Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga Tercinta

Tak lama lagi, kita akan segera memasuki waktu pergantian tahun. Biasanya, ketika memasuki waktu pergantian tahun kebanyakan orang akan memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur bersama dengan keluarga tercinta. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sedang merencanakan liburan bersama dengan keluarga tercinta, maka tidak ada salahnya mencoba paket wisata malang sebagai salah satu tempat destinasi liburan Anda.

Apalagi Malang merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang terkenal akan tempat-tempat wisatanya yang indah-indah. Tentunya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi Anda, ketika bisa menghabiskan momen-momen indah bersama keluarga di tempat-tempat wisata yang juga indah, bukan? Jika iya, maka tidak ada salahnya memilih kota Malang sebagai tujuan destinasi liburan akhir tahun bersama dengan keluarga.

Anda juga jangan terlalu khawatir dengan biaya liburan yang akan membengkak, ketika sudah memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun di luar kota. Sebab, yang nama liburan itu tidak harus selalu mahal. Pasti selalu ada cara yang bisa digunakan untuk membuat liburan  yang Anda habiskan bersama keluarga menelan biaya yang tidak banyak. Lantas, bagaimanakah cara untuk liburan yang menyenangkan, tetapi tetap hemat? Simak ulasan berikut ini sampai tuntas ya.

www.pexels.com

Tips liburan hemat ke Malang bersama keluarga tercinta

  1. Tiket harus sudah dibeli jauh-jauh hari

Inilah tips liburan hemat yang pertama. Anda harus ingat, ketika Anda memang sudah merencanakan akan berlibur bersama keluarga tercinta ke luar kota, seperti kota Malang contohnya, maka jangan lupa untuk menyiapkan segalanya jauh-jauh hari. Setidaknya, Anda sudah harus menetapkan jadwal keberangkatan paling tidak h- 3 bulan.

Kenapa harus h- 3 bulan? Ya, karena dengan menetapkannya jauh-jauh hari, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk membeli tiket dengan harga yang tentunya akan jauh lebih murah, jika dibandingkan pada saat membelinya mendekati hari keberangkatan.  Tidak peduli, apakah itu adalah tike bus, kereta hingga pesawat sekalipun, pastikan Anda membelinya jauh-jauh hari.

www.pexels.com
  1. Sebaiknya menggunakan bus atau kereta ekonomi

Tips liburan hemat berikut ini tentunya akan sangat pas untuk diterapkan bagi Anda yang berdomisili di Pulau Jawa. Tentu saja, bus atau kereta ekonomi akan menjadi pilihan yang tepat untuk menekan bujet pengeluaran yang besar. Setidaknya dengan membeli tiket kelas ekonomi, itu artinya Anda sudah menghemat pengeluaran 2-3 kali lipat. Bandingkan ketika Anda memilih untuk naik pesawat, tentu saja, pengeluaran Anda akan sangat membengkak.

  1. Tentukan tempat yang menjadi tujuan liburan

Siapa yang tidak tahu kalau Malang menjadi salah satu kota yang menyuguhkan banyak tempat wisata menarik, yang tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan. Itulah yang menjadi alasan mengapa Anda diminta untuk menetapkan tempat tujuan liburan lebih dulu sebelum pergi.

www.pexels.com

Setidaknya, setelah menentukan tempat tujuan liburan, Anda bisa memperkirakan rute perjalanan yang nantinya akan membantu menekan pengeluaran di bagian transportasi, tetapi Anda juga bisa mengunjungi seluruh tempat wisata apik di kota Apel tersebut.

  1. Pilihlah penginapan yang murah

Tentu saja, Anda yang sudah terbiasa dengan liburan ala backpaker, pastinya akan lebih memilih untuk mencari homestay ketimbang hotel. Jangan khawatir, di kota Malang, Anda bisa menemukan sejumlah tempat yang akan menawarkan penginapan homestay dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan penginapan selama satu malam di hotel. Sebaiknya lagi, lakukanlah reservasi jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kamar.

Selain itu, berikut ini adalah hal-hal yang harus menjadi perhatian Anda pada saat sedang asyik liburan bersama keluarga tercinta. Apa saja? Simak ulasannya!

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat liburan minim bujet

  1. Mengutamakan kenyaman ketimbang kemewahan

Hal pertama yang harus menjadi perhatian Anda, untuk tetap membuat liburan bersama dengan keluarga tercinta tidak menghabiskan banyak biaya adalah lupakan semua hal yang menyangkut soal liburan mewah. Tetapi, tetap harus diingat, kendati Anda tetap berusaha untuk berhemat, namun jangan buat liburan yang Anda jalani menjadi sangat tidak nyaman.

www.pexels.com

Kenyamanan tetap harus menjadi salah satu hal yang diutamakan, mulai dari pemilihan transportasi, penginapan sampai dengan pemandu liburan. Ketika Anda dan keluarga merasa nyaman, maka liburan pun akan menjadi sangat menyenangkan. Apalagi jika liburan itu nyaman, terkesan mewah, namun harganya pas.

  1. Pastikan membawa uang tunai

Anda jangan lupa untuk membawa uang tunai pada saat sedang berlibur. Tetapi ingat, jangan pernah menggunakan uang tunai tersebut untuk berfoya-foya. Uang tunai yang Anda bawa, tetap harus diatur pengeluarannya seminim mungkin. Tujuan membawa uang tunai adalah Anda bisa melihat berapa jumlah uang yang tersisa. Sehingga, ketika ingin mengeluarkan lebih banyak uang lagi, tentunya akan membuat Anda jadi berpikir dua kali.

Tetapi, membawa uang tunaikan sangat riskan? Jika Anda takut kecurian, maka dianjurkan untuk membawa uang tunai seperlunya saja, dan tetap membawa kartu debit atau kartu kredit. Hal tersebut akan sangat membantu Anda ketika sedang membutuhkan uang ketika sedang berada dalam situasi mendadak.

  1. Mencatat pengeluaran selama liburan

Tentu saja, sekalipun liburan, Anda tetap tidak boleh lupa untuk mencatat pengeluaran yang dilakukan selama masa liburan. Mencatat pengeluaran merupakan salah satu tips untuk berhemat. Tidak hanya itu, dengan mencatat pengeluaran, Anda bisa mengetahui kemana perginya uang yang dimiliki tersebut. Setelah mengetahui kemana saja uang Anda pergi, maka dengan begitu kesempatan untuk menekan kemungkinan Anda untuk lebih boros dan berfoya-foya selama liburan akan menjadi lebih minim. Sehingga, liburan Anda tidak akan menjadi mahal.

  1. Atur pengeluaran saat belanja

Siapapun pasti tahu bahwa belanja akan menjadi salah satu rutinitas yang pasti dilakukan setiap kali pergi liburan. Kebanyakan orang juga, menghabiskan uang mereka saat liburan di bagian ini. Sebab, tak dapat dipungkiri kalau belanja menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan saat liburan. Maka dari itu, Anda harus sangat memikirkan pengeluaran terkait belanja ini, karena belanja akan selalu menjadi pengeluaran yang besar ketika Anda pergi berlibur.

www.pexels.com

Apalagi, keinginan untuk membeli oleh-oleh dan juga barang-barang khas tempat tersebut, pasti akan menjadi sangat besar. Biasanya, tujuan kebanyakan orang membeli barang-barang khas adalah untuk mengenang momen liburan yang menyenangkan. Namun ingat, jangan sampai Anda menjadikan belanja sebagai prioritas utama dalam liburan jika tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk liburan-liburan di hari-hari berikutnya.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mencari tempat belanja murah tetapi menawarkan barang-barang bagus. Biasanya, Anda bisa memeroleh hal semacam itu di pasar-pasar tradisional yang harganya cenderung lebih murah dengan pilihan yang lebih beragam.

Selain tips-tips di atas, Anda juga bisa menggunakan paket wisata malang yang biasanya sudah disediakan oleh para penyedia travel. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan paket wisata, tentu saja, Anda tidak perlu merencanakan semuanya secara matang jauh-jauh hari. Anda hanya perlu menyiapkan bujet yang sesuai dengan harga paket wisata tersebut. semuanya tergantung pada pilihan Anda. Keputusan ada di tangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *