Kiat-Kita Membuka Toko Baju Online

Membuka sebuah usaha secara online sedang menjadi incaran banyak orang. Mengapa demikian? Usaha secara online lebih mudah dan murah. Mudah karena untuk membuatnya hanya membutuhkan smartphone atau pc, kemudian data internet. Langkah selanjutnya tinggal membuat akun di media sosial seperti Instagram atau lain sebagainya. Bisa juga membuka akun di website toko online agar pembelinya semakin banyak. Murah, karena tidak memerlukan banyak modal untuk menyewa lokasi usaha atau untuk membeli lokasi usaha. Usaha atau bisnis online bisa dilakukan dimana saja dan bisa kapan saja dilakukan tanpa ada batasan waktu. Modal utamanya adalah saling percaya antara pembeli dan penjual. Cukup sederhana ya modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis online?

Jika memang berpikiran demikian, maka cobalah untuk membuka toko baju online atau toko lainnya misalnya, toko aksesoris online, toko makanan online atau bisa juga toko furniture online. Semua tergantung dari keinginan. Niat dan berani menjadi modal awal untuk membuka sebuah usaha online. Mantapkan hati dan cobalah untuk berani serta percaya diri dengan produk yang akan dijual. Jika memang belum mantap, maka cobalah untuk mengurungkan niat berjualan online terlebih dahulu. Jika sudah mantap, maka selanjutnya adalah cari modal.

Jangan terlalu memaksakan diri dalam mencari modal, karena nanti bisa merugikan diri sendiri. Cobalah dengan modal yang kecil terlebih dahulu, baru di kemudian hari bisa menambah modal sesuai dengan kebutuhan saat bisnis sudah mulai berjalan. Usahakan juga untuk selalu jujur dengan pelanggan agar pelanggan bisa percaya dan dengan bisnis yang dijalankan dan pelanggan tidak berpaling ke toko online yang lain. Jadi, sikap yang perlu dimiliki untuk membuka sebuah bisnis online adalah berani, percaya diri, jujur dan tentunya bertanggungjawab. Jika belum memiliki sikap-sikap tersebut, maka tahan dulu keinginan untuk berbisnis onlinenya.

pexels.com

Strategi Cara Memulai Bisnis Toko Baju Online Untuk Pemula

Selain sikap yang jujur, bertanggungjawab, percaya diri dan berani, menjalankan bisnis online juga membutuhkan strategi yang tak main-main. Strategi-strategi ini bisa dengan mudah ditemukan di internet seperti halnya cara buka situs yang diblokir. Di internet semua ada dan pastinya lengkap. Nah untuk mengetahuinya, berikut adalah beberapa cara atau strategi untuk membuka toko baju online untuk pebisnis pemula.

  1. Target pasar

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membuka toko online adalah menentukan target pasar. Lihat kebutuhan baju masyarakat di sekitar. Apakah mereka paling sering mencari baju santai, resmi, baju anak-anak atau jenis baju dan pakaian yang lain. Setelah menentukan target pasar ini, maka nantinya bisa menentukan jenis baju atau pakaian apa yang akan dijual.

  1. Promosi digital

Selanjutnya, jika berjualan baju secara online, maka tidak akan terlepas dari promosi digital. Promosi seperti ini memang sedang menjadi hits dikalangan pebisnis online. Salah satu contoh promosi digital atau online ini adalah dengan melakukan endorse artis ternama atau selebgram. Jika modal masih sedikit untuk membuka toko baju online, maka coba saja untuk meminta bantuan kerabat yang memiliki banyak pengikut di media sosialnya untuk memasarkan produk baju yang dijual. Efek dari promosi seperti ini biasanya akan bertahan lama dan bisa mendatangkan banyak keuntungan.

  1. Manajemen keuangan

Dalam bisnis apapun, manajemen keuangan sangatlah penting. Kelola dengan baik pemasukan dan pengeluaran. Jangan lupa untuk memberikan promo diskon dan endorse yang tepat agar modal tidak cepat habis. Lakukan saja endorse secara berkala, misalnya tiga atau enam bulan sekali atau saat bisnis sedang sepi agar pengelolaan uang bisa terus berjalan dengan baik.

www.pexels.com

Tips Menarik Perhatian Pelanggan di Toko Online

Menarik perhatian pelanggan untuk mengunjungi sebuah toko online yang dijalankan tidaklah mudah. Hal ini seperti mencari cara buka situs yang diblokir, yang terkadang sulit untuk ditemukan. Jika baru saja membuka sebuah bisnis baju atau bisnis online lainnya, maka berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan.

  1. Kesan yang menyenangkan

Kesan yang menyenangkan adalah hal penting yang harus didapatkan pelanggan saat berbelanja online. Hal ini bisa dibuktikan dengan melakukan pengiriman barang yang tepat waktu, kemudian melakukan packaging yang rapi sehingga pelanggan akan memiliki kesan yang baik pada toko baju online atau toko online lain yang sedang dijalankan. Jangan lupa untuk meminta testimoni kepada pelanggan untuk menarik perhatian pelanggan yang lain. Semakin banyak testimoni yang baik, maka akan semakin banyak pelanggan yang akan membeli produk yang dijual.

  1. ├Źnformasi yang tepat dan menarik

Informasi yang tepat dan menarik juga harus ada dalam toko online yang dijalankan. Tulis dengan jelas produk apa yang dijual, harganya berapa, bagaimana pengirimannya dan kontak yang bisa dihubungi. Buatlah informasi selengkap-lengkapnya sehingga pelanggan bisa percaya.

www.pexels.com
  1. Promo dan diskon

Adanya promo dan diskon yang misalnya ditawarkan oleh sebuah toko baju online, pasti akan mendatangkan banyak pelanggan. Cobalah untuk menawarkan promo buy 1 get 1 free atau diskon berapa persen pada produk yang dijual secara berkala.

Nah pastinya selain tips-tips di atas, sikap pantang menyerah juga diperlukan. Sikap ini harus dimiliki oleh setiap pebisnis agar bisnisnya terus berjalan walau dalam keadaan yang kritis sekalipun.

 

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *