Panorama Sungai Di Indonesia jadi Destinasi Wisata Penyejuk Jiwa Raga

Indonesia merupakan Negara yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah. SDA yang di ciptakan Tuhan selain dapat di manfaatkan sebagai sumber pangan juga dapat dimanfaatkan menjadi tempat wisata yang menarik tentunya membuat mata siapa saja bakal terpincut keindahannya. Banyak kenaeka ragaman hayati yang ada di Indonesia seperti Gunung, Lautan, Sungai, Bukit yang beredar di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan setiap wilayah memiliki tempat wisata masing-masing sesuai dengan letak geografisnya masing-masing.

Nah dari seluruh destinasi wisata yang ada di Indonesia, sungai merupakan salah satu destinasi wisata alam yang bisa anda jadikan alternatif untuk berwisata menghilangkan rasa suntuk ataupun stress dari rutinitas yang anda geluti. Nah jika melihat hehijauan biasanya mata akan menjadi segar dan fresh bahkan pikiran pun ikut fresh dan senang tentunya. Nah jika anda memiliki nyali yang kuat anda bisa loh berwisata di sungai dengan mengikuti kegiatan arung jeram atau bahasa kerennya rafting, ada lagi river boarding dan juga river tubing. Bagaimana? Pasti seru kan? Tertarik kan dengan wisata yang memacu andrenalin anda? baiklah saya akan memberikan ulasan mengenai sungai di Indonesia yang memiliki panorama menakjubkan.

Pexels.com

Daftar Sungai Di Indonesia Yang Menakjubkan

  1. Wisata sungai mahakam

Sungai mahakam ini letaknya di pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur. Sungai ini merupakan sungai terbesar yang ada di propinsi tersebut. Panjang sungai ini sekitar 920 Km hemm pasti besar dan panjang ya? Nah sungai ini melintasi beberapa kabupaten loh yaitu kabupaten kutai Barat, Kutai Kartanegara dan juga kota pontianak. Sungai terbesar ini lebih indah anda nikmati saat hari mulai gelap yaitu saat sore hari dengan menampilkan keindahan warna petang yang memantul di permukaan sungai. Wah pasti indah banget kan? Siapa sih yang gak kepincut untuk berwisata disini?

  1. Wisata sungai kapuas

Masih dengan pulau Kalimantan tepatnya di Kalimantan Barat terdapat sungai yang diberi nama sungai kapuas. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Kalimantan ya bahkan menjadi terpanjang di Indonesia. Yaitu panjangnya mencapai 1.141 km. Wah pasti puanjang banget kan. Nah jika anda ingin menikmati panorama wisata alam satu ini anda bisa menyewa kapal yang disediakan di tempat wisata tersebut. Nantinya anda akan dibawa kapal menikmati panorama kota pontianak. Apalagi jika anda menikmati wisata tersebut saat sore hari menjelang malam, hemm anda akan jatuh cinta dengan keindahan sungai tersebut.

  1. Wisata alam sungai musi

Sungai musi ini terletak di Sumatra Selatan, sungai ini menjadi sungai yang terpanjang di Sumatra dengan memiliki panjang sekitar 750 KM. Tepat di atas sungai musi ini terbentang sebuah jembatan yang merupakan ikon dari kota Palembang. Jembatan ini dijuluki sebagai jembatan ampera. Nah karena adanya jembatan ini menjadi magnet untuk wisatawan berbondong-bondong datang untuk sekadar menikmati kerlap kerlip lampu yang menghiasi jembatan. Nah dibawah jembatan ini juga terdapat sebuah kapal dan juga speddboat dengan dihias lampu bergemerlap yang bisa anda sewa untuk menikmati panorama malam hari di sungai musi. Tak hanya itu saja loh, di sungai tersebut juga terdapat sebuah river side yaitu sebuah restoran yang terapung yang berada di tepi sungai. Tempat ini sangat cocok untuk anda bisa menikmati panoraman sungai musi. Hemm pasti anda akan tertarik kan? Jangan sampai lewatkan keindahan sungai musi ini ya.

Pexels.com
  1. Wisata sungai maron

Beralih ke propinsi Jawa Timur tepatnya di desa Dersono Kabupeten Pacitan terdapat sungai yang tak kalah indahnya denga wisata-wisata sungai lain. wah penasaran kan? Sungai ini bernama sungai maron kerap kali sungai ini disamakan dengan sungai Amazon yang ada di Spanyol. Karena sungai satu ini memiliki kemiripan panorama dengan sungai yang ada di Spanyol tersebut. Perlu anda ketahui jika Sungai satu ini diapit oleh hehijaun pohon yang lebat tentunya membuat sungai semakin indah nan cantik. Nah jika anda ingin berwisata di sungai yang memiliki kedalaman 20 M dan panjang 3,5 KM ini anda hanya perlu bayar tiket sebesar 2 ribu rupiah saja. Hemm sangat sangat murah sekali kan? Nah setelah masuk anda bisa menyewa kapal yang sudah disediakan untuk anda menyusuri sungai dan menikmati panorama yang sangat menakjubkan. Hanya dengan sekitar 45 menit hingga 60 menit anda bisa menyusuri sungai ini hingga menuju hilir yaitu sungai Ngiriboyo. Pastinya anda akan di manjakan dengan pemandangan yang sangat indah jadi tidak usah jauh-jauh ke spanyol ya, di sungai maron anda sudah bisa menikmatinya seperti sungai amazon.

Itulah beberapa sungai di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Nah sekarang beralih ke sungai yang berada dikota wisata nomor 2 di Indonesia dimana lagi kalau bukan di kota Gudeg yes right Jogja istimewa. Di kota ini juga menawarkan wisata keindahan alam dari sungai yang pastinya akan membuat mata anda jatuh cinta pada pandangan pertama. Eits jangan khawatir nyasar ya karena anda bisa menggunakan jasa Paket Tour Jogja untuk mengunjungi wisata-wisata yang akan anda tuju. Tanpa perlu repot-repot naik angkutan umum. Karena memang medan menuju wisata di Jogja merupaka medan yang jarang sekali dilewati angkutan umum. Oke baiklah daripada anda semua kepo apa saja wisata sungai yang ada di Jogja langsung cus simak tulisan saya dibawah ini ya.

Keindahan Sungai Di Indonesia Yang Berada Di Jogja

  1. Wisata sungai bawah tanah di Goa Pindul

Goa yang terletak di daerah Bejiharjo, Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul Jogjakarta ini memiliki sungai yang berada tepat dibawah goa. Anda bisa menikmati panorama sungai dengan menggunakan ban pelampung untuk menyusuri sungai atau bahasa kerennya disebut cave tubing. Anda juga bisa menikmati air jernihnya dengan berenang dengan sorotan matahari yang lewat celah-celah goa. Sangat menarik kan? Patut anda kunjungi loh. Apalagi saat liburan seperti sekarang ini. anda bisa menikmati pemandangan alam yang disajikan.

  1. Wisata sungai Oyo

Sungai di Indonesia satu ini berada di kabupaten gunung kidul tepatnya di dusun Gelaran Desa Bejiharjo. Memang sungai ini sangat jauh dari pusat kota. Letaknya memang berdampingan dengan sungai yang ada di goa pindul. Nah jika anda sudah sampai di depan goa pindul nantinya akan di pandu oleh pemuda yang bertugas menunjukkan arah. Nah sebelum menuju sungai anda bisa loh menitipkan barang bawaan anda di sekretariat yang sudah disediakan. Biasanya para pengunjung menikmati keindahan sungai ini dengan rafting. Eits di sungai ini raftingnya tidak menggunakan perahu karet ya, melainkan hanya menggunaka ban dalam bekas yang hanya muat dinaiki satu orang saja, jadi nanti anda akan terapung dengan mengikuti arah arus sungai. Nantinya anda akan melintasi sekitar 1,5 KM dan menyita waktu sekitar 1 hingga 2 jam. Meskipun jaraknya pendek namun membutuhkan waktu yang cukup lama, karena memang sungai ini memiliki banyak rintangan yang musti anda lewati. Namun meskipun lama nantinya anda tidak akan merasa lama, karena anda tersihir oleh paronama keindahan alam di sepanjang perjalanan anda. jangan khawatir jika tersesat atau hal-hal lain terjadi karena meskipun terlihat sederhana namun memiliki perlengkapan yang memadai.  Selain itu juga setiap peserta akan di dampingi oleh pemandu. Bagaimana menarik kan untuk anda kunjungi dan memacu andrealin anda di sana.

Pexels.com
  1. Sungai Elo

Sungai ini memang berada di luar Jogjakarta namun tak jauh dari wilayah jogja. Sungai ini berada di desa Pare, tepat di kelurahan Mungkid Magelang. Sangat dekat dengan wisata candi borobudur dan juga candi mendut. Nah jika anda berada di pusat kota Jogja anda cukup menempuh sekitar 45 menit saja. Anda bisa menikmati rafting di sungai ini. eeits sungai ini juga tidak terlalu bahaya jika digunakan untuk rafting, jadi bagi anda pemula tidak usah khawatir. Selain itu juga setiap tim yang akan rafting dibekali dengan pemandu yang sudah menguasai sungai tersebut. Perlengkapan yang di sediakan juga memiliki standart Internasional. Jadi anda tak perlu khawatir lagi dengan keselamatan anda. jarak tempuh rafting di sungai Elo ini sekitar 2,5 hingga 3 jam karena memang memiliki jarak yang cukup panjang yaitu sekitar 12 KM. Jadi anda perlu mempersiapkan diri dan benar-benar dalam kondisi yang sehat, karena memang benar-benar melelahkan. Namun meskipun melelahkan, lelah anda akan dibayar dengan sebuah panorama yang bisa anda nikmati saat diperjalanan. Hemm bagaimana dengan wisata sndrenalin ini? pasti anda tertarik untuk mengunjunginya kan? Nah sedikit informsi jika anda ingin rafting di sungai Elo ini, ada 3 waktu yang digunakan untuk pengarung sungai ini yaitu pada saat pagi hari sekitar pukul 08.00 – 09.00 dan pukul 10.00. kemudian pada siang haru yaitu sekitar pukul 12.00 dan 13.00, sedangkan pada saat sore hari yang merupakan waktu terakhir pengarungan yaitu pada pukul 15.00. anda juga tak perlu khawatir dengan harga, karena harga tak menguras kantong anda. harga biasanya per paket yaitu meliputi pinjaman alat-alat untuk rafting, asuransi, jasa pemandu, makanan ringan, makan dan juga minuman, trasportasi lokal, retribusi dan juga sertifikat. tidak ada persyaratan khusus hanya saja minimal berusia 4 tahun.

  1. Wisata sungai mudal

Wisata satu ini berada di daerah kulon progo. Kulon progo sendiri merupakan Kabupaten yang berada di sebelah barat dari kota Jogja. Kulon progo sendiri sangat terkenal dengan wisata alamnya. Banyak sekali memang wisata alam yang ada di Kulon Progo yang patut anda datangi salah satunya yaitu sungai mudal. Nah sungai mudal ini awal mula dari sumber air yang mengalir deras dari gua. Nah wisata ini tergolong baru karena baru pada tahun 2015 lalu dibuka menjadi tempat wisata alam. Namun meskipun baru saja dibuka wisata satu ini sudah menjadi incaran para wisatawan. Jadi setelah dibuka wisata ini sangat ramai pengunjung.

Nah bagi anda yang memang menyukai dengan wisata alam yang seperti ini anda bisa mengunjungi sungai mudal sebagai tempat berlibur anda. sepulang dari wisata ini anda bakal merasa fresh dan akan semangat menjalani hari-hari anda. suasana alam yang begitu menakjubkan dengan udara segar akan membuat anda ingin berlama-lama menikmati wisata ini. eitsss yang paling penting wisata ini tidak dipungut biaya ya, alisa gratis hemm bagaimana menarik untuk anda kunjungi kan? Anda bisa menikmati seluruh objek wisata dengan gratis tis. Anda pasti penasaran dimana letak wisata ini, baiklah saya akan memberi bocoran, wisata ini terletak di pedukuhan Banyugati, tepatnya di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Meskipun lokasinya tersembunyi namun letaknya sangat strategis jadi anda akan mudah mengunjungi wisata satu ini. jangan lupa jika berwisata di tempat ini anda bawa baju ganti karena dan juga bawa bekal untuk anda nikmati disana. Seperti makanan dan minuman. Tapi jangan buang sampah sembarangan ya, karena masyarakat sekitar sangat menjaga kebersihan lingkungannya bahkan air di sungai tersebut digunakan untuk memenuhi air dalam kehidupan sehari-harinya.

Pexels.com

Nah itu tadi wisata-wisata sungai di Indonesia yang patut anda kunjungi sebagai tempat wisata untuk merefreshkan diri dari penatnya kegiatan sehari-hari anda yang membuat anda stress dan bahkan frustasi. Sebelum ana berlibur dan juga rafting perlu anda persiapkan perlengkapan untuk arung jeram atau rafting.

7 Persiapan Rafting Di Sungai Di Indonesia

  1. Pastikan kondisi anda dalam keadaan fit atau sehat

Nah hal paling utama yang musti anda perhatikan yaitu kondisi anda sebelum melakukan rafting yang menguji nyali anda. jika memang anda merasa tidak enak badan atau kurang fit sebaiknya anda beristirahat terlebih dahulu. karena ketika ana berda di medan arung jeram memang sangat membutuhkan dan menguras energi anda. oleh karena itu kondisi kesehatan anda sangat dibutuhkan saat mengarungi jeram di sungau di Indonesia. Namun ada sebagian orang ketika akan berarung jeram memiliki kondisi yang kurang fit namun setelahnya malah menjadi segar bugar, hal ini jika anda benar-benar merasa senang saat berwisata. Jadi pikiran anda akan memberikan energi positif.

  1. Peralatan lengkap

Yang kedua yaitu anda musti mempersiapkan perlengkapan yang lengkap sebelum anda menguji andrenalin ini. yang pertama perahu, kemudian pelampung, body protector dan juga helm jangan lupa dibawa untuk savety diri sendiri.

  1. Siapkan logistik

Jangan sampai ketinggal satu ini ya, berwisata dengan berarung jeram sangat menguras tenaga anda jadi usahakan bawa makanan yang memiliki kandungan kalori dan juga karbohidrat yang tinggi agar kondisi tubuh anda tetap fit.

  1. Pahami arahan dari pemandu

Nah sebelum meluncur pastinya anda akan diberi sebuah breafingan dari petugas pemandu, nah untuk itu perlu anda perhatikan dengan seksama intruksi atau himbauan-himbauan yang diberikan pemandu karena ini akan mempengaruhi kesalamatan anda

  1. Bawa peralatan P3K

Nah untuk peralatan ini juga tak kalah pentingnya, terkhusus obat pribadi anda sendiri, hal ini digunakan sebagai antisipasi saat terjadi sesuatu dengan tiba-tiba.

Pexels.com
  1. Pakai pelambung yang tidak menyerap air

Sebelum anda berangkat anda pasti akan diberi pelampung oleh petugas, pastikan pelampung yang anda kenakan tidak bolong jadi saat ada sesuatu pelampung berfungsi dengan baik.

  1. Berdoa

Nah yang terakhir jangan sampai lupa untuk berdoa sesuai dengan keyakinan anda masing-masing, meminta pada Tuhan agar diberi keselamatan agar anda bisa kembali dalam keadaan seperti sebelum berangkat atau bahkan lebih bugar dari sebelumnya.

Sampai disini dulu ya ulasan tentang sungai di Indonesia semoga tulisan ini menjadi inspirasi anda untuk mengunjungi sungai-sungai yang indah dan menakjubkan yang ada di Indonesia.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *