Beberapa Hal Yang Harus Diurus Untuk Mendapatkan Surat Nikah

Menikah adalah salah satu hal yang didambakan oleh setiap orang. Bisa hidup bersama dengan orang tercinta dan memiliki keturunan adalah salah satu anugerah paling indah di dunia yang diberikan oleh Tuhan. Buat anda yang sudah yakin dan mantap untuk melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius, ada beberapa hal yang harus anda lakukan dan jangan sampai terlewat.

  1. Samakan konsep mengenai pesta pernikahan. Indonesia dengan kultur dan budaya yang begitu beragam menyebabkan pertemuan pasangan beda latar belakang jadi sangat mungkin terjadi. Perbedaan suku, ras, marga, maupun negara sangat mungkin terjadi sama anda anda, apalagi di zaman modern ini. Ketika sudah mantap untuk menikah, kalian berdua harus sepakat dulu tentang bagaimana konsep pernikahannya. Apakah menggunakan adat mempelai wanita, adat mempelai pria atau menggunakan tema modern saja. Kesamaan persepsi ini akan bisa membuat anda lebih mudah menyampaikan ke orang tua masing-masing, sehingga tidak ada ekspektasi yang begitu tinggi dari masing-masing keluarga.
  2. Berbicara terlebih dahulu keada orang tua sendiri barulah berbicara dengan orang tua pasangan. Sampaikan ke orang tua anda bahwa anda sudah yakin dengan calon yang anda pilih ini. Sampaikan juga apa yang menjadi alasan anda memilih dia sebagai pendamping hidup anda nanti. Setelah menyampaikan niat baik anda tersebut ke orang tua anda, saatnya “meminta” persetujuan dan restu dari orang tua pasangan. Sebagai gentleman, katakan kalau anda sudah siap untuk berumah tangga dan bertanggung jawab atas hidup pasangan anda ke mereka. Hal itu bakal bikin orang tua pasangan menjadi yakin dan 100% akan mendukung keputusan kalian berdua untuk menikah.
  3. Membuka buka tabungan bersama. Biaya untuk menikah itu gak murah lho, anda! Mulai dari sewa tempat, catering, jumlah tamu yang diundang, dokumentasi, dekorasi sampai penyewaan band untuk mengiringi resepsi. Memang sih pengeluaran untuk menikah bisa disesuaikan dengan budget masing-masing pasangan. Tapi, berapapun budget anda, anda tetap harus mempersiapkannya dengan baik. Nah, biar duit anda nggak ilang gitu aja, segera buka tabungan bersama, anda. Tabungan tersebut khusus dipakai untuk persiapan-persiapan pernikahan mulai dari beli mas kawin, biaya lamaran (kalau ada), biaya akad nikah sampai resepsi beserta printilan-printilannya. Tentukan juga jumlah tabungan yang mampu kalian berdua setor ke rekening tersebut. Memang harus ada pengorbanan seperti mengurangi jatah “belanja” tiap bulan, tapi jangan sampai keterlaluan ya anda. Harus tetap balance dengan kebutuhan primer anda.
  4. Saling mendukung dan bersama sama melakukan persiapan untuk pernikahan karena hal tersebut termasuk yang paling berat. Masa-masa persiapan pernikahan adalah masa di mana kalian berdua secara ajaib bisa jadi tiba-tiba nggak yakin dengan pernikahan ini. Jangan kuatir, itu umum kok dirasakan oleh setiap pasangan. Gimana engga, anda akan menyerahkan seumur hidup anda sama dia. Dia bakal jadi orang orang pertama dan terakhir yang anda liat setiap harinya. Wajar kalau kalian bisa punya momen nggak yakin kaya gitu. Nah, di sinilah perlunya kedewasaan dan sikap saling pengertian. Kedua belah pihak harus rela ngalah sama pihak lain yang ngerasa tiba-tiba down dan nggak yakin. Tugas anda sebagai calon suami adalah ngasih tahu kalau dia adalah pasangan terbaik buat menemani sisa hidup anda, begitu juga sebaliknya. Jangan sampai momen kaya gini menghambat persiapan pernikahan anda.
  5. Saling terbuka dan berdiskusi bersama kedua orang tua mengenai konsep acara. Lanjutan dari poin nomor 1. Setelah anda berdua sepakat dengan konsep pernikahan kalian, sampaikan juga kepada orang tua kalian ya, anda. Sampaikan berapa nominal uang yang bisa anda berdua kumpulkan, untuk kemudian menyesuaikan konsep dan tipe pernikahan anda nanti. Usahakan jangan sampai berhutang apalagi sampai menjual asset seperti rumah maupun mobil. Kehidupan anda berdua masih sangat panjang dan nggak wise aja kalau anda berdua udah menghamburkan uang “cuma” buat pesta pernikahan.  Banyak yang bilang kalau pernikahan anak itu juga ada “gengsi” orang tua. Nah, di sinilah pinter-pinternya anda untuk meandabi orang tua masing-masing agar bisa sejalan dan sepikiran dalam menjalani persiapan pernikahan.
  6. Berbicarakan kepada anggota keluarga ketika terdapat masalah agar bersama sama bisa mencari solusi. Masalah itu datang nggak kenal waktu anda termasuk ketika anda lagi mempersiapkan momen bahagia anda. Untuk itu, komunikasikan setiap masalah yang kalian alami jangan sampe dipendam sendiri. Dengan mengkomunikasikan setiap masalah yang terjadi, maka akan semakin cepat masalah tersebut selesai dan nggak akan mengganggu persiapan lainnya.
  7. Untuk dapat mengerti tentang kedua belah pihak maka toleransi sangatlah dibutuhkan. Agar kedua belah pihak bisa mengutarakan keinginannya. Ini yang paling penting! anda akan menyatukan dua keluarga. Dua keluarga dengan latar belakang berbeda yang akan menjadi satu. Sebagai calon suami, anda harus bisa memposisikan diri dengan baik antara kedua belah pihak. Memang terkadang ada aja ketidakcocokan antara kedua keluarga ini, dan itu merupakan salah satu ujian buat kalian berdua.

Itulah beberapa hal yang harus anda terapkan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan pesta pernikahan yang sesuai dengan keinginan anda. Terkadang para calon pengantin seringkali terburu buru dalam menentukan pilihan dan konsep pernikahan. Sehingga pada saat penyelenggaraan tidak berlangsung dengan baik. Untuk itu sebaiknya anda pertimbangkan dengan matang tentang konsep pernikahan yang akan anda gunakan.

www.pexels.com

Panduan memilih baju pengantin sesuai bentuk tubuh

Untuk anda yang berencana menikah tahun ini, apakah anda sudah menentukan akan memakan model baju pengantin seperti apa? Memilih baju pengantin yang tepat memang memusingkan, bukan? Apalagi pernikahan adalah perayaan sakral yang hanya terjadi seumur hidup. Oleh karena itu, baju pengantin yang sempurna menjadi hal yang mutlak. Nah, salah satu cara untuk menemukan baju yang sempurna adalah dengan menyesuaikannya dengan bentuk tubuhmu. Untuk itu, berikut ini adalah panduan memilih baju pengantin sesuai bentuk tubuh.

  1. Pilih baju yang mengaksentuasi lekuk tubuh untuk pemilik bentuk tubuh hour glass. Perempuan dengan bentuk tubuh hour glass pada dasarnya memang cocok memakai jenis pakaian apa pun. Oleh karean itu, dalam memilih baju pengantin pun, pemilik bentuk tubuh ini cenderung tidak akan kesulitan menemukan baju yang tepat. Tinggal bagaimana anda memilih baju untuk mengaksentuasi bentuk tubuhmu untuk semakin cantik.
  2. Baju dengan siluet A-Line untuk perempuan dengan pear shape body. Bentuk tubuh yang satu ini memiliki ciri besar dibagian bawah mulai pinggul, bokong, dan paha. Nah, untuk anda perempuan dengan bentuk badan seperti buah pear seperti ini, mungkin sebaiknya anda memilih baju dengan bentuk A-Line atau model ball gown karena dapat mengecilkan tampilan bentuk tubuh agar lebih ideal dan berimbang.
  3. Baju kemben yang panjang untuk si tinggi langsing. Jika anda memiliki tubuh yang tinggi dan langsing, sepertinya baju strapless yang panjang akan cocok untuk anda gunakan. Namun, agar tubuhmu tidak terlihat lurus-lurus saja, anda bisa memilih baju dengan model mermaid di bagian bawahnya atau memberikan aksen ruffle pada bagian pinggang ke bawah untuk memberikan volume pada tampilanmu.
  4. Baju penuh detail untuk si kurus dengan tulang bahu menonjol. Untuk si kurus dengan tulang bahu menonjol, sebaiknya anda menggunakan baju yang bisa memberikan tambahan volume pada bentuk tubuhmu. Misalnya dengan menggunakan model baju A-Line yang bervolume. Kemudian jika, anda bisa juga memilih baju dengan neckline tinggi untuk menutupi tulang bahumu agar tidak terlalu kurus. Atau, anda bisa menggunakan baju dengan detil yang dramatis agar tidak terlalu kurus.
  5. Pilih baju dengan bahan yang ringan untuk perempuan bertubuh mungil. Nah untuk tubuh mungil mungkin sering dilema dalam memilih baju pengantin yang tepat. Sebabnya, sering kali baju pengantin malah membuat tubuhmu makin terlihat kecil. Solusinya anda mungkin bisa mencoba baju dengan potongan empire line dengan bahan yang ringan sehingga bisa membuat tubuhmu terlihat lebih jenjang.
  6. Rok lebar untuk perempuan berpanggul besar. Perempuan dengan panggul besar juga mungkin kerap dilema dalam memilih baju pengantin yang pas. Solusinya mungkin anda bisa mencoba model baju ala putri raja dengan rok lebar yang dramatis. Jika anda tidak ingin tampilan baju pengantin yang terlalu dramatis, anda bisa mengimbanginya dengan bagian atas bermodel strapless dan desain yang lebih minimalis.
  7. Potongan leher V untuk perempuan berbahu bidang. Bagaimana dengan perempuan berbahu bidang? Well, untuk anda perempuan berbahu bidang ada baiknya menghindari baju dengan lengan berbentuk puff dan potongan leher persegi yang akan menegaskan bahu bidangmu. Untuk meyiasatinya, anda bisa memilih baju pengantin dengan leher model V atau memberikan aksesori berupa selendang atau bolero transparan jika anda memilih menggunakan model baju pengantin bermodel kemben.

Beberapa referensi tersebut bisa anda gunakan untuk bisa mendapatkan model baju pengantin yang sesuai dengan portur tubuh ada. Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda beda dan memiliki ciri khas masing masing. Untuk itu anda haruslah cermat dalam hal mengenai bentuk tubuh anda. Sehingga anda bisa mendapatkan model baju pengantin yang cocok dengan anda. Dengan begitu maka bisa mendapatkan kepercayaan diri yang tinggi pada saat menyelenggarakan pesta pernikahan.

www.pexels.com

Pilihan warna baju agar tampil beda dan menawan

Siapa yang belum tahu warna ini? Yup, millenial pink. anda pasti sudah sering melihatnya, saking seringnya ketika mendengar namanya anda tahu persis warna apa yang dimaksud bahkan tanpa panduan warna Pantone. Millenial pink adalah warna pink muda, seperti blush pink tapi dengan undertone yang lebih cool. Meski, banyak dibilang warna ini akan menghilang dari rada tren warna 2018, tapi ternyata warna ini masih digandrungi bahkan menjadi pilihan untuk baju pengantin. Berikut ini 5 inspirasi baju pengantin warna millenial pink yang sedang tren.

  1. Dress tulle yang manis nan dramatis Warna yang satu ini identik dengan penganan manis seperti cotton candy. So, why don’t try become one while at it? Tapi tentunya tetap dengan penuh gaya. anda bisa mencuri inspirasi dari dress karya Giambattista Valli berikut. Full terbuat dari tulle, membuat baju ini terlihat dramatis dengan volumenya yang ekstra besar sehingga anda terlihat manis dan tetap dramatis di hari perinkahanmu.
  2. Tampil klasik dengan baju satin. Selain tulle, warna yang satu ini juga terlihat menarik dengan material satin atau silk. Pilih model off the shoulder dengan aksen lipitan dan volume minimal, high slit, dan train baju secukupnya. Dengan model baju ini anda sudah mereka ulang baju-baju ala old hollywood dengan sentuhan modern melalui warna millenial pink. Selain itu, warna millenial pink dengan bahan satin juga membuat tampilanmu terlihat feminine dan kekinian tanpa terlihat kekanak-kanakan.
  3. Lace yang tak pernah salah. Bahan lace memang hampir tak pernah salah. Penggunaan material lace untuk baju pernikahan berwarna millenial pink memang dijamin membuat tampilanmu ekstra feminin, ekstra romantis, dan ekstra dreamy. Pastinya anda akan terlihat seperti putri-putri dari negeri dongeng. Untuk itu, inspirasi yang satu ini cocok untuk anda perempuan dengan kepribadian lembut dan tampilan yang feminine. Pilih juga baju dengan siluet mermaid atau siluet lain dengan volume minimal yang memperlihatkan lekuk tubuhmu untuk efek ultrafeminine dan dewasa.
  4. Padukan bahan organza dengan warna emas. Pilihan lain untuk inspirasi baju pengantin dengan warna millenial pink adalah dengan memilih baju dari material organza yang tipis. Kemudian padukan dengan list warna emas. Padu padan ini dijamin akan mebuat tampilanmu tetap romantis dan edgy di saat yang bersamaan. Model baju ini juga cocok untukmu jika anda mengadakan pesta pernikahan di luar ruangan. Sebab baju ini memiliki siluet yang flowy dan terlihat nyaman digunakan sehingga tak akan mengalihkan perhatianmu dari pasangan dan orang-orang terkasih yang hadir di hari pernikahanmu.
  5. Payet secukupnya untuk memberikan aksen sedikit powerful. Untuk baju pengantin warna millenial pink ini anda bisa mencoba pilihan untuk memberikan asken payet pada dress-mu. Tapi hati-hati, tidak usah terlalu banyak. Gunakan payet secukupnya untuk memeberikan penekanan dalam tampilanmu. Misalnya apakah anda ingin menambahkan payet di bagian atas bajumu untuk mengimbangi volume baju yang besar di bagian bawah? Sementara payet di bagian bawah bajumu dibuat seminimal mungkin
www.pexels.com

Pemilihan warna menjadi salah satu yang krusial karena warna akan menentukan keindahan anda dalam mengenakan baju pengantin. Anda harus memikirkan warna kulit anda. Karena tidak semua warna kulit akan cocok menggunakan warna baju yang cerah. Untuk itu sebaiknya anda memilih warna yang netral atau yang lebih kalem. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu agar bisa melihatnya. Pilihkan kira kira tiga warna yang bisa anda jadikan rekomendasi. Cobalah dan mana yang menurut anda paling cocok. Anda bisa membawa pasangan anda untuk membantu memilihkan. Beberapa warna cerahakan terlihat menarik dan cerah ketika di foto ataupun di video. Anda bisa memilih warna cerah yang memang cocok dengan anda. Selain warna, yang terpenting harus anda pertimbangkan adalah dari segi model dan detail. Jangan terlalu banyak menggunakan payet atau aksesoris yang berlebihan. Hal tersebut justru membuat baju anda menjadi berat dan susah untuk digunakan. Pilhlah model baju yang sangat simple dan nyaman untuk dikenakan dalam waktu yang cukup lama.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *