Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Sebagai karyawan, ada banyak alasan bagi Anda untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja, misalnya karena lingkungan kerja tidak sesuai dengan kepribadian Anda, gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan, mengundurkan diri karena masalah kesehatan yang tidak baik atau karena mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan dan memiliki gaji lebih dari tempat kerja sebelumnya.

Jika Anda seorang karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan dan ingin mengundurkan diri, maka dari itu anda silakan lihat bagaimana contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang baik dan benar, serta infomasi lainya dengan mengunjungi untuknegeri.net. sehingga perusahaan tempat Anda bekerja akan menerima keputusan Anda dan tidak menyebabkan sesuatu yang buruk dikemudian hari.

Surat pengunduran diri dari perusahaan adalah pernyataan yang dibuat oleh pekerja untuk mengundurkan diri dari perusahaan untuk ditunjukan kepada pimpinan perusahaan tersebut. Surat ini biasanya ditujukan kepada atasan di perusahaan. Ada beberapa komponen utama yang perlu dimasukkan dalam surat pengunduran diri. Komponen-komponen ini meliputi, tujuan surat, nama pengirim, usia, lama bekerja, posisi jabatan dan alasan pengunduran diri.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Sebelum mulai menulis surat, pertimbangkan dulu format penulisan dan bahasa yang digunakan. Berikut terdapat beberapa tips untuk menulis surat pengunduran diri yang dapat digunakan:

stocksnap.io
  1. Cukup Hal-Hal Penting yang Ditulis

Penggunaan kata yang tepat, kalimat yang efektif. Tidak perlu menulis tuntutan, uang pesangon dan sebagainya. Menulis surat pengunduran diri secara tepat dan etis akan membuat perhatian lebih serius dan mendapat respons yang baik.

 

  1. Surat Pengunduran Diri Sendiri

Tulis surat pengunduran diri dengan rapi. Bahkan jika surat itu hanya pengantar untuk permintaan berhenti bekerja atau organisasi. Namun, melalui surat etis penulis akan membaca. Dan surat yang baik akan memudahkan pembaca untuk memahami maksud dan tujuan penulis surat.

 

  1. Sikap Menghargai Bos

Saat menggunakan bahasa untuk pengunduran diri, gunakan bahasa yang sopan dan efektif. Menggunakan bahasa yang biasa saat berkomunikasi dengan atasan juga diperbolehkan. Tapi, tetap menjunjung tinggi rasa hormat kepada atasan dan etika yang baik kepada atasan.

 

  1. Maksud dan Tujuan Surat Jelas

Menulis sederhana tetapi memperhatikan ketegasan dan kejelasan maksud dan tujuan surat itu. Tulis tanggal pasti kapan surat itu akan berhenti, ini membuktikan keteguhan pengunduran diri.

 

  1. Penghargaan Baik untuk Perusahaan

Tulislah kalimat penghargaan yang sederhana namun bermakna baik. Menggunakan bahasa yang sederhana dan memiliki batasan. Karena berlebihan hanya akan memberi kesan kebohongan.

 

  1. Sertakan apa yang telah dilakukan

Prestasi yang telah dibuat memberi kesan peran penting yang telah dilakukan untuk pengembangan perusahaan.

  1. Gunakan penutup yang sopan dan hangat

Langkah terakhir dalam menulis adalah surat penutup. Kalimat penutup perlu memperhatikan kesopanan dan pemilihan kalimat yang ramah. Seperti memberi harapan baik dan memberikan kalimat perpisahan dengan rendah hati.

stocksnap.io
  1. Berikan Surat Langsung kepada Pemimpin

Berikan surat secara langsung atau bertemu langsung dengan pimpinan. Jangan meninggalkan surat atau mengirim email karena ini tidak sopan dan tidak menghargai kehadiran atasan.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Ketika anda ingin membuat surat pengunduran diri yang ditujukan untuk atasan Anda. Berikut terdapat contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang perlu Anda ketahui dengan benar, yaitu sebagai berikut:

(Kota Anda), (Tanggal Bulan Tahun)

 

Kepada Yth,

Pimpinan (Nama Perusahaan tempat Anda bekerja)

(Alamat Perusahaan)

 

Perihal: Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                          : …..(Nama Anda)….

Alamat                                    : …. (alamat rumah Anda)

Divisi                           : …..(Bidang Anda di Perusahaan tersebut)….

Posisi                           : ……(Nama Jabatan Anda)….

No Induk Karyawan     : …..(no Induk Anda di Perusahaan tersebut)….

 

Dengan ini saya mengajukan surat permohonan untuk mengundurkan diri sebagai karyawan PT ….(perusahaan tempat Anda bekerja)…. terhitung mulai dari tanggal …(tanggal ketika Anda mulai bekerja di perusahaan tersebut)…, dikarenakan …(alasan Anda mengundurkan diri)..

 

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan saat saya bekerja di ….(perusahaan tempat Anda bekerja)…., sehingga saya mendapatkan ilmu dan pengalaman baru saat saya bekerja di ….(perusahaan tempat Anda bekerja)….. .Dan saya memohon maaf kepada seluruh karyawan di ….(perusahaan tempat Anda bekerja)…. jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

 

Saya mengharapkan selalu ….(perusahaan tempat Anda bekerja)…. dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguh-sungguhnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd Anda

(Nama Anda)

(No Induk karyawan)

stocksnap.io

Tujuan Dan Manfaat Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Dalam membuat surat pengunduran diri dari perusahaan terdapat beberapa tujuan dan manfaat yang perlu anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Menunjukkan bahwa anda profesional didunia kerja

Dengan menyampaikan surat pengunduran diri perusahaan akan menilai anda pribadi yang profesional dan terhormat, tentunya akan baik juga baik anda untuk perusahaan tempat anda nantinya bekerja.

 

  1. Memberi perusahan kesempatan mencari pengganti

Surat Pengunduran diri biasanya diserahkan ke perusahaan sebelum seorang pekerja berhenti kerja. Hal ini bertujuan agar perusahan bisa mencari pengganti untuk posisi karyawan yang berhenti bekerja. Dengan demikian perusahaan bisa melakukan proses serah terima perkerjaan dengan karyawan barunya dengan baik.

 

  1. Memberi kesan baik terhadap Anda

Ketika Anda membuat surat pengunduran diri dengan bahasa yang jelas dan sopan, pihak perusahaan akan memeberikan kesan baik terhadap anda.

 

  1. Menjalin pertemanan yang lama

Ketika Anda mengundurkan diri dengan perilaku yang sopan, maka teman Anda di perusahaan tersebut akan selalu baik pada Anda dan menjalin pertemanan yang lama walaupun Anda tidak sekantor dengan teman Anda tersebut.

 

  1. Memperoleh pengalaman baru untuk menjadi orang yang sukses.

Dengan membuat surat pengunduran diri yang sopan, anda akan mendapat pengalaman dan informasi yang penting untuk kemajuan karir Anda di masa yang yang akan datang, karena anda memperoleh beberapa ilmu penting sewaktu Anda bekerja di perusahaan Anda terdahulu untuk membuat Anda akan menjadi orang yang sukses dan memiiki jaringan yang luas karena memiliki teman teman yang baik kepada Anda.

Dengan adanya contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, sesuai dengan etika kesopanan yang membuat kesan baik kepada Anda. Sehingga ketika Anda sudah keluar dari perusahaan tersebut, Anda tetap bisa menjalin perteman dengan kawan lama Anda. Anda dapat memperoleh informasi tentang surat yang lain serta informasi penting lainya dengan mengunjungi untuknegeri.net.

 

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *