terancam. Tidak hanya kucing saja, hewan lainnya seperti harimau dan singa juga melakukan geraman. Suara ini menyiaratkan kalau akan segera melakukan serangan ketika tidak ditinggalkan.

Mendengkur

Ketika anda sedang membelai kucing kesayangan, biasanya kucing akan mengeluarkan suara mendengkur dengan keras. Hal ini pertanda kalau mereka merasa senang dan nyaman dengan belaian anda. namun suara mendengkur ini bisa diartikan cemas atau khawatir ketika diiringi telinga yang menggarah ke belakang dan tubuh kucing terlihat sangat tegang.

Meraung

Suara aungan dari kucing ini bisa anda artikan sebagai dua hal. Pertama bisa anda artikan kalau kucing anda sedang mencari pasangan dan kawin. Kedua bisa anda artikan kalau aungan kucing anda merasa kalau teritorinya sedang terancam.

Cara Membedakan Kucing Jantan dan Kucing Betina Berdasarkan Suaranya

Dalam hal ini memang terlihat sangat sederhana, namun belum tentu semua orang paham mengenai cara membedakan kucing jantan dan betina. Kalau anda salah satu pecinta kucing pastinya sudah paham dalam mengetahui fisik kucing jantan dan kucing betina. Membedakan kucing jantan atau betina itu memang tidak mudah. Maka dari itu silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Kepala

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk melihat bentuk kepalanya. Kucing jantan memiliki bentuk kepala yang lebih besar dari kucing betina.

Warna dan corak bulu kucing

Langkah kedua yang bisa anda lakukan untuk membedakan kucing yaitu dengan melihat warna dan corak bulu kucing. Biasanya kucing betina ini memiliki penanda yang khas yaitu memiliki corak bulu dan 3 warna. Biasanya disebut dengan 3 kembang telon. Nah, kalau kucing jantan ini hanya memiliki 1 warna saja sehingga terlihat monoton.

Suara meong kucing

Kalau berbicara mengenai suara meongan dari kucing ini bisa dibedakan menjadi dua, yaitu : ketika suara kucing sedang emosi dan ketika kucing merasa biasa saja. Emosi yang diluapkan oleh kucing jantang biasanya lebih keras dan menggetarkan. Begitu juga dengan kucing betina ketika emosi suaranya juga keras. Jadi sangat susah untuk dibedakan. Namun kalau masalah suara ini biasanya menjadi khas sebagai alat ukur untuk membedakan kucing jantan atau betina.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengenali suara-suara kucing domestic long hair cat yang populer di negara Amerika Serikat. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan anda tentang arti suara-suara kucing sehingga anda sebagai pemiliknya bisa lebih paham.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *