ASI adalah Susu terbaik untuk Bayi Prematur

Ketika bayi Anda pertama kali lahir, tim kesehatan dapat memberi mereka cairan dan nutrisi melalui infus (jalur IV) ketika bayi Anda lahir dalam kondisi yang sangat prematur atau mengalami kesulitan bernapas. Para dokter dapat memutuskan bahwa mereka sudah cukup matang untuk memperoleh susu melalui tabung kecil yang melewati hidung  menuju ke bagian perut.

ASI adalah pilihan terbaik untuk bayi Anda. Jika Anda bisa menghasilkan ASI dan bayi Anda cukup kuat untuk menyusu, Anda akan diminta untuk menyusuinys. Jika bayi Anda belum siap untuk diangkat, Anda dapat melakuan hal ini dan bayi Anda akan diberi asupan nutrisi melalui tabung.

Anda tidak perlu khawatir atau merasa bersalah jika Anda tidak bisa menghasilkan ASI. Bersabarlah, cobalah untuk tenang lebih dulu selama 3 jam, dan jaga diri Anda dengan banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat untuk membantu memproduksi ASI.

Jika tidak atau jika bayi Anda siap untuk memberi makan persediaan ASI Anda, itu akan sepenuhnya terbentuk maka tim mungkin dapat memberikan makanan, sampai pasokan Anda cukup. Anda dapat memberi makan donor untuk ASI atau susu formula untuk mereka, atau melalui tabung.

www.pexels.com

Memperkenalkan susu

Itu diperkenalkan dengan cara yang tepat waktu – tidak terlalu cepat tetapi lambat – dan tim Anda akan memiliki keahlian untuk memutuskan ini. Perkembangan ini harus sangat bertahap untuk bayi – terutama mereka yang lahir pada usia 34 minggu atau kurang – lambat makan dengan susu yang masuk ke perut mereka dan memiliki lebih banyak masalah dengan menyerap nutrisi.

Suplemen atau formula tambahan untuk bayi prematur

ASI adalah susu yang terbaik untuk bayi Anda, tetapi mereka mungkin juga memiliki sejumlah bayi yang harus diberi suplemen. Susu juga dirancang untuk bayi prematur untuk mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan. Bagaimana saya akan memberi makan bayi saya jika ia terlalu lemah untuk menyusui?

Seorang bayi yang dilahirkan sangat prematur akan diberi makan melalui selang tabung tipis yang langsung masuk ke pembuluh darah. Hal tersebut membawa nutrisi yang mereka butuhkan langsung ke dalam suplai darah mereka, sehingga sistem pencernaan mereka tidak harus memprosesnya.

Hal ini dapat berlangsung beberapa jam setelah bayi Anda dilahirkan hingga berhari-hari, berminggu-minggu atau lebih, tergantung pada seberapa prematurnya bayi Anda dan apakah mereka memiliki masalah pencernaan atau tidak. Anda bisa mendapatkan solusi kaya nutrisi yang disebut TPN (nutrisi parenteral total), yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh. Keputusan ini akan tergantung pada berat bayi Anda saat lahir dan berapa lama mereka pikir akan diperlukan untuk membuat susu.

Jika bayi Anda dapat mencerna ASI, mereka tidak akan mampu untuk mengoordinasikan mengisap, bernafas, dan bernafas sampai sekitar 32-34 minggu, sehingga mereka perlu diberi makan melalui tabung. Tabung, yang sangat halus dan lunak, masuk ke perut mereka, bisa dilakukan melalui hidung dan turun ke belakang tenggorokan (tabung nasogastrik) atau melalui mulut (tabung orogastrik). Bayi Anda dapat terus menyusu, sementara mereka belajar menyusui, memberi susu botol, untuk memastikan mereka mendapat cukup makanan.

Meninjau berat badan bayi Anda sangat penting agar bayi prematur Anda tumbuh dan berkembang. Tujuan utama pengasuh kesehatan bayi Anda adalah untuk mengoptimalkan nutrisi dan pertumbuhannya.

Cara penting bagi tim kesehatan untuk menilai kemajuan bayi Anda adalah dengan mengukur kenaikan berat badan mereka. Bayi memiliki lebih banyak kesulitan menambah berat badan karena mereka menggunakan kalori yang tersedia untuk penyembuhan dan juga pertumbuhan. Tim kesehatan akan memantau berat badan bayi Anda dengan sangat hati-hati. Mereka akan menyesuaikan nutrisi yang sesuai.

Memberikan kelahiran prematur tidak mencegah Anda membuat susu untuk bayi Anda. Stres, ketakutan, ketidaknyamanan, dan kelelahan ekstra yang terjadi pada bayi dapat menyebabkan awal yang lambat dengan produksi ASI, tetapi dengan kesabaran dan dukungan Anda dapat mengekspresikan dan menyusui dengan sukses. Menyusui bayi prematur akan meningkatkan kesehatan mereka dan akan membantu Anda mengembangkan ikatan dengan mereka.

www.pexels.com

Mengapa ASI adalah yang terbaik untuk bayi prematur?

Kebanyakan dokter umumnya menyarankan seorang ibu untuk menyusui bayi jika mereka bisa malkukannya . ASI memiliki banyak manfaat kesehatan untuk bayi prematur, dan direkomendasikan oleh ahli neonatologi (dokter, bayi baru lahir) sedapat mungkin. Meskipun tidak menarik bagi Anda, penting untuk dicoba karena manfaat kesehatan Anda untuk bayi Anda. Bahkan hanya beberapa tetes sekaligus akan memberikan hasil yang baik.

Jika Anda menggunakan teknik perawatan yang disebut perawatan kangguru, ini bisa sangat membantu untuk mulai menyusui.

Sementara itu manfaat menyusui adalah sebagai berikut :

Sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi prematur Anda. Menyusui akan membantu membangun kesehatan dan kekuatan bayi Anda serta melindungi mereka dari virus dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. ASI Anda menyediakan antibodi dan zat lain yang membantu usus bayi Anda yang belum matang dan sistem kekebalan tubuh. ASI lebih mudah dicerna bayi daripada susu formula. Bayi prematur sangat rentan terhadap enterokolitis nekrotikans, sehingga Anda akan didorong untuk menyusui atau memeras ASI Anda.

Ini membantu membangun ikatan yang kuat antara Anda dengan bayi prematur Anda. Setelah bayi prematur Anda dapat menyusu langsung dari payudara, Anda juga akan melakukan kontak kulit ke kulit secara teratur.

Ketika Anda mulai bisa menyusui atau mengeluarkan ASI, Anda hanya akan mendapatkan jumlah susu yang sangat sedikit. Tetapi jangan hilang semangat. Anda harus sabar dan terus berusaha. Ketika bayi Anda mulai menyusu langsung dari payudara Anda, mereka tidak akan minum banyak ASI pada awalnya, sehingga mereka akan membutuhkan suplemen.

Banyak wanita yang berhasil menggabungkan pemberian ASI dengan susu tabung, gelas atau botol, sehingga tidak akan menimbulkan masalah jika Anda tidak dapat berada di sana untuk setiap menyusui. Jika Anda merasa tidak sehat setelah melahirkan,maka pasokan ASI Anda mungkin telah mengering, tetapi banyak wanita yang melakukannya lagi dengan memeluk bayi mereka dan mendorong mereka untuk ‘berlatih mengisap’ melalui puting susu mereka secara langsung.

Bayi mulai bisa menyusu ketika umurnya 28 minggu dan mereka akan sering merasa mengisap boneka, puting susu, atau ujung jari kelingking Anda.  Hal ini juga akan membantu bayi Anda menyiapkan makanan melalui mulut mereka, dan ada bukti bahwa hal tersebut dapat membantu mengurangi lamanya waktu yang mereka habiskan di rumah sakit.

Tidak semua orang merasa mudah  untukmenyusui. Beberapa bayi  dan ibu, biasanya bisa langsung menyusui, sementara yang lain pengalaman menyusui atau membuat bayi menempel (melekatkan) pada puting susu menjadi perjuangan yang nyata.

Jika menyusui tidak berjalan baik bagi Anda, sangat penting bagi Anda untuk meminta saran sesegera mungkin untuk membantu. Seorang dokter harus dapat membantu Anda mengatasi apa yang salah dan memberikan solusi praktis, baik secara langsung atau melalui telepon atau email. Banyak rumah sakit memiliki staf pendukung menyusui yang sangat baik yang ada untuk membantu Anda mengatasi kesulitan praktis yang mungkin Anda alami.

Jika bayi Anda sangat kecil atau tidak sehat, mereka mungkin tidak dapat langsung menyusu. Dalam hal ini, staf rumah sakit akan membantu Anda mulai mengeluarkan ASI. Untuk memeras ASI untuk bayi Anda, hal yang terbaik adalah mulai mengekspresikan tangan sesegera mungkin setelah melahirkan, idealnya dalam waktu enam jam setelah melahirkan bayi Anda.

Anda harus sering memompa sekitar delapan hingga sepuluh kali sehari, termasuk sekali pada malam hari. Ini akan membantu membangun persediaan ASI untuk bayi Anda. Setelah laktasi terbentuk, ASI akan mengalir dan Anda mungkin merasa lebih mudah menggunakan pompa tangan atau listrik, tetapi perawat Anda akan memberi tahu Anda waktu terbaik untuk mencoba metode ini.

Dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan, ibu dapat membuat hanya beberapa tetes susu, setiap kali Anda menggunakan pompa payudara yang membuat Anda mudah berkecil hati, tetapi ingat bahwa tetes ini sangat berharga bagi kesehatan bayi Anda.

Perut bayi sangat kecil, sehingga mereka membutuhkan jumlah yang sangat sedikit secara teratur. Jumlah ASI yang Anda hasilkan akan tumbuh perlahan, jadi bersabarlah dan jangan menganggap Anda tidak mampu menghasilkan ASI yang cukup untuk si kecil.
Kolostrum adalah susu untuk bayi prematur pertama yang sangat baik untuk si kecil.  Awalnya Anda hanya akan menghasilkan beberapa tetes kolostrum atau zat lengket yang sangat kaya nutrisi , tetapi begitu ASI bisa dihasilkan, beberapa hari setelah kelahiran, jumlahnya akan meningkat.

www.pexels.com

Cara menyimpan ASI

Sedangkan cara untuk memerah ASI adalah sebagai berikut :

  • Anda dapat memeras ASI Anda menggunakan pompa tangan, pompa listrik atau tangan Anda untuk memeras susu dengan lembut. (Paling mudah menggunakan tangan Anda selama beberapa hari pertama untuk mengekstrak kolostrum.)
  • Anda dapat menyewa pompa payudara ‘grade rumah sakit’ per minggu atau bulan. Mereka lebih efektif daripada yang Anda beli di jalan raya dan memungkinkan Anda untuk memompa kedua payudara secara bersamaan.
  • Anda dapat membawa ASI ke dalam unit, dan menyimpannya di lemari es atau membekukannya untuk digunakan nanti.
  • Anda dan tim kesehatan dapat menggunakan ASI Anda, bukan, atau juga, makanan bayi lainnya.

Anda dapat menyimpan ASI yang telah diekspresikan ke dalam wadah steril seperti dalam lemari es hingga lima hari pada suhu 4 ° C atau lebih rendah, selama dua minggu di kompartemen es lemari es hingga enam bulan dalam freezer. Saat mengeluarkan susu dari freezer, Anda dapat menyimpannya di kulkas hingga 24 jam.

Pemberian susu cup lebih jarang daripada pemberian susu botol, dan tidak ditawarkan di semua unit. Pemberian ASI dapat dilakukan dengan ASI atau susu formula, atau kombinasi keduanya.

www.pexels.com

Bagaimana cara memberi makan bayi prematur Anda ?

Gendong bayi Anda dalam posisi tegak dan pegang tepi cangkir susu di bibirnya. Dengan latihan, lambat laun dia akan belajar memangku susu.

Jika Anda memberi susu botol, tim akan meresepkan formula prematur khusus. Sebagian besar bayi akan pindah ke susu formula penuh atau menyusui pada saat mereka dikeluarkan.

Sebelum Anda mulai memberi susu botol, persiapkan diri Anda dan bayi Anda dengan posisi yang nyaman, dimana bayi dipeluk di dekat Anda. Biasanya, jika Anda menyentuh mulut bayi dengan dot, mulut mereka akan terbuka dan mereka akan mulai menyusu.

Bayi sering tertidur selama menyusu. Jika ini terjadi, cobalah dengan lembut membelai kaki atau tangan mereka, atau istirahat sejenak untuk mengganti popok, karena ini dapat membantu membangunkan mereka.

Dengan menyusui, Anda secara alami memindahkan bayi Anda dari kiri ke kanan untuk menyusui dari kedua payudara. Coba dan ingat untuk melakukan hal yang sama dengan pemberian susu botol karena akan membantu perkembangan fisik bayi Anda.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *