Truk Gandeng Terpanjang Dan Terberat Yang Pernah Ada

 

Mungkin jumlah truk yang ada di Dispatch services for owner operators sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Berbagai jenis truk mulai truk semua ada di sana. Namun sepertinya di sana belum ada truk gandeng yang panjangnya dan beratnya menyamai yang ada di Australia ini.

Agar supaya Anda tidak penasaran lagi, pada kesempatan kali ini sekilas akan diulas seperti apa penampakan dari truk tersebut. Selain itu kenapa di sana ada jenis truk dengan panjang dan berat yang bisa dikatakan tidak lazim ini.

Truk Gandeng Terpanjang dan Terberat di Dunia

Truk jenis ini sebenarnya hal yang tidak terlalu asing untuk masyarakat Indonesia. Tetapi jika panjangnya lebih dari 30 meter dengan berat mencapai 200 ton, pastinya bukan merupakan pemdangan yang biasa.

Namun hal seperti ini berlaku di Australia. Khususnya di daerah bernama Northern Territory. Di wilayah tersebut, truk dengan gandengan lebih dari dua bahkan lebih dari tiga merupakan pemandangan yang biasa di sana.

Kondisi ODOL (Over Dimension Over Load) ini uniknya bukan sesuatu yang illegal. Pasalnya semua itu sudah diatur oleh undang-undang yang ada di sana. Umumnya truk-truk yang menarik gandengan bermuatan tangki minyak, sapi, angkutan barang, hingga hasil tambang ini dibatasi daerah operasionalnya hingga pada titik tertentu.

Sebenarnya adanya road train sendiri tidak terlepas adanya peran pemerintah Australia untuk mengoperasikan AEC (Associated Equipment Company) Road train untuk menggantikan peran kereta yang ditarik unta untuk melintasi gurun yang ada di kawasan tersebut.

Berbicara mengenai truk gandeng, sepertinya cukup menarik jika melihat berbagai jenis truk berdasarkan jumlah gardannya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah lagi melihat berbagai perbedaan truk yang ada di Indonesia.

Mengenal Jenis Truk Berdasarkan Jumlah Gardannya

Truk yang sering terlihat di jalanan tentunya memiliki jenis yang berbeda-beda. Apalagi jika dilihat dari fungsi hingga ukurannya. Nah, untuk memudahkan Anda dalam membedakannya, jenis truk bisa diidentifikasi melalui jumlah gardan/sumbunya.

Semakin banyak jumlah gardan yang terdapat pada sebuah truk, maka semakin besar pula volume muatan yang bisa diangkut. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini ulasan lengkapnya:

  1. Truk Engkel

Truk engkel ini berkonfigurasi dua sumbu roda/gardan. Truk engkel umumnya digunakan untuk membawa beban yang ringan. Jumlah muatannya berada dikisaran 12 hingga 16 ton.

  1. Truk Tronton

Truk tronton memiliki konfigurasi 3 gardan. Truk ini memiliki kapasitas angkut maksimal hingga 22 ton. Truk tronton sendiri umumnya menggunakan konfigurasi 1-2-2. Yang mana gardan tengahnya terletak di dekat roda bagian belakang.

  1. Truk Trintin

Mungkin nama truk ini tidak terlalu familier di telinga Anda. Sebab yang sering disebut hanyalah tronton. Jika dilihat dari konfigurasi gardannya sendiri memang ada kesamaan dengan truk tronton, yakni sama-sama tiga.

Meskipun demikian, gardan tengah truk trintin lebih maju dan dekat roda bagian depan. Sementara itu rata-rata truk jenis trintin ini merupakan truk bekas yang diimpor dari luar negeri, yakni Jepang dan China. Sementara itu kapasitas angkut dari truk trintin ini adalah 18 ton.

  1. Truk Trinton

Nama truk ini memang terdengar cukup unik. Sebab bisa dikatakan perpaduan antara truk tronton dan truk trintin. Truk trinton ini berkonfigurasi 4 gardan. Dua gardannya berada di depan dan yang duanya lagi berada di belakang.

  1. Truk Gandeng

Truk jenis ini umumnya dari truk tronton maupun truk trintin yang ditambah bak muatan gandengan pada bagian belakangnya.

  1. Truk Trailer

Truk trailer sendiri umumnya digunakan untuk mengangkut peti kemas atau kontainer. Truk trailer ini menggunakan tempat muatan yang terpisah dari kepala truk atau tractor head.

Sementara itu tractor head sendiri memiliki dua jenis. Ada yang dengan dua gardan roda. Ada yang memiliki tiga gardan roda. Untuk mengangkat kontainer, gardan dan roda disesuaikan dengan berat muatannya.

Beban yang mampu diangkut truk trailer adalah 20 sampai dengan 60 ton. Hal ini disebabkan truk ini memang didesain sebagai kargo untuk pengiriman alat maupun kendaraan berat.

Untuk trailer 20 feet memiliki jumlah sumbu 4 dan 4. Sementara itu untuk trailer 40 feet memiliki jumlah sumbu 6. Berbeda dengan armada lainnya, trailer memiliki tipe yang lebih banyak. Mulai dari trailer lowbed, flatbed, flattrack, box, bak, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jenis truk gandeng jika dilihat dari jumlah gardannya. Namun itu adalah jenis truk yang ada di Indonesia. Mungkin akan lebih banyak lagi pembagiannya jika yang diulas adalah truk-truk yang ada Dispatch services for owner operators.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *